[Part II] Kalian Harus Bangga Hidup di Zaman Kartun" Ini

*copas = cantumkan sumber .
if u don't want someone to copy your content ,
so don't copy others and make it yours .
show your respect*

lanjutan Part I ~> Kalian Harus Bangga Hidup di Zaman Kartun" Ini

==========

41. Kamen Rider

wah ini mah serial yg tak lekang oleh waktu wakakakak .. kalo anak" zaman dulu sih lebih ngenal Kamen Rider itu "Satria Baja Hitam" .. jadi ini cerita tentang superhero dari Jepang , kisahnya sih ya kayak biasaaa nyelamatin Bumi dari invasi monster" jahat .. Kamen Rider itu kendaraannya motor (tapi kalo gak salah ada juga yg enggak deh) , trus mereka itu manusia yg bisa berubah pake topeng & armor-nya juga keren" . ohya tapi gak semua manusia , ada juga yg Cyborg (setengah robot) , full robot , setengah monster , bahkan ada yg full monster juga .. trus gak semua protagonis , ada juga yg antagonis . serial pertama Kamen Rider ini di tahun 1971 namanya Kamen Rider Ichigo & Nigo , jadul banget ini yg pake slayer kecil di leher itu loh wakakakak .. trus seri terakhir di tahun 2011 , Kamen Rider Fourze , dan gak nutup kemungkinan kedepannya bakal muncul Kamen" Rider lainnya ..

42. Kirby

nah kalo ini dulu mainnya di TV 7 ya kalo gak salah , siang menjelang sore gitu deh .. jadi ceritanya ini ada planet namanya Pop Star . nah menurut legenda dari orang" planet itu , suatu saat planet Pop Star itu bakal ada diambang kehancuran (gak tau karna apa) , diramalkan ada prajurit legendaris yg bakal datang untuk nyelametin planet Pop Star , namanya Kirby . diceritakan juga kalo Kirby itu sebelum muncul dia tidur selama 200 tahun . nah tapi ternyata ada kesalahan , Kirby muncul lebih cepat , jadi bentuknya masih bayi . bukannya nyelamatin planet , malah kadang dia yg disalemin ama temen"-nya kalo kenapa" -_____- tapi Kirby punya kekuatan juga loh .. walaupun gak bisa ngomong (agak kayak Pikachu di Pokemon gitu) , dia bisa ngehisap musuhnya trus dilempar lagi .. trus dia juga bisa nge-copy kekuatan musuh"-nya itu .. musuh utama Kirby ini Raja Dedede , trus ada juga kadang monster" yg bikin rusuh desa ..

43. Kobo Chan

duh ini juga gak bisa terlupakan banget , dulu mainnya di RCTI tapi lupa jam berapa .. salah satu anime dengan episode terpanjang di Jepang .. ceritanya sama kayak Maruko , tema keluarga yg nyeritain tentang keseharian" di keluarga & sekolah aja .. trus ada juga kadang masalah" simple di keluarga tapi cara penyelesaiannya itu semua diangkat menarik ama anime ini .. jadi ini ngisahin tentang keluarga Tabata yg terdiri dari Ayah - orang kantoran biasa , Ibu - ibu rumah tangga , kakek nenek yg suka manjain Kobo , paman Kobo guru SMA , ama si Kobo yg suka takut ke dokter gigi haha .. trus Kobo juga punya peliharaan anjing & kucing . Kobo sekolah di Tk trus disana dia punya banyak temen yg karakternya beda" .. kadang ada juga masalah" di sekolah yg ampe kebawa kerumah .. pokoknya recommended banget ini , bisa ditonton semua umur .. gue suka tema keluarga gini , humor-nya ringan trus nyeritain tentang kehidupan keluarga gitu ..

44. Let's & Go !

haha ini salah satu anime yg pernah tayang di Indo , yg mainannya dulu booming banget gara" ini .. yap , tamiya ! bahkan ampe sekarang ya ? bbp bulan lalu gue jalan" ke mall masih ada loh kontes tamiya gitu , trus tamiya-nya keren" banget .. ini dulu mainnya di RCTI sebelum Hamtaro kalo gak salah . jadi inti ceritanya sama aja sih kayak Beyblade atau Crush Gear gitu , tentang cerita" & keseruan selama ikut kompetisi .. disini ada Retsu Seiba ama adek-nya Go Seiba , mereka ama tim-nya ikut" kompetisi tamiya (mini 4WD) gitu .. tamiya-nya keren" , masing" punya keunggulan sendiri" .. gak terlalu ngikutin gue dulu ni anime , soalnya suka telat bangunnya wakakakak ..

45. Looney Tunes

setau gue ini dulu mainnya di TPI , tiap sore gitu sekitar jam setengah 4-an .. ini Looney Tunes sama kayak Walt Disney yg punya Mickey , Minnie , Goofy & Pluto , Donal Bebek , dkk .. nah kalo Looney Tunes ini produksi Warner Bros .. dia kebagi jadi puluhan episode juga , cerita juga beda" .. isinya Looney Tunes ini banyak banget , tapi yg paling terkenal itu si kelinci banyak akal Bugs Bunny .. trus ada juga yg bisa dibilang karakter utama Looney Tunes , si bebek item Daffy Duck . yg lainnya itu ada Lola Bunny , Tazmanian Devil , Porky Pig , Road Runner , Wile E. Coyote , Sylvester , Foghorn Leghorn , Marvin the Martian , ama yg paling unyu si Tweety ..

46. Makibao

astaga inget anime ini jadi keinget temen SD yg dulu dipanggil makibao gara" lobang idungnya gede aowkaokwoakwoak .. lumayan kocak ini , kebanyakan yg bikin ngakak tuh ekspresi" tokoh"-nya itu ama tingkah" absurd-nya juga .. ini ceritanya Makibao itu anak kuda peranakan dari 2 kuda jenis unggul (kuda balap) . apa ? kuda ? iya , Makibao itu kuda tauu bukan sapi wakakakakakak .. tapi gak tau deh kenapa Makibao bantet gitu trus lobang idung-nya gak woles banget .. inti ceritanya anime ini sih nyeritain tentang perjuangan Makibao untuk jadi kuda juara di setiap pacuan supaya bisa kayak orang tua-nya .. trus tiap dia turnamen selalu ada sahabatnya si tikus yg diatas kepalanya , yg tugasnya untuk nyemangatin gitu .. 1 yg gak bisa dilupain , kalo mau lari kenceng Makibao kudu boker dulu aokwoakwoakawokaok .. btw Makibao dulu mainnya di SCTV , waktu tayangnya lupa tapi kalo gak salah tiap jam 7 pagi ..

