Gerbang Neraka Ada di Bumi ?

Neraka . neraka itu tempat disiksanya orang" yg berdosa selama hidup di dunia .. tapi gimana ama "neraka" yg ada di Bumi ? emang ada ? haha ada , tapi bukan neraka beneran .. tapi ini cukup bikin heboh , terutama untuk warga sekitar sana waktu pertama munculnya . awalnya orang" sana nyebut lubang ini "gerbang neraka" , tapi sebutan itu akhirnya udah mendunia ampe sekarang . tapi nama resminya itu Kawah Darvaza , sesuai ama lokasi tepatnya di Darwaza , di tengah" gurun Kara-kum , Turkmenistan .


lubang ini kedalamannya 30 meter , trus luasnya di umpamakan kayak 2 lapangan sepak bola . yang bikin geleng" kepala lagi , gerbang neraka ini tuh ada dari tahun 1971 , dan ampe sekarang gak padam" api-nya .. berarti dah 45 tahun ya ? luar biasa :| emang sih curah hujan daerah sana rendah , tapi beberapa kali ujan gitu , api-nya tetep gak padam dan malah diameternya makin membesar tiap tahun .


gerbang neraka ini area bekas eksplorasi energi . jadi bisa dibilang kalo kawah ini tuh buatan manusia . yap , buatan manusia .. jadi gini ceritanya . di tahun 1971 , waktu Turkmenistan masih dibawah kekuasaan Uni Sovyet , Ilmuwan" dari sana itu niat mau eksplorasi wilayah Darwaza (gurun Kara-Kum) yg di deteksi banyak kandungan minyak-nya .. jadi yaudah pergilah mereka kesana , trus dibangunlah ladang minyak di wilayah itu .. mereka nyiapin segala macem termasuk alat" berat juga untuk pengeboran . tapi ternyataaa , usut punya usut , para Ilmuwan" itu salah mendeteksi :|  bukannya nemuin minyak , malah yg ditemuin itu gas bumi yg berlimpah . nah karna gak bisa nahan beban yg berat , tanah yg nampung alat" berat itu longsor , ngebentuk lubang yg mirip jurang .. jadi semua alat" berat itu masuk kedalam lubang itu . lubang juga jadi semakin melebar gara" efek domino , dimana tanah" sekitarnya juga ikutan longsor .. gas bumi itu campuran dari gas Hidrokarbon yg di dominasi gas metana . gas metana itu gak berbau & bisa gantiin Oksigen , tapi baru bisa hilang ke atmosfir dalam kurun waktu 10 tahun . metana itu gantiin Oksigen bukannya bisa untuk dipake bernafas juga , tapi kalo Oksigen ketemu Metana , Oksigen itu ketutup & Metana yg dominasi , jadi kita menghirup Metana yg itu gak baik untuk pernafasan (CMIIW) . jadi waktu itu Ilmuwan" itu khawatir gas Metana itu bakal ngebuat makhluk" sekitar kawah (terutama penduduk) itu gak bisa bertahan karna banyaknya gas yg meluap & ngegantiin Oksigen , yg berarti gak baik untuk pernapasan . Ilmuwan" itu nganggep , ngebakar gas Metana itu satu"-nya cara karna volume gas yg membahayakan itu .. lagian mereka prediksiin cuma ada 5% gas Metana yg berpotensi meledak . jadi , dibakarlah kawah itu .. tapi lagi" prediksi itu salah wakakakakak .. Ilmuwan" itu cuma prediksi jumlah Metana yg diatas lubang , tapi gak prediksi berapa jumlah Metana yg ada didalam lubang yg pasti volumenya lebih" fantastis kan .. dan ternyata bener , api yg di prediksi padam dalam kurun waktu satu minggu , eh ampe sekarang gak padam" wakakakakakak *ROTFL


menurut kesaksian orang" yg pernah kesana , lubang ini tuh amat sangat panas .. klo berdiri dekat lubangnya , baru beberapa detik aja udah keringetan . hawa panasnya juga udah terasa dari ratusan meter jauhnya gitu . trus dari jarak 40 KM , lubang ini udah keliatan .. apalagi kalo udah malem , kalo ada cahaya merah kekuning-kuningan disana udah pasti itu dari lubang neraka ini .


