[Movie] Rudy Habibie


Yak, ini dia Rudy Habibie, film produksi MD Pictures yg udah rilis 30 Juni 2016 kemarin. Kalo film pertamanya yaitu Habibie & Ainun digarap ama Faozan Rizal, untuk sekuelnya ini posisi Sutradara diambil alih ama Hanung Bramantyo. Untuk pemain, tetep doong Reza Rahadian.. Tapi BCL gak ada, karena ini emang cerita flashback sebelum Rudy (panggilan Habibie waktu muda dulu) ketemu lagi ama Ainun di Indonesia.. Di sekuelnya ini nyeritain waktu Rudy Habibie belum dikenal sebagai teknokrat & Presiden RI Ke-3, BJ. Habibie.

Awal cerita film ini dibuka ama Rudy & Fanny (adeknya) waktu kecil yg lagi main ama temen" sebaya mereka, di Pare-pare, Sulawesi Tenggara. Trus tiba" datang pesawat Jepang bombardir desa mereka, sampai orang" desa itu mengungsi.. Dan sampai akhirnya juga keluarga Rudy mengungsi ke Gorontalo, tempat orang tua dari bapaknya Rudy.. Rudy sempet benci ama pesawat, karena desa dia dibombardir pake pesawat. Tapi bapaknya, Alwi Abdul Jalil Habibie (Donny Damara) yg jelaskan, kalau mau bikin pesawat ya bikin yg bisa menghubungkan orang" antar pulau, jangan bikin pesawat tempur.. Disitu juga akhirnya bapaknya Rudy sendiri yg jelaskan bagaimana pesawat bisa terbang, apa yg bikin pesawat bisa terbang, dll.. Dan juga bapaknya Rudy selalu bilang, "jadilah mata air, kalau kamu bersih sekitarmu juga akan bersih, kalau kamu kotor sekitarmu juga akan kotor". Dan pesan "jadilah mata air" itu yg dipegang teguh Rudy sampai dewasa. Rudy selalu mau jadi mata air, yg berguna bagi orang banyak..


Sampai akhirnya bapaknya Rudy meninggal, Rudy makin giat untuk jadi "mata air". Rudy mau bikin pesawat, supaya jadi bermanfaat untuk banyak orang. Keluarganya harus rela ngelepas Rudy untuk kuliah di RWTH Aachen, Jerman Barat. Waktu sampai di Achen, Rudy disambut ama salah seorang pastur disana yg mau ngebantu Rudy untuk nyari tempat tinggal. Sampai akhirnya dapet, itupun kudu baikin mesin pemanas si yg punya rumah dulu hahaha.. Selanjutnya disana Rudy hidupnya serba terbatas, selalu rindu keluarga & rumah, dan juga banyak belajar soal arti persahabatan, cinta, dan juga pengkhianatan dari mahasiswa senior Indonesia yg baru dikenalnya disana. Belum lagi susahnya nemuin masjid disana, di kampus Rudy sholatnya di bawah tangga, kalo diluar dia sampe sholat di dalem gereja saking susahnya nyari masjid. Hidup keluarganya di Indonesia juga sering susah, jadi akhirnya ya duit kiriman dari ibu-nya kadang ngadet.. Disitu Habibie sampe kudu nahan laper waktu kedinginan.. Dramatis banget emang.


Untungnya hidup Rudy disana gak miris" banget, dia punya banyak temen yg selalu ngehibur dia yg semua diperankan ama Ernest Prakasa, Boris Bokir, Pandji Pragiwaksono, Indah Permatasari, dll.. Tapi terkadang beberapa pemikiran Rudy gak sejalan ama temen"-nya ini, gak jarang juga mereka agak underestimate ama visi & misi Rudy, apalagi waktu Rudy udah terpilih jadi ketua PPI Aachen. Tapi lambat laun, ngeliat tekad Rudy yg keras banget, mereka jadi ngedukung jalan pikiran Rudy.. Dan bukan cuma temen" Rudy itu aja yg ngedukung tekad Rudy, tapi gitu juga ama Ilona. Yak, disini diceritain juga hubungan Rudy ama cinta pertamanya, Ilona Ianovska (Chelsea Islan). Ilona ini cewe dari Polandia, tapi waktu Nazi nyerang Polandia di Perang Dunia II, dia & keluarganya sembunyi dalam bunker sampai akhirnya pindah ke Jerman.. Ilona cinta bgt ama Indonesia, dan dia juga cinta bgt ama Habibie.. Dia ampe mau pindah keyakinan & pindah ke Indonesia demi Habibie. Tapi di satu sisi dia juga ragu, apa Habibie punya perasaan yg sama ke dia apa enggak.. Karena waktu itu, Habibie cuma punya 1 cinta sejatinya: INDONESIA..


Sekitar 70% film ini ceritanya berjalan waktu kuliah.. Dan kayak gaya film Hanung Bramantyo lainnya, Rudy Habibie ini juga penceritaannya padat bgt tapi tempo cepat cenderung terburu buru.. Dan scene flashback sama bapaknya Rudy yg "jadilah mata air" terlalu banyak, malah jadi kayak gak penting.. Trus isinya sejarah BJ. Habibie dari masa muda, drama persahabatan plus romantisme percintaannya ama Ilona, juga ambisi-nya untuk memajukan industri Indonesia.. Pokoknya sejarah, religius, moralis, inspiratif, motivasi, dan nasionalis jadi 1 di film Rudy Habibie ini. Dan mungkin mau menjadikan BJ. Habibie sosok yg inspiratif bgt, tapi di film ini sosok pak Habibie malah jadi agak sedikit (sorry to say) dipaksakan.. Unsurnya komplit banget emg, tapi dengan segitu banyak trus tempo dibikin cepet (yg banyak flashback-nya malah waktu Rudy kecil), jadi agak "kenyang" juga sih wakakakak.. Ini dalam konteks film ini, kalo cerita hidup pak BJ. Habibie sendiri ya salut bgt.

Tapi selain itu, keren deh.. Untungnya, aktor utamanya tetep Reza Rahadian, si aktor kelas wahid pada masa ini.. Trus penggambaran jeniusnya Rudy, divisualisasikan secara simple aja, gak pake rumus" atau mind blowing yg malah bikin mumet penonton.. Dan akting Chelsea Islan sebagai Ilona juga bagus, bikin baper wakakakakak.. Suka bgt ama cara & aksen dia ngomong bahasa Indonesia, makin cintahh :3 Trus dari semua temen"-nya Rudy, paling suka ama akting Ernest, dia natural banget haha.. Okeh berhubung ni film blom ada 1 bulan gue gak bisa terlalu banyak ngasih review / spoiler, mending kalian nonton aja sendiri ya.. Recommended, gue kasih nilai 8/10..
( Review Habibie & Ainun ~> Habibie & Ainun )


"Tanpa cinta, kecerdasan itu
berbahaya. Dan tanpa kecerdasan,
cinta itu tidak cukup"
-BJ. Habibie-

Share this:

0 komentar:

Poskan Komentar