47. Marsupilami

nah kalo ini mainnya di RCTI tiap minggu trus agak siang gitu , jam 12-an kalo gak salah .. ini kartun yg ngajak kita sama" untuk ngejaga lingkungan , bagus loh .. Marsupilami yg ekornya panjang banget trus warna kuning corak item itu sendiri sebenernya nama spesies fiktif kok , gak beneran ada .. jadi ceritanya ini ada Marsupilami yg ekornya panjang banget , multifungsi juga , yg udah berkeluarga .. anaknya 3 trus lucu" .. musuh utama-nya itu pemburu di hutan ama ada harimau gitu . intinya Marsupilami yg ama keluarganya tinggal di atas pohon ini ngejaga kelestarian hutan Kolombia dari penebangan pohon trus juga pencemaran" pabrik di lingkungan hutan itu ..

48. Disney Classic

gue gak tau perkumpulan mereka ini namanya apa , tapi cari" di google sih rata" ngasih nama "Disney Classic" , jadi yaudah gue ikutan wakakakak .. Disney Classic ini ada Mickey & Minnie Mouse , Donald & Daisy , Goffy & anjingnya Pluto , Donald Duck ama 3 ponakannya (ponakan ya ?) Kwak Kwik Kwek ama si pelit Paman Gober .. ini salah satu kartun legendaris , apalagi Mickey Mouse , siapa yg gak tau .. sama kayak Looney Tunes sih , tiap episode beda" ceritanya .. trus kadang cerita tentang Mickey & Minne aja , Donald & Daisy aja , tapi kadang mereka ketemu juga di 1 episode .. gue paling seneng sih cerita" dari Donald , dulu ampe banyak beli komiknya .. yg seru kalo ada si paman Gober juga , soalnya dimana ada paman Gober pasti ada gerombolan si berat yg mau ngerampok hartanya paman gober , dan itu seru banget cerita"-nya hahaha ..

49. Mojacko

ini anime bahula banget , pengarangnya sama kayak pengarang Doraemon , Fujiko F.Fujio .. jadi ceritanya agak" mirip gitu haha .. tapi Mojacko ini alien , bukan robot .. jadi ceritanya ada anak laki" namanya Sorao Amano , gak kayak Nobita yg kelas 4 SD mulu , Sorao ini udah kuliah .. suatu ketika , dia gak sengaja ketemu ama 2 makhluk kecil yg bisa dibilang alien , terdampar gitu di bumi .. jadi Sorao mau nolong mereka untuk nyari jalan pulang . alien itu namanya Mojacko , ada juga 2 adek-nya yg namanya Mojaru ama Mojari .. karakter lainnya ada Donmo yg suka ngebantu Sorao ama Mojacko , ada juga si robot Gonzuke , temen perempuannya Sorao , Miki , dll .. btw gue lupa dulu zaman SD ini mainnya dimana , tapi bbp tahun lalu sempet ngeliat di Space Toon pas mau maghrib gitu .

50. Monster Rancher

ini juga anime jadul nih .. dulu lupa mainnya dimana , gue suka nungguin tapi kadang lupa :( seru loh ceritanya , keren juga .. ini ceritanya tentang Genki , anak yg suka main video game .. nah suatu hari dia gak sengaja masuk kedalam dunia Monster Rancher , yaudah disana dia ketemu ama Holly (yg cewe), Mochi (yg pink) , ama monster" yg ramah itu ada Suezo (mata gede itu) , Golem (yg badannya dari batu) , Tiger (yg rambutnya biru) , ama Hare (kelinci coklat) .. udah lupa banget ama ceritanya ni anime , tapi yg paling gue inget si Hare itu mulutnya bawel , jadi Tiger suka naik darah .. lucu pokoknya kalo mereka udah adu jotos wakakakak ..

51. Ninja Hatori

"mendaki gunung lewati lembah , sungai mengalir indah ke samudra , bersama teman bertualang .. Gozaru Gozaru itulah asalnya , pembela kebenaran dan keadilan hei ! ninja Gozaru .." , hayoo siapa yg masih inget ama soundtrack ituuu wakakakak .. dan pasti lebih banyak yg gak tau kalo penyanyi-nya itu si Bondan Prakoso !! wakakak kalo gak percaya googling aja :p ini salah satu anime legend , gak kalah ama Doraemon .. dulu ini disiarkan di RCTI abis Doraemon .. trus pindah ke channel Indosiar di jam yg sama (8.30 WIB) , trus kalo gak salah sempet juga di Net Tv dulu siang tapi gak tau sekarang ya masih ada apa enggak .. jadi ceritanya ini tentang Kenichi Mitsuba , anak SD biasa aja .. trus ada ninja namanya Kanzo Hattori ama adek-nya Shinzo Hattori , trus anjing yg suka banget makan ampe gak bisa gerak , Shishimaru .. gue lupa gimana ceritanya Hattori itu bisa jadi bagian keluarga Kenichi , yg jelas Hattori dkk selalu ngelindungin Kenichi kalo misal Kenichi mau di celakain ama Kimimaki bareng kucing ninja-nya , Kagechiyo .. Kimimaki gak suka ama Kenichi soalnya Kenichi suka deket ama Yumeko , cewe yg disukain Kimimaki juga .. tokoh lain itu (tapi jarang keliatan) Tsubama , cewe ninja juga sekelas Hattori yg suka banget ama Hattori ampe ngajak nikah mulu hahaha .. seru pokoknya ceritanya deh , lucu .. kangen banget pengen nonton lagi ..

52. Ninja Rantaro

beuh ini gak kalah keren nih ama Ninja Hattori , nilai plus-nya Ninja Rantaro ini kalo bikin ngakak gak tanggung" ! wakakakak .. tapi sebuah penyesalan karna gue gak nonton ampe tamat :') dulu main di Indosiar , lupa jam berapa yg jelas wajib nonton banget ini . anime yg episode-nya lumayan banyak nih , 1000 lebih .. dulu juga di Indosiar tayangnya cukup lama , dari gue kelas 4 SD gitu ampe SMP kelas 1 .. ini ceritanya konyol banget , ada 3 ninja namanya Kirimaru . Kirimaru ini mata duitan banget , ada duit jatoh dijalan dia pasti yg pertama dapet wakakak .. nah tokoh utama-nya , Rantaro , itu yg pake kacamata .. ini yg agak" waras , pinter juga .. trus yg gendut itu namanya Shinbei , hobinya makan . baru latihan 5 menit , perut udah bunyi :| trus ada juga ninja dari kelas cewe , 3 orang juga , ada Yuki , Tomomi , ama Shige .. trus guru-nya ada guru Yamada (ni guru kocak banget) , ada juga guru Doi .. beda ama Naruto , Ninja Rantaro ini jurus" ninja-nya juga gak lebay banget , realistis aja semua pergerakannya keliatan , gak ngilang" gitu aja atau berubah jadi 1000 bayangan wakakakak .. pokoknya cukup memorable anime ini , becandaannya ringan khas 80 - 90'an gitu ..

