Bumi Itu Kadang Bulat Kadang Datar, Tergantung Mood Sih.

aduh judulnya lucu banget aduuuh hahahah ampe sakit perut ketawa aduuh hahahahaha...
hahahahaha...
hahaha..
haha..
garing ya :'(
oke judulnya cuekin aja, yg penting isinya. sama kayak ganteng atau jelek itu relatif yah, yg penting kan ena.. ena diajak ngobrol, ena diajak travelling, dll *apasih masboooyyy*
ok sama kayak judulnya yg garing, gue juga mau bahas sesuatu yg garing. tapi yg garing kriuk krenyes" itu malah yg enak toh.

*copas = cantumkan sumber .
if u don't want someone to copy your content ,
so don't copy others and make it yours .
show your respect*


jadi gini gaes, beberapa bulan terakhir di peradaban internet tanah air kita lagi sensasional banget ama perseteruan 2 kubu antara #FlatEarth Vs #GlobeEarth, yaitu #FlatEarth (FE) buat mereka yg berkeyakinan kalo Bumi ini tuh datar, sedangkan #GlobeEarth (GE) mereka yg yakin kalo Bumi ini sedari dulu ya mbulet, kayak yg udah diajarkan sejak dahulu kala ke kita.. kalian pasti udah gerah kan ama postingan akun" ilmu pengetahuan di social media tentang astronomi (galaksi, bintang, planet, dll), eh tapi di comment-nya malah pada debat kusir antara kubu FlatEarth ama GlobeEarth :(

dan absurd-nya mereka semua yg berpegang teguh ama keyakinan kalo Bumi itu datar mendadak jadi pada ahli astronomi hanya dengan berkiblat pada Youtube.. itu lebih menyedihkan yak :'( mereka pikir yang ada di Youtube itu adalah refrensi maha benar no tangkis.. mereka itu juga ngerasa bangga & ngerasa dirinya tuh adalah insan yg tercerahkan, lepas dari pembodohan ajaran para guru" di sekolah & sains modern yg ada selama ini.. mereka bangga karna ngerasa sebagai para pejuang yg melawan konspirasi para elit dunia. gitu pikirnya.

tapi sebenernya perdebatan antara Bumi Datar & Bumi Bulat ini udah lama banget, ribuan tahun lalu.. Claudius Ptolemaeus (Ptolemy), dia ahli Geografi, Astronom, sekaligus Astrolog yg hidup di jaman Helenistik di provinsi Romawi, Aegyptus, yg hidup di abad ke 2 Masehi. Ptolemy berkeyakinan kalo Bumi ini datar, dia punya teori yg mengatakan bahwa Bumi adalah pusat alam semesta. sebagai pusat alam semesta, membuat Bintang & Matahari memutari Bumi setiap hari.. selain Ptolemy, kepercayaan kalo Bumi itu datar juga udah ada di jaman Babilonia Kuno, India, China, ama Jepang Kuno. dan lebih lampau lagi, filsuf" pra-Socrates juga kayak Thales (550 SM), Anaximander (550 SM), Xenophenes (500 SM), Anaxagoras (450 SM), Arkhelaus, mereka percaya kalo Bumi ini datar.

sebenernya gak ada larangan sih buat orang" yg punya keyakinan kalo bumi ini datar, tapi alangkah baiknya buat di telaah lebih dalam lagi, atas dasar apa punya keyakinan kalo bumi itu datar? apa udah ada percobaan ilmiah resmi (sukur" taraf global) yg ngebuktiin kalo bumi itu datar? kalo cuma ikut"-an, wah sayang banget.. dulu gue juga percaya ama cerita nenek gue, kata beliau di bulan itu ada kelinci. tapi itu semua proses belajar yg harus kita lewatin, proses supaya kita bisa berfikir secara ilmiah.

nah untuk di tulisan kali ini, gue mau kupas tuntas tentang teori #FlatEarth Vs #GlobeEarth itu sendiri. dan sebenernya darimana sih asal muasal teori Flat Earth ini? siapin ciki" & soft drink, selamat terguncyaanngggggg~

==Flat Earth==


sebenernya, perdebatan tentang Bumi datar & Bulat ini bukan cerita baru, udah lamaaaa banget, ya kyk yg gue tulis diatas.. trus mulai terangkat lagi di abad ke 18, sampai lanjut ke tahun 1950-an, sampai sekarang.. dan sensasinya masuk ke Indonesia karena salah satu video Youtube buatan orang Indo juga, yg akhirnya jadi "kiblat" penganut teori #FlatEarth (biasa lah, pada latah). tapi gue gak tau ya, mungkin orang Indo sendiri emang udah ada yg berkeyakinan sejak bertahun tahun lalu kalo Bumi ini tuh datar.. kenapa gue bisa bilang begitu, karena perkumpulan teori Flat Earth ini sendiri di internet gue kroscek udah ada sejak tahun 2004 (tapi pembukaan untuk member di tahun 2009) dan akhirnya jadi nama komunitas yaitu The Flat Earth Society (http://www.theflatearthsociety.org/) yg berdiri di London & sekarang lokasinya ada di Hong Kong. pendirinya ada 3 orang, Daniel Shenton (Inggris), Michael Wilmore (Irlandia), ama John Davis (Amerika). anggotanya tapi gak begitu banyak sih, gue liat cuma 555 orang aja.. tapi ini cuma 1 diantara sekian banyak Flat Earth Society lainnya, komunitas yg didirikan 3 orang diatas ya sedikit lebih modern aja karna udah merambah ke internet.

Samuel Birley Rowbotham

nah sedangkan orang modern (modern yahh, bukan jamannya Ptolemaeus) yg pertama kali punya pendapat kalo Bumi ini tuh datar namanya Samuel Birley Rowbotham (1816-1884). dari semua hasil penelitiannya, Rowbotham nulis buku tentang Flat Earth yg namanya Zetetic Astronomy di tahun 1849, tebalnya cuma 16 halaman. baru di tahun 1881 halamannya nambah jadi 430, isinya ya semua tentang teori, penjelasan detail, sekaligus riset yg dia lakuin untuk ngebuktiin kalo Bumi ini datar. salah satu percobaan Rowbotham yg terkenal itu namanya Bedford Experiment di tahun 1838, Bedford itu sendiri nama sebuah sungai yg ada di Norfolk, Inggris.

eksperimen itu dia lakuin untuk ngebuktiin kalo Bumi ini apa emang beneran bulat kayak bola (Sphere) dan juga untuk nentuin dimana batas jarak lengkungan Bumi (Curvature). berdasarkan para ahli, total luas lingkaran Bumi ini kan 25.000 mil, perhitungan secara matematis kalo total luas lingkar Bumi 25.000 mil harusnya di jarak 6 mil (9,7 km) udah ada lengkungan (Curvature). nah di percobaannya, Rowbotham nyoba ngeliat kapal setinggi 5 kaki pake teleskop yg didirikan setinggi 8 inch yg ditaruh di atas sungai Bedford. waktu kapal itu udah ngelewatin jarak lebih 6 mil (9,7 km), dia masih bisa ngeliat dengan jelas kapal itu lewat teleskopnya. logikanya, kalo emang bener Bumi itu bentuknya bulat kayak bola, gak mungkin kapal itu udah lewatin jarak 6 mil tapi masih bisa keliatan walau pake teleskop karena udah ada di balik lengkungan Bumi..


dari hasil berbagai macam penelitian Rowbotham inilah yg akhirnya ampe sekarang banyak orang yg percaya kalo Bumi itu datar, sependapat ama Rowbotham.. sehabis penelitian Rowbotham & adanya buku dia yg berjudul Zetetic Astronomy itu sebenernya semua masyarakat waktu itu gak semua nerima mentah", tapi gak semua juga nolak teori dia itu. waktu Rowbotham meninggal di tahun 1884, akhirnya "follower" Rowbotham ngebangun komunitas Universal Zetetic Society. isinya ya menampung orang" yg percaya ama semua teori yg dikatakan Rowbotham di bukunya yg berjudul Zetetic Astronomy itu.

masuk abad 19, teori Flat Earth yg di kemukakan Rowbotham mulai dikenal orang banyak. bahkan salah seorang "penggiat" dari teori Flat Earth itu petinggi di Gereja Kristen Katholik Apostolik, John Alexander Dowie ama Wilbur Glenn Voliva. mereka nyebarin teori itu ke kota" besar di Amerika (terutama Illionis), dan akhirnya teori Flat Earth jadi populer di tahun 1950-an. dari sinilah, titik balik terkenalnya teori Flat Earth sampai sekarang.. dilanjut lagi di tahun 1956 seseorang yg bernama Samuel Shenton (Royal Astronomical Astronomy & Royal Geographic Society) ngediriin The International Flat Earth Society, yg isinya mereka" yg percaya kalo Bumi itu datar. tahun 1971 Shenton meninggal dunia, digantikan ama Charles K. Johnson. di tangan Charles, perkembangan komunitas The International Flat Earth Society jadi berkembang pesat, anggota-nya nambah jadi 3.000 semenjak dia jadi ketua. istrinya juga aktif di komunitas itu, yg berkontribusi untuk bikin artikel di Flat Earth Society Newsletter.

Samuel Shenton & Charles K. Johnson

nah di tahun 1995, ada tragedi yg nimpa Charles. rumahnya kebakaran, semuanya habis kebakar termasuk arsip" tentang Flat Earth Society, perpustakaan, sampai list member Flat Earth Society. habis tragedi itu, kesehatan istrinya Charles memburuk sampai akhirnya meninggal di tahun 1996. nah, selang beberapa tahun kemudian akhirnya Charles ngebangun kembali Flat Earth Society. sayangnya, di tahun 2001 dia meninggal di umur 76, dan gak ada ketua pengganti dari komunitas itu.

setelah sempat beberapa tahun vakum, akhirnya Flat Earth Society bangkit lagi di tahun 2004. dan mengambil pelajaran dari yg terdahulu ya, kebakaran semua arsip hilang, Flat Earth Society yg terbaru ini dibikin di Internet.. ya yg kayak gue kasih tau diatas tadi, namanya The Flat Earth Society (http://www.theflatearthsociety.org/), di ketuain ama 3 orang itu, dan masih aktif ampe sekarang.

John Davis, pakar komputer yg sekarang stay di Kanada ama James McIntyre dari Inggris, dua orang yg percaya kalo Bumi itu datar. mereka aktif dalam "kampanye" tentang Flat Earth ampe sekarang.. John Davis yakin kalo Bumi itu rata & Horizontal, "Bumi akan terus Horizontal selamanya dan dengan kedalaman setidaknya 9.000 kilometer," katanya. sedangkan James McIntyre ada pendapat lain juga, "Bumi seperti piring. Badan ruang angkasa berkonspirasi secara Internasional untuk menipu publik guna mendapatkan keuntungan besar."

trus, bagaimana ama fakta gak ada orang yg jatuh di ujung Bumi karena yg katanya Bumi bentuknya datar ini? McIntyre ngejawab, "Kutub Utara di tengah dan Antartika terdiri dari seluruh keliling Bumi. Navigasi keliling dunia adalah perjalanan panjang memutar di atas permukaan Bumi"

(kira" gambar diatas ilustrasi dari Bumi "versi" penganut faham Flat Earth, bentuknya kayak lempengan koin/piring, di sekelilingnya ada salju (kutub), itu sebabnya gak ada yg jatuh ke "tebing Bumi").


btw diatas itu salah satu foto yg jadi "serangan" para penganut faham Flat Earth garis keras.. foto itu diambil waktu misi Apollo 8 ke bulan, 24 Desember 1968. foto itu dikenal ama nama Earthrise, alias Bumi Terbit. foto diatas itu dianggap palsu, bagian dari konspirasi dunia ama badan ruang angkasa, pemerintah, dan ilmuwan. btw, gue gak percaya 100% kalo orang Amerika pernah nginjek Bulan, tapi bukan berarti gue percaya membabi buta kalo Bumi itu datar.

Fans Garis Keras Flat Earth di Indonesia

kenapa gue bilang garis keras? yaiyalah, soalnya mereka kalo dah ngajak debat udah semacam ahli astronom teragung no tangkis :( padahal debat boleh, tapi ya jangan merendahkan pendapat orang lain juga kan yg percaya kalo Bumi itu bulat. pokoknya kalo yg main social media pasti ngerasain kok kalo kita lagi masuk dalam fase zaman:

1. Post-nya akun ilmu pengetahuan di social media tentang Galaksi, Planet, dll, penganut #FlatEarth comment-nya "BUMI ITU DATAR" & akhirnya debaaat. pokoknya dimanapun kapanpun Flat Earth harga mati.
2. Nantang debat penganut aliran Globe Earth, ujung"-nya bilang "coba nonton dulu di Youtube yg judulnya blablabla".
3. Youtube jadi kiblat maha benar.
4. Yang ngajak debat rata" anak sekolahan, yg beraninya cuma pake private/fake account.
5. Pertanyaan & pernyataan mereka rata" sama: "CGI NIH!!", "FUCK NASA", "SATELIT ITU GAK ADA", "SATELIT ADA 13.000 TAPI GAK BISA DILIAT, BINTANG BISA", "COBA TUNJUKKAN LENGKUNGAN BUMI!", dll.

