DOTA 2 !! Yok , Kenalan ama Hero & Sejarah-nya (STR)

*copas = cantumkan sumber .
if u don't want someone to copy your content ,
so don't copy others and make it yours .
show your respect*


godaan terberat lelaki masa kini : Harta , Tahta , DOTA . yak ! DOTA . game online satu ini emang bikin ketagihan .. salah satunya gue nih haha .. pertama main dulu gue DOTA Warcraft tuh , di tahun" 2010-an , masih jaman SMA .. tapi gak begitu sering main , soalnya waktu itu masih jamannya RF ama Counter Strike yg LAN .. tapi emang asli asik banget nih game , punya ratusan hero & kemampuan khusus yg macem" , trus yg gak kalah seru itu teriak" bareng temen" se-tim yg panik pas lagi war time haha .. gue aja ini mulai main DOTA lagi pas udah ada DOTA 2 , yg online-nya .. gara" frustasi main PB banyak banget citer , main DN keluar duit mulu ampe jutaan perbulan , gak kuat ngikutin cash-nya :( yaudah akhirnya ngikutin temen" main DOTA 2 juga , agak lebih fun sih (tapi DN masih aktif kok , beli cash-nya aja yg stop selamanya) . pokoknya kalo gak mau ketagihan DOTA jangan coba" main ! susah move on-nya sumpah . tapi sisi baiknya sih kalo punya pacar pemain DOTA sist , tenang aja mereka gak bakal selingkuh kok . toh DOTA itu pacarnya , situ selingkuhannya WAKAKAKAKAKAKAKAKAK *kidding , jadilah gamer elegan yg masih inget real life bro* . tapi waspada juga loh , siapa tau doi betah di net soalnya yg main DOTA-nya kayak Kelly Boham / Kinal JKT48 :') #eaa


btw , DOTA (Defense of The Ancients) yg pertama itu dulu awalnya dibuat ama gamers yg kecanduan ama Warcraft III : Frozen Throne , nama pembuatnya itu "eul" (nickname) . tapi sayang dia cuma buat bbp map , padahal dunia antusias banget ama DOTA itu . nah tapi selanjutnya , untung aja ada lagi orang yg nickname-nya "guinsoo" nerusin project DOTA ini .. itu sebabnya di DOTA ampe sekarang ada nama item "Eul Scepter of Divinity" ama "Guinsoo Schyte of Vyse" , ya di tributkan untuk 2 orang ini . nah trus lanjut lagi , ada yg nick-nya "IceFrog" , ini yg bisa dibilang "bapak-nya DOTA" . ditangan orang ini DOTA jadi ajib , improvisasi hero" & item , map" baru , dsb . ditangan dia ini juga-lah ampe sekarang jadi ada gagasan di DOTA itu kebagi 2 tim antara Scourge (kegelapan) & Sentinel (alam) . tapi kalo di DOTA 2 , jadi Dire ama Radiant ..

Sentinel (Tree of Life) - Scourge (Frozen Throne)

dan lambat laun , akhirnya DOTA jadi game legendaris di seluruh dunia . Blizzard sendiri ngakuin kalo DOTA lebih maknyos daripada Warcraft *lol* . akhirnya DOTA jadi salah satu game yg dipertandingkan di level internasional kayak Blizz Convention 2005 , 2006 di Malaysia , Singapura , ama World Asian Cyber Games Championship 2006 di Philipina , sampai akhirnya DOTA ngambil alih popularitas Counter Strike .

nah di tahun 2010 kemaren , Valve Coorporation yg merupakan publisher & developer game terbesar sekarang ini , ngedeketin IceFrog yg waktu itu masih jadi modder amatir , untuk ngisi posisi jadi designer di perusahaan mereka . tujuan Valve itu ya untuk ngambil custom map DOTA & ngebuat versi sendiri (standalone) untuk bisa dirilis lebih luas lagi .. akhirnya IceFrog nerima tawaran Valve & persetujuan secara resmi dibuat Oktober 2010 lalu , and ........... pertengahan 2013 terciptalah DOTA 2 yg dirilis Valve dengan epik!


jadi gitu deh sejarah singkat tentang DOTA . kalo mau yg lebih lengkap , googling aja ya wakakak . trus cari di Youtube juga , ada tuh movie" singkat tentang perjalanan hero" DOTA - Warcraft , asal muasal Tree of Life & Frozen Throne , dll .. keren pokoknya kalo ngikutin ceritanya , gak kalah ama Avenger (2 tahun lalu Warcraft mau di film-kan , gak tau jadi apa kagak) .. nah disini , sesuai judul gue mau kenalin kalian (terutama buat yg belum tau) ama hero" di DOTA plus beberapa sejarah" mitologi-nya (yg ini pasti banyak yg gak tau) . tapi yg ini untuk hero" STR (Strength) dulu ya , kebanyakan kalo digabungin . hero AGI (Agility) ama INT (Intelligence)-nya nyusul . btw STR itu artinya hero" yg badannya lebih tebel daripada hero" dari AGI & INT , mereka" ini biasa jadi tanker alias tameng untuk diserang musuh , trus killer yg ada di belakang bisa fokus nyerang musuh tanpa takut diserang . jadi jangan heran kalo hero" STR ini badannya gede" & berotot semua ..
check this out~

Abaddon
(The Lord of Avernus)

Sejarah: Avernus itu , nama kawah yg ada di Italia , yg katanya orang" sana itu kawah untuk nahan pintu neraka .. Abaddon itu sendiri diambil dari bahasa Hebrew yg artinya "kehancuran" , juga nama malaikat yg jatuh ke dasar bumi dari Book of Revelation , buku terakhir dari Injil . itu juga sebabnya , Abaddon ini disebut sebut ada hubungannya ama Hades (penguasa dari dunia bawah tanah) di mitologi Yunani .
History in Game: bareng ama Kel'thuzad (Lich King) dia ini salah satu "hero kunci" di sejarah Warcraft . dia ini mantan Paladin yg terkenal . namanya dulu Arthas , pangeran dari Dalaran .. Arthas dulu sampe ke desa Strahnbrad untuk ngusir zombie" ciptaan Kel'thuzad , bareng ama Lina & saudaranya , Crystal Maiden . mereka akhirnya bisa ngebunuh Kel'thuzad .. nah waktu di Stratholme , Arthas berniat mau ngebunuh massal & hancurkan kota itu supaya wabah zombie yg masih ada gak menyebar . tapi rencana itu ditentang ama Lina & Maiden , Furion (Nature Prophet) juga gak setuju .. jadi Furion nyuruh Lina & Maiden ninggalin Arthas , trus kasih tau ke bapaknya Arthas , King Terenas , untuk ngasih tau sisi gelap anaknya . Furion juga nyarankan ke King Terenas untuk lari ke Western Plaguelands , tapi peringatan Furion itu di abaikan . nah abis Arthas ngehancurin Strahnbard ama Stratholme , dia bareng pasukan & teman baiknya Muradin Bronzebeard , ngejar Dreadlord Mal'ganis (anak buah Kel'thuzad) . karna tau dikejar , Mal'ganis ini punya cara licik supaya Arthas jatuh ke kegelapan . dia mancing Arthas ke sebuah pedang terkutuk buatan Kel'thuzad , Frostmourne . ternyata dia berhasil , Arthas tertarik ama pedang itu .. pas dia ambil , roh" jahat masuk ke dalam jiwa-nya & ngerusak semua jiwa baik-nya .. temennya Muradin itu yg udah peringatin jangan diambil , akhirnya dibunuh . semua pasukannya juga dia bunuh .. pas Arthas kembali ke kerajaannya , bapaknya King Terenas dia bunuh juga . yaudah sejak saat itu dia jadi jahat & namanya berubah jadi Abaddon The Lord of Avernus .. Lich King yg udah dia bunuh juga dia bangkitkan . dia diangkat jadi Jendral selama kepemimpinan Lich King , Abaddon mimpin pasukan Scourge selamanya & di peperangan bertarung ama temen"-nya semasa dulu .
Kemampuan Khusus: pake Aphotic Shield , kalo dipukul darahnya nambah .
DOTA: [Scourge] Abaddon ini salah satu hero yg susah di kill , soalnya dia punya Aphotic Shield ama Borrowed Time-nya :| jadi untuk jadi tanker kadang Abaddon gak perlu item" yg mahal , cukup ama 2 skill itu aja haha .. trus dia biasa jadi support juga (karna 3 skill-nya) , bahkan di public gak jarang ada Abaddon jadi full support .
Voice: "the fog of war is no match for the mist of fate" <~ klik untuk play , open link in new tab aja jadi gak bolak balik .



