--> 7 Pekerjaan Untuk Meringankan Biaya Kuliah - Rovylicious
w9vb7L0M7j9qO5VekXjh9f4upwh86ATk0lG5dKZM

7 Pekerjaan Untuk Meringankan Biaya Kuliah

monster.com
Beberapa waktu lalu, pas lagi baca-baca moneysmart.id gak sengaja ngeliat salah satu artikelnya di Earn Money - Kerja Sampingan yang "Terbentur Biaya Kuliah, 5 Cara Ini Bisa Membantu Kamu Tetap Sekolah Setinggi Mungkin". Untuk kuliah di universitas impian emang gak gampang, butuh effort banyak dan pengorbanan. Pengorbanan ini sendiri paling sering dalam bentuk 2 hal, yaitu waktu dan materi. Untuk waktu, kamu pasti bakal sering melewatkan waktu-waktu berharga bersama orang-orang terdekat karena terlalu sibuk menuntut ilmu biar IPK gak miris-miris amat. Sedangkan materi, sudah pasti biaya yang dikeluarkan untuk kuliah gak sedikit.

Bagi kamu yang biaya kuliah ditanggung sendiri atau ingin meringankan beban orang tua, artikel dari moneysmart.id diatas itu ada solusinya yang terbagi jadi 5 point yaitu student loans, beasiswa, kerja sambil kuliah, freelance, sama yang terakhir wirausaha sambil kuliah. Dan yang menjadi perhatian gue sendiri tuh yang nomor 3, yaitu Kerja Sambil Kuliah. Kalau 4 point lainnya gak bisa tercapai, seenggaknya yang point ke 3 ini bisa deh dilakukan siapa aja yang penting mau plus ada niatnya. Dan #MoneySmartMenginspirasi emang bener-bener menginspirasi sih, sampai gue tercerahkan nulis 7 Pekerjaan Untuk Meringankan Biaya Kuliah yang bisa dicoba ini.

1. Freelance
entrepreneur.com
Pekerjaan pertama yang bisa kamu coba adalah Freelance. Selain hanya bermodalkan skill dan gadget, menjadi freelancer juga mengasyikkan karena waktu yang gak terikat dengan perusahaan pencari freelancer tersebut. Kamu juga bisa mengerjakan project freelance kamu saat tidak ada jam kuliah. Nah, freelance yang paling banyak dijalani bagi sebagian besar orang adalah Writing. Jika kamu memiliki skill di bidang ini, sudah pas banget! Tinggal cari deh job di website pencari jasa-jasa freelance. Untuk bidang lainnya yang paling sering dijalani oleh para freelancer adalah Desain Grafis, Fotografer, dan lain-lain.

2. Penerjemah
ccalanguagesolutions.com
Yap, kamu beruntung bila menguasai bahasa asing karena penerjemah adalah salah satu bidang yang cukup dicari saat ini. Dan berita baiknya, kamu bisa menggeluti bidang ini disaat sedang menjalani rutinitas kuliah! Penerjemah atau bahasa kerennya Interpreter ini juga pekerjaan dengan nilai prestise tinggi lho, yang bisa dibilang profesi yang cukup menjanjikan di masa mendatang. Kamu bisa menjadi penerjemah di pemerintahan atau organisasi bertaraf internasional lainnya, dan jam terbang kamu di bidang ini akan lebih tinggi kalau bisa menguasai lebih dari 2 bahasa.

3. Magang
metaltechalley.com
Nah, kalau ini sering banget dilakukan sama mahasiswa/i yang sedang kuliah. Kamu juga bisa melakukannya, dengan mencari perusahaan bergengsi yang bidangnya masih ada hubungannya dengan jurusan kuliah yang kamu ambil. Meskipun gaji tidak sepenuhnya seperti karyawan yang lain, namun benefit lainnya yang kamu dapatkan dari magang adalah pengalaman. Dari magang ini kamu sudah bisa belajar bagaimana berinteraksi di lingkungan kerja, mempelajari berbagai hard & soft skill, dan yang paling penting bisa diupdate ke CV maupun portofolio.

4. Karyawan Toko / SPG & SPB
spgevent.co.id
Jika kamu merasa pandai berbicara untuk menarik perhatian konsumen, maka menjadi karyawan toko atau SPG & SPB (Sales Promotion Girl/Boy) bisa menjadi salah satu pilihan. Sering lho sebuah toko retail ataupun gerai kuliner mencari tenaga karyawan, apalagi kalau hanya untuk event. Begitu juga dengan menjadi SPG & SPB, biasa banyak dibutuhkan orang untuk mengisi posisi tersebut di event besar yang akan berlangsung. Selain mendapatkan bayaran yang lumayan besar, kamu juga akan terus bersosialisasi dengan orang banyak bahkan bertemu dengan orang-orang baru yang mungkin secara gak langsung sudah menambah relasi kamu.


5. Barista Coffee Shop
shutterstock.com
Mengambil part time menjadi barista di sebuah coffee shop adalah salah satu pekerjaan yang banyak dijalani para Generasi Milenial & Gen-Z yang sedang kuliah nih. Selain mendapatkan penghasilan yang lumayan disaat kamu masih kuliah, membuat kopi juga bagi sebagian orang adalah sebuah passion lho. Jadi bagi kamu yang ingin atau memiliki skill dalam bidang kopi-kopian, mungkin mengambil part time menjadi seorang barista di coffee shop bisa menjadi pilihan. Apalagi saat ini sudah banyak coffee shop yang menjamur di kota-kota besar, kamu tinggal mencoba untuk mencari tahu coffee shop mana yang sedang membuka lowongan bagi para mahasiswa/i.

6. Buka Les Private
maltatoday.com.mt
Dengan bermodalkan ilmu yang dikuasai, kamu bisa membuka les private di rumah sendiri. Yang kamu butuhkan mungkin hanya space lebih di rumah ya, seperti halaman rumah misalnya. Dengan begini tetangga-tetangga kamu kemungkinan akan les-kan anaknya dengan kamu, karena tempat les yang gak jauh dari rumah. Hal yang harus kamu lakukan juga simple, hanya dengan membuat banner di depan rumah kemudian memasarkan lagi di social media. Les private ini menguntungkan banget lho, terutama kalau menjelang anak-anak sekolah try out atau Ujian Nasional. Orang tua kamu juga pasti bangga, karena anaknya yang masih kuliah sudah mampu mentransfer ilmu ke orang lain.

7. Driver Ojol
selular.id
Ya! Sayang rasanya jika tidak memasukkan pekerjaan ini ke dalam daftar. Ojek online saat ini sudah sangat banyak, namun customer tiap harinya juga pasti akan selalu ada. Jangan gengsi, karena banyak juga kok yang masih kuliah tapi menjadi ojek online baik yang menggunakan mobil ataupun motor. Selain pendapatan perhari yang bisa kamu dapatkan lumayan, jam fleksibel yang ada di pekerjaan ini juga menguntungkan untuk kamu yang sedang kuliah.

====================

Sebenarnya masih banyak lagi profesi lainnya yang bisa dijalani saat sedang kuliah kok, tapi yang paling sering gue temuin di temen-temen yang kuliah sambil kerja ya pekerjaan-pekerjaan di daftar ini. Jadi jangan berkecil hati ya bagi kamu yang terbentur masalah biaya untuk melanjutkan pendidikan, dimana ada niat pasti ada jalan. Good luck!
Related Posts

Related Posts

Post a Comment