(salah satu contoh.. post-nya bahas Jupiter, comment-nya Flat Earth. itu seketika Jupiter bilang "helo guys ada gue disini" sambil lambai-lambai. we know what you feel, Jup).
(Instagram @infia_fact)

nah, dari comment" debat gitu gue jadi kepo kan, mau cari tau sebenernya asal muasal heboh Flat Earth di Indonesia gara" apa sih?? soalnya kan baru tahun ini aja yg kayaknya rame banget, sedangkan taun" lalu sering sih ngeliat thread di Kaskus yg bahas soal Bumi datar, tapi gue pikir itu lelucon aja dan gak ampe rame banget.. nah usut punya usut, ternyata ada beberapa comment di debat"-an itu yg nyaranin buat nonton video" dari akun yg namanya Flat Earth 101 di Youtube. langsung lah gue kroscek. ternyata emang beneran ada, akun itu total udah ngepost 10 video.. video pertama di post 3 bulan lalu, yg terakhir 1 minggu lalu terhitung hari ini (25/08/2016). gue udah liat satu persatu video-nya, dan ya isinya yaaaa gitu deh.. intinya ngebahas soal Flat Earth, ada bisnis terselubung, perkumpulan elit, konspirasi, blablabla..


gue udah sempet debat" dikit ama penganut faham FE di Instagram. bukan debat kusir hina"-an, gue kasih semua sanggahan argumen mereka dari yg gue tau. dan ujung"-nya klo mereka gak bisa jawab ya topik di alihkan, langsung bawa" kitab suci, langsung main block, atau caci maki di DM (banyaaak, tapi kasian kalo gue capture trus masukin sini, gak penting juga haha). dan menurut gue mereka itu gak pernah konsisten ama apa yg mereka argumentasikan. waktu diajak diskusi, mreka make teknik bolak balik, teknik yg sama dipake ama konspirator lainnya. disuruh buktikan soal Flat Earth, malah nantang balik suruh nyari garis lengkung, disuruh liat satelit pake mata telanjang, dll. aneh kan.. nah daripada penasaran gue kasih "sedikit" review juga nih untuk beberapa video-nya ya, dan ini gue bahas, kupas dikit, sanggah, untuk beberapa bahasan yg paling menarik & booming yak, jadi gak semua isi video gue bahas.

1. Video 1 (Bangkitnya Kesadaran) ~ di video pertama ini, ada 10 teori tentang Bumi Bulat yg dibantahkan ama mereka penganut faham Flat Earth. nah salah satunya sih ngebahas soal kalo foto Bumi dari satelit NASA itu bohong, itu semua cuma CGI (Computer-generated Imagery) kayak di film" Holywood. nah FYI aja, kalo sebenernya semua gambar bentuk Bumi bulat yg selama ini di publikasikan NASA emang CGI, tapi ada sebabnya. yg jadi pertanyaan itu, dari mana gambar CGI ini dibuat? jawabannya, gambar" CGI ini juga dibuat dari fotografi satelit NASA. jadi gambar CGI itu dibuat dari sekumpulan gambar" yg diperoleh satelit luar angkasa NASA yg akhirnya digabungkan jadi 1. kenapa prosesnya ribet gitu? ya karena Bumi itu ukurannya besar, dan satelit yg ada gak cukup jauh untuk ngambil 1 gambar Bumi penuh.. jadi kalo misal dibilang foto Bumi yg ada di mbah gugel itu CGI hasil dari NASA, ya emang bener lah.. tapi ya itu, harus tau dulu darimana gambar CGI itu dibuat.. jadi lebih jelasnya NASA itu pake sensor & frekuensi untuk ngukur jauh, gerak, besar, sampe warna pada objek luar termasuk bumi. dan frekuensi itu dihitung sedemikian rupa sampe ada hasil ketetapan dari perkiraan warna, bentuk, dsb. itu semua berkat fotografi satelit, makanya mereka buatnya detail kan sampe pergerakan awan, samudera, pulau", dll. itu semua penggabungan foto yg diolah secara digital lagi.

trus juga disini ada klaim dari FE yg katanya satelit itu ada puluhan ribu, tapi gak ada 1-pun yg bisa diliat dari teropong. siapa bilang? BISA, tapi hasilnya agak kurang bagus. satelit bisa diliat tapi bintang yg jaraknya lebih jauh bisa diliat? jelas lah, satelit ama bintang itu ukurannya beda jauh, dan satelit yg ada di luar angkasa bumi itu dilapisin atmosfer.. ditambah lagi, bintang itu menghasilkan cahaya & satelit itu enggak. tambahan lagi, satelit itu level ketinggiannya itu ngelebihin pesawat. sekarang aja pesawat yg lintasin airspace indonesia ada ribuan loh, bisa liat di langit gak? gak, kecuali yg terbang altitude atau dibawah 10ribu kaki. yg ketinggian 30rb-40rb kaki ya udah gak bisa diliat. dan yg bilang satelit itu gak ada, fix belom pernah maen ke observatorium :p bahkan mungkin tukang bersih" di Observatorium Boscha, Bandung udah pernah liat satelit lewat teropong disana #eaak


2. Video 2 (Bisnis Triliun Dolar) ~ topik yg dibahas di video ini tentang GPS & Google Map. penganut faham Flat Earth, percaya kalo Bumi Datar itu gak perlu butuh satelit & teknologi GPS itu gak akan bisa kalo Bumi melengkung. apa motivasinya bikin kayak gitu? ya pembohongan dari NASA, mereka dapat Rp.256 Triliun/Tahun dari pendapatan jasa satelit itu. di video ke-dua ini dikasih liat potongan video bahwa GPS gak pake satelit, dan ada pernyataan langsung dari Google bahwa akses My Location (Beta) di Google Map gak pake GPS, jadi handphone cuma akses tower sinyal telepon aja. sebenernya 2 pernyataan itu aneh, katanya "GPS tidak memerlukan satelit", artinya GPS itu ada tapi gak pake satelit. beda ama pernyataan "My Location" tidak memerlukan GPS, sehingga mengakses tower". artinya, Google gak pake GPS, atau GPS gak pernah ada. tapi di video itu si pembuatnya mau nyoba untuk brain wash supaya yg nonton mikir kalo GPS itu gak pake satelit, makanya dia ngulang" kalimat "tidak menggunakan satelit".. lagi" ini tuh Quote Mining, mengutip atau ngambil sebagian pernyataan sehingga lepas dari konteks aslinya yg dibuat seolah-olah mendukung pernyataan pelaku. padahal kalo diliat atau dibaca secara utuh, jelas maksudnya gak kayak gitu. video dari Google yg dipotong itu sebenernya penggunaan My Location untuk lokal aja, untuk nunjukkin alamat/lokasi waktu kita ada di suatu wilayah. bagaimana untuk yg jauh? misalkan dari Indo trus liburan ke Zimbabwe? ya pake fitur seluruhnya Google Map soalnya kudu cek peta Zimbabwe.. pas di Zimbabwe apa bisa pake tower terdekat? ya enggak, soalnya itungannya bukan lokal lagi.. jadi intinya, itu potongan video dan ada semacam penggiringan opini publik terselubung..

bukti editan di depan mata.. jeng jeng jengggg

itu gambar diatas sih katanya FE, Google Earth itu diambilnya pake DRONE. faktanya, itu drone UCAV MQ-9 Reaper/Predator yg diedit dikasih tulisan Google. ini serius yang editan abal" kayak gini dijadiin panutan? masih mending CGI loh, prosesnya ribet. itu nempelin tulisan Google di pict drone itu, anak SD kelas 6 bisa deh kayaknya. logikanya aja 1 atau 2 drone bisa ambil pencitraan seluruh bumi ini? untuk pulau jawa yg di scan 126.700/0,2 = 633.500km, rata" kecepatan drone 54km/jam, jd itungannya 633.500/54, drone scan pulau jawa aja butuh waktu 11.731 jam. karna semua dipotret siang berarti 11.731 itu dibagi lagi ama 12 & akhirnya makan waktu 977 hari atau hampir 2,5 tahun! itu hitungan kasar aja ya, kalo drone juga nonstop. faktanya juga drone 54km/jam itu terbang paling lama 30 menitan abis tuh turun lagi untuk di charge. jadi kalo bikin google earth pake drone, untuk jawa aja 2,5 tahun, untuk bumi ini berapa lama? trus untuk seluruh dunia, kenapa drone gak dianggap sebagai mata"/penyusup? kok enak banget bisa ambil pencitraan di Korea Utara dll. ah udahlah, sedih kalo diceritain lebih lanjut mah :(

ohya selain itu juga di video ini dibahas tentang ilmuwan Nikola Tesla. di video itu dijelasin soal J.P Morgan di tahun 1901 danain Nikola Tesla untuk bangun Wardenclyffe Tower sebagai menara telekomunikasi, tapi Tesla jadiin itu menara listrik gratis. J.P Morgan marah, tower itu dihancurkan. padahal katanya video itu kita sebenernya gak perlu bayar telefon mahal, bayar listrik mahal, karna sebenernya semua itu udah diciptakan ama Tesla dulu dengan gratis dan listrik yg aman. lewat Tesla Coil listrik gratis pokoknya dah, listrik bisa dialirkan lewat udara. tapi itu semua di tutup"-in Amerika, makanya nama Nikola Tesla gak ada sama sekali di pelajaran buku SD. nah yg jadi pertanyaan, kenapa pemerintah gak pake bohlam ciptaan Tesla? logikanya darimana sumber listrik Tesla? malah yg gue tangkep itutuh menara pemancar bisa pancarin/alirkan listrik nirkabel, sumber penghasil listriknya darimana? kalo emang ciptaan Tesla ini di elu"-kan banget selama ratusan tahun ama penganut faham Flat Earth, kenapa gak dibuat & dikembangkan lagi, bukan cuma teori & omong doang? listrik itu bahaya kalo gak dikendalikan, yg bilang listrik gak berbahaya itu pasti blom pernah ngerasain kesetrum di tegangan tinggi. dan soal J.P Morgan & Wardenclyffe Tower itu, searching sendiri ya di wikipedia, Wardenclyffe Tower itu bukan untuk hasilkan listrik gratis tapi dirancang untuk pancarkan telekomunikasi lewat arus listrik bumi. J.P Morgan bukannya ancurin Wardenclyffe Tower, tapi dia stop danain Tesla karna lebih tertarik ama konsep telekomunikasi dengan gelombang radio-nya Marconi. Wardenclyffe Tower itu dihancurkan karna Tesla gak mampu bayar hutang. Tesla Coil gak hasilkan listrik gratis di udara, Tesla Coil tetep butuh sumber energi yaitu LISTRIK. percobaan lampu kayak di video itu juga bisa nyala tanpa kabel kalo dimasukkin ke microwave agak absurd, emang microwave nyala-nya pake apaan? gak nyambung.. gile aja listrik gratis di udara, listrik yang dikasih safety sedemikian rupa kayak sekarang aja udah banyak yg mati kesetrum. listrik itu harus dikendalikan, supaya aman.

trus gue agak bingung soal "bisnis triliunan dolar" kayak yg video ini bilang, ilmuwan masa lampau semacam Phytagoras, Plato, Aristoteles, Ibnu Taimiyah, Ibnu Khaldun, Ibnul Qayyim Jauziah, Abu Abdullah Muhammad Al-Idrisi Ash-Sharif (orang pertama yg membuat Globe), dll, mereka percaya kalo bumi ini bulat. trus mereka terlibat bisnis berapaan kalo bikin kebohongan kayak gitu? apa Aristoteles bilang bumi bulat supaya 25 abad kemudian orang" bisa bisnis satelit? apa ilmuwan" Islam itu bilang bumi bulat supaya akhirnya NASA & global elite lainnya bikin tipu" bisnis satelit? warbyazzaaahh..