Alchemist
(Razzil Darkbrew)

Sejarah: Alkimia , orang" yg bisa nguasain ilmu Kimia , Fisika , Astrologi , Seni , Semiotika , Metalurgi , Kedokteran , Mistis , dan Agama . mereka" yg nguasain ini disebut Alchemist , dan tujuan utama mereka ngebuat sebuah zat yg namanya batu Filsuf (Philosopher Stone) , yg dikatakan legenda bahwa zat ini bisa ngebuat timah jadi emas & bikin manusia awet muda . bukan cuma berkutat ama zat" , mereka juga kadang ngajarin tentang filosofi" kehidupan .. Count St.Germain , salah satu Alchemist terkemuka dunia .
History in Game: Alchemist ini gabung di Sentinel untuk keuntungan pribadi belaka , yaitu nimbun harta sebanyak banyaknya untuk mendanai semua penelitiannya . Alchemist ini terkenal biadab & kejam , dia gak segan" melumpuhkan lawan ama zat beracun bahkan Asam Korosif .
Kemampuan Khusus: master-nya zat" kimia .
DOTA: [Sentinel] di DOTA , Alchemist ini punya salah satu skill yg bisa nge-lipatgandakan gold , jadi jangan heran kalo si kampret ini cepet kaya & item awal-nya jadi duluan daripada temen" yg lainnya hahaha .. trus stats-nya Alchemist ini gak bagus" banget sih , malah gak percaya kalo dia ini tanker . tapi kalo udah aktifin ulti-nya , dia jadi peringkat pertama hero dengan statistik terbaik di DOTA . tapi gak sembarang orang bisa make hero ini , butuh "penjiwaan" untuk belajar sampe akhirnya bisa jadi hero soulmate haha .. trus kalo mau pake hero ini jangan lupa untuk belajar last hit . untuk dia ini bukan time is money , tapi last hit is money .

Axe
(Mogul Khan)

Sejarah: "Mogul" merujuk ke dinasti Farsi-Mongolia zaman dulu , yg pernah nguasain Afghanistan , Balochistan , & subkontinen India (Babur , Akbar , dll) . trus "Khan" diambil dari bahasa Persia yg artinya Komandan .
History in Game: waktu zaman peperangan antara manusia - orc , banyak orc yg terpengaruh ama kekuatan" jahat , salah satunya Mogul Khan ini . dia pemimpin suku "Klan Kapak Berdarah" , sempat mati dibunuh ama manusia Paladin , tapi dibangkitkan kembali ama iblis .
Kemampuan Khusus: kapaknya sakit banget , bang .
DOTA: [Scourge] tanker yg "lumayan" keras , bisa ngehadang 5 hero sekaligus ama badannya yg keras & Counter Helix-nya (kecuali kalo musuh item"-nya udah jadi ya , tapi Axe ini tetep aja agak susah dibunuh) . sering banget Axe ini di pick di public bahkan turney , soalnya selain bener" tebel , susah dibunuh , dia bisa ngebantu push juga .

Beastmaster
(Karroch)

Sejarah: tokoh fiksi, mungkin lebih ke prajurit" perang yg bisa ngendaliin hewan buas di darat / hewan terbang untuk jadi mata" .
History in Game: pengembara dari Mok'nathal , dengan kapak besarnya dia gabung ke Sentinel untuk nyelamatin kehijauan alam sekitar .. walaupun agak serem , tapi dia ini baik kok . di DOTA yg Warcraft Karroch ini 1/2 orc 1/2 ogre , tapi di DOTA 2 dia agak di "manusia"-kan , jadi gak keliatan orc - ogre lagi , trus dulu namanya Rexxar di DOTA 2 jadi Karroch (soalnya udah manusia) .
Kemampuan Khusus: pengendali hewan buas yg bisa dijadiin mata" .
DOTA: [Sentinel] salah satu hero pusher - support yg gak bisa diremehkan . dia Beastmaster , penguasa unit" berbahaya .. dia punya 2 Beast di sepanjang game yg bisa dipake untuk nyerang / bertahan . ada Hawk (burung elang) yg jadi kayak pengintai , ngeliat musuh" yg sembunyi gitu . trus ada Quilbeast (babi greget) yg punya racun untuk bikin musuh slow . kelemahan Karroch ini , pertumbuhan STR-nya agak jelek , gak heran kalo dia ini gampang dibunuh :( tapi dia juga favorit para ganker , stun-nya berguna & makenya gak ribet .. untuk yg suka ngebokong & bikin serangan mendadak juga cobain deh Karroch ini . yg asiknya lagi ini ulti-nya bisa nembus BKB lho ..

Brewmaster
(Mangix)

Sejarah: Brewmaster / Pandaren ini , diceritakan di legenda & dongeng" di China .. dia digambarkan sebagai Panda petarung Kungfu (salah satu inspirasi film "Kungfu Panda" juga ya kayaknya) . master Kungfu ini kuat banget , menurut legenda dia bisa bikin musuhnya buta , mabuk , trus gak bisa nyerang . kalaupun master ini sekarat , dia ngebelah dirinya jadi 3 : Panda Fire , ngebawa pedang yg tajam , bikin musuh kesakitan . Panda Earth , yg punya armor tebel . yg terakhir itu ada Panda Storm , bisa menghilang ..
Kemampuan Khusus: membelah diri jadi 3 .
History in Game: Mangix itu tinggal di sebuah populasi tersembunyi di pulau Pandaria . suatu hari , pulau ini diserang ama tangan" jahat dari Scourge .. tetua pulau yg denger tangisan orang" gak berdosa , akhirnya ngirim prajurit" istimewa-nya untuk terjun ke pertempuran , dengan harapan menang & bisa kembaliin keseimbangan alam . dan Mangix salah satu prajurit itu ..
DOTA: [Sentinel] hero yg serba bisa , bisa jadi spell caster , DPS , apalagi tanker . cukup gampang di mainin , tapi kalo mau ngeliat "kehebatan sesungguhnya" , diperlukan perjuangan & waktu yg gak singkat .. apalagi untuk ngendaliin panda"-nya waktu kebelah jadi 3 , butuh skill micro banget .

Bristleback
(Rigwarl)

Sejarah: tokoh fiksi , digambarkan kayak landak (di DOTA 2 , kalo di DOTA Warcraft sih babi . fix ini babi berbulu landak) , badannya kekar , trus mata kanannya ditutup kain (jangan bilang ini ada unsur Illuminati , mending piknik dulu sana) .
History in Game: ras Quilboar sebenernya gak mau ngurusin pertikaian dari ras lainnya . tapi kalo dibiarin lama kelamaan , Scourge bakal bikin ras Quilboar ini tinggal kenangan . makanya dari itu mereka juga ikut di pertempuran , gabung ke Sentinel dengan alasan keamanan ras-nya .
Kemampuan Khusus: bagian belakang badannya keras , kalo di hit cuma geli" .
DOTA: [Sentinel] ini , kalo yg blom "kenal" , pasti bilangnya hero sampah . pertumbuhan STR nya cacad banget , damage geli" , malah INT yg banyak . trus ulti juga skill pasif pula .. tapi , kalo udah ada yg jago make , sumpah si babi berbulu landak ini jadi salah satu hero yg berbahaya banget di war . coba aja masuk ke area-nya / nyerang dia dari belakang , yg ada kita yg mati :| di war dia bukan pembuka war , tapi sebagai killer-nya .. akhir" ini gue liat banyak pemakai BB yg ngeri banget , semenjak ada istilah & tutorial untuk jadi "Bristleback Truck Volvo" .

Centaur Warruner
(Bradwarden)

Sejarah: didalam Mitologi Yunani , Centaurus itu ras makhluk 1/2 manusia 1/2 kuda .. mereka punya kekuatan yg besar yg mereka peroleh dari kuda . sedangkan Bradwarden , itu nama dari karakter Centaurus di buku DA Salvatore , The Demon Awakens . menurut cerita , Hercules mati ditangan Centaurus yg bernama Nessus .
History in Game: diramalkan ama ras-nya bahwa Bradwarden ini penyelamat ras .. dengan keberanian & kekuatannya , akhirnya Bradwarden gabung ke Sentinel & jadi maksot kesetiaan Centaur untuk Sentinel .
Kemampuan Khusus: bisa ngehentak tanah sampe musuhnya puyeng , ultimate bisa bikin dia & teman"-nya lari kenceng kayak kuda .
DOTA: [Sentinel] apapun build item-nya , Brad tetep aja tanker . gue gak suka main STR , sukanya jadi support/carry yg main jarak jauh . tapi khusus untuk Centaur ini , ini salah satu tanker favorit gue nih (hero STR pertama yg gue coba) .. makenya gak susah , yg dibutuhkan cuma sedikit nyali (kerjaan tanker) , komunikasi , ama sedikit mau berkorban demi tim . Centa rambo-nya tim , hero TB yg di build-up untuk jadi tanker - ganker ..