53. Nono-chan

ya ampun nonokooo wakakakak .. ini salah satu anime yg jadi saksi bahwa pernah berjaya-nya kartun" tiap minggu di channel" kita :') Nonoko ini dulu mainnya di SCTV , lupa jam berapa siang gitu deh kalo gak salah .. gak jauh beda ama Maruko / Kobo , ini cerita tentang keluarga gitu .. nama keluarga itu Yamada yg terdiri dari Nonoko anak kelas 3 SD , kakak-nya , ayah , ibu , ama nenek .. ibu-nya itu aneh banget , suka galau & bingung banget untuk nentuin menu makan malam .. kalo ayah itu pekerja keras .. kakak itu pinter , udah SMP .. trus nenek agak keras kepala . Nonoko itu anaknya agak pemalas trus terlalu nyantai , apalagi kalo udah dibangunin tidur susah banget .. di sekolah dia punya temen 2 cewe ama 3 anak laki" yg bandel" semua tapi konyol-nya minta ampun .. trus ada juga ibu guru Fujiwara yg pelupa-nya gak umum banget wakakakakak ..

54. Obake No Horry

haha ini kocak nih , gue suka juga dulu nonton .. lupa main dimana , yg jelas sore gitu deh udah pulang sekolah jadi bisa ngikutin ceritanya .. ini kisahnya tentang penyihir namanya Nyonya Majorin , nah suatu ketika dia tuh ngebuang coklat gosong di panci , trus di mantra"-in gitu .. dan , cring terbentuklah Horry yg warna coklat itu . bukanya nyiptain monster atau apa , ciptaannya itu malah imut banget wakakakak .. trus Horry punya temen" juga itu si Phyton yg paprika , Tolepper si kertas tisu , ama Candy yg permen .. itu temen"-nya bukan ciptaan Nyonya Majorin , kisahnya hantu gitu . tugas Horry & hantu" itu untuk nakutin manusia , tapi selalu gagal soalnya mereka yg suka diganggu manusia :| yaiyalah gak ada bentuk hantu"-nya gitu wakakakak .. musuh Horry dkk itu yg kucing , cewe rambut kuning ama anak cowo kembar .. Horry dkk suka digangguin gara" kelewat lucu ..

55. Pinky And The Brain

wah ini keren nih , kartun lainnya dari Steven Spielberg si empunya Spongebob . jadi Pinky and The Brain ini kisah tentang 2 tikus yg punya ambisi untuk nguasain dunia .. Pinky itu yg kurus , sifatnya agak" bego , tapi dia periang trus hidupnya kayak gak ada beban mau dalam masalah sesulit apapun . kalo Brain yg gendut , itu karakternya dingin , cerdas banget , nyaris tanpa hati nurani trus punya ambisi yg sama seumur hidup : MENGUASAI DUNIA *lol . mereka berdua ini temenan , kalo Pinky nganggep Brain itu ya temen kayak semestinya , tulus .. kebalikannya ama Brain , Brain ini agak licik dia cuma nganggep Pinky itu asistennya doang , trus suka nyuruh ini itu , pokoknya bukan teman dalam semestinya deh , agak" selfish .. tapi gak begitu terus sih , dalam beberapa episode gitu Brain berenti untuk ambisi-nya nguasain dunia kalo proyeknya itu ngebahaya-in nyawa dia atau Pinky .. trus walau Brain suka gagal dalam misi atau ngebahaya-in nyawa Pinky , Pinky tetep nerima Brain sebagai temen yg apa adanya , gak pernah protes tentang apa" juga . intinya Pinky ini easy going lah , nerima dunia apa adanya .. beda ama Brain yg pengen ngubah dunia sesuai cara pandangnya . keren pokoknya ni kartun , tapi sayang tayang di Indo cuma bentar soalnya denger" cerita ini banyak tentang konspirasi Yahudi Zionis soal nguasain dunia , jadi gak cocok untuk anak" ..

56. P-man

ini kisah tentang 4 pahlawan bertopeng , ada P-man , P-girl , Fat-man , ama si monyet Booby . pertama kali main di TVRI sekitar tahun '87 (buset dah jadul banget ya) , trus di Indosiar tahun '95-an , sempet di RCTI jam 9 , terakhir di TvOne jam 04.00 WIB , acara pembuka gitu abis lagu kebangsaan .. tapi gak tau sekarang masih ada apa enggak . jadi cerita P-man ini tentang pahlawan namanya Bird-man yg dari planet lain .. nah untuk ngelindungin Bumi juga , dia milih salah satu anak Bumi namanya Mitsuo .. tapi karna Mitsuo juga punya kewajiban untuk sekolah , jadi Bird-man ngasih robot yg bisa gantiin tugasnya .. kalo lagi tugas (jadi P-man) ya Mitsuo temennya yg bertiga itu , tapi kalo lagi jadi Mitsuo yg anak sekolahan dia punya temen namanya Kabao , Sabu , ama Mi-chan .. nah pas lagi tugas Mitsuo dkk ini bisa komunikasi lewat alat penghubung yg ditempelin di dada-nya (bentuk guruf P) , saking canggihnya bisa juga ngobrol ama si monyet Booby tanpa takut harus roaming .. trus gak perlu takut pulsa abis juga soalnya tu alat udah dapet subsidi dari penciptanya wakakakak ..