3. Video 3 (Kebohongan Sains Modern) ~ di video ke-3 ini ada ngebahas tentang "Stellar Parallax"-nya Galileo Galilei yg dianggap mereka sebenernya itutuh gak ada & gak bisa dibuktikan. Galileo dikatakan gagal buktiin ttg teori Bumi itu berputar. tapi dibuat seolah-olah dia dihukum karena sampaikan kebenaran. padahal justru sebaliknya, dia gagal buktiin teorinya sendiri yaitu Stellar Parralax itu gak ada, rasi bintang gak berubah. nah disini juga perlu dijelaskan, faktanya, Galileo bukan orang pertama yg menyatakan kalo Bumi itu bulat. Eratosthenes, ilmuwan Yunani bahkan udah hitung jari" Bumi sejak 200 SM. nah Galileo sendiri tuh cuma orang yg ngebuktiin secara empiris teori Heliosentris (Bumi mengelilingi Matahari). dia emang gak ngebuktiin secara mutlak kalo Bumi mengelilingi Matahari, tapi dia ngebuktiin kalo Bumi itu bukan pusat tata surya. teori yg berkembang di kalangan gereja waktu itu Geosentrik, dimana Bumi itu pusat tata surya & planet" mengelilingi Bumi. dari hasil penelitian, Galileo mengemukakan bahwa Matahari itu pusat tata surya & hasil pengamatannya dia tulis di bukunya Sidereus Nuncius yg dianggap nentang gereja pada masa itu. Galileo disuruh pihak gereja minta maaf & sebenernya ngelakuin kesalahan, tapi dia tetep berpegang teguh ama pendiriannya. dia bilang Bibel itu panduan untuk jiwa dan kedamaian, tapi enggak untuk Sains.. dan akhirnya, dia ditahan & dihukum mati karena dianggap pemberontak yg nentang gereja. di akhir hidupnya, Galileo berusaha untuk nemuin penyebab dari adanya pasang surut air laut. Johannes Kepler udah kemukakan pendapatanya kalo adanya pasang surut dipengaruhi Bulan, tapi Galileo gak sependapat karna gak ada bukti ilmiah atas argumen itu. and finally, permasalahan pasang surut ini diselesaikan ama Sir Issac Newton dengan Universal Law of Gravity-nya dia. yah itulah sepenggal cerita Galileo Galilei, yg kata video itu seorang ilmuwan yg gagal.. justru karena dia gak sependapat ama sesuatu yg gak ada bukti & nolak keinginan gereja itu yg bikin Galileo dapat pengakuan Sains, namanya ada di pelajaran SD. Galileo is the one that showing the right path of Science...


masih di video 3, pembahasan lainnya yaitu sebenernya Gravitasi itu gak ada. katanya, Sir Issac Newton itu banyak kesalahan.. ini amat sangat fatal menurut gue, bayangin kalo ada anak" sekolah yg nonton video ini & akhirnya jadi gak percaya ama gravitasi & hukumnya, sayang banget kan. jadi Newton dikatakan salah karena pendapatnya soal Gravitasi. "kenapa besi tenggelam tapi gabus mengapung di air?", Newton berpendapat itu karena Gravitasi, tapi "katanya" (yg ada di video itu juga) jawaban yg bener itu Berat Jenis, kayak yg dikatakan Archimedes. hukum Gravitasi dikatakan bertentangan ama Hukum Kekekalan Energi yaitu "Energi dapat berubah dari satu bentuk ke bentuk yg lain tapi tidak bisa diciptakan atau dimusnahkan (konversi energi)". kesimpulannya, video itu berpendapat bahwa benda mengorbit disebabkan Elektromagnetik , benda jatuh disebabkan Berat Jenis. nah jadi gini, dek, soal Elektromagnetik itu gampang banget. analoginya aja, pernah gosok"-in penggaris ke kain? hasilnya apa? yak, Elektromagnetis. dimana medan magnetnya? apa yg menempel besi? trus kenapa benda lain juga menempel (rambut)? ngerti gak? kalo ngerti, berarti udah ngerti juga doong apa yg disampaikan video itu :p trus soal Gravitasi, gue gak setuju banget yg katanya Gravitasi itu gak ada, yg ada Berat Jenis. jadi gini, menurut gue yg di video itu cuma permainan kata". Gravitasi gak ada, yg ada Berat Jenis, entah yg bikin video itu nyadar apa enggak nyebut "Berat Jenis".. biar lebih gampang, rumusnya Berat Jenis tuh gini:

s = mg/V

s = berat jenis (N/m³)
m = massa benda (kg)
g = GAYA GRAVITASI (N/kg)
V = volume benda (m³)

yak! tetoooooottttt.. ada "berat" berarti ada "gravitasi", karna berat itu perkalian antara massa ama gaya gravitasi.. Hukum Archimedes pun pake percepatan Gravitasi. apa sih Hukum Archimedes? tentu aja jawabannya gaya apung adalah masa jenis dikali volume dikali gravitasi, alhasil gravitasi juga berpengaruh. kalo cuma berat jenis, kenapa kapal laut bisa ngapung di laut padahal dari besi? semuanya berhubungan ama Gravitasi. Hukum Newton itu fundamental daripada Hukum Archimedes, jadi gimana bisa nolak yg fundamental dengan berlandas ke keturunannya? andai Gravitasi di tiadakan, hancurlah tata rumus & fenomena yg ada di dunia ini.. banyak juga penganut faham Flat Earth yg bilang gravitasi itu gak ada, tapi rumus Newton itu bener. itu gak bisa gitu kale, itu pembodohan.. itu sama aja nentang persamaan matematis yg bener.. itulah kenapa hampir semua teori sains yg besar, diungkapkan kedalam persamaan matematis. pas persamaan matematisnya salah, seluruh teori itu dianggap gagal. Teori Relativitas Albert Einstein pun dikatakan mitos, padahal perjuangan Einstein untuk selesaikan persamaan matematis di Teori Relativitas itu gak mudah, bung. intinya, Hukum Newton & Hukum Archimedes gak ada yg salah, that's why mereka disebut Hukum Newton & Hukum Archimedes, bukan teori & penggiringan opini publik kayak yg di video itu.

pokoknya banyak bikin ngakak di video ke 3 ini, ada juga dikatakan "banyak orang mengira Gravitasi adalah medan magnet Bumi", lagi" permainan kata, emang siapa yg bilang kalo Gravitasi medan magnet Bumi? ilmuwan siapa? WAKAKAKAKAKAKAK.. itu 2 hal yg beda, itungan matematis & konsep ilmiahnya ya beda.. trus juga soal Hukum Kekekalan Energi, bahwa energi gak bisa diciptakan gak bisa juga dimusnahkan. yg anehnya, contoh dari Hukum itu orang niup balon *poker face* wtf? mending belajar dolo Hukum Termodinamika.. trus juga soal kenapa Bumi bisa narik semua benda di atasnya & gak ada daya tolaknya? nah, itu misteri yg gak bisa dipecahkan Newton sampai akhir hayatnya, tapi terjawab ama Albert Einstein di tahun 1905, Teori Relativitas... sedangkan Teori Relativitas, mereka bilang mitos.. kan ya susah jadinya..


4. Video 4 (Gerhana dan Horison) ~ di video ke-4 ini ada ngebahas soal Gerhana", tapi gue udah agak kurang fokus nontonnya.. temen" dah ngajak party-an DOTA :'( *ok lupakan* trus gue gak begitu ngerti juga sih soal Gerhana.. tapi ada pembahasan lain yaitu tentang "Matahari itu dekat".. mereka berpendapat kalo Matahari itu sebenernya dekat, karena sinar matahari yg nembus awan itu nyebar. kenapa? kalo ilmuwan penganut Globe Earth ya udah pasti jawab itu karna atmosfir Bumi, tapi yg bikin video bilang itu gak masuk akal karena atmosfir Bumi pasti cekung, jadi sinar yg datang pasti bakal di fokuskan. nah, kalo misalkan atmosfir Bumi kita ini kaca, mungkin bakal di fokuskan itu cahayanya. masalahnya, atmosfir Bumi kita itu terdiri dari Nitrogen, Argon, Oksigen, ama Karbondioksida. di pelajaran SMA, ada yg namanya Efek Tyndal, itu yg sebabkan cahaya matahari nembus awan sinarnya jadi nyebar. di Kimia, kabut ama awan itu Koloid, dan yg paling mencolok di Koloid itu ya Efek Tyndal, peristiwa menyebarnya cahaya yg dilewatkan pada partikel koloid. di video ke 4 ini ada percobaan pake kardus di bolongin trus di senterin (mau gambarkan pencahayaan matahari), duh itu gak ada hubungannya sama sekali, jauh.. awan gak bisa diganti ama kardus, kalo mau ya pake awan beneran atau Koloid lainnya, mau sumber cahayanya jauh atau deket cahaya yg jatuh pasti tetep nyebar.. beberapa eksperimen di video ini agak" weird emang..

selain itu ada beberapa pembahasan soal bulan. katanya, bulan itu suhunya dingin. benda apapun yg kena sinar bulan, suhunya turun. ini klaim yg aneh, karna gak ada dalam ilmu Sains apapun ada sinar/radiasi apapun yg bisa turunkan suhu. mungkin si pembuat video kudu belajar lebih banyak lagi soal konduksi, konveksi, dan radiasi ya. selain itu katanya bulan ada sinar sendiri. lah trus gimana itu proses terjadinya gerhana matahari? siang tiba" jadi gelap loh kalo matahari udah di tutupin bulan. kalo bulan ada cahaya itu juga gimana proses terjadinya bulan sabit, bulan separo, ama bulan purnama? gitu juga halnya katanya bulan itu berbentuk disk transparan *wtf?!*, itu klo disk transparan gimana ceritanya juga kalo gerhana matahari? sinar matahari gak bisa nembus bulan tuh..

nah yg paling menarik di video ini ada pembahasan tentang Bedford Experiment, yg udah gue jelasin tuh di awal", eksperimen dari Samuel Birley Rowbothom. di video itu pokoknya ngejelasin tentang Bedford Experiment. kayak yg udah kalian baca, Rowbothom langsung ngeyakinin kalo Bumi ini datar melalui percobaannya yg ngeliat kapal itu kan? naah gue sengaja baru jelasin lanjutnya disini, gak langsung di tulisan yg atas itu, biar pada terguncyanggg wakakakakak.. jadi habis eksperimen itu dilakuin, banyak banget kritikan buat Rowbothom. kritikan muncul dari Angkatan Laut, yg menjelaskan bahwa mereka gak hitung refleksi cahaya oleh uap air laut yg pasti terjadi waktu tempratur lagi tinggi. karena percobaan Rowbothom waktu musim panas, penguapan air itu pasti terjadi, dan akibatnya ya refleksi cahaya oleh uap air laut.. apa bener kayak gitu? ada kutipan yg bilang "prinsip sains adalah, jika percobaan tersebut diulangi dengan metode yg sama, di waktu yg berbeda, oleh orang yg berbeda, harus menghasilkan hasil yg sama". akhirnya, seorang fisikawan yg bernama Alfred Russel Wallace mempertaruhkan namanya untuk ngelakuin eksperimen Rowbothom itu. yg pertama dia pastiin hindarin efek reflaksi cahaya oleh uap air laut, jadi dia ngelakuin percobaan yg sama tapi di ketinggian titik pengamatan 13 kaki = 4 meter. hasilnya? bagian bawah kapal menghilang, dan itu hasil yg berlawanan ama Rowbothom. hasil dari Wallace itu diakuin ama kongres, trus selanjutnya eksperimen dilakuin lagi ama orang yg lain & dengan cara yg sama, hasilnya juga sama kayak punya Wallace. jadi sebenernya, Rowbothom keliru, dia gak mikirin soal uap air laut itu karena dia ngelakuin eksperimen waktu musim panas.. Bedford Experiment sebenernya udah dipatahkan gak dalam waktu lama semenjak ekperimen itu dilakuin, tapi malah eksperimen ini yg jadi landasan para penganut faham Flat Earth.. pathetic. pokoknya walau bertentangan ama sains & logika, menurut mereka Bedford Experiment harga mati, yg nentang itu brarti konspirasi!