Chaos Knight
(Nessaj)

Sejarah: Chaos / Khaos , Dewa & merupakan wujud awal dari mitologi Yunani . untuk di zaman modern ini , Chaos berarti kekacauan , gak ada aturan & tata tertib .
History in Game: Nessaj murid dari Dewa Chaos , dikasih kekuatan ama dewa Chaos & itu sebabnya dia jadi jahat untuk menentang keadilan & kebenaran . sihir utamanya dia bisa ciptain 3 avatar yg kekuatannya sama ama Nessaj-nya yg asli , bikin musuh bingung & gak berumur panjang .
Kemampuan Khusus: membelah diri jadi 3 bayangan / avatar .
DOTA: [Scourge] diliat dari pertumbuhan STR & armor-nya , Nessaj ini berpotensi jadi tanker .. trus dia juga DPS-pusher , jelas banget bisa jadi pusher soalnya dia punya skill untuk nyiptain dirinya sendiri jadi 3 (kayak Brewmaster) . salah satu hero pro juga nih untuk ngebokong ..

Clockwerk
(Rattletrap)

Sejarah: tokoh fiksi , robot buatan Sentinel .
History in Game: Clockwerk produk penelitian sebelum perang besar . Clockwerk disimpan dalam ruang penyimpanan selama puluhan tahun ama Sentinel , sampai akhirnya Clockwerk dibangkitkan waktu perang antara Sentinel & Scourge . robot ini punya pengetahuan yg luas , banyak persenjataan & bisa ngebunuh dari dekat / jauh .
Kemampuan Khusus: bisa ngurung musuh jadi kayak di penjara .
DOTA: [Sentinel] Rattletrap murni ganker . bahkan kalo diliat dari skil"-nya , dia bisa untuk solo gank / ngebokong sendirian .. tapi walaupun ini hero STR , gak dianjurkan untuk jadi tanker . overall ini hero yg hebat kok , cuma butuh banyak belajar aja kalo mau jadiin "real clockwerk" terutama belajar skill cog-nya yg bikin kayak penjara itu haha ..

Doom Bringer
(Lucifer)

Sejarah: Lucifer diambil dari bahasa latin yg artinya "pembawa terang" . Doombringer , artinya pembawa ajal . di akhir pemikiran modern Kristen abad pertengahan , Lucifer itu dipercaya malaikat yg bersekutu ama setan (malaikat yg jatuh kedalam dosa) . ada juga yg ngeyakinin , Lucifer nama setan sebelum diusir dari Surga ..
History in Game: Lucifer ini pemimpin pasukan penyerang "Burning Legion" , dalam perang pertama yg di komandoi tetua gelap Sargeras . Sargeras mati , Lucifer ngelanjutin penyerangannya ke Sentinel & dia bakal terus setia sampai mati ke Scourge . dia mau nge-akhirin apa yg udah dimulai ama tetua-nya .. dan dia gak akan menawan musuhnya , cuma mau bikin musuhnya langsung mati ditempat .
Kemampuan Khusus: bisa bikin tanah penuh api kayak neraka .
DOTA: [Scourge] ini salah satu hero yg ngeselin , terutama skill silence-nya . soalnya , skill silence-nya Lucifer ini ampe ke item" juga -_- ulti-nya juga ngeri , salah satu ultimate yg ditakutin ama hero" lain . btw , dia ini bukan hero sembarangan , dia amat sangat fleksibel . pertumbuhan STR-nya tinggi , bisa banget jadi tanker . trus spel" nuke-nya sakit banget , bisa juga di build jadi nukers-spell caster , disablers , bahkan initiators (pembuka war) . trus karna damage-nya sakit + kemampuan untuk nambah skill-nya lewat Devour , dia juga bisa di build jadi semi carry-DPS! jarang" ada spell caster yg di build jadi carry .. ajib brooh .. overall ini hero keren , dia spell caster yg artinya ngebunuh pake spell , dan juga gampang dimainin .. gampang dimainin bukan berarti kacangan , ini hero "worst enemies"-nya sebagian besar hero DOTA ..
Voice: "you're doomed!"

Dragon Knight
(Knight Davion)

Sejarah: tokoh fiksi .
History in Game: Davion ini ksatria pedang 1/2 manusia 1/2 naga , dulunya anak terlantar .. dia hidup dengan mencari perlindungan kesana kemari dari kejahatan Scourge . padahal dia sendiri punya potensi luar biasa di dalam dirinya (bisa berubah jadi naga) , tapi dia gak tau cara kendaliinnya (mirip kayak naruto - kyuubi dulu gitu kali ya wakakak) .. sampai akhirnya dia ketemu ama pakde Lone Druid (salah satu hero AGI nih) , Druid ini yg ngajarin Davion gimana caranya untuk kendalikan energi besar dalam darahnya yg merupakan warisan kuno "Dragonia" ..
Kemampuan Khusus: berubah jadi naga .
DOTA: [Sentinel] cocok jadi tanker , pertumbuhan STR-nya per level juga lumayan bagus .. dia juga hero semi carry . trus DK ini hero yg punya armor terbaik (kalau tanpa tambahan dari bonus AGI/skill) .. selain armor-nya yg gede , untuk early game HP regennya bener" maknyos . untuk late game , ini hero penghancur banget .. apalagi kalo ulti-nya udah level 3 , cuma hero nekat yg berani majuin (atau kroyokan) . bener" mesin pembunuh pokoknya , damage free slower ability-nya sakit , parahnya lagi punya splash attack , slow yg menyebar .
Voice: "the Dragon Slyrak sleeps within this armor , and the knight within the Dragon waits . beware you do not wake them both"

Earth Spirit
(Kaolin)

Sejarah: tokoh fiksi , hero yg ngewakilin roh elemen tanah (bumi) .
History in Game: gue muter" di Google gak ada ulasan yg ngebahas tentang sejarah asal muasal Kaolin ini :\
Kemampuan Khusus: punya banyak batu yg bisa ditendang , trus tarik (untuk nyulik musuh) . kolektor batu akik juga , tapi kalo akik gak ditendang tendang , "mahal-mahal say" , katanya .
DOTA: [Sentinel] nah ini Kaolin , dia hadir sebagai hero baru di DOTA 2 waktu update-an Three Spirit 15 November 2013 kemaren bareng Storm Spirit & Ember Spirit . Storm Spirit sebelumnya emang udah ada sih , tapi di update-an itu dia di improvisasi jadi lebih menggemaskan . gue gak pernah make ini (dan jarang banget ngeliat orang pake ini) , tapi yg gue baca" di forum sih , orang" yg pake ini tuh cuma 1 komentarnya : OVER POWER ! dari 3 serangkai spirit , katanya sih ES ini yg paling kuat .. combo-nya susah di counter , stun -> glinding -> dorong -> ulti .. udah bisa nyulik , bisa jadi pembuka war pula . skill-nya unik emang nih , main dorong" batu gitu , musuh bisa kedorong bisa ketarik (diculik , trus di keroyokin wakakakaak) .