btw 2010 kemarin , presiden Turkmenistan Kurbanguly Berdymukhamedov katanya sempet mau nutup kawah ini soalnya khawatir sewaktu waktu bisa jadi ancaman negara . tapi sampe sekarang pemerintahnya masih cari cara untuk nutup kawah itu .. Turkmenistan juga masih berharap bisa nemuin ladang minyak di wilayah itu tapi juga takut ama potensi kandungan gas bumi yg ada , apalagi kalo ampe kebentuk lubang baru .. dibakar lagi , eh nanti gak padam lagi apinya . trus juga pemerintah tuh masih dilema ama rencana penutupan itu , soalnya kawah ini tuh masih menarik minat turis asing untuk berkunjung ke Turkmenistan .. ribet banget ya , galau gitu ..


oh iya . kalo ada yg begini" tuh pasti deh orang" suka kait"-in ama yg mistis" gitu ya , apalagi gelar kawah ini kan "gerbang neraka" . jadi dulu pernah surat kabar Finlandia , Ammennusatia , bikin artikel yg bilang kalo gerbang neraka ini bukan sekedar lubang biasa .. pernah beberapa ahli Geologi yg ngelakuin penelitian disana sekaligus nanya" ama penduduk sekitar juga .. berdasarkan penelitian itu , sekumpulan ahli Geologi ini nemuin beberapa rekaman luar biasa . mereka pake mikrofon yg sensitif gitu untuk dengerin suara sehalus apapun . jadi ketua project itu , Dr.Dmitri Azzacov dapat rekaman dimana banyak kedengeran kayak ribuan orang teriak kayak minta tolong gitu . trus beberapa ahli lainnya malah ngedenger kayak ada orang Islam baca doa" pake bahasa arab (kayak Tahlil) dan itu bisa didenger tanpa bantuan alat apapun .. penduduk sekitar sana juga ada yg bilang , pernah ada kayak gas keluar dari lubang itu terus ngebentuk sesuatu (kayak jin kali ya) yg ada sayapnya di kanan ama kiri , orang" disana langsung pada larian .. kejadian itu di tahun 90-an gitu . yah tapi gak tau ya bener apa enggaknya , kita tuh kadang skeptis kalo gak menyaksikan langsung hahaha ..


trus ini beberapa waktu lalu , gue sempet nonton salah satu acara di channel National Geographic (yg bikin gue mau nulis ini juga) , namanya tuh Die Trying , jadi di acara itu ngasih liat orang" penasaran yg berani mati demi ngobatin penasarannya itu hahaha .. nah waktu itu edisi-nya ya di gerbang neraka ini , "Crater of Fire" .


gue nontonnya deg"-an gimanaa gitu .. apalagi pas si orang ini katanya mau gelantungan diatas kawah , trus mendarat didalam kawah-nya itu .. gue pikir gila banget nih orang . nah trus selama ini gue pikir tuh gerbang neraka ini isinya api semua , kayak lautan api gitu , ternyata gak kok ada kayak celah"-nya juga yg gak ada apinya , jadi cuma tanah ama batu" besar gitu .. makanya si aktor utama ini berani gitu mau nginjek tanah dibawahnya . kalo kayak lautan api beneran jangankan nginjek tanah , gelantungan diatasnya aja udah kayak dipanggang kan .


tapi ini gak boleh ditiru ama siapapun .. modal nekat doang gak cukup , butuh alat" khusus juga . kalo modal nekat doang mah keluar" udah jadi tengkorak hahaha .. jadi waktu itu gue liat ni orang pake baju khusus yg bikin suhu dibawah tuh gak langsung nusuk kulit (pokoknya gitulah) , trus ada tabung oksigen didalem bajunya , ama perlatan" untuk gelantungannya juga .. jadi pas udah dia gelantungan , turun pelan" , mendarat deh di tanah yg gak ada apinya .. dia sempet selfie , trus teriak" kegirangan gitu . maklum aja , setelah 43 tahun dia orang pertama yg berani nginjek tanah kawah Darvaza itu loh .. trus dia gak lupa ngukur suhu dalem tanahnya , jadi ditancepin tuh alatnya , kalo gak salah 4000 derajat celcius deh . trus dia ngambil beberapa sample batu gitu untuk di teliti .. btw dia punya waktu 15 menit aja dibawah sebelum pasokan Oksigennya abis / pingsan karna kepanasan . pas baru nginjek tanahnya aja dia bilang badannya udah penuh keringat semua hahaha ..


di akhir acara , dia beberapa