(Bedford Experiment)

5. Video 5 (Antartika & Nuklir Kubah Bumi) ~ di video ke-lima ini ada ngebahas soal jalur penerbangan nih, katanya jalur penerbangan di selatan khatulistiwa (Amerika Selatan, Australia, ama Afrika Selatan) gak masuk akal kalo pake peta globe, lebih masuk akal pake peta bumi datar. dari Santiago, Chili ke Johanesburg, Afrika Selatan, gak ada penerbangan langsung. yg ada transit di Senegal. dari Johanesburg, Afrika Selatan ke Sidney, Australia, gak ada penerbangan langsung. yg ada transit dulu di Dubai. dari Sidney ke Santiago, Chili, gak ada penerbangan langsung. yg ada, transit di LA. dan katanya silahkan cek sendiri. nah, kalian cek sendiri gak? kalo manggut" percaya gitu aja berarti gak cek wakakakak.. faktanya, penerbangan dari Santiago ke Johanesburg yaitu South African Airways SAA23 transit di Brazil (sama" Amerika Selatan), transit di Brazil karna secara ekonomi lebih menguntungkan. penerbangan Johanesburg - Sidney pake Qantas QF63 bisa langsung loh, 14 jam perjalanan. Sidney ke Santiago? oh, pake Qantas QF27 dijamin gak akan transit, perjalanan 12 jam. cek sendiri rute" itu ya, itu ada nama penerbangannya juga kan. jadi pelajaran buat kalian, kalo video itu bilang "silahkan cek sendiri" beneran kalian cek, jangan manggut" aja..

nah masih soal penerbangan nih, yang paling banyak juga dibahas ama penganut faham Flat Earth di socmed, tentang berita wanita yg melahirkan bayi di penerbangan Bali - LA, pesawat terpaksa mendarat darurat di Alaska. jadi itu dianggap mengherankan, dari Bali - LA mendarat daruratnya di Alaska. nah jadi, itu anehnya dimana? itu masalahnya ada yang disembunyiin ama si pembuat video itu. 1). pesawat China Airlines di berita itu gak terbang langsung Bali - LA, tapi Bali ke Taoyuan, Taipei, baru ke LA. 2). proses persalinan 6 jam abis take off dari taoyuan, pilot minta pendaratan di Anchorage Airport, Alaska, karna itu airport terdekat ama pesawat waktu penumpang mau melahirkan. di perhitungan kalkulator online google map, taoyuan - anchorage airport lebih deket daripada taoyuan - LA. 3). beritanya: "Jakarta, CNN Indonesia - dalam perjalanan dari Taiwan menuju LA ....... seorang perempuan mengalami pecah ketuban dan harus melahirkan di atas pesawat. ketika tepat berada di atas samudera pasifik, pilot terpaksa MEMBELOKKAN pesawat menuju Ancorage, Alaska". 4). kalo mengacu Kutub Utara sebagai pusat (peta Flat Earth), pilot gak perlu belok karna dikatan rutenya 1 garis lurus & garis lurus itu gak sampe tengah samudera pasifik. tapi faktanya, di berita, pesawat itu lg diatas samudera pasifik & untuk menuju Alaska pilot emang harus belokkan pesawatnya.. hayooo? dan kalo mengacu ke Google Map, di atas samudera pasifik emang harus belok. kalo kita pake Google Map, apa Google Map pake konsep bumi datar yg kutub utara sebagai pusatnya? enggak, google map itu pake peta pada umumnya (bumi bulat). jadi katanya video itu, berita perjalanan Bali - LA belok ke Alaska itu pembuktian telak. menurut gue emang bener" telak, telak ngibulnya.. peristiwa itu malah jadi bukti telak kalo Bumi dengan kutub utara sebagai pusat tuh cuma teori yg gak sesuai ama kenyataan. yg bikin videonya kurang belajar soal pemetaan, khususnya terkait ama metode AEP (CMIIW).

selain itu juga ngebahas soal USGS (United States Geological Survey), yg kata mereka USGS ini lebih kredibel daripada NASA. agak lucu emang, padahal sama" organisasi dari Amerika & di danai Amerika. btw USGS itu mutlak pake satelit (trus di video 1 & 2 malah katanya satelit itu gak ada) untuk bikin Atlas nasional Amerika. mereka pake teknik proyeksi Azimuthal Equidistance ama Ortographic. mereka pake data satelit untuk 2.700 partikel lebih & 1.600 publikasi ilmiah. jadi USGS yg bilang video itu lembaga paling kredibel cara kerjanya itu malah pake satelit, bertolak belakang ama video 2 yg katanya Bumi datar gak butuh satelit & satelit itu hanya pembohongan publik & tipu" NASA.

trus ada juga yg gak kalah heboh, katanya Antartika tuh daerah terlarang yg gak bisa di masukin siapapun, dan tembok Antartika itu dijagain ama militer AS & Russia. hahaha dasar.. bisa masuk ke Antartika, Antartika itu bukan daerah terlarang, cuma perlu beberapa perijinan aja buat kesana dengan alasan keamanan & keselamatan. dan gue coba iseng" googling dengan kata kunci "vacation antartica", buanyak banget ternyata tour & travel yg bisa bawa kesana, trus banyak juga tempat wisata.. foto" orang liburan di Antartika juga banyak.. jadi, siapa yg bilang Antartika daerah terlarang & gak ada yg boleh kesana?


di dalam Antartic Treaty 1959, (dalam video itu juga) di perjanjian itu katanya gak ada yg boleh masuk Antartika & disana tuh dijaga ama militer AS & Russia. pada percaya manggut"? silahkan cek sendiri yak ~> Antartic Treaty, nyatanya Antartic Treaty 1959 itu justru berisi kesepakatan bahwa Antartika cuma boleh digunakan untuk tujuan damai & ilmu pengetahuan. semua hasil observasi di Antartica harus saling dibagi & bersifat terbuka. bahkan, semua aktifitas militer dilarang di Antartika. kalopun dijaga ama militer AS & Russia ya, pikirin soal ini. katanya teori FE Antartika itu tembok es yg kelilingin dataran bumi. kalo jarak kutub utara - khatulistiwa = 10.000km, jadi jarak kutub utara - khatulistiwa ke antartika 2x lipatnya yaitu 20.000km (jari" dataran bumi menurut FE). nah kalo pake rumus matematika keliling lingkaran, berarti panjang tembok es antartika itu 125.000km. kalo ditempatkan 1 regu 10 orang tiap 1 km (inipun 1km 10 orang dikit banget untuk soal penjagaan), berarti butuh 1.250.000 orang buat jaga tembok antartika itu. itu sama kayak gabungan AD, AL, AU, ama Korps Marinir. belom lagi tanggungan biaya makan sehari & operasional lainnya, apa gak terlalu berlebihan naroh 1.250.000 orang militer untuk jaga tembok gitu? dan yg pernah liburan ke antartika-pun ampe sekarang kayaknya gak pernah share ke socmed soal hebohin tembok antartika dijagain banyak militer deh. ohya trus lucunya lagi, katanya si pembuat video siapapun yang liburan di Antartika gak boleh motret horizon langsung, harus lewat kaca cembung/fish eye lens supaya horizonnya keliatan melengkung. INI INFORMASI DARIMANA? trus katanya juga kalo mau foto Antartika harus lewat bola kaca gitu biar hasilnya kayak fish eye lens (pict dibawah). nyatanya, itutuh Ceremonial South Pole, semacam monumen.. jadi bukan lensa khusus buat orang" kalo mau ambil foto Antartika hahaha..


trus tentang HANE (High-Altitude Nuclear Explosions), di video itu dikisahkan kalo sekarang para militer & saintis Amerika lg berusaha ngukur seberapa jauh dampak nuklir yg udah mereka buat. uji ledakan ini di ketinggian 23-540 km. tapi yg ngganjel-nya, ini tuh cuma opini & menduga-duga aja, gak ada bukti yg bener" kuat.. trus katanya HANE mau hancurin kubah Bumi (entah apalah itu) gak ada bukti yg kuat juga, cuma opini si pembuat video & yg nonton tergiring semua opini-nya untuk meng-iyakan.. kalopun "kubah bumi" itu mau dijebol pake kubah nuklir, itutuh ibaratnya kayak kita lagi ada di dalam ruangan rapat, terkurung, trus mau buka ruangan itu dengan cara pasang dinamit. apa hasilnya? bunuh diri. trus kubah bumi apaan sih, kalo ada kubah bumi yg gak bisa ditembus trus itu meteor, asteroid, atau bintang" jatuh dari luar angkasa masuknya dari mana? dan juga katanya kubah bumi ini punya radiasi yg mematikan, lah kalo ada radiasi yg mematikan harusnya radiasi itu nyampe ke bumi & manusia dah gak ada dari dulu..

6. Video 6 (NASA Hollywood) ~ nah di video ke-6 ini banyak fenomena aneh :( sang pembuat video bersabda, "Mari kita sama2 buktikan utuk mencari kebenaran, meski kebenaran itu tak sesuai dengan kemauan kita. Pembuktian dengan angka matematika, bukan debat kusir berdasarkan opini dan persepsi", gue pikir bakal mulai rumit nih soalnya udah main itungan matematika.. nyerah abang dek kalo itu :') tapi, di narasi selanjutnya dia kembali bersabda, "Silahkan hitung jarak, kecepatan, diameter bumi, bulan dan matahari, Apakah bisa menghasilkan siklus gerhana matahari 18 tahun 11 hari 8 jam? Seperti yang ditulis dalam situs NASA?," wtf jadi penonton disuruh itung sendiri?? sumpah, apa yg dia lakuin ke gue itu....... JAHAT!! menci aku menciiiii :'( trus yg gak kalah jahatnya, di video dikasih tau jarak Bumi - Bulan yg sebenarnya itu (berdasarkan Flat Earth) adalah 32 mill / 51,5km, hasil perhitungan Trigonometri. tapi anehnya, angka 32 mill itu tiba" aja muncul, itu perhitungan dari kali bagi tambah kurang apaan? tiba" muncul hasil jarak Bumi - Bulan sebenernya itu 32 mill. kalo emang itu Trigonometri, itungannya harus ada 3 titik. Bumi, Bulan, trus titik ketiga apa? kok tiba" muncul hasil 32 mill wakakakakak..

selain itu juga bawa" nama Auguste Piccard yg pernah bilang kalo Bumi ini kayak "Flat Disk" di tahun 1931.. di video juga dikasih screenshoot dari Wikipedia tentang pernyataan Auguste Piccard itu, tapi ternyata pas gue kroscek ke Wikipedia, pernyataan lengkap Piccard itu di crop ama si pembuat video. pokoknya intinya, Piccard bilang kayak flat disk itu dari ketinggian beberapa kilometer.. sama kayak kita kalo naik pesawat, kita liat Bumi ini kayak flat disk kan? hamparan datar luas.. jadi flat disk yg dimaksud Piccard bukan bentuk Bumi keseluruhan, tapi dari penglihatan tinggi beberapa kilometer dari tanah.. kasian banget sehabis Galileo Galilei & Issac Newton di pojokkan, sekarang pernyataan Auguste Piccard yg di pelintir. video 6 ini gak se-WOW judulnya pokoknya, katanya di narasi itung"-an matematika tapi ampe akhir video gak ada itung"-an, yg ada tau" muncul aja angka 32 mill sebagai jarak Bumi - Bulan wakakakakakak.. trus juga di video ke 6 ini ada potongan" film" fiksi gitu, banyakk.. mungkin keasikan nonton film fiksi jadi gak ada waktu deh belajar ilmu fisika lebih mendalam, gravitasi, kuantum, koloid, dll.. sekali dikasih tau yg bener tentang sains, logika, dan alam semesta, pada nuduh bohong..

di video itu juga langsung ngeklaim, tahun 1958 dimulai International Space Program, berdirilah NASA dengan budget sebesar Rp. 256 Triliun/tahun. Soviet bangkrut, Dollar anjlok, Rupiah makin terpuruk. ini sepihak banget, ada gak bukti Sovyet bangkrut karena space program mereka? trus apa hubungannya program luar angkasa Amerika ama anjloknya nilai tukar Rupiah? ada ahli ekonomi disini yg bisa jelasin gak?

selain itu ada klaim yg agak lucu, katanya ada 13.000 satelit di angkasa bergerak 28.000 km/jam bertahun tahun. yg jadi pertanyaan, konsumsi bahan bakarnya berapa? kapan ngisi bensinnya? dan langsung klaim bahwa itu semua NONSENSE. ini jelas banget yg bikin videonya minim pengetahuan, tapi sok tau. paradigma di Bumi kok dibawa" ke luar angkasa. kalo misal tau tentang hukum kekekalan energi mekanik, pasti gak akan bingung gitu. "benda diam akan terus diam sampai ada gaya yg menggerakkannya. begitu juga benda bergerak akan terus bergerak sampai adda gaya yg menghambatnya". karena di luar angkasa gak ada udara, jadi gak ada gaya gesek yg ngehambat sampai akhirnya satelit bakal terus gerak kelilingin Bumi. beda sama Bumi, di Bumi benda yg dilempar bakal melambat soalnya terhambat ama udara.. trus kapan ngisi bensinnya? ini pertanyaan
absurd banget, itu satelit emangnye motor.. satelit itu gak butuh bensin, cuma energi listrik untuk operasional elektroniknya, yg didapatkan dari batrai panel surya. nah untuk gerakannya, ya manfaatin kekekalan momentum itu. sama kayak bulan yg kelilingin matahari, gak butuh bensin toh.

ada lagi dibahas, katanya astronot yg keluar dari pesawat ruang angkasa (pas di luar angkasa) itu bohong bgt, gimana mungkin dengan kecepatan 23x kecepatan suara mereka bisa nyantai gitu? Tom Cruise di film Mission Impossible aja hampir pingsan kena angin waktu gelantungan di luar pesawat terbang. lagi", paradigma di Bumi disamain ama luar angkasa. lewat film pula. ketahuan, yg bikin video kudu buka buku pelajaran SD kelas 3. "angin adalah udara yang bergerak". artinya kalo gak ada udara, mau kecepatan berapapun gak akan ada angin yg nerpa si astronot di luar angkasa sana..

trus bagian akhir gue gak begitu ngerti banget, tentang Rotasi Satelit Mengelilingi Bumi. dan disini fenomena aneh lagi" terjadi. si pembuat video bilang dia ngitung kecepatan satelit berdasarkan Hukum Gravitasi Newton. satelit? Hukum Gravitasi? plis lah ah kapan sih selese blunder-nya katanya satelit & Gravitasi itu gak ada? wakakakakakak..