Earthshaker
(Raigor)

Sejarah: cuma tokoh fiksi . ini kerjaannya bikin tanah bergetar mulu pokoknya .. kemaren gempa Nepal , ya kerjaannya ini dah .
History in Game: di suatu tempat antah berantah , ada legenda yg menyebutkan (entah nyata / khayalan) bahwa ada seorang "Prajurit Tanah" , Tauren , yg punya kekuatan luar biasa & ditakutin ama semua orang jahat disana . tapi disaat Pohon Kehidupan (Sentinel) dalam keadaan terancam , prajurit ini menghilang begitu aja (jadi kayak Avatar Aang ya) . waktu beberapa orang nyari prajurit yg disebutkan dalam legenda itu , mereka gak nemuin siapa" kecuali 1 orang : Raigor Stonehoof , yg bakal memulai legenda baru .
Kemampuan Khusus: bisa tumbuk tanah sampe tanahnya naik semua , musuh dibikin puyeng .
DOTA: [Sentinel] ini hero ciptaan IceFrog , dan ini bukan hero sembarangan .. disebut sebut sebagai hero pembuka war terbaik untuk sekarang ini. main ES gak usha takut main safe , trus gak usah malu juga kalo mati" di early , toh di mid game ni hero yg bikin rusuh banget haha .. pokoknya ES a lot of fun deh , battle jadi rame banget + bikin tegang ama dentuman" skill Echo-nya ..
Voice: "there may be many earths , but there's only one Earthshaker"

Elder Titan
(Worldsmith)

Sejarah: "Titan" dalam mitologi Yunani itu para penguasa bumi sebelum para dewa Olympus . pemimpin mereka namanya Kronos yg akhirnya di gulingkan ama Zeus waktu perang terbesar antara Titan & Dewa" Olympus , perang Titanomakhia ..
History in Game: gak ada ulasan khusus tentang hubungan Elder Titan & kemunculannya di DOTA , sama kayak Earth Spirit .
Kemampuan Khusus: membelah tanah .
DOTA: [Sentinel] lagi" sama kayak Earth Spirit , jarang banget ngeliat orang pake hero ini .. tapi , sekali ketemu musuh yg pake , ganas-nya bener" bikin pengen teriak "adek nyerah bang!" . sumpah , hero ini jarang dipake tapi kalo sekali yg make itu emang bener" soulmate-an ama ni hero , bikin musuh ampun" deh . dia ini pembuka war , jadi tanker juga oke . gue dulu pernah nyoba hero ini sekali , itu karna suka ama animasi skill-nya . ulti-nya itutuh , yg ngebelah tanah , itu anjir keren banget .. ama animasi skill-nya yg dia ama bayangannya bikin musuh tidur , ngehentak hentak-in kaki ke tanah dulu tuh kayak main Dance-Dance Revolution *lol . combo-nya asik kalo ngebuka war , kirim bayangan ke tengah" musuh ~> stun ~> ulti .. BOOM! tanah kebelah .. tapi gue biasa gak langsung ngeluarin yg bayangan itu sih , biasa temen" yg lain mancing berantem" dulu , pas musuh" mulai fokus berantem itu baru deh gue keluarin bayangan ~> stun .. soalnya kalo pertama kali keluarin bayangan , musuh jelas mundur dulu semua .. sedangkan stun-nya kan channeling , ngehentak tanah dulu sekali ..
Voice: "the battle is joined , like the pieces of a broken world"

Huskar
(Sacred Warrior)

Sejarah: tokoh fiksi , gak ngewakilin siapapun . tapi Huskar ini dari ras Troll , Troll itu sendiri makhluk legenda yg ada di cerita" Skandinavia yg digambarkan sebagai roh yg tinggal di dalam goa" pegunungan .. kalo udah malam , mereka nyulik perempuan & anak" .. ada 2 jenis Troll , Giant yg ukurannya besar (raksasa) ama Dwarf yg cebol (kurcaci) .
History in Game: Huskar ini , Troll yg berasal dari ras "Darkspear" . ras yg dianggap paling kejam & biadab selama di medan perang .. tapi untungnya ras ini ada di pihak Sentinel , dan Huskar ini di Sentinel dapat julukan "mortir yg diberkati" ..
Kemampuan Khusus: pelempar tombak berapi api .
DOTA: [Sentinel] salah satu hero STR yg main range (serangan jarak jauh) .. ini hero yg sadis , stats-nya stats tanker , tapi DPS-nya setara ama hero AGI (killer) .. trus dia juga kalo sekarat , gak akan mundur , karna semakin sekarat dia serangannya makin sakit .. jadi dia bakal terima kasih ama yg udah bikin dia sekarat , and then dia bakal ngebunuh orang itu . bener" petarung sejati , gak akan mundur walau udah sekarat . HUSKAR !!!!
Voice: "those who are given more in life must not cling to it but risk it all in every moment"

Io
(The Guardian Wisp)

Sejarah: tokoh fiksi yg bentuknya bulet , bening (roh) , warnanya putih kebiru biruan . kalo di acara" misteri biasa ada ketangkap kamera kayak cahaya bulat terbang (orb) gitu kan ? nah itu sebenernya Io ini yg pengen masuk tv ..
History in Game: Io ini roh dari pohon . awalnya dia ama yg lainnya hidup damai di hutan , sampai akhirnya perang & hutan" mereka ikut kena getahnya .. dengan tujuan untuk ngelindungin hutan & kerabat" roh lainnya , akhirnya Io bangkit . di kalangan roh pohon & kerabat" di hutan (aneh banget nyebutnya ya) , Io ini dikenal sebagai pelindung roh (Guardian Wisp) . semua roh bersumpah bakal ikut bantu Io kalo dipanggil ke medan pertempuran (skill ke 2 Io tuh , yg ada bantuan dari personil roh lainnya) .
Kemampuan Khusus: tukang ojek ! ultimate-nya bisa nge-portal kemanapun kita mau , bisa bawa temen / sendirian ..
DOTA: [Sentinel] salah satu hero favorit gue nih , sempet belajar seminggu dulu untuk bisa lebih mendalami (sekarang sih gak pro makenya , tapi minimal "bisa") .. ni hero keliatannya aneh emang , kayak gak bisa apa" .. tapi ditangan pemain yg pro , Io bener" jadi guardian untuk tim-nya . bahkan beberapa pemain" dunia nyebut kalo Io ini hero DOTA dengan support terbaik , makanya gak heran Io sering jadi support untuk dibawa ke turnamen" Internasional .. dari hero ini juga kalian bakal lebih tau apa itu "simbiosis mutualisme" . Io rapuh kalo sendirian , sebaliknya teman yg bergandengan (skill tether) ama dia bakal jadi lebih kuat . Io juga gak cocok untuk pemain" yg gampang panik / egois , itu bakal bikin kacau tim . kalo tim kacau , potensi besar Io juga gak bakal keliatan .. main sabar aja pokoknya , Io butuh teman & teman butuh Io . Io gabole cendili .....
Voice: "krrrrrrrrrrrr ngggggggggggg" (IO gak bisa ngomong , jadi cuma kayak instrumen musik gitu wkwkwk)

Kunkka
(The Admiral)

Sejarah: tokoh fiksi . hero yg terinspirasi dari bajak" laut jaman dulu kayaknya ..
History in Game: dari semua hero di Sentinel , cuma 1 yg dikenal banyak nama & ditakutin di banyak negeri . ada yg manggil Capt. Coco ama temen"-nya , ada yg nyebut Capt. Jack Sparrow , bahkan sampai pelaut legendaris . pedangnya ada aura mistik , sekali ayun aja kapal hantu bisa muncul , trus ngeluarin geyser dari dalam tanah , dll . sekarang dia berlayar menuju Scourge , membela kemenangan untuk Sentinel . ini dia Kunkka , Komandan dari 7 lautan .
Kemampuan Khusus: bisa manggil kapal hantu yg nabrak musuh"-nya .
DOTA: [Sentinel] hero semi carry-tanker , hero tebel yg amat sangat berbahaya di late game (permainan yg lama) . kalo udah ngerasa pro make Kunkka , sekali kali cari lawan yg lebih "seimbang" biar lebih ngerasain kekuatan yg sebenernya dari pakde ini . kalo lawannya itu" aja , skill & item juga ya itu" juga , gak akan berkembang .. udah banyak pemain" pinter yg bisa nge-counter skill" nya Kunkka ini , ati" aja kalo udah ngerasa pro pake item itu" aja (biasa ada yg pakein battle fury ampe 5) , trus ketemu ama pemain pro-nya Queen of Pain / Enchantress , mamam :p

Legion Commander
(Tresdin)

Sejarah: Commander , gelar untuk panglima perang .
History in Game: salah satu hero dari ras manusia asli .. dia gabung di Sentinel untuk ngebela ras manusia dari semua kejahatan Scourge .
Kemampuan Khusus: maksa banget ngajak duel , yg diajak juga akhirnya mau . wanita ingin dimengerti gaes ..
DOTA: [Sentinel] dulu di DOTA Warcraft LC ini bapak" cebol gitu yg naik kuda , nah di DOTA 2 LC-nya lebih kece gitu .. jadi cewe tapi , trus gak naik kuda . ini hero yg doyan duel , ultimate-nya "maksa" musuh untuk duel gitu 1 vs 1 tanpa pake skill .. kalo dia menang , dia nambah damage yg gak terbatas . kalo musuh kalah , dia nambah damage juga (lah sama aja coeg) . trus kelebihannya lagi dia bisa nge-remove semua efek dari buff" negatif (kebakar , keracunan , stun , disable , dll) .
Voice: "if they want war , then we shall give it to them !!" (suaranya jahat banget anjir , kayak ibu tiri)

Lifestealer
(N'aix)

Sejarah: tokoh fiksi , terinspirasi dari zombie + vampire kayaknya .
History in Game: dulu ada laki" yg dikenal suka mencuri . suatu hari , dia ketangkap waktu mau nyoba nyuri cincin sakti raja Arthas .. dia diadilin , digantung . badannya dirusak , dan akhirnya dia bangkit lagi dengan nama N'aix , wujud dari nafsu & keserakahan .
Kemampuan Khusus: bisa masuk kedalam badan temennya , jadi pas ada yg ngajak 1 vs 1 , baaaaa N'aix keluar ..
DOTA: [Scourge] hero STR yg gak cocok kalo di build full tanker , karna N'aix potensi lebih besar ada di carry-DPS .. salah satu counter terbaik untuk hero tanker , jago 1 vs 1 , jago juga menyerang balik karna prinsip para lifestealer : lebih baik mati saat menyerang daripada mati saat dikejar . N'AIX !!!!!

