Plagiat Itu Aib

gue mau sedikit cerita.. sbenernya ini masalah yg gak akan ada habisnya, yaitu tentang PLAGIAT. kita ada di era lagi berkembangnya social media, dan buanyak bgt orang" dgn karya mumpuni yg hasil karya-nya di plagiat-in, dan itu emang menyakitkan pak, bu.. sedikit flashback, inget banget dulu tweet gue & orang" lain dijiplak seenak udel ama salah satu selebtwit yg jadi kiblat galau-nya para cewe" galauers, ampe sukses bikin buku & film (bisa kalian baca disini: Queen of Drama). cerita Bidadari Terakhir gue yg ampe di plagiat-in & di remake ama blogger Malaysia sana. Who Play Drama Will Get Karma yg di copas seenak udel ke notes facebook ama org yg gak bertanggung jawab & mengakui kalo itu cerita dia. try hard to be a story teller, dude? dan blum lagi tulisan" di blog gue dicopas mentah" gak pake edit dikit sedikitpun. dan semua itu TANPA SUMBER.. itu baru dari gue yg gak seberapa ini, apa kabar ama seniman" besar, penulis, pengarang naskah dsb diluaran sana yg karya-nya ampe di plagiatin/di akuin ama orang lain?

dan ini kmaren gue baru nemu blog yg bener" copas mentah" dari blog gue sendiri ~> http://dotaindonesia.xyz/reviews/kenalan-ama-hero-dota-sejarah-nya-str/ . gue agak kesel ama ni orang, jelas" gue selalu nulis di awal tulisan "copas = cantumkan sumber. if u don't want someone to copy your content, so don't copy others and make it yours. show ur respect", dan kalimat itu-pun ikutan di copas. so funny. udah dari berapa hari yg lalu gue comment utk cantumkan sumber / bakal gue bantu "promosi"-in blog-nya, tpi gak ada respon. dan gue nepatin janji, gue bantu promosi disini. jadi disini sebenernya agak gondok ngeliat karya sendiri yg dipikir panjang", banyak abisin waktu, eh ada orang lain yg copas mentah" tanpa cantumin sumber. woles amat idup lu bro. mungkin utk yg bilang "yaudah sih kayak gitu doang", belum rasain gmn rasanya karya kalian yg bikinnya gak main" tpi akhirnya di akuin ama orang lain. ini bukan masalah "gitu doang" atau apa-nya, tpi untuk sekedar karya yg "gitu doang" ngapain di copas, apa gak bisa mikir sendiri..

plagiat itu ciri" ketiadaannya sebuah kreativitas, pengen eksis tapi gak mampu. gak berkelas. plagiat itu aib. plagiat itu sama aja gali lubang kuburan sendiri.. plagiat itu contoh" orang yg mau sukses tapi dengan cara yg instan.. plagiat itu punya daya kreativitas rendah, jiplak, copy, dan mengutip suatu hak milik orang lain tanpa ijin, dengan harapan bisa tenar dgn karya orang lain itu.. terkadang juga plagiator itu orang" yg gak percaya diri ama kemampuan diri sendiri, disaat udah ngerasa putus asa (tapi ttep pengen kliatan eksis) disitulah mereka biasa khilaf untuk pengen ikutan bersinar tapi dengan cara yg salah..

disini gue masih kurang lebih ama yg namanya plagiat, karna itu ya emang udah resiko-nya share karya dalam bentuk apapun di social media.. dan gue juga yakin, plagiat itu gak akan punya karakter sbg seorang penulis/karya lain yg sesungguhnya. plagiat itu aib, apalagi plagiat mentah", gak ada satupun kalimat yg di edit dari tulisan aslinya.. jangan males untuk edit, skalipun males didik otak-mu untuk belajar cantumkan sumber, double standard asshole..

Share this:

0 komentar:

Poskan Komentar