(Auguste Piccard)

7. Video 7 (Secret Societies) ~ video ke 7 ini udah dongeng lama.. dongeng lama dengan cover baru, yaitu Flat Earth.. isinya ya tentang Secret Society gitu, misi elit global yg berusaha menjauhkan manusia dari agama.. mungkin ada benernya, tapi kayak gini" tuh cuma pengalihan pandangan aja yg dilakuin ama si pembuat video, biar teori-nya makin keliatan WOW banget.. gak ada konsep sains, isinya cuma ya ngebahas "kepentingan elite global", tapi gak ada fakta akurat 100%, cuma bermodal cocokologi.. gue bukannya sombong, dari zaman SMP (tahun 2005-an) udah kenyang banget ama yg namanya Freemason, Illuminati, Satanic, dll itu. mulai dari buku ampe nonton" beberapa film tentang itu semua juga udah.. dan jujur, gue emang percaya "mereka" itu ada.. tapi, semua info yg ada di internet yg berkaitan ama organisasi" rahasia itu ya gak mentah" di percaya, apalagi cuma dengan modal cocokologi.. sama aja kayak "celana dalem bentuk segitiga, lambang Illuminati juga segitiga, apakah ini sebuah kebetulan? tentu saja tidak! buat kamu yg pake celana dalam, kamu adalah Illuminati," kalo cuma modal cocokologi & gak ada bukti gitu kan ya buat apa dipercaya. kalo gak logis, ya cuekin.. dan semakin jauh kalian berkutat ama Freemason, Illuminati, Satanic, dll, semakin gila deh.. gue udah males hahahaha.. jadi inti video 7 ini ya gitu, tentang secret society.. dan gue gak kaget, karna gue daridulu emang percaya "mereka" itu ada. tapi untuk di hubungkan ama Flat Earth (kayak yg di video ini), gue gak sependapat. trus saran aja buat yg tau Illuminati ama Freemason dari "katanya" doang, selamin lebih dalam dulu aja.. jangan taunya lambang segitiga atau mata 1 langsung bilang Illuminati.. harus tau dulu apa itu Illuminati & Freemason, apalagi kalo udah di sangkut"-in ke agama kayak yg di video ini, ada hubungannya apa enggak, baru deh berkutat ama Flat Earth.. oh iya, pendiri The International Flat Earth Society Samuel Shenton, masih inget? gue coba" browsing pake kata kunci "Samuel Shenton Freemason", ada loh pembahasannya :p dan ternyata dia kerabat ama Leo Ferrari ya? salah satu orang Freemason & mereka punya "misi rahasia".. tapi itu sih katanyaaa, makanya gue gak mau bahas disini, nanti yg ada malah terjadi fenomena cocokologi juga hahaha.. video ke 7 ini gak ada argumen sains tentang flat earth, makanya gak bisa bahas terlalu banyak.. karna untuk cocokologi, anak SD juga bisaaa..


8. Video 8 (Elit Global) ~ video ke 8 ini juga kurang greget, gak ada pembahasan sains-nya.. btw agak setuju juga ama point yg ada di video ini. disitu katanya sistem keuangan di dunia ini salah, yaitu pake sistem yg berbasis dengan riba. soal itu juga banyak yg dukung, itu emang salah. dan katanya elit global ada dibalik semua itu.. nah tapi, di video juga dikatakan bahwa kaum FE itu simbol perlawanan terhadap sistem yg zalim, yg percaya FE berarti menentang elit global dgn sistem riba itu & yg gak percaya FE berarti mendukung elit global dengan sistem riba tersebut. dan agak sedikit nyengir bacanya, atas dasar apa coba bilang gitu hahaha.. itu logika yg salah, opini yg gak berdasar.. jadi, jangan kejebak ama logika semacam gitu, pinter" aja supaya otaknya gak kena cuci ama permainan kata" gitu doang..

9. Video 9 (Menggugat Sistem Yang Zalim) ~ di video yang ke 9 ini ngebahas soal sejarah elit global, termasuk sejarah kaum Yahudi, rekayasa perang dunia, peristiwa holocaust, soal ISIS yg katanya rencana elit global dan akhirnya di hubung"-kan ama flat earth, dll.. ada juga bahasan yg sedikit menggelikan soal pesawat SR-71 yg diketahui punya kecepatan 3x kecepatan suara itu bentuknya aja udah aerodinamis, trus kenapa ISS yg punya kecepatan 23x suara bentuknya gak aerodinamis? apa gak ancur tuh di luar angkasa? nah, yg bikin videonya dan yg pendukung FE itu kurang belajar soal vektor, percepatan, kecepatan, ama hukum newton tentang gerak.. itu jelas" padahal di luar angkasa gak ada udara, jadi mau kecepatan semana itu gak akan ngaruh.. ISS itu di ruang hampa udara, bukan di dalam Bumi ini.. tau kecepatan cahaya berapa? 300.000 km/DETIK.. jadi kecepatan yg ada di luar angkasa sana jangan di bandingkan ama di Bumi ini.. hiu tercepat dalam air-pun (googling/youtube dgn keyword: 'fastest fish speed') bisa dengan kecepatan 40km/jam, itu padahal dalam air.. gimana kalo di ruang hampa udara? satelit itu udah spacecraft, bukan aircraft. semua mekanisme kerjanya udah diperhitungkan sematang mungkin.. insinyur di dunia ini yg belajar soal satelit bukan ratusan, tapi ribuan bahkan jutaan dari seluruh dunia, lintas agama sampe yg atheis & agnostik juga ada, tapi gak ada satupun yg membantah argumen" soal satelit yg dibahas FE.

10. Video 10 (People Power & Elit Global) ~ di video ke 10 ini si pembuat video bilang gini "jika ada yang mengatakan bahwa foto bumi bola itu semua palsu, dan mereka minta ditunjukkan mana foto bumi datar, maka ini adalah logika yang terbalik. Sama halnya ketika kita memberitahu orang, "hati-hati lho itu emasnya palsu". Lantas orangnya marah dan bertanya balik, "Kalau ini palsu, mana emas asli saya?". itu namanya Shifting the Burden of Proof, upaya memutar balikkan logika. ini tuh salah satu type yg sering gue liat juga kalo ada FE debat", ditanya apa bukti bumi datar malah nyuruh balik "kalo bumi itu bulat apa buktinya?" dan disuruh bikin percobaan" absurd kayak disuruh nyari lengkungan bumi, lah kenapa jadi kita" yg kudu ngasih pembuktian wakakakakak.. padahal udah jelas" ada ribuan foto dari luar angkasa, orang" udah pernah ke luar angkasa.. dan analogi yg dicontohkan soal emas itu gak nyambung, bukan konteksnya..

trus ada juga ngebahas, katanya suhu udara di ketinggian 400 km itu 1650 derajat celcius, sama kayak panas tungku untuk meleburkan logam. pertanyaannya dari bahan apa ISS kok bisa tahan di suhu sepanas itu? trus kenapa astronot" kok gak kepanasan di luar angkasa situ? nah, panas itu energi yg muncul dari gesekan & gerakan molekul. di luar angkasa itu gak ada apa", gak ada molekul yg bergesekan, gak ada energi yg dilepaskan.. jadi panas yg diterima objek disana (satelit, astronot, dll) ya dilepaskan gitu aja.. jadi sebenernya ruang hampa (luar angkasa) itu bisa diambil kesimpulan gak ada suhunya. yg ada suhunya itu partikel" udara yg kecil banget & kerapatannya itu rendah.. jadi walau suhunya tinggi, itu gak akan ngebakar objek yg ada disana.. semoga mengerti.. kalo bingung, percayalah bahwa bingung itu awal dari mengerti..

di video ini juga lagi" ngebahas soal satelit, katanya ada 13.000 satelit tapi gak ada sama skali yg keliatan dari ISS, harusnya 13.000 satelit itu bakal bikin ruang angkasa sesak, dan satelit" itu tanpa pilot gak ada yg tabrakan.. yang pertama, tau darimana satelit itu jumlahnya 13.000?? yg ada, satelit itu sekitar 3.000-an.. itupun ada satelit militer & ada satelit yg mati/rusak.. 13.000 itu darimana? trus animasi di video itu yg kasih liat harusnya luar angkasa penuh sesak ama satelit, itu perbandingan Bumi - satelit berapa"?? luar angkasa itu luas loh..

selain itu juga ada bahasan soal Van Allen Belt, ini medan radiasi yang mengitari Bumi.. panasnya luar biasa, dan katanya NASA pura" gak tau adanya medan radiasi itu. padahal faktanya, astronot yg ke Bulan juga cuma ngelewatin sabuk radiasi-nya aja, trus dalem pesawat itu aman & jauh dari kata bahaya karena Van Allen Belt.. dan FYI Van Allen Belt itu radiasi yg cuma bisa mengitari kalo Bumi itu bulat, jadi kalo ada orang FE yg jadiin Van Allen Belt sebagai argumen ya lucu hahaha..

ada juga ngebahas soal militer Iran yg diembargo bertahun tahun, gak boleh beli pesawat terbang apalagi satelit. faktanya, iya emang gak boleh beli pesawat dari Amerika. dulu waktu Iran masih jadi sekutu Amerika, Iran beli pesawat Amerika kayak F5 & F14 Tomcat. tapi abis di embargo Amerika, Iran beli pesawat Rusia. btw Iran punya badan luar angkasa sendiri loh, namanya Iranian Space Agency (ISA) dan udah berhasil nempatkan satelitnya di orbit..

trus ada lagi bagian kocak, FE nge-klaim gimana tuh Jepang nyerang Pearl Harbour tau persis titik koordinatnya dimana, padahal kan di tahun 1945 blom ada satelit.. lah ini lucu, emang apa" mutlak harus pake satelit? jangankan Pearl Harbour, penjelajah masa lampau kayak Christoper Colombus, Vasco Da Gama, Ferdinand Magelan, Ibnu Battuta dll aja bisa jelajahin dunia tanpa satelit, tanpa radio komunikasi, tanpa GPS.

yang paling banyak dibahas FE kalo debat juga soal satelit BRI. katanya, BRI itu ngelakuin penipuan dengan meluncurkan satelit yang baru" aja dibeli itu. harganya selangit, tapi BRI gak rugi, yg dirugikan justru ya kita sebagai pengguna. anehnya, kenapa FE gak laporin Dirut BRI ke KPK karna udah ngelakuin penipuan & merugikan negara melalui BUMN yg udah beli satelit fiktif? toh jauh sebelum BRI juga udah ada satelit Palapa, dan LAPAN juga udah pernah ngebuat satelit sendiri yaitu LAPAN A-2. kalo satelit itu penipuan, kenapa LAPAN gak ikut"an nipu & jual satelit?

nah di bagian akhir sih di video itu kasih cuplikan berita operasi intelijen 5 negara barat yg memonitor media sosial. gak begitu ngerti, tapi intinya itu operasi" yg bertujuan untuk mengahncurkan komunitas FE.. agak geli juga sih, entah bener/FE geer duluan.. seberapa penting sih komunitas FE sampe" 5 negara gabungan sibuk untuk ngurusin FE & bikin operasi intelijen? hahaha.. ini video ke 10 terakhir, tapi katanya sih ada episode bonus & video ke 11.. yah, ditunggu sajalah..