Lycanthrope
(Banehallow)

Sejarah: dalam cerita rakyat , Lycantrophe itu orang" yg punya kemampuan ngerubah dirinya jadi serigala , atau kalo yg lebih banyak dikenal tuh "manusia serigala" ("manusia"-nya jangan diganti "ganteng-ganteng" !!!!!) . istilah Lycantrophe ini pertama kali ada di mitologi Yunani dimana Lycaon , raja dari Arcadia yg berubah jadi serigala rakus karna berusaha ngorbanin daging manusia (anaknya sendiri) untuk kunjungin Zeus dalam upaya menyangkal kedewaan Zeus .
History in Game: Banehallow , manusia serigala ciptaan Scourge . bertahun tahun dia berkelana dalam hutan yg gelap ama serigala . sampai akhirnya perang terjadi , dia dipanggil untuk ngehabisin Sentinel .
Kemampuan Khusus: bisa berubah jadi serigala .
DOTA: [Scourge] pemburu terbaik yg ada di DOTA . damage & attack speed juga ajib , ditambah howl , feral , ama critical strike .. cuma sayang gak punya skill stun / slow . tapi tetep aja ini hero yg gegeh , maininnya juga asik , mimpin pasukan" serigala buas , ngelahap hero" yg nasibnya apes hahaha ..
Voice: "sheep may talk peace with a wolf . but the wolf answers the same . NO"

Magnus
(Magnoceros)

Sejarah: dari fisikawan Jerman , Heinrich Magnus , yg ngejelasin fenomena fisik dengan sebutan Magnus Effect . skill ultimate dari Magnus ini , Reverse Polarity , mirip ama magnus effect itu .
History in Game: dilatih Scourge mulai dari kecil sampai jadi yg terkuat . sekarang kekuatannya udah di puncaknya .. kapaknya bisa nebas sekaligus musuh"-nya (Cleaving Attack) , dan bisa nyiptain gelombang kejut dari tanah ..
Kemampuan Khusus: bisa nangkep + ngedorong musuh yg bergerombol ..
DOTA: [Scourge] katanya sih ini hero yg terkuat di Scourge (tapi gak tau juga sih , semua bakal kuat kalo jokinya jago & pinter) . hero initiator (pembuka war) , diciptakan untuk memusnahkan ! kalo jago pake ini asli asik banget , membahagiakan temen" setim . kalo mau war trus ada Magnus , dipastikan aja Magnus yg ngebokong trus masuk duluan ke area musuh yg udah siap war (harus berani , kalo gak jangan pick hero ini) .. jadi skenario-nya : ulti mesti siap ~> bokong ~> pake skimmer (ke tengah") ~> aktifin reverse polarity (ulti) ~> pukul" target (disini temen" harusnya udah ikut nyerang) ~> kalo durasi stun selesai ada yg mau kabur ? pake shockwave ! trust me , semua musuh bakal kocar kacir back ke markas deh itu .
Voice: "no , I blame no one who covets my horn . but to desire more than sight of it is a guarantee of death"

Night Stalker
(Balanar)

Sejarah: di dunia nyata , julukan "Night Stalker" ini ditujukan untuk Richard Ramirez , pembunuh berdarah dingin yg gak segan" untuk ngebunuh korbannya di malam hari . Ramirez juga Satanism & percaya ama Okultism (kuasa gelap) . dia dipenjara seumur hidup & meninggal 2013 kemaren gara" sakit . tapi gak tau Balanar ini emang terinspirasi dari Ramirez itu apa enggak , kalo diliat dari sifat mereka berdua sih agak" mirip , ganas di malam hari (kayak Jack The Ripper juga) .
History in Game: ini ceritanya waktu Arthas (Abaddon) pergi ke Sunwell suci punya Night Elf , disana dia ngebangkitkan Kel'thuzad the Lich King , trus Lich nyeritain tentang Burning Legion . Lich ngajak Arthas untuk ngebangkitkan kembali Burning Legion . sebagai tujuan awal , mereka berdua ngebuka portal trus manggil 2 iblis yg tersisa dari the Burning Legion yaitu Azgalor the Pit Lord ama komandan Burning Legion , Lucifer the Doom Bringer . trus mereka gabungin 3 Dreadlord : Mal'ganis , Tichondrius , Balnazzar jadi 1 & sempurna , jadilah makhluk yg namanya Balanar the Night Stalker ..
Kemampuan Khusus: kalo malem dia kuat .
DOTA: [Scourge] I present you a Godlike hero , Balanar . pusing nyari hero STR yg susah Godlike ? cobain pake ini deh , kalo mainnya lihai & penggunaan skill + build item-nya bener , musuh pasti ampun" dah haha .. ini hero killer , hunter , carry , disabler .. sangarnya malem , kalo siang cupu . kesimpulannya : siang bunuh" creep , malem-nya berburu hero .. pake Balanar malem gak berburu hero ? go home dude !
Voice: "I'm the beast of bedtime tales"

Omniknight
(Purist Thunderwrath)

Sejarah: tokoh fiksi . agak kayak Thor , yg ini versi pakde-nya ..
History in Game: mantan anggota Ordo Tangan Perak , gabung ke Sentinel untuk balas dendam karna kematian pemimpin Ordo , Uther Lightbringer . berbekal ilmu" Paladin yg dulu diajarkan Uther , Purist membawa kekuatan Cahaya Suci ke medan perang ...
Kemampuan Khusus: hero penyelamat , guardian angel-nya tim .
DOTA: [Sentinel] katanya sih ini healer terbaik di DOTA . hero full support & semi tank yg susah banget dibunuh (bener banget , apalagi untuk early game) . salah satu support terbaik yg bisa nyelamatin orang banyak di tim .. trus FYI , dari yg gue liat" di forum sih , katanya Purist ini pangeran Arthas (Abaddon) itu waktu masih blom jahat .. coba aja klik" tanah waktu make Purist (bikin dia jalan) , nanti dia ada ngomong bahwa dia itu Prince .. trus banyak juga bukti" lainnya . jadi Abaddon itu reinkarnasi dari Purist ini dulunya . tapi gak tau bener apa cuma nebak" aja , agak rumit penjelasannya wakakakak ..
Voice: "I have gazed into the Omniscience . and it has gazed into me"

Phoenix
(Icarus)

Sejarah: Phoenix , burung legendaris yg airmata-nya bisa nyembuhin luka ini berasal dari cerita Mesir . diceritakan kalau burung ini bener" indah , bikin takjub karna bulunya yg merah keemasan itu .. Phoenix bisa hidup antara 500 - 1500 tahun , trus kalau mereka mau mati mereka bakal ngebakar dirinya sendiri , trus dari abu itu lahir lagi Phoenix muda . Phoenix lambang kehidupan setelah kematian , juga simbol dari Dewa Matahari Mesir , Ra ..
History in Game: kitab suci kuno menceritakan tentang 7 Emanasi Cahaya Suci , dan penggabungan 7 cahaya ini gak berjalan lancar . akhirnya terjadi ledakan , lahirlah Phoenix .. sebagai ciptaan yg terbuat dari api , Icarus bisa menghancurkan musuh & juga bisa menyembuhkan temen"-nya ..
Kemampuan Khusus: ultimate-nya , ngubah dia jadi bulet kayak telor , sekitar 5 detik kemudian meledak & lahir Phoenix baru yg HP & MP-nya full lagi .
DOTA: [Sentinel] ini hero STR yg punya 4 skill aktif , termasuk caster aktif juga dan butuh mana yg banyak + pemain yg agresif .. gak bisa kalo kaku make ini , mesti ngerusuh terutama di early - mid game untuk ngeliat potensi-nya yg besar .. trus Phoenix ini gak bisa jadi tanker , bukan carry , bukan juga full support .. Phoenix murni caster aktif ..
Voice: "engkurrrrrrrrrrrrrr" (sama kayak Io , gak bisa ngomong .. ini cuma suara burung)