57. Pokemon

beuh ini salah satu anime legend , bahkan udah mendunia .. barengan ama booming-nya Pokemon dulu , anak '90-an pasti udah gak asing ama nama mainan "Tazos" yg di dapet dari chiki-chiki .. gue dulu punya hasrat yg besar banget untuk koleksi Tazos itu wakakakak .. apalagi kalo udah dapet karakter yg legend kayak Mewtwo , Articuno atau Zapdos , beuh langsung bawa ke sekolah trus pamerin wakakakak .. dan gue yakin anak" sekarang pasti udah gak tau apa itu Tazos . sungguh bahagianya bagi kalian (kita) yg hidup di era Tazos :') btw dulu Pokemon ini mainnya tiap Minggu pagi di Indosiar , trus sempet juga main di SCTV tiap sore jam 3-an gitu deh kalo gak salah . tapi paling lama dulu di Indosiar .. ceritanya , tentang anak" manusia yg hidup berdampingan ama Monster" unyu & keren" tapi semua punya kemampuan khusus & bisa bertaarung gitu . contohnya kayak monster yg jadi karakter utama , Pikachu , punya kemampuan nyengat listrik dari ekor-nya .. trus karakter utama yg manusia itu namanya Satoshi (kalo di barat namanya Ash) , dia punya perjalanan panjang untuk ngumpulin monster" yg disimpen dalem pocket bulat , trus pengen jadi Pokemon Master .. tapi Satoshi gak sendiri , dia berkelana ama temen"-nya ada Brock (Takeshi) , Misty (Kasami) , Tracey (Kenji) , May (Haruka) , ama Max (Masato) . trus tiap perjalanan itu mereka suka diganggu ama Team Roket yg konyol banget tiap muncul , selalu keluarin kata" mutiara tapi ujung"-nya bakal disetrum ama Pikachu ampe kepental jauh wakakakakak .. udah deh gak perlu banyak lagi gue deskripsiin , yg jelas gue bangga tumbuh besar diiringi ama anime legend satu ini :D

58. Popeye
 
ini salah satu kartun yg berkontribusi di hidup gue (atau mungkin anak" lain juga) , karna Popeye suka makan bayam & gue dulu suka nonton ni kartun , gue yg gak suka makan sayur jadi si emak bilang ,"Popeye aja makan bayam , masa kamu enggak .." , yaudah akhirnya sejak saat itu ampe sekarang jadi bisa makan sayur wakakakak .. tapi terkadang kartun" yg karakter-nya punya makanan utama & menyehatkan itu bagus banget loh , sama kayak Bugs Bunny yg gak pernah lepas ama wortel-nya , jadi dicontoh anak" lain juga .. padahal percaya gak percaya kelinci yg beneran itu wortel bukan makanan favorit / utama-nya wakakakakak .. sama kayak Popeye , diceritakan tiap makan bayam dia bisa jadi perkasa gitu , sebenernya itu gak bener .. penciptanya bikin ceritanya gitu untuk nge-edukasi anak" yg nonton aja supaya mau makan bayam . cerita Popeye ini sendiri simple , tentang Popeye ama pacarnya si Olive yg suka digangguin ama Brutus .. jadi tiap Popeye mau nolong itu selalu makan bayam dulu , kalo gak dia gak bisa ngelawan Brutus soalnya lemes wakakakak ..

59. Power Ranger

sama kayak Doraemon , keterlaluan banget kalo gak tau ama yg satu ini wakakakakak .. setau gue channel langganan Power Ranger ini Indosiar deh , mau Power Ranger seri apa aja selalu di Indosiar , bener gak ? trus btw terakhir gue nonton Power Ranger pas SMA tuh yg Power Ranger SPD , yg mereka jadi polisi gitu dan itu keren banget ! haha .. Power Ranger yg kita tau mungkin yg dari Amerika ya , dulu yg booming banget tuh Power Ranger Mighty Morphin .. padahal sebenernya Power Ranger tuh asalnya dari Jepang , nama aslinya Super Sentai . sedangkan yg Might Morphin dari Amerika itu seri ke-16 Super Sentai .. Super Sentai pertama itu serialnya tahun '75 , sedangkan Mighty Morphin mulai tahun '90 .  gak banyak yg bisa gue ceritain sih soalnya banget banget seri-nya , inti-nya dari Power Ranger ini sih tentang ngelindungin planet Bumi dari invasi monster" gitu .. mereka manusia biasa tapi bisa berubah gitu jadi pahlawan" yg kostumnya keren" .. trus ini Power Ranger terbaru nanti denger" yg jadi ranger biru itu orang Indo ya ? cool !

60. Powerpuff Girls

nah kalo ini Powerpuff Girls yg produksi Cartoon Network , kalo anime jepang-nya ada juga namanya Powerpuff Girls Z , ceritanya juga berdasarkan yg PG Cartoon Network . ini ceritanya juga keren tiap episode-nya , 3 jagoannya juga unyu unyu kayak anak ayam wakakakak .. awal kisah itu tentang Profesor Utonium yg mau nyiptain makhluk super untuk ngelindungin Townsville dari penjahat" .. pas lagi pembuatan gak sengaja ada bahan kimia X yg kecampur ama "adonan" itu .. tapi ternyata gak buruk" banget , malah kecipta 3 perempuan kecil yg lucu tapi punya kekuatan super , bisa terbang juga .. yg biru itu Bubbles , yg merah Blossom , trus yg ijo itu yg paling tomboy namanya Buttercup . musuh mereka namanya Mojo Jojo yg bentuknya kera , trus ada juga musuh" lainnya yg bentuknya aneh" , ada yg kayak amoeba gitu bertiga , ada yg tangannya kayak capit kepiting juga ..

61. Rugrats

haha ini cerita tentang bayi" lucu produksi Nickelodeon .. dulu gue doyan banget mainin games nya di PS 1 , seru abis ! petualangan di taman bermain gitu .. mereka ini bayi" yg punya ide" cemerlang trus punya banyak cerita petualangan . yg paling gede tuh cewe namanya Angelica , dia ini bos-nya , jadi sepupu"-nya Tommy , Chucky , Phil & Lil kayak dijajah gitu . terkecuali Dil , Dil agak lebih sedikit pemberontak . nah konon katanya nih , ini Nickelodeon ngambil cerita ini dari cerita nyata tentang cewe namanya Angelica yg ngidap penyakit Skizofrenia (suka halusinasi) :| jadi Angelica itu di dunia nyata , nyiptain khayalan ya tentang sepupu"-nya ini .. Chucky itu katanya udah meninggal tahun 1997 , Tommy tahun 2000 , trus The Devilles (ibu-nya yg kembar itu) tahun 2001 ngelakuin aborsi , jadi Angelica gak tau itu anak cewe apa cowo , makanya dia ciptain khayalan anak kembar .. satu"-nya yg masih hidup itu Dil , makanya Dil lebih memberontak ama Angelica soalnya dia masih hidup .. trus Rugrats ini nyambung ke All Growns Up! , itu cerita bayi" ini yg udah dewasa .. tapi akhir dari cerita All Growns Up! itu gantung , soalnya Angelica meninggal gara" Overdosis .. pokoknya gitu deh kira" yg gue baca di Creepypasta: The Rugrats Theory . gak tau cerita ini bener apa enggak , tapi agak serem juga ya :| tapi terlepas dari cerita itu semua ni kartun bagus kok , lucu .. dulu gue rutin nungguin tiap sore .