Episode Bonus (Kubah Selatan & Tafsir Burung Unta)ini bukan episode 11, tapi katanya episode bonus gitu lah.. kenapa ya gak digabung aja ke episode 11 / selanjutnya? jangan bilang motivasinya untuk ads :( oke kmaren pas launching temen" kantor pada ngebahas, jadi gue ikutan nonton & saling share juga ama mereka. dan gak butuh waktu lama, dari saling share & googling ksana kmari udah dapet aja kelemahan dari argumen episode bonus ini.

yang pertama, dibuka ama profesi yg ngebuat foto lintasan gerakan bintang (star trail). katanya yg bikin foto star trail itu seniman fotografi aja, bukan saintis. foto star trail di gunung Bromo difoto ama orang Perancis (inisial TL) yg juga astronom AMATIR, jadi bukan saintis. denger penjelasan yg ini, langsung keinget ama video ke 10 FE 101 kemaren yg ada sabda berbunyi "tak perlu jadi saintis untuk mengungkap kebohongan mereka, yg dibutuhkan hanya akal sehat & keberanian". trus kalo misalkan cuma seniman fotografi, astronom amatir, dll gak boleh ngajukan bukti selain saintis? dan sabda FE 101 di video ke 10 itu, bertentangan ama keraguan mereka soal foto star trail yg diambil seniman fotografi.

trus yg kedua ada bahasan soal kubah bintang langit selatan dst, sorry banget agak kurang paham yang ini, silahkan yg mau bantu jelasin.. trus selanjutnya ada kesimpulan gitu untuk sesi 1 (kubah bintang selatan) yg FE 101 itu nanya & ngasih pernyataan "Bumi diam kubahnya berputar, atau Buminya berputar kubahnya diam? ini perdebatan yg sudah ada sejak 2400 tahun, yg teori Heliosentris itu berasal dari penganut Pagan, penyembah api, musyrik. menurut mereka unsur tanah (Bumi) pasti kalah oleh api (matahari). teori musyrik penganut dewa matahari ini yg lalu dikembangkan oleh Science Modern". ngomongin soal teori Heliosentris, kalo yg gerak bintangnya, logikanya aja kenapa bintang yg jumlahnya miliaran ini bergerak dengan kecepatan yg sama & gak saling mendahului? apa bintang" itu dikasih lem kayu trus ditempelin satu" di kubahnya? mungkin ini aja para FE gak tau juga kenapa bisa gitu. trus katanya teori Bumi bulat itu teori penganut pagan, apa bedanya ama Bumi datar? suku Babilonia Kuno penyembah dewa", percaya Bumi datar. gitu juga ama suku" Jepang kuno, China kuno, beberapa suku di Mesir kuno yg menyembah dewa matahari (Ra), dan suku" lainnya, mereka percaya juga Bumi itu datar. jadi kalo teori Bumi bulat itu teori penganut pagan, piye dong ama Bumi datar yg di yakini Babilonia kuno penyembah dewa"? keyakinan tuh jgn dijadiin tameng. disini FE mau coba cuci otak umat-nya, intinya kalo percaya Bumi bulat brarti sama aja kayak penganut" pagan itu. itu logika yg absurd.. kita percaya gravitasi Issac Newton bukan berarti langsung jadi Kristen kayak dia, percaya teori" Einstein bukan brarti langsung jadi Yahudi kayak dia, dst..

(dalam Mitologi Hindu Kuno, dipercaya Bumi itu datar dengan ditopang
gajah berpondasi penyu).

masuk ke sesi 2, ini agak sedikit ngebahas ke sisi Islam. di video itu ada pembahasan soal pernyataan Shaykh Saleh Al-Fawzan tentang matahari mengelilingi bumi berdasarkan Al Qur'an. ini pendapat yg gak ada salahnya & gak ada kerugiannya untuk dihormati. tapi, ini kayaknya beliau berpendapat berdasarkan teks Al-Qur'an aja, bukan dari para ahli astronomi. kenapa bisa gitu? coba simak salah satu hadist berikut.

"Nabi Muhammad SAW pernah melewati suatu kaum yang sedang
mengawinkan pohon kurma, lalu beliau bersabda:
"Sekiranya mereka tidak melakukannya, kurma itu akan (tetap) baik."
Tapi setelah itu, ternyata kurma tersebut tumbuh dalam keadaan rusak.
Hingga suatu saat Nabi melewati mereka lagi dan melihat hal itu beliau bertanya:
"Ada apa dengan pohon kurma kalian?"
Mereka menjawab:
"Bukankah anda telah mengatakan hal ini dan hal itu?"
Beliau lalu bersabda:
"Kalian lebih mengetahui urusan dunia kalian."
-[HR Muslim No 4358]-

jadi, bahkan seorang Nabi-pun soal pertanian & soal duniawi kayak gitu menyerahkan langsung ke umatnya, ke AHLINYA.

fatwa lainnya ada dari Shaykh 'Abdul 'Azis bin 'Abdullah bin Baz (ulama besar Arab Saudi & pernah jadi Mufti Kerajaan Arab Saudi) yg di tahun 1993 menyatakan Bumi datar, siapapun yg bilang Bumi bulat berarti Atheis & pantas dihukum. tapi, abis beliau dapat info dari berbagai sumber & bicara langsung ama pangeran Sultan Bin Salman Al Saud (putera raja Salman & Raja Arab sekarang), Syaikh Abdul Ajiz langsung ngerubah pandangannya & jadi percaya Bumi itu bulat. FYI, Sultan Bin Salman yg sekarang jadi Raja Arab, itu Pilot AU Kerajaan Arab Saudi & pernah ikut misi ke luar angkasa loh. bayangin, betapa ketawanya Raja Arab Saudi ini ngeliat masih aja yg debat soal bentuk Bumi, sedangkan dia udah secara real ngeliat Bumi dari atas sana.. apa kira" dia dibayar NASA? apa motivasinya untuk berkonspirasi? hahahaha lol..


dan terakhir nih soal arah kiblat. FE 101 nge-klaim kalo Bumi itu bentuknya bulat, orang di bagian sisi lain gak akan bisa bener" menghadap ke Ka'Bah. ini emang bener, tapi apa bedanya ama Bumi datar yg misalkan orang sholat di gedung yg tinggi apa perlu ngebungkuk supaya bener" menghadap Ka'Bah? kalo semua faktanya kayak gitu apa otomatis sholatnya jadi gak sah? karena Bumi berbentuk bola, orang sholat ngadep kiblat/belakangin kiblat, pada akhirnya bakal sampai ke arah Ka'Bah, tapi arah kiblat yg dipake ya arah yg PALING DEKAT.. soal fakta mencari jarak terdekat untuk menghadap Ka'Bah, coba cek tentang orang" Suriname yg sholatnya menghadap Timur & ada juga yg menghadap Barat ~> Arah Kiblat di Suriname

Allah SWT berfirman, "Maka Palingkanlah wajahmu ke arah masjidil Haram. Dan di mana saja kamu berada, maka palingkanlah wajahmu ke arahnya." [Q.S. al-Baqarah: 150].

Rasulullah SAW bersabda, "Apabila kamu hendak shalat, maka berwudhu’lah dengan sempurna, kemudian menghadaplah ke kiblat, lalu bertakbirlah." [HR. Al-Bukhori No. 5897].

jadi, bagi penduduk Indonesia yang berada di sebelah timur Masjidil Haram, pada dasarnya cukup menghadap arah Ka’bah, yaitu ke arah Barat dari Indonesia sini. kaidah fiqih juga menyebutkan: "Maa qaaraba al-syai’a u’thiya hukmuhu (Apa yang mendekati sesuatu, dihukumi sama dengan sesuatu itu)." [M. Said al-Burnu, Mausu’ah al-Qawaid al-Fiqhiyyah, 9/252].

dalil" tentang arah kiblat gak bisa dijadikan dasar argumen terkait bentuk bumi. Bumi berbentuk bulat atau datar perlu dibuktiin secara ilmiah, karna pada dasarnya toh fakta bumi bisa kita indera & diamatin langsung dari luar angkasa. di Qur'an & Hadist juga gak ada sama skali bahasan soal 'membelakangi kiblat' dalam Sholat, yg bikin ruwet ya FE doang. yg ada, kita gak boleh membelakangi (dan menghadap) kiblat waktu buang air, harus ke arah lain..

nah baru ada yg menarik nih. kalo lu percaya FE karena lu muslim, dengan gampangnya pikirannya dibikin bingung ama FE soal kiblat ini, dan yakin percaya bahwa islam mengajarkan bumi itu datar, gue mau nanya nih. sekarang lu Sholat arah kiblatnya udah kemana? soalnya kalo ke Barat dalam persepsi Bumi bulat yg selama ini dipake, itu berarti salah loh. karena proyeksi peta bumi datar, arah barat dari indonesia gak menghadap ke Arab, gak menghadap ke Ka'bah. nahlo, jadi yg ngaku Muslim 100% dan FE die hard, kiblatnya udah arah mana nih? atau mau bikin aliran baru aja? hahahahaha ntapz bosque!

==Globe Earth==


sedari dulu, dari jaman bangku sekolah, kita udah diajarkan & dikasih tau kalo Bumi itu bentuknya bulat, lengkap dengan penjelasan sains-nya. waktu tanggal 7 Desember 1972, kru Apollo 17 memotret foto Bumi pertama dari luar angkasa yg dikasih nama "The Blue Marble" (foto diatas). bentuknya bulat, cantik, sexy.. rata? gak sexy *eh. ngomongin Bumi itu bulat sebenernya ada kesalahpahaman, yaitu Christopher Colombus adalah orang yg sadar kalo Bumi itu bentuknya bulat. padahal, dari zaman Yunani Kuno juga orang" sadar kalo Bumi itu bulat sehabis mereka tau kalo bagian bawah perahu hilang di kaki langit duluan kalo lagi berlayar jauh.. Eratosthenes juga ngukur panjang bayangan tiang masing" di Syene ama Alexandria. dari pengukuran itu, ternyata tiang di Alexandria lebih panjang daripada tiang di Syene sehingga dia simpulkan kalo Bumi itu bulat.

Bumi itu berputar, ini yg sebabkan Gaya Sentrifugal yg mengarah ke luar dari jalur putaran. makanya itu, Bumi "terlempar" di bagian ekuatornya sampe akhirnya lebih menonjol.. nah, faktanya diameter Bumi dari ekuator itu 42km lebih panjang daripada diameter dari kutub ke kutub loh, makanya Bumi itu sebenarnya berbentuk Elipsoid, cenderung kayak bola rugby. tapi, karena kelonjongan Bumi dibandingkan ama diameter Bumi itu kecil banget, makanya kita susah (bahkan gak akan bisa) ngeliat kelonjongan Bumi itu.. jadi sebenernya Bumi itu sih bola rugby raksasa di angkasa.. tapi ya itu, semua ilmuwan dari dulu juga sepakat kalo Bumi itu bulat, karena kita gak bisa ngeliat kelonjongan Bumi.

selain bukti foto Bumi bulat diatas yg diambil dari kru Apollo 17 di tahun 1972, sebenernya masih banyak lagi bukti" yg menyebutkan kalo Bumi ini ya emang bulat. antara lain:
1. Pergeseran Bintang ~ coba perhatikan bintang yg bergeser dari tempatnya. taruh contoh waktu kalian ngeliat rasi Bintang Orion. kalo kalian bergerak ke arah Utara atau Selatan, rasi Bintang Orion bakal kebalik di langit belahan Bumi Selatan.. logic?
2. Penjelajahan Ferdinand Magelan ~ ini dia penjelajah yg bener" buktiin kalo Bumi itu bulat. dia jelajahin Bumi ke arah Barat, di akhir pelayarannya dia kembali ke titik semula pelayarannya.
3. Kaki Langit ~ kalian bisa buktiin kalo Bumi itu bulat waktu lagi di danau di kaki langit. contohnya kayak di gambar bawah ini, di Danau Michigan, Amerika Serikat. waktu kalian lagi disana, gedung pencakar langit di Kota Chicago cuma nampak bagian atasnya aja. ini jadi bukti sebenernya bumi gak datar, soalnya kalo datar pasti bisa ngeliat seluruh bagian gedung.


4. Zona Waktu ~ waktu kalian di Indonesia telfonan ama temen yg ada di Amerika pas siang, pasti disana malem. Matahari muncul dari satu ujung Bumi barat, trus muncul di ujung yg lain.. kalo Bumi datar, gak akan ada perbedaan zona waktu.
5. Ketinggian Matahari ~ di waktu kalian jauhin garis ekuator, matahari bakal keliatan pindah posisi yg lebih rendah dari langit. itu dikarenakan adanya lengkungan di Bumi yg bentuknya kayak bola.

Flat Earth Ada di Al-Qur'an & Alkitab?

nah, diatas udah dikupas dari sisi Sains, sekarang ayok beralih ke sisi Agama-nya.

-ISLAM-


gue mau kasih dulu beberapa ayat dari Al-Qur'an yg jadi dalil kuat banget bagi penganut faham Flat Earth ini. biasa debat" di socmed, mereka langsung ngasih beberapa ayat berikut:

"Dan Kami telah menghamparkan bumi dan menjadikan padanya gunung-gunung dan Kami tumbuhkan padanya segala sesuatu menurut ukuran." [QS. Al-Hijr: 19]

"Dan Kami hamparkan bumi itu dan Kami letakkan padanya gunung-gunung yang kokoh dan Kami tumbuhkan padanya segala macam tanaman yang indah dipandang mata..." [QS. Qaaf: 7]

"Bukankah Kami telah menjadikan bumi itu sebagai hamparan,..." [QS. An-Naba’: 6]

mereka yang berkeyakinan kalo Bumi itu datar, nelan mentah" ama kalimat "menghamparkan" di ayat Qur'an itu. mereka berpendapat "menghamparkan" itu ya berarti datar. sayang banget, mereka tafsirkan Qur'an yg agung mentah" gitu aja. mereka tau tekstual-nya, tapi gak tau kontekstual-nya. mungkin logikanya bisa kayak gini:

Dalam bukunya, Syaikh Abdul karim Al-Humaid menuliskan:
"Adapun firman Allah pada surah Al-Ghasyiyah [88]:20. Artinya: 'Dan bumi bagaimana dihamparkan?'. Ayat ini sama sekali tidak menunjukkan bahwa bumi itu datar, karena sebuah benda yang bulat kalau semakin besar, maka akan semakin tidak kelihatan bulatnya dan akan nampak seperti datar." [Hidayatul Hairan Fi Masalatid Daurah oleh Syaikh Abdul karim Al-Humaid hal. 56]

kalo di ilustrasikan ama gambar, kayak gini nih:


logis? udah ada bayangan kan? Bumi itu besar, manusia itu cuma kayak debu, nginjak Bumi. otomatis yg ada di depan mata kita ya cuma dataran luas, dataran yg terhampar.. di beberapa ayat yg menjelaskan soal Bumi yg "dihamparkan" di atas itu, gak disebut yg dihamparkan bagian Bumi tertentu. tapi yg terhampar ya Bumi secara mutlak. jadi, mau kita lagi ada di bagian manapun di Bumi (Barat kek, Utara kek, Selatan, atau Timur), yg kita liat Bumi itu ya datar aja, seolah-olah terhampar di hadapan kita.. sama kayak kalimat "lihatlah hamparan gunung-gunung itu", gunungnya datar gak? enggak..