Pudge
(Butcher)

Sejarah: tokoh fiksi . laki" gendut yg badannya sobek" trus diganjel daging manusia (korbannya) , senjatanya golok ama hook yg bisa dilempar - tarik .
History in Game:
gak ada cerita yg ngebahas khusus hubungan Pudge ama Scourge .. yg jelas dia ini pembunuh bengis , gabung ke perang cuma untuk ngambil daging korbannya buat dimakan , sisanya daging itu dijadiin tambalan" di badannya yg robek" (kok kayak sumanto ya ?)
Kemampuan Khusus: sembunyi di pohon" , abis tuh narik" pake hook .. jadi kayak mancing mania ..
DOTA: [Scourge] sumpah ini salah satu hero yg ngeselin banget .. yg ngeselin itu hook-nya , jadi teror buat kita" yg rapuh . tapi skill Hook itu juga sih yg bikin fun banget pake Pudge ini .. tapi yg make juga harus bener" punya insting dewa , gak asal main hook" aja wakakak .. level 6 dia ini udah roaming (jalan kesana kemari) , narik , trus nge kill .. pokoknya kalo ada musuh pick ini , gue udah pasti langsung pilih hero" yg punya stun (terutama Lion) , jadi beli ward terus nonstop , kalo masih ke-hook sebelum di flesh meat langsung stun pokoknya abis tuh lari zig zag sambil minta pertolongan ama temen wakakakak .. tapi Pudge rapuh di late game , dia berjaya early - mid ..
Voice: "when I'm through with these vermin , they'll be fit for a pie"

Sandking
(Crixalis)

Sejarah: kayaknya sih tokoh fiksi , nah tapi berhubung bentuknya Crixalis ini kalajengking , bisa jadi ini diambil dari Mitologi Mesir "Scorpion King" . menurut cerita , Scorpion King itu dulu pejuang yg ditakutin , dia ngejual jiwa-nya ke Dewa Berkepala serigala , Anubis , di tahun 3067 SM dengan tujuan dapat kekuatan militer yg dahsyat .. sampai sekarang di Mesir sana banyak jejak" peninggalan Scorpion King ini .
History in Game: kalajengking penunggu gurun Kalimdor , dia dipanggil Lich King untuk gabung Scourge & ngejaga Frozen Throne ..
Kemampuan Khusus: bisa menghilang (diem ditempat) , sambil ngeluarin pasir yg ada damage-nya .
DOTA: [Scourge] ini hero ngeri nih . hero ganker , roamer , ama pembuka war . damage juga sakit .. tapi sayang , pertumbuhan STR ama armor-nya buruk banget , gak akan cocok jadi tanker .. tapi yg kayak gue bilang , ini bener" pembuka war & hero yg berani mati ! pemain yg pick hero ini harus bener" gak takut & punya jiwa petarung sejati , dan percaya kalo temen" bakal nge-cover .. lupain kalo Sandking itu rapuh , dan semua pemain yg pick dia pasti udah bisa ambil resiko dengan "ngelempar" dirinya ke area musuh yg berbahaya (tuntutan skill) , demi jadi seorang TRUE WAR INITIATOR!
Voice: "I will show you fear in a handful of sand"

Slardar
(Slithereen Guard)

Sejarah: ini penggambaran asli dari "NAGA" . kalo orang Indo taunya naga itu ya "DRAGON" , padahal sebenernya naga itu ya kayak semacam siluman ular .. asal muasal naga ini di cerita Hindu , laki"-nya disebut Naga trus perempuannya Nagini (makanya ada tuh dulu di TV serial siluman ular perempuan yg judulnya "Nagin") . Naga diceritakan itu penjaga sungai / laut .. tapi kayaknya pengartian naga di tiap agama & negara beda" kali ya , mungkin untuk Buddha naga itu ya yg kita liat kayak biasa di tahun baru imlek itutuh (Liong) .
History in Game: terjebak ribuan tahun dibawah pusaran air , akhirnya dia bangkit ama saudaranya dalam suasana kacau untuk ngelayanin tuannya Illidan Stormrage . ngalamin luka berat waktu perang , istirahat , dan akhirnya King Lich datang untuk nge-rekrut dia ke Scourge .
Kemampuan Khusus: bisa bikin armor musuh rapuh .
DOTA: [Scourge] ini hero tank yg bahaya , punya stun / slow area , bash-nya pasif , trus amplify-nya yg ngebuat armor musuh jadi tipis kayak krupuk (trus bisa ngeliat musuh invisible yg kena amplify) .. jago juga untuk masalah ngebokong nih .
Voice: "I guard what slumbers in the deeps"

Spirit Breaker
(Barathum)

Sejarah: "Barathum" , kata Latin dari "Underworld" ..
History in Game: Barathum , dia yg terbuang & diasingkan dari Klan "Spirithoof" gara" ketahuan makan arwah penasaran di daratan Ethereal untuk mempertahankan dirinya . berjalan selama berabad abad , mengembara tanpa tujuan , sampai akhirnya ketemu ama Lich King & di rekrut ke Scourge . Barathum sang Spiritbreaker akhirnya bangkit ..
Kemampuan Khusus: nabrak sana sini , yg ada didepannya hancur semua .
DOTA: [Scourge] termasuk STR yg bengis banget Bara ini . lari kenceng untuk ngejatuhin lawan , bisa narget hero yg mau di bokong , bisa ngejar yg mau kabur juga . dia punya skill untuk berpotensi jadi DPS , tapi bisa juga sih jadi tanker .. tapi menurut beberapa orang , Bara gak cocok nge-tank (walaupun tipe STR) , dia lebih cocok jadi ganker - semi carry terutama untuk early - mid game .. Bara bisa bertahan ampe late game , dengan catatan item-nya tepat .. kalo item-nya gak pas , Bara cuma jadi hero tubrak tubruk tapi potensi yg sesungguhnya gak akan keliatan ..
Voice: "I'm the beast of many parts , I part enemies from their lives"

Sven
(Rogue Knight)

Sejarah: ini lucu nih , Sven itu sebenernya Body Builder (binaraga) dari Swedia , Sven-Ole Thorsen hahaha .. Sven yg body builder ini terkenal ama kata"-nya "I want to pump *clap* you up!" , sesuai ama skill Sven di DOTA yg Toughness Aura , disitu ada penjelasan "Sven is here to pump you up!" *lol
History in Game: salah seorang Paladin pengikut Tuhan , Sven bersumpah untuk ngebela kebenaran & keadilan . terlahir sebagai Ksatria & Night Elf , dia dari kecil sudah diasingkan untuk bisa bermeditasi & latihan untuk ngebela siapapun yg tertindas . dan akhirnya dia gabung ke Sentinel ..
Kemampuan Khusus: bisa berubah jadi merah badannya , dan dia langsung ganas disitu .
DOTA: [Sentinel] ini hero STR yg fleksibel , serba guna .. spammable stun area cocok untuk nge-gank , bonus armor & stat STR yg tinggi bisa untuk nge-tank , trus DPS ultimate-nya God's Strength ngebikin pukulannya jadi makin sakit , bisa jadi alternatif carry-nya tim . tergantung pemainnya mau jadiin apa pokoknya .
Voice: "may my enemies share the fate of the Shattered Helm"

Tidehunter
(Leviathan)