62. Sailormoon

"tiiiiiiba tiba keajaiban terjadiii .. kekuuuuatan muncul di diriiii .."
jangan salahkan diri ini nonton Sailormoon :( Sailormoon itu keren tau !!!! wakakakakaak .. lupa dulu gue ini mainnya dimana , Indosiar ya ? dan ini keren ceritanya , temen" gue mau yg cewe mau cowo pada nonton trus di sekolah pada bareng" niruin gaya Sailormoon waktu berubah trus bilang "dengan kekuatan bulaaan" wakakakakak .. ini ceritanya tentang 5 cewe pahlawan yg masing" punya kekuatan ber-elemen tata surya gitu , trus musuh"-nya itu dari kegelapan kayak Black Moon , Death Buster , trus yg gue inget terakhir tuh Shadow Galatica .. Sailormoon yg jadi karakter utama namanya Usagi , yg rambut pendek & karakter favorit gue waktu main PS 1 itu namanya Ami , rambut item Rei , rok ijo itu Makoto , yg rambut kuning Aino .. mereka ini juga punya misi untuk nyari Putri Bulan ama Kristal Perak ..

63. Saint Seiya

beuh ini juga gila keren banget , dulu gue ngumpulin beberapa action figure-nya gitu (walaupun yg imitasi doang wakakakak) .. lupa ini dulu mainnya dimana , yg jelas ceritanya tentang pendekar" yg dapet julukan "Saint" trus punya kekuatan dari masing" pakaian mereka . trus tiap Saint juga punya kekuatan khusus yg dikasih nama "Cosmo" . nah tugas mereka ini untuk ngelindungin Saori Kido , reinkarnasi dari Dewi Athena . dulu Saori Kido tinggal di Sanctuary juga , tapi ada Saint yg berkhianat mau ngebunuh Saori waktu bayi , tapi diselamatin ama Saint Sagitarius .. akhirnya pas Saori udah dewasa dia ngumpulin 5 Saint (yg jadi tokoh" utama) untuk ngelindungin dia .. pokoknya gitu deh gue agak lupa" wakakakak .. ohya tapi yg gak pernah gue lupain (dari SMA ampe sekarang masih ada di laptop) itu salah satu soundtrack instrument-nya yg "inside a dream" , menggetarkan hati gitu wakakakak ..

"Inside a Dream"

64. Samurai X

judul aslinya sebenernya Rurouni Kenshin , tapi pas masuk pasaran Amerika namanya berubah jadi Samurai X .. dulu gue ini nontonnya di Animax , tapi gak terlalu ngikutin gitu soalnya kadang lupa jam tayangnya .. latar belakang cerita ini bagus , di era Meiji gitu di Jepang , jadi sekalian belajar" sejarah juga soalnya beberapa latar cerita tuh diambil dari kisah nyata .. jadi Samurai X ini nyeritain tentang Kenshin Himura , yg dulu waktu zaman Revolusi Meiji satu"-nya samurai pembantai yg paling ditakutin .. pas perang udah selesai trus istrinya mati , dia janji gak akan ngebunuh lagi soalnya memori-nya dah mati katanya . jadi dia ngejulukin dirinya itu Kenshin trus jadi pengembara yg pake pedang dengan mata pisau terbalik ..

65. Scooby Doo

"scooby doo by doo , where are you"~
keterlaluan kalo gak tau ama yg ini wakakakak .. ini dulu tahun '90-an mainnya di ANTV , trus terakhir setau gue di TV7 tiap sore , sekarang gak tau rutin diputer dimana .. dulu Scooby-doo ini produksi Hanna-Barbera , tapi akhirnya dibeliin ama Warner Bros .. dan gue suka yg jadul banget yg dari Hanna-Barbera , gak tau seru aja gitu trus hantu"-nya lebih keliatan real & emang agak lebih serem .. jadi ini udah pasti tau dong , cerita tentang pemecah kasus" misteri yaitu si anjing coklat pinter tapi penakut Scooby-doo , Shaggy yg penakutnya sama kayak Scooby , Freddie , Daphne , ama Velma .. mereka tiap mecahin kasus keliling dunia selalu bawa mobilnya yg dikaish nama Mystery Machine . pokoknya seru deh petualangannya , apalagi kalo ngangkat cerita beneran dari legenda" suatu daerah , gue suka banget ..

66. Slam Dunk

beuh ini juga salah satu anime yg keren banget nih , dulu temen" gue jadi rame pada main basket gara" abis baca komik" dari Slam Dunk .. jadi bawa bola basket ke sekolah (SD) padahal gak ada ring-nya , jadi keren"-an aja gitu dribel ama passing" wakakakakak .. ya ini ceritanya tentang anak" SMA yg ikut" turnamen basket gitu , tokoh utamanya Hanamichi Sakuragi , yg dulu sebenernya gak suka basket gara" cewe yg dia suka lebih suka ama anak basket , bertepuk sebelah tangan gitu wakakakak .. tapi akhirnya dia suka lagi ama 1 cewe , disitu dia mati"-an untuk bisa ikut dalem tim basket SMA-nya .. tokoh lainnya itu ada Takenori (kapten) , Miyagi , Kiminobu , dll . udah agak lupa" gue ama ini , dulu lebih sering nonton anime-nya aja komik-nya minjem temen wakakakak .. dulu mainnya dimana lupa juga , Animax deh kalo gak salah ya .

67. Smile Kiko-chan

buset buset buseeeet .. ini Kiko si bocah woles wakakakak .. dulu tayang minggu pagi di SCTV jam" 8-an gitu deh kalo gak salah .. tema-nya Kiko-chan ini keluarga , beda" tipis kayak Maruko / Kobo gitu . nah tapi Kiko ini greget , lain daripada yg lain pokoknya makanya gue suka wakakakak .. ceritanya ini tentang keluarga Kiko yg terdiri dari Ayah , Ibu , ama Kiko .. Kiko itu anak TK , tapi aneh banget :| dia pendiem (gue jarang liat dia bicara) , jarang berekspresi , tapi pinter trus mandiri juga (suka bikin bekal sendiri) .. itu yg bikin anime ini beda , biasa kan tema keluarga gitu anak tunggal-nya pasti berekspresi banget trus rewel , aktif , dsb .. yg ini tuh beda banget . tapi kadang Kiko ini ngagetin loh , gak ada angin gak ada hujan suka tiba" salto ampe temen"-nya heran , tapi mukanya tetep woles aja gitu wakakakakakak .. Kiko juga punya kucing item gitu , dia pungut dari kardus .. tapi sebenernya sih itu kalo gak salah kucing calon angel yg turun dari langit tapi nyungsep di kardus .. pokoknya bagus deh ni anime , lucu .. nyeritain tentang si Kiko anak pendiem jalanin hari"-nya di sekolah ama dirumah ..