(hamparan padang rumput)

"Dialah yang menjadikan bumi sebagai hamparan bagimu dan langit sebagai atap, dan Dia menurunkan air (hujan) dari langit,..." [QS. Al-Baqarah 22]

ayat diatas gak sekedar mengatakan "hamparan" itu cuma hamparan aja kayak karpet, tapi ada kata tambahan lagi yaitu "bagimu". artinya, bagi kita manusia yg tinggal diatas permukaan Bumi ini, Bumi terasa datar. penjelasan kata "karpet (firasy) bagimu" bukan bisa diartikan sebagai sesuatu yg bisa dipake untuk di dudukin atau di tidurin, tapi kata firasy dalam bahasa Indonesia itu artinya karpet, atau ranjang yg berarti sesuatu yg nyaman & aman untuk dipakai tidur. logis kayaknya, karena kita sekarang ada di firasy (karpet), bagian Bumi paling atas yg aman & nyaman, bukan deket ama inti Bumi yg panasnya ribuan celcius itu. ada "karpet" yg ngelindungin kita dari inti Bumi itu, yaitu kerak Bumi yg punya ketebalan 70 kilometer. ada lagi ayat Qur'an yg bunyinya gini,

"waal-ardha ba’da dzaalika dahaahaa (Dan bumi sesudah itu dijadikan oleh-nya berbentuk bulat telur (berbentuk telur burung onta)." [QS.An–Naazi’aat: 30]

kata Arab Dahaahaa artinya seperti bentuk telur burung unta, lonjong (agak mirip bola rugby, toh?), jadi sebenernya dari dulu Qur'an sudah sebutkan kalau Bumi itu kayak telur burung unta, tapi gak secara gamblang sebutkan Bulat. Qur'an sudah jelaskan bentuk Bumi, walau anggapan waktu itu yg berkembang (waktu Qur'an di turunkan) Bumi itu datar, tapi Qur'an gak secara gamblang bilang kalo Bumi ini datar, cuma pake kalimat yg orang dulu lihat di depan matanya aja, yaitu hamparan.. semua ditulis di Qur'an 1.400 tahun yg lalu, disaat orang" Eropa & Amerika masih punya keyakinan kalo Bumi itu datar..


andaikan orang jaman dulu dikasih tau di Qur-an bentuk Bumi itu bulat, pasti pada bingung.. gimana bisa Bumi bulat? sedangkan yg mereka liat di depan mata mereka kan ya datar (hamparan), pasti mereka langsung nuduh Qur'an itu bohong. tapi kalo misalkan waktu itu Qur'an bilang Bumi datar, orang" dulu ya percaya aja tapi pasti orang" di masa kini dimana teknologi dah canggih, ada satelit, pesawat ruang angkasa, dah ngeliat Bumi itu bulat pake semua teknologi yg canggih sekarang ini, pasti pada bingung juga ama yg dikatakan Qur'an bahwa Bumi itu datar. alhasil, Qur'an dianggap kitab bohong.. oleh karena itu supaya Qur'an bisa dipakai dari awal sampai akhir zaman, penciptaan Bumi dari ayat" atas itu memakai kalimat "menghamparkan"..


"Sesungguhnya kami telah menghiasi langit yang
dekat dengan bintang-bintang" [Q.S Al-Mulk: 5]

para pengikut FE pake ayat diatas untuk menggambarkan Bumi itu datar dengan 7 lapisan & lapisan ke-7 itu Saturnus, dan di atas Saturnus itu Arsy/tempatnya Allah. FE ngambil ayat itu & ngartiinnya bener" ngawur. kalo kata temen, mereka itu mentakwil & nyomot dalil tanpa ilmu. masa iya langit ke 7 Saturnus? dalilnya apa? Sayidina Ali pernah berkata, "Allah Ta'ala menciptakan Arsy-nya untuk menampakkan kekuasaan-Nya, bukan sebagai tempat bagi-Nya" [Bayna Al-Firaq], dan di kitab Kifayah An-Nabih Fi Sayrh At Tanbih, Imam Syafi'i mengkafirkan orang yang mengatakan Allah duduk/bersemayam di atas Arsy.

itulah Al-Qur'an, jangan dipahamin secara tekstual aja tapi secara kontekstual juga. kalimat yang kayaknya mudah banget kita terjemahkan ke Indonesia, bukan berarti sama kayak bayangan kita, salah satu contoh ya hamparan itu, jangan seenaknya banget mengartikan.. kalau Al-Qur'an dipahamin secara tekstual aja, hilanglah keagungan Qur-an.. jangankan ke bahasa Indo, pengertian bahasa Arab ama pengertian bahasa Al-Qur'an aja beda loh. kalo mau pelajarin sastra Al-Qur'an, harus belajar bahasa Arab dulu, abis tuh sastra Arab, habis itu sastra Al-Qur'an, nah baru deh belajar tafsir Al-Qur'an. abis nonton video Youtube Flat Earth gak sampe 6 jam langsung bilang kalimat "hamparan" di Qur-an berarti datar? belajar hargai para tafsir Al-Qur'an ya, dek.. belajarnya gak gampang & puluhan tahun loh..

selain dari ayat" Al-Qur'an itu, di zaman" keemasan Islam dulu juga orang" Timur Tengah percaya kalo Bumi itu bulat. buktinya, kapal" laut dari wilayah Timur Tengah & Persia udah berdagang waktu itu.. mereka berlayar ribuan mil, sampe ke benua Amerika & ketemu bangsa asli Amerika, bahkan sampe ke Afrika & Asia Timur. jadi jauh sebelum Galileo Galilei, orang" Islam dulu udah tau semua kalau Bumi itu bulat. beberapa ilmuwan Islam itu antara lain,

Ibnu Khaldun (1332-1406):
"Ketahuilah, sudah jelas di kitab-kitab para ilmuan dan peneliti
tentang alam bahwa bumi berbentuk bulat" (Muqaddimah Ibnu Khaldun, Kairo)

Ibnu Taimiyah (1263-1328):
"Ketahuilah, bahwa mereka (para ulama) sepakat bahwa bumi berbentuk
bulat. Yang ada di bawah bumi hanyalah tengah. Dan paling bawahnya
adalah pusat..." (Al-Jawab Ash-Shahih li Man Baddala Din Al-Masih)

dan masih banyak lagi ilmuwan terkenal Islam lainnya yg menuliskan langsung di bukunya tentang bentuk Bumi. waktu jaman keemasan Islam dulu juga, banyak para ahli Muslim yg juga astronom selalu ngamatin langit. makanya, navigasi waktu jaman keemasan Islam dulu maju banget, makanya mereka bisa berlayar arungin lautan kemana-mana. beberapa astronom Islam jaman dulu (antara tahun 780 M - 1274 M) yg terkenal sebut aja Khawarazmi, Al Farazi, Al Battani, Abul Wafa, Omar Al-Khayyam, Ibnu Rusyd, Ibnu Bajjah, Al Tusi, dll. di masa mereka itu, saintis Muslim ada ribuan, dan mereka udah ngeyakinin kalo Bumi itu bulat..


sekarang, teknologi udah modern.. terbukti Bumi itu bulat, ilmuwan Islam udah kemukakan dari ribuan tahun lalu. tapi disayangkan buat yg Muslim kalo sekarang percaya Bumi datar.. Bumi datar itu kepercayaan sebelum turunnya Qur'an, jaman pra-Islam, karena mereka masih belum kenal rumus matematika & fisika.. turunnya Qur'an, ilmu disempurnakan.. kenapa sekarang malah ngalamin kemunduran lagi?

-KRISTEN-


nah di debat" kusir perihal Flat Earth di social media juga gak jarang ada yg ngasih ayat dari Alkitab. nah gue gak jarang juga loh ngeliat akun yg namanya bernuansa Islam kayak (maaf ya) ada Ahmad, Muhammad, dll malah share ayat dari Alkitab tentang Bumi itu datar,, seolah olah dia percaya banget Bumi itu datar karena di Alkitab juga ada ayat yg (katanya) merujuk ke bentuk Bumi itu datar. padahal di kitabnya sendiri (Al-Qur'an) udah jelas" ada dikasih tau bentuk Bumi kayak telur burung unta.. jadi kitabnya apa dong? gue jadi heran, kok jadi pada buta ya demi mempertahankan pendapatnya soal Flat Earth hahaha.. beda ama gue disini, nulis ngambil dari sisi Islam & Kristen cuma dengan tujuan ngasih info dan gue disini konteks-nya percaya Bumi itu bulat, bukan percaya ama Alkitab, dan ini sah karna gue Islam.. oke lanjut, ayat di Alkitab yg sering muncul dari debat kusir itu kayak gini,

Yesaya 11:12 
"Ia akan menaikkan suatu panji-panji bagi bangsa-bangsa, akan mengumpulkan
orang-orang Israel yang terbuang, dan akan menghimpunkan orang-orang Yehuda
yang terserak dari keempat penjuru bumi."

Wahyu 7:1
"Kemudian dari pada itu aku melihat empat malaikat berdiri
pada keempat penjuru bumi dan mereka menahan keempat angin bumi, supaya jangan
ada angin bertiup di darat, atau di laut atau di pohon-pohon."

naah, sama kayak mengkambing hitamkan kalimat "menghamparkan" di Al-Qur'an, kalo di Alkitab penganut faham Flat Earth pake kata "keempat penjuru Bumi" sebagai bukti kuat kalo Bumi itu datar, bentuknya segi empat yg punya 4 sudut. kalo bulat, mana ada sudutnya kan? pikir mereka. lagi" gue heran, kalimat dari Kitab Suci itu sebenernya jangan gampang banget ya di terjemahkan gitu aja hahaha.. gue gak mendalami soal ini, tapi gue kroscek" dari mbah gugel, malah banyak orang Kristen yg ngebela bahwa 2 ayat diatas gak sama sekali mengartikan kalo Bumi itu datar mentang" ada kalimat "keempat penjuru Bumi" itu.

Alkitab gak bilang Bumi itu punya 4 sudut, Yesaya 11:12 cuma nyatakan tanda dari suatu tempat yg ditentukan dari arah mata angin. zaman dulu, manusia masih blom tau kalo Bumi itu berputar tapi mereka bisa milih arah mata angin yg bener, jadinya arah utara ama selatan arahnya ke kutub utara ama selatan. trus mereka ngasih nama Timur untuk arah terbitnya matahari. arah terbitnya matahari sendiri bergeser dari bulan ke bulan, dan berbeda dari satu tempat ke tempat lain. mereka harus nentuin arah timur rata". jadi, otomatis bagian barat ada di arah yg berlawanan, ya tempat tenggelamnya matahari, rata". utara ama selatan ya arah menyilang sempurna dari garis barat ke timur.. pokoknya ya arah mata angin kayak yg kalian tau sekarang, yg orang Islam pake juga untuk nentuin arah kiblat.