Sejarah: Leviathan itu monster legenda , dia raksasa laut yg muncul di Kitab Perjanjian Lama . Leviathan dianggap Iblis / raksasa alam yg bersekutu ama Iblis .. dia ini diceritakan ngarungin samudra , trus dicerita Yahudi Kuno Leviathan itu dalam 1 hari makan 1 ikan paus .. dia ini Sea Serpent (ular naga laut) terbesar , Hydra juga Sea Serpent tapi gak sebesar Leviathan .
History in Game: dulu dia dianggap ama Dewa sebagai "Oeuvre Cosmos" , Leviathan dibuang kedalam jurang setelah diduga diam" ngelakuin perlawanan ke Titan . di jurang itu dia dirantai & dijaga ama Kraken (makhluk mitologi juga nih) , tertidur selama ribuan tahun sampai akhirnya dia punya kekuatan untuk memberontak ..
Kemampuan Khusus: bisa ngeluarin tentakel-nya Kraken dari dalam tanah .
DOTA: [Scourge] salah satu orang berjasa disaat war , apalagi kalo bukan : Initiator alias si pembuka war . jangan coba" pick hero ini kalo gak berani & gak punya nyali untuk buka war , kita main game strategi terbaik di dunia bukan angry bird :p Stun-nya Levi ini di DOTA yg paling luas area-nya , ajib banget kalo untuk ngebuka war emang . dia juga bisa jadi tanker , ama kemampuan ngeblock damage dari Kraken Shell-nya . trus Levi gak usah kelamaan farming , dia gak terlalu butuh item" mahal , cukup dagger aja . dia paling di butuhkan untuk war ama ngebokong aja .. itu sebabnya Levi sering dibawa di kompetisi Internasional , Stun-nya untuk buka war ajib trus gak butuh item" mahal juga .
Voice: "you can't hide from the tide"

Timbersaw
(Rizzrak Goblin Shredder)

Sejarah: di DOTA ini tokoh fiksi aja , Rizzrak yg dari ras Goblin . nah tapi untuk "Goblin" itu sendiri ada ceritanya . jadi dari kepercayaan orang" Eropa , Goblin itu makhluk supernatural yg digambarkan punya badan yg pendek (30 cm / 2 meter) , kupingnya runcing trus rata" kulitnya warna ijo . gigi"-nya tajam , jahat trus suka nyulik anak bayi .. nah kalo di DOTA , Rizzrak ini Goblin yg naik robot haha .. tapi bukan cuma Timbersaw ini dari ras Goblin , ada hero" lain yg Goblin juga kayak Alchemist (yg duduk di punggung) , Goblin Techies ama Clockwerk (waktu di DOTA Warcraft) .
Kemampuan Khusus: lompat sana lompat sini ke pohon , pake tangan robotnya yg kayak hook juga .
History in Game: ras Goblin terkenal pintar & cerdik , badan mereka yg kecil gak bisa diremehkan . sama kayak Clockwerk , Timbersaw diciptakan Sentinel untuk bantu ngehabisin Scourge .
DOTA: [Sentinel] hero yg "butuh pohon" .. nyantol sana nyantol sini di pohon , pohon" ancur dibuatnya . andaikan Timbersaw ini ada beneran di bumi , habis deh hutan" kita wakakakak .. ini hero fun untuk dimainin . kalo mau di seriusin , dia bener" jadi killer ..
Voice: "I'm not a lumberjack. This. This is personal"

Tiny
 (Stone Giant)

Sejarah: tokoh fiksi , dia cuma manusia batu .
History in Game: dilahirkan di gunung Ashenra , Tiny , walau badannya kecil tapi punya kekuatan mahadahsyat . apapun bisa dia angkat termasuk bongkahan batu yg besar , yg kalau dilemparkan ke langit bakal jadi hujan batu .. gabung ke Sentinel , untuk ngelindungin Tree of Life .
Kemampuan Khusus: bisa ngangkat tanah ampe hujan batu , badannya bisa membesar .
DOTA: [Sentinel] satu lagi hero yg pecinta alam nih , Tiny . biasa di build jadi ganker utama + support disable .. skill stun ama "tos"-nya Tiny juga asik banget , di war harus jadi barisan paling depan pokoknya . salah satu tanker terbaik juga , selain badan & HP yg gede skil"-nya juga berguna untuk jadi tanker . yg unik juga nih dari Tiny , badannya bisa gede ! trus batang pohon yg dia bawa juga gede banget wakakakak ..
Voice: "my enemies break upon me like surf upon the stone"

Treant Protector
(Rooftrellen)

Sejarah: di berbagai mitologi dunia banyak makhluk" pohon hidup yg diceritakan , apalagi di film" sihir / fantasi , sering banget kan ngeliat pohon hidup . nah di DOTA , Treant Protector ini digambarkan sebagai pohon hidup (entah dari mitologi mana) .. Treant itu sendiri singkatan dari "Tree" ama "Giant" .
History in Game: hero ini ada untuk "menjaga keseimbangan alam" . sewaktu perang hutan" habis terbakar , rusak , flora & fauna di dalamnya ikut jadi korban . tapi 1 pohon hidup yg akhirnya bangkit & membalas , Rooftrellen . seorang Treant yg tua & bijaksana , Rooftrellen dulunya cuma pohon muda waktu invasi Burning Legion . seiring waktu akhirnya dia jadi kuat , dan kekuatannya itu dia persembahkan untuk Sentinel .
Kemampuan Khusus: bisa heal tower .
DOTA: [Sentinel] ini hero keren , bilang orang sih "Father of Nature" . dia bisa ngilang kalo deket ama pohon , nambah HP regen global untuk temen"-nya , trus juga punya bonus armor untuk tower ! dia ini hero Support - Initiator - Tanker - atau juga semi carry .. trus dia juga bener" jadi baby sitter untuk early game , yg 1 line ama dia ini pokoknya terjamin keamanannya deh .
Voice: "life becomes death becomes new life . as it shoud be"

Tuskar
(Ymir)


Sejarah: tokoh fiksi , ini bentuknya hewan Walrus (kalo gak tau Walrus goggle aja) .
History in Game: berasal dari Boren Tundra , Ymir salah satu pejuang Tuskar yg paling bijaksana . berpengalaman bertahun tahun ngelawan perampok Troll Es & laba" Nerubian yg nyerang desa-nya waktu dia muda , sekarang Ymir sukarela masuk kedalam kelompok Sentinel untuk ngebantu berhentikan sepak terjang King Lich .
Kemampuan Khusus: bisa bikin bola salju & masukkan temen"-nya kedalam situ .
DOTA: [Sentinel] hero Initiator . beda kayak Initiator lainnya , Tuskar ini punya style sendiri untuk ngebuka war .. kalo biasa Initiator lain "loncat" sendiri ke gerombolan musuh , kalo Tuskar ini bisa bikin bola salju gede , trus di gelindingin bareng temen"-nya yg dimasukin kedalem wakakak .. nah btw biasa kalo mau pick hero pembuka war , itu mesti orang" yg pemberani .. gimana killer" mau unjuk gigi kalo pembuka war-nya aja lelet . jadi buat mereka yg masih takut" ngebuka war , coba aja Initiator style-nya Tuskar ini , gelinding bareng temen" ke tengah itu cukup fun & memicu adrenalin loh wakakakak .. tapi soal ngebuka war Tuskar masih bisa dibilang agak pemula . gak se-dahsyat Earthsaker atau Sandking .. walau gimanapun juga tim butuh Initiator yg bener" dahsyat mulai dari hero & keberanian joki-nya , karna 90% kemenangan tim itu Initiator ini loh yg menentukan . bayangin aja kalo udah mau war , siap" ketemu di tengah , eh Initiator kita ada di barisan belakang sedangkan Initiator musuh udah mulai ngebuka (ini tuh gondok banget rasanya sumpah) .
Voice: "after a bar brawl it's customary , as a courtesy , to buy everyone who's still standing a round of drinks"


Underlord
(Vrogros)