68. South Park

ini animasi yg dibuat untuk dewasa , trus kontroversial juga makanya gak masuk ke Indo wakakakak .. dulu gue juga pertama kali taunya dari game PS 1 malah , waktu SD . nonton animasinya pertama kali sekitar SMA kelas 1 gitu .. ini cerita tentang 4 orang anak SD yg tinggal di South Park , Colorado . namanya Stan Marsh , Kyle Broflovski , Eric Cartman , ama Kenny McCormick .. untuk alur ceritanya ? bener" kontroversi & amat sangat 17+ keatas untuk boleh nonton wakakakakak .. intinya sih ini animasi SARA banget .. kayak ada scene ngebunuh orang tua sendiri trus dimakan , 1 episode full ngebahas & meneliti bulu kemaluan (wakakakakakak) , trus ada juga petinggi" agama ama artis" yg dihina membabi buta di episode"-nya wakakakakakak .. kalian googling aja kalo mau tau lebih tentang kontroversial-nya .. gue masukkan juga kesini soalnya ini lumayan memorable banget di ingetan gue (mungkin anak" '90-an juga) , tapi gue gak recommended-in buat anak" yaaa , diawasin adek-nya wakakakak ..

69. Teen Titans

ini bukan '90-an sih , tapi awal" tahun 2000-an gitu adanya , jadi untuk generasi '90-an cukup memorable juga . ceritanya seru" , gue suka ngikutin .. tentang Robin , Starfire , Raven , Beast Boy ama Cyborg yg jadi pahlawan kota trus tinggal di gedung yg bentuknya T gitu . trus dulu mainnya ini di TV7 tiap sore deh kalo gak salah . inti ceritanya sama kayak animasi" superhero lainnya , ngebasmi kejahatan yg nyerang kota :D trus gaya" bertarung pahlawan" di Teen Titans ini keren" ..

70. Teletubbies

"tinky winky .. dipsy .. lala .. poooo .. teletubbies , teletubbies .. ber-pe-lu-kaaan .."
u tayaaaaang wakakakakakak .. kalo anak" sekarang yg doyannya nonton sinetron abegeh" gahol gewlah gettoh kayaknya gak tau deh ama Telettubies ini .. dulu kalo gak salah ini mainnya di Indosiar , lupa jadwal tayangnya tapi .. jadi cerita tentang petualangan" lucu & ringan dari 4 sodara , dari yg paling gede namanya Tinky Winky yg ungu , suka ama tas tangan .. yg ijo itu Dipsy , suka banget ama topi-nya yg item putih itu .. yg kuning Dipsy hobinya main bola .. trus yg paling bontot warna merah namanya Po sukanya main skuter . mereka tinggal di rumah yg bentuknya kayak kubah itu , trus yg gak bisa dilupain juga dari Teletubbies ini matahari yg ada muka bayi-nya hahaha ..

71. Tensai Bakabon

aduh , udah deh gue speechless banget ama ni anime , bener" absurd !!! wakakakak .. dulu ini mainnya di SCTV dan amat sangat wajib untuk ditunggu , mainnya sore gitu kalo gak salah . jadi pulang sekolah makan , tidur siang , bangun" udah mantengin TV untuk nungguin ini .. ini ceritanya tentang keluarga Bakabon gitu , ada Bakabon , adek-nya , emak ama bapak .. trus tokoh pelengkap itu ada si tukang sapu yg gak kenal waktu teruuuus aja nyapu sambil dengan ciri khas-nya selalu bilang "RRREREEE .. RRREREEEE .." wakakakakak masih inget banget gue suaranya .. trus ada juga si pak polisi yg suka di begoin ama bapaknya Bakabon . bayangin , bapaknya Bakabon tuh padahal udah bego , tapi dia masih bisa begoin si polisi wakakakakak .. si Bakabon juga , gak beda tipis ama bapak-nya .. yg pinter tuh adek-nya Bakabon , bayangin aja umur 3 hari udah bisa baca .. buset buset busseeeet .. trus ada juga binatang yg sering muncul gitu di pager" , yg warna item gak tau itu apaan , cebong darat kayaknya wakakak .. pokoknya ni anime jahat banget , kalo bikin ngakak gak kira" deh ampe rahang pegel ..

72. The Animaniacs

haha ini lucu nih , si Yakko , Wakko , ama Dot .. pertama gue nonton di Cartoon Network , trus gak beberapa lama masuk Indo tuh di channel TV7 tiap sore . yg gak bisa gue lupain dari Animaniacs ini lagu opening ama ending-nya , khas banget trus amat sangat memorable haha .. kalo opening-nya itu udah di terjemahin ke Indo ,"kami Aaaaaanimaniacs , kami menghibur anda .. kami Aaaaanimaniacs , kami sudah dikontrak .."  wakakakakak .. trus kalo ending-nya nada-nya sama , tapi cuma instrument aja gitu . gue lupa banget ini ceritanya tentang apa , kalo gak salah petualangan" untuk ketemu ama tokoh" masa lalu gitu kayak Albert Einstein , Alexander Graham Bell , dll .. ada juga makhluk" Myth gitu kayak Medusa atau Dewa Zeus .. trus mereka selain jalan" berpetualang gitu sambil belajar juga loh , kadang Matematika atau Geografi gitu , tergantung dia nemuin tokoh siapa wakakakak .. pokoknya keren deh . oh iya di The Animaniacs ini ada si Pinky and The Brain loh , yg udah gue tulis diatas , tapi gue lupa mereka ngapain disini wakakak .. yg jelas misi-nya sih masih sama , nguasain dunia !

73. The Flintstones

beuh ini salah satu kartun legend juga nih , sepuh lah bisa dibilang . pertama kali tayang tahun '60-an di channel ABC . trus di tahun '90-an masuk Cartoon Network gitu . kalo gak salah dulu pernah deh masuk Indo mainnya di TPI , soalnya rata" produksi Hanna-Barbera itu dulu TPI yg ngambil .. ini ceritanya simple aja sih , tentang kehidupan sehari hari keluarga Fred Flintstones yg setting ceritanya hidup di zaman batu . ada juga peliharaannya itu namanya si Dino , trus tetangga" ama temen"-nya juga .. kendaraannya juga lucu , bentuknya mobil tapi kalo kepepet pengen cepet tetep aja jalanin pake kaki (lari gitu) wakakakakak .. trus kaset PS 1-nya dulu bagus banget ini , salah satu favorit gue juga ..

74. The Little Lulu Show
 
ini dulu mainnya di Trans TV tapi jam" sekolah :( jadi gue bisa nonton pas liburan aja .. oh iya tapi dulu gue rutin beli komiknya wakakakak .. ceritanya ini lucu , kisah petualangan di kehidupan Lulu sehari hari aja sih .. trus dia punya banyak temen , ada yg baik banget ada juga yg gak baik" banget .. yg gue inget itu cuma temennya yg pake topi rambut Oranye , namanya Tobi .. trus Lulu pinter Stand Up loh , kadang di ending cerita dia nge-Stand Up gitu hahaha ..

75. The Simpsons

wah ini juga salah satu kartun legend , tapi agak" berat ceritanya kalo disajikan untuk anak" , jadi kartun ini emang di rekomendasiin untuk 17+ sih .. channel resmi-nya FOX , ampe sekarang kayaknya . trus dulu di Indo masuk itu sekitar tahun '90-an , di RCTI .. terakhir di ANTV tahun 2000-an gitu . tapi gak seru , baaaaaanyak banget adegan yg dipotong , kayak pas Homer cekik Bart gitu dipotong soalnya katanya KDRT , pokoknya banyak deh yg di sensor / di cut wakakak .. jadi cerita The Simpsons ini tentang kehidupan greget sehari hari sekeluarga absurd yg terdiri dari kepala rumah tangga yg gak jelas banget arah hidupnya , Homer Simpson .. istrinya Marge Simpson , anak lakinya yg jahil Bart , yg kedua suka main Saksofon itu Lisa , yg bontot & dot-nya gak pernah lepas itu namanya Maggie . mereka ini tinggal di Springfield , 1 kota yg penduduknya warna badannya kuning juga wakakakakak .. terlepas dari kekerasan" yg ditampilkan dari kartun ini , tetep aja lucu banget .. apalagi waktu The Simpsons movie yg cerita tentang sungai tercemar gara" Homer buang kotoran babi di sungai & akhirnya Springfield di isolasi dengan dikasih kubah kaca , tu movie sumpah bikin ngakak banget ..

76. Tiny Toon Adventures

beuuuh ini dulu game-nya di PS 1 bikin lupa waktu banget ! hahaha .. gak tau ini pernah masuk Indo apa enggak , dulu gue nonton cuma beli VCD-nya yg khusus kartun" biasa 10 in 1 itu wakakakak .. jadi cerita Tiny Toon ini sendiri agak" mirip kayak Looney Tunes , ada banyak karakter & cerita didalemnya gitu .. eh tapi emang saling berhubungan sih , di Tiny Toon ini ada beberapa karakter dari karakter" di Looney Tunes , tapi ini versi kecil gitu .. karakter utama di Tiny Toon ini 2 kelinci cowo cewe namanya Buster Bunny ama Babs Bunny , kalo di Looney Tunes mereka ini Bugs Bunny ama Lola Bunny gitu deh . trus ada juga Pluck Duck (Daffy Duck kali yee) , Dizzy Devil (Tazmanian Devil kalo di Looney) , banyak deh pokoknya . ama yg paling memorable banget kalo ada yg main PS 1 nya ini , itutuh si Elmyra Duff anak cewe rambut merah yg terobsesi banget ama binatang peliharaan , seru banget waktu chapter Buster dikejar kejar ama Elmyra didalem Goa , gue ampe teriak" wakakakakakak ..

77. Tom & Jerry

wah ini salah kartun yg udah mendunia & mustahil anak" 90-an ada yg gak tau . Tom & Jerry ini kartun animasi yg paling banyak nerima penghargaan dari Academy Award (Oscar) , total-nya ada 7 . trus ini bener" sepuh , udah ada dari tahun '40-an loh :| gue pikir The Flinstones itu udah tua banget ternyata ada yg lebih tua wakakakak .. btw Tom & Jerry ini karya Hanna-Barbera yg di produksi MGM (Metro Goldwyn Mayer) dari tahun '40 - '57 . tapi selama perjalanan itu gak terus"-an produksi dari MGM , tahun 60-an waktu MGM tutup , Tom & Jerry di produksi Rembrandt Films . tapi gak lama , tahun '63 - '67 di produksi Sib-Tower 12 Productions , trus tahun '70-an ampe '90-an baru deh produksi Hanna-Barbera langsung .. tapi Tom & Jerry yg paling terkenal ya produksi MGM , soalnya disana animasi ini dapet 7 Academy Award . cerita Tom & Jerry ini simple , cerita tentang Jerry yg selalu diuber uber ama Tom hahaha .. trus ada juga si anjing temennya Jerry , Spike , ama anaknya yg gemesin banget itu . dan Tom & Jerry ini walau kadang ada dikit unsur kekerasan tetep aja lucu & menghibur , gak ada gue denger anak" berantem atau lempar"-an setrika gara" terpengaruh film Tom & Jerry haha .. kalo di Indo dulu tayangnya ini setau gue pertama kali di TPI , trus pernah di RCTI , ANTV , Global TV ama Trans 7 .. satu kata pokoknya deh buat Tom & Jerry , LEGEND !

78. Ultraman

Ultraman ini serial Tokusatsu Jepang yg terkenal selain Kamen Rider atau Super Sentai (Power Ranger) . pertama kali muncul itu tahun '66 , tiap tahun ada serial Ultraman yg baru tapi vakumnya cukup lama dari tahun '82 - '94 gitu .. jadi cerita Ultraman ini sih gue gak tau gimana ceritanya soalnya gak pernah ngikutin wakakakak .. intinya sih ya kayak biasa , ngelawan" monster gitu .. ada Alien" , Godzilla , trus monster" Bumi juga .. trus Ultraman itu punya Life Gauge di dada-nya yg warna biru itu , jadi kalo kekuatannya dah mau abis itu kedip" .. keren pokoknya , ini salah satu yg memorable juga . di Indo gue gak tau ini mainnya dimana dulu , tapi kalo gak salah Indosiar deh .