Yeremia 16:19
"Ya TUHAN, kekuatanku dan bentengku, tempat pelarianku pada hari kesesakan! Kepada-Mu akan datang bangsa-bangsa dari ujung bumi serta berkata: "Sungguh, nenek moyang kami hanya memiliki dewa penipu, dewa kesia-siaan yang satu pun tiada berguna."

orang" Kristen berpendapat bahwa "ujung Bumi" kayak ayat diatas itu berarti 'titik terjauh' dan tentu aja bukan dalam makna Bumi punya 4 sudut kayak kotak. jadi arti kata ujung Bumi di ayat itu punya arti ekstrimitas, bukan tulisan yg dicerna mentah".. malah gue browsing sana sini, di Alkitab ada secara langsung nyebut "bulatan Bumi" kok,

Yesaya 40:22 (LAI TB)
"Dia yang bertakhta di atas bulatan bumi yang penduduknya seperti belalang; Dia yang membentangkan langit seperti kain dan memasangnya seperti kemah kediaman!" 

kata Ibrani חוּג - KHUG, khet - vav – gimel, yg artinya lingkaran, bulatan, atau apa aja yg bulat & gak punya sudut. kalo di Inggris di terjemahkan dengan circle, circuit, atau compass. asal katanya dari kata kerja dengan kata yang sama ( חוּג - KHUG) yg artinya melingkari, mengelilingi, menggambarkan suatu bulatan. Gereja Roma Katolik yg dulu menganggap bumi ini datar (yg bertentangan ama Galileo) karena ada ungkapan tentang "ujung Bumi" di Alkitab, tapi kayaknya mereka dulu gak sadar bahwa "ujung bumi" itu bermakna alegoris..


pada intinya sih agak susah ya kalo campur adukkan antara Agama & Sains, soalnya ada beberapa peristiwa di Agama yg gak bisa dijelaskan Sains.. itulah yg dinamakan "Beyond Science".. contohnya kalo di Kristen tentang Allah inkarnasi ke dunia, lahir sebagai bayi biasa dengan cara masuk ke rahim seorang perawan, lahir tanpa pembuahan benih laki" & perempuan, apa ini sejalan ama Sains? tapi gak ada orang Kristen yg mempersoalkan ketidak sejalan-an itu.. kalo di Islam contohnya Peristiwa Isra Mi'raj, perjalanan semalam Nabi Muhammad SAW tembus 7 langit dan sampai ke Sidratul Muntaha. itu udah peristiwa alam roh, Sains udah gak perlu ikut campur & gak perlu ada pembuktian..


===============================


jadi setelah makin ramenya soal Flat Earth ini, Christine Garwood, pengarang buku Flat Earth: The History of an Infamous Idea gak kaget ama fakta bahwa orang" dari Flat Earth nolak semua bukti" kalo Bumi ini bulat. dia pernah bilang di dalam suatu wawancara, "inti teori bumi rata sebenarnya adalah teori konspirasi. wajarlah, kelompok yang percaya bumi rata memandang pendaratan di bulan palsu, demikian juga foto-foto dari ruang angkasa". di dalam bukunya Garwood juga bilang bahwa semua orang yg percaya Bumi itu rata merupakan kesalahan bersejarah. trus ide gila itu pupus sehabis Christoper Colombus berhasil berlayar ke Amerika tanpa "jatuh" di tebing dunia. padahal, dari tahun 4 Sebelum Masehi orang udah tau kalo Bumi itu bulat, dan keyakinan ilmiah bahwa kita sebenernya hidup di atas piringan gak muncul sampai jaman ratu Victoria.

ide tentang Flat Earth mulai jadi primadona lagi di awal abad ke 19, dimulai dari eksperiment Rowbotham. semua makin berani mengemukakan pendapat tentang Flat Earth. salah satunya di tahun 1870-an, penulis Kristen John Hampden nerbitkan sejumlah karya tentang Flat Earth yg isinya menggambarkan Sir Issac Newton itu ilmuwan pemabuk yg gila.. kasian banget ya, ilmuwan semacam Galileo Galilei, Sir Issaac Newton, sampe Albert Einstein dianggap ilmuwan hoax ama penganut faham Flat Earth ini..

ilmuwan itu bukannya merasa tau segalanya. ilmuwan itu bukan contoh dari arogansi sains & arogansi intelektual manusia, bukan. ilmuwan itu orang yg selalu berusaha cari tau dari observasi, kumpulkan bukti, trus uji kembali teori & hipotesanya. setiap teori dari saintis/ilmuwan juga terbuka lebar untuk disanggah/di kritik, karena ilmuwan emang gak selalu benar, mereka juga manusia. yg gak boleh dilakuin ilmuwan itu, BERBOHONG & MANIPULASI. sepanjang video 1 - 6, keliatan bgt malah FE 101 itu yg udah ngelakuin manipulasi & kebohongan trus arogan, seenaknya nyalahin ilmuwan" yg penemuannya udah teruji kayak contohnya soal gravitasi itu. seenaknya juga bilang: "salah besar!", "newton ilmuwan gagal", "ilmuwan yg mengatakan Bumi itu bulat telah berbohong", "astronot penipu", dll.

(Albert Einstein , Sir Isaac Newton , Galileo Galilei)

padahal, Flat Earth ini teori usang & berdebu di jaman pra-Islamic yg kembali di populerkan.. semua cuma bersifat objektif, dan cuma sekedar opini tanpa bisa dibuktikan secara ilmu pengetahuan modern.. di video Flat Earth 101 itu contohnya, sebenernya cuma permainan kata" & visual yg menarik.. padahal perhitungan sains-nya kacau, penuh opini sepihak si pembuat video, eksperimen ngawur, main crop tulisan & video asli (yg bikin jadi salah persepsi), pokoknya banyak.. jadi gue gak heran kalo banyak juga penonton awam yg kemakan mentah" ama video itu..

kalo emang Bumi itu datar, yg buat video itu juga pasti gak ngerti kan gimana terjadinya Aurora? seberapa lama perjalanan planet-planet kelilingin orbitnya? dll.. Bumi bulet aja masih banyak misteri yg blom terpecahkan, malah ditambah masalah Bumi datar.. mereka cuma berteori, gak ngebahas rumus.. sekali ngebahas rumus, fatal.. gak percaya Gravitasi tapi ngitung kecepatan satelit pake rumus Gravitasi Newton (ini aneh banget). katanya Bumi datar gak butuh satelit & satelit itu cuma bohongan, tapi masih aja ngitung kecepatan rotasi satelit mengelilingi Bumi, pake rumus Newton (combo absurd).

dan buat kalian yg awalnya tau Bumi ini bulat, tapi setelah nonton video itu jadi yakin kalo Bumi ini datar, jahat banget.. kenapa gue bilang jahat? kalian bayangin, banyak ilmuwan" pintar di dunia ini, di negara" maju, gelar tinggi", ilmuwan" Islam dari ribuan tahun lalu, ngabisin puluhan tahun di laboratorium & observatorium, berkutat ama bidangnya sampe kepala bagian tengah botak, dan mereka mengatakan Bumi itu bulat, dan kemudian habis nonton video Flat Earth 101 gak sampe setengah hari di Youtube bermodal kuota dibeliin mamak / nonton di warnet rame" ama temen", kalian langsung bilang ilmuwan" itu bohong? WAKE UP! jangan karna terobsesi ama yg berbau Konspirasi, Illuminati, & Freemason kalian jadi terbawa suasana.. gue juga dulu waktu masih labil ya gitu.. kalo mau ngomongin Illuminati, Freemason, udah berapa lama sih tau organisasi itu? udah tau seluk beluknya? apa cuma taunya segitiga ama mata 1 doang & mereka punya rencana kuasain dunia?


Freemason, Illuminati, Elit Global, itutuh udah cerita lama.. gue banyak buku & video" dokumentasinya, kalo mau pinjem email aja. jadi entah yg katanya Freemason itu perkumpulan yg baik lah (berawal dari Brotherhood), Illuminati jahat lah, intinya sekte" rahasia itu kerjasama, ada yang jadi anggota lebih dari 1 sekte dan tujuan mereka itu tetep sama kok : depopulasi umat manusia & perbudakan kaum non Yahudi. Freemason & Illuminati emang beda, tapi seiring berjalannya waktu & muncul Illuminati yg punya prinsip & sudut pandang yg beda jauh, Illuminati pakai Freemason untuk ngelakuin pergerakan bawah tanah mereka (diam"). satu lagi, kalo dah ngomongin soal elit global jangan dengan gampangnya percaya ama informasi yg diperoleh. itu cuma untuk ubah cara pandang kita ke mereka (tentunya udah dirancang mereka). yg harus kita takuti itu, apa yg kita gak tau dari mereka. mereka itu perkumpulan rahasia, apa yg ada di mereka gak semudah yg dijabarkan ama video FE 101. elit global dibalik flat earth? mungkin cuma pengalihan isu, padahal bencana yg sesungguhnya masih tertutup rapat, karena kalian cuma sibuk ama Flat Earth.

dan kalo misal NASA katanya mau nipu banyak orang, dibikin untuk kepentingan politik & militer lalalala, ya trus kenapa? NASA itu bukan badan eksplorasi dunia, tapi National Aeronautics and Space Administration, kalau udah ada kata National ya berarti milik satu negara.. eksplorasi NASA ke Bulan (1969) itu sebenernya bukan atas dasar eksplorasi, tapi kepentingan politik & militer (jadi ya jangan kaget). waktu NASA didirikan (1958) itu untuk ngecek luar angkasa tentang peluncuran Sputnik 1, satelit Rusia. dari situlah NASA didirikan (tapi akhirnya sekarang NASA bergerak di eksplorasi sains). NASA dibentuk berkaitan ama perang dingin, ya itu emang bener.. sama kayak Pramuka, awal dibentuk kan untuk bantuan perang, bukan melatih karakter, kepemimpinan, dll kayak sekarang. gitu juga ama lempar lembing, dulu bukan olahraga, tapi cara untuk bertempur di medan perang. sekalipun NASA bohong, ruginya buat seluruh umat manusia di bumi ini apa? toh seenggaknya NASA udah kasih gambaran visual ke manusia soal tata surya, planet", dll, ada tindakan & bukti nyata dari rasa ingin tau mereka (yg jelas gak 100% akurat, they human too), beda cerita ama teori flat earth ini.. isinya cuma brainwash, hukum" sains yg gak sesuai ama ketetapan, dan cuma teori, tapi gak ada tindakan nyata.

jadi terakhir nih pesan gue, kalian punya pendapat kalo Bumi itu datar ya monggo.. mau kubus, monggo.. mau segitiga? monggo.. tapi ya debatnya elit dikit, kasih data & fakta konkrit, bukannya debat gak karuan ujung"-nya nyuruh "nonton Flat Earth 101 dulu baru comment", makasih ya! karna disuruh gitu gue tersugesti nonton, dan jadi makin tau lucunya komedi sains yg disajikan haha.. dan di video" Flat Earth 101 juga ternyata pake AdSense yah? udah pada tau belum apa itu AdSense? tau gak gimana cara hasilin uang di Blog / Youtube? cieee ngasih jajan buat Flat Earth 101 nih cieee HAHAHAHAHAHAXIANNYINGHAHAHAHA.

oke akhir kata, menurut gue sih bukan masalah Bumi ini bulat atau datar.. mau ada kericuhan apapun di Bumi, langit tetap sama.. mau Bumi ini bulat atau datar, kita masih cari makan sendiri, cari amal sendiri, cari kebaikan sendiri, gak peduli apa bentuk Bumi-nya.. orang" luar udah pelajarin planet lain untuk jadi calon tempat tinggal manusia bro, udah mulai mau meng-koloni Mars, lah kita malah masih debat bentuk Bumi. kan lucu yak.. jadi, Bumi itu bulat atau datar? kalo menurut gue sendiri, Bumi itu kadang bulat kadang datar, tergantung mood sih.. oke sorry kalo ada salah kata & SOK PINTER, ralat & komentar terbuka lebar! Wassalam~

eh ntar ntar, 1 lagi, gue kok nemu gambar ini yah? sehabis nemu bahasan soal pendiri The International Flat Earth Society Samuel Shenton ada hubungannya ama orang dari Freemason, kok ada Flat Earth di Illuminati Card (apa ini? browsing aja.) ? apakah ini sebuah kebetulan? tentu saja tidak! *JENG JENG JENG* HAHAHAHAHAHA


to be continued...

"We cannot teach people anything.
we can only help them discover it
within themselves"

-Galileo Galilei-

Share this:

4 komentar:

  1. Iya bener vy. Gw juga kemaren2 tuh kaya lu yang abis nyari tau tentang flat earth sosiety (fes). Dan setelah gw baca banyak blog dan tonton videonya banyak yang pake teori cuma teori pribadi alias cuma cocoklogi, padahal flat earth sendiri gak pernah menjajal percobaan dan penjelajahan tapi teori mereka yang hanya cuma "katanya".
    Makin gak masuk akalnya kenapa kalo emang bumi datar itu fakta tapi gak ada tuh admiral atau fisikawan atau mantan anggota nasa(yang udah pasti tau kalo bumi itu bentuknya gimana) itu untuk gabung FES.

    CMIIW

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, gimana bisa semua orang percaya kalo mereka cuma mengedepankan teori, tapi gak ada pembuktian langsung.. salah satunya juga yg soal listrik tesla itu, knapa dari dulu gak bikin sendiri, malah jabarkan teori "padahal" & "andaikan" aja. dan bener, di perkumpulan mereka isinya gak ada astronom terkemuka / ilmuwan yg udah habisin puluhan tahun berkutat di bidangnya, isinya cuma orang" skeptis yg pinter ber-argumen..

      Hapus
  2. oh iya gan,flat earth pernah menguji coba namanya bedford experiment, tapi sudah dibantah oleh wallace di depan juri

    BalasHapus