Sejarah: bukan dari makhluk mitologi apapun, tapi yang jelas Underlord ini digambarkan makhluk yg berasal dari dunia bawah..
History in Game: Underlord Vrogros diceritakan seorang pemimpin dunia bawah tanah yg bernama Aziyog. Dipersenjatai Forgemasters & kekuatan magis penghubung 2 dunia serta seni Dark Rift, dia punya pasukan tempurnya yg kuat, "Abyssal", dan siap untuk menjajah negara" yang ada "di atas" untuk menguji kekuatan pasukannya dan seberapa kuat negara-negara yang ada "di atas".
Kemampuan Khusus: bikin gerbang teleport yang bisa dimasukin temen"-nya.
DOTA: [Underlord] naah ini update-an 23 Agustus 2016 (waktu Seattle), baru aja hari ini tadi subuh yak. di Warcraft namanya Pitlord (Azgalor), di DOTA jadi Underlord (Vrogros). gue udah nyobain bentar td siang, dan agak sedikit kecewa ama animasi skill 1 ama skill 2. padahal di Warcraft skill 2 animasinya patung batu muncul dari tanah, skill 1 meteor jatuh.. dan di DOTA, animasi skill-nya culun banget yak wakakakakak.. tapi tetep, Underlord gak mengecewakan. jadi dia ini punya skill 1 namanya Firestorm, ini summon gelombang api dari langit gitu, trus bikin musuh kena burning.. skill 2 namanya Pit of Malice, ini fungsinya kayak kurungannya Disruptor nih.. dan skill 2 ini ya combo dari skill 1, jadi skill 2 dulu baru kasih skill 1 deh.. di war 2 skill ini jadi perusuh banget wkwkwk.. trus skill 3-nya ini, yg bikin para pemakai Underlord nafsu banget jadi carry wakakakakak.. padahal, Underlord role nya itu Support (utama), durable, nuker, disabler, ama escape, gak ada carry.. tapi ya gitu deh, banyak yg pada anti mainstream. tapi skill 3, Atrophy Aura, emang ngedukung juga sih buat jadi carry dadakan.. jadi skill 3-nya ini aura effect buat musuh, yg kalo kena effect nya base damage musuh jadi berkurang.. nah yg ajibnya, kalo musuh mati dalam keadaan ada aura effect skill 3 Underlord, Underlord dapet bonus damage gitu.. that's why pada niat banget mau jadiin Underlord carry, naikin skill ini ampe mentok hahaha.. trus terakhir ultimate-nya yg work banget buat team, Dark Rift, yg bikin gerbang teleport se-tim.. jadi buat yang solo lane ataupun nyoba" buat "rat tower", ati" ya kena grebek.. "surprise madafaka!" wakakakakaakak.. nah untuk item gue liat orang" make kayaknya work pake (ini sih core untuk "real" Underlord yah) Drum, BKB, Arcane, ama Eul buat ngatasin Underlord yg low mana, trus nambah mov.speed ngejar musuh buat terus"an ngasih Atrophy Aura itu. trus Eul bisa juga dipake buat combo skill 2, Pit of Malice. Untuk option item lain, bisa pake Necronomicon (buat fast push abis Dark Rift ama team), Shiva Guard (supaya musuh tetep dalam effect Atrophy Aura, Dagger/Force Staff/Rod of Atos (buat combo ke Pit of Malice), trus untuk item luxury bisa pake Cuiras, Satanic, Tarras, Radiance, atau Moon Shard.. yak segini aja info yg bisa gue kasih tentang Underlord, sorry ya kalo ada salah :D selamat mencoba!
Voice: "Nothing can stop us . Nothing can slow our march . And when we have arrived , all will burn"

Undying
(Dirge)


Sejarah: gak mewakili tokoh khusus , tapi Dirge ini Zombie . zombie itu sendiri awalnya dulu dari pulau Haiti di Karibia , dimana orang" yg hampir mati dibangkitkan lagi ama dukun" Voodo pake mantra & ramuan" khusus , ingatan mereka di hilangkan ampe jadi kayak orang bingung , trus zombie" itu dijual untuk disuruh kerja di perkebunan tebu . tapi zombie-nya ini bukan yg kayak biasa di film" / game , itu udah terlalu di improvisasi haha ..
History in Game: rekrut-an King Lich juga .. mengembara dari lembah ke lembah untuk ngelayanin Lich .
Kemampuan Khusus: awalnya kurus , tapi ultimate-nya bisa ngubah dia jadi raksasa .
DOTA: [Scourge] hero yg punya INT yg baik untuk kalangan hero STR . susah dibunuh , punya skill nuke & heal yg tinggi , bisa nyuri STR musuh juga .. tapi sayang stats AGI-nya lumayan buruk , gak berguna juga kalo nyerang sendirian (bukan tipe mandiri) .. Dirge hero STR yg di build kayak hero  INT , cukup beli item" Mana ama ama Mana regen untuk bisa ngespam skill , jadi kayak spellcaster .. cukup build dia jadi support - spell caster aja , udah bisa berguna untuk tim .. pokoknya build apapun yg bisa ngebuat skil"-nya aktif terus ..
Voice: "again and again , I live and die"

Wraith King
(Ostarion)

Sejarah: "King Leoric" itu nama tokoh yg ada di Diablo , jadi ini gak ngewakilin tokoh siapapun di dunia nyata .
History in Game: dulu ada seorang ksatria yg ngelindungin kerajaannya , tapi entah kenapa dia malah masuk kedalam neraka . berabad abad ngalamin penyiksaan , akhirnya Lucifer the Doom Bringer turunkan dia lagi ke bumi , dimasukkan jiwa" jahat di dalamnya .. jadilah dia King Leoric & dimasukkan kedalam Scourge .
Kemampuan Khusus: mati , bisa hidup lagi sekali .
DOTA: [Scourge] nah ini dulu di DOTA Warcraft namanya Skeleton King (King Leoric) , di DOTA 2 diubah jadi Wraith King (Ostarion) , tapi semua skill"-nya sama aja kok . dia ini hero support-tanker , walau punya skill 1 vs 1 , DPS-critical plus natural lifesteal-nya yg baik , tetep aja build utama-nya tanker . apalagi ulti-nya bener" diciptakan untuk jadi tanker sejati , yaitu Reincarnation , abis mati bisa idup lagi 1x (ngebunuh 1x aja gak gampang) ..
Voice: "purer than flesh , stronger than bone , imperishable is the essence of the wraith"

==============================

yak , itu dia daftar" 39 hero STR di DOTA 2 . itu kan ada yg sejarah & history in game nya gue gak tau (gak kuat muter" Google lagi) , kalo misal ada yg tau & mau nambahin ayok silahkan . sorry juga kalo ada kesalahan kata yg style main hero"-nya di DOTA (soal tanker , carry , spell caster dsb) , gue gak semua bisa & ngerti mainin hero" diatas , beberapa cuma tau dari forum" & cerita temen . trus juga sorry kalo kemampuan khusus-nya gak pas ya , itu gue cuma feeling sendiri aja wakakakak , ngambil salah satu kemampuan skill-nya gitu . ok , untuk selanjutnya nanti gue bikin untuk yg hero" AGI (Agility) ya , tempatnya hero" killer yg haus darah ! see you again~
 to be continue ..

Share this:

25 komentar:

  1. Balasan
    1. ursa hero AGI, itu di akhir artikel klik yg part II nya

      Hapus
  2. Balasan
    1. enigma hero INT kakz, ini yg dibahas STR..

      Hapus
  3. btw, cerita nya Abbadon The Lord Of Avernus yang paling "menarik" buat dibaca. nc info, keep post. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. main warcraft III lanjut Frozen Throne gan biar ngerasa gimana proses Arthas (omniknight) jadi abbadon (death knight)

      Hapus
  4. main warcraft III sama Frozen Throne min.. pasti tau sejarah hero"nya nanti :D

    BalasHapus
  5. Menurut gua paling keren bristleback hihi
    Soalnya gua dua kali rampage pake bristleback.
    Bener banget banyak yang bilang BB itu hero sampah, pertumbuhan str nya kecil, darah dikit mana dikit, jalannya lambat, tapi kalo bisa pake nya, hero bahaya dengan skill yang sangat cepat cooldownnya, udah gitu digandakan lagi damage serangannya, gokil pokoknya BB mah. Kalo bukan tipe yang suka rush, atau ga suka di gangbang, jangan pake BB... hihi

    BalasHapus
  6. BB buat loe yang sneng SPAM HERO ! ga ada gregetnya BB, males bgt dah

    BalasHapus
    Balasan
    1. bilang ja g bisa Pake sob. cuPu.akkakak

      Hapus
  7. juggernaut masa gk ada gan hero agi gk banyak yg dipost

    BalasHapus
    Balasan
    1. tulisan artikelnya scroll ampe bawah bro, klik tuh link menuju ke hero AGI

      Hapus
  8. mau info tentang hero agi dong gan

    BalasHapus
  9. Makasih banget nih yg dah nulis artikel tentang dota heronya yakni sejarahnya dan asal usulnya,karna gw pengen banget tau sejarah dota 2 heroes.salam dr penggemar berat dota 1, dota2 dan warcraft

    BalasHapus
  10. Dicoba dulu ya informasinya min :) Thx

    BalasHapus
  11. Cepetan keluarin donk artikel nya yang carry gua dah gx sbar bwt bcnya #dota_lovers

    BalasHapus
  12. kunjungi juga Dotatypo.com buat lore Dota 2 bahasa indonesia :D

    BalasHapus