79. Woody Woodpecker

haha ini gaya ketawanya gak bisa dilupain banget :p dulu mainnya di TPI , trus sempet juga di ANTV .. itupun gak tau rutin apa enggak , kalo di TPI dulu di mix biasa ama kartun" Hanna-Barbera .. jadi cerita dari Woody Woodpecker ini tentang burung pelatuk warna biru dengan jambul merah , dan dia ini cerdik tapi suka bikin onar gitu .. terampil juga , dia bisa bikin apa aja gitu dari kayu yg dia patuk , jadi kayak karya seni haha .. Woody punya beberapa musuh bebuyutan , dan karna dia tokoh utama ya dia dong yg selalu menang . tiap episode lain" deh pokoknya ceritanya . ini salah satu kartun sepuh juga , seangkatan ama Tom & Jerry .. pertama terkenal dulu di era Perang Dunia II di AS , trus sempet kehilangan pamor waktu tahun '50-an soalnya dah muncul kartun" lainnya yg bagus" , terutama yg dari Hanna-Barbera tuh hahaha ..

80. Xiaolin Showdown

nah ini dulu waktu gue zaman SD nontonnya di Cartoon Network , tapi gak tau kenapa hilang dari peredaran :| tapi untungnya pas zaman SMP gitu tiap minggu pagi Trans 7 muter ampe tamat ! (y) . ini ceritanya super duper keren , beneran deh .. tentang seni bela diri yg ada campuran sihir" ketimuran gitu .. jadi tentang 4 pendekar Shaolin namanya Omi , Kimiko , Raimundo , ama Clay .. mereka ini punya musuh bebuyutan kalo gak salah yg namanya Jack deh , ama "peliharaan" Jack kayak roh pake topeng gitu .. tiap episode ceritanya macem" , pokoknya ada aja niat jahat Jack yg gak abis"-nya gue liat haha ..

81. Yu Gi Oh

wah ini keren nih , mainan kartunya juga dulu booming banget wakakakakak .. tapi gue gak ngikutin ceritanya , gak begitu suka , mainin kartunya aja kaga ngerti :| tapi ini salah satu anime yg digandrungi banget ama anak" '90-an , trus dulu mainnya lupa dimana , kalo gak Indosiar di RCTI deh , yg jelas itu tiap hari minggu .. tapi dulu gue sempet nonton kok pas episode" awal , jadi ceritanya ini tentang anak laki" gak punya temen yg namanya Yugi Matou trus suka banget main video game . nah suatu hari dia dapet hadiah dari kakek-nya kayak puzzle antik gitu namanya Milenium Puzzle . nah pas dia udah selesai nyusun puzzle itu , keluar kayak roh kegelapan trus masukin badannya Yugi , jadi deh Yugi punya 2 kepribadian . kalo yg roh itu ambil alih namanya jadi Yami Yugi .. trus yaudah deh ceritanya berlanjut ke permainan" dari kegelapan gitu , ya akhirnya terfokus ama Duel Card yg jadi inti ceritanya . jadi ya Yugi ama beberapa temennya gitu ikut banyak turnamen" ama battle" card gitu deh .

======================================

intinya gue seneng & bangga dulu waktu kecil sempet nikmatin anime & kartun" yg ada di list gue ini . dan jujur kasian ngeliat anak" zaman sekarang , di TV sekarang tayangannya udah acara musik pagi yg ada masih kecil" udah nyanyi lagu cinta"-an , acara gosip , sinetron gak jelas , humor" gak jelas , joget" gak jelas , dan gak jelas lainnya .. sukur" kalo dapet channel Cartoon Network / Nickelodeon , soalnya channel" dalem negeri sendiri udah amat sangat jarang muter kartun" , kecuali channel yg emang khusus kartun gitu kayak Space Toon , itupun mesti masang tv kabel kan minimal . ohya bahkan kartun" di Cartoon Network ama Nickelodeon udah gak ada yg bagus" kayak dulu , ceritanya udah kebanyakan yg berat" . orang" luar aja sempet bikin petisi ke Cartoon Network untuk minta puter ulang kartun" '90-an gitu .. pokoknya ribet deh sekarang . jadi sekali lagi , bener" bersyukur kecil di tahun '90-an wakakakak ..

gue bikin artikel ini , supaya kita yg anak" '90-an bisa nostalgia bareng .. gue cuma mau buat yg baca itu jadi ngebatin ,"oh iya gue dulu pernah nonton ini , udah lupa judulnya .." , gitu .. dan dulu juga indah banget ya waktu anak" jaman dulu blom tau ama yg namanya gadget , jadi hiburannya paling kalo gak main diluar ama temen" ya nonton kartun dirumah , itu udah pasti banget haha .. yah akhir kata kayak judul artikel ini , kalian harus bangga kalo hidup di zaman kartun" ini .. hidup yg dulu menyenangkan banget , yg mungkin udah gak bisa dinikmatin ama anak" sekarang atas apa yg bisa ditonton gratis ama anak" jaman dulu :p

makasih dah mampir , yg mau nambahin kartun / anime favorit kalian yg gak ada di list ini , request di komentar atau mention aja di twitter .
see you ~


thank you Google untuk semua gambar-nya & juga Wikipedia untuk beberapa informasi penting yg gue lupa (y)

Share this:

5 komentar:

  1. Brad, seharusnya ada Minky Momo, Kamichama Karin, Princes Tutu, Hunter X Hunter, Time Quest yg ceritanta tentang teko ajaib, Zoids, The Magic School Bus. Makasih min infonya :v

    BalasHapus
  2. Lightning Express Hikarian, Origami Warrior, Time Bokan, Pokonyang (Rocky Rackat), Cooking Master Boy, Pandalian, Kimba, Jane and The Dragon, Tentomushi (ceritanya tentang adik prermpuan nakal yg punya banyak kakak), Muteking, Janken Man (pahlawan gunting batu kertas), Magical Doremi, Princess Knight, Ocha Ken, Toopy and Bino, Babar (tentang kehidupan gajah), Rolie Polie Olie, Miss Spider Sunny Patch, Franklin (tentang kehidupan kura2), Shoe People, Tiny Planet (Bing & Bong). Itu saja min :v

    BalasHapus
  3. Makasih min udh nulis inii, bener bener bikin nostalgia seneng aja bisa nginget2 kembali kartun2 dulu yg selain menghibut jg mendidik anak

    BalasHapus
  4. The backyardigan, tambahin. Klau perlu di tambahi. Soundtrek perkartun. Tambah asik :D

    BalasHapus
  5. the wild thomberiss minn itu lohh si elisa yngg bisa ngmng sama monyetnya..
    tnx min

    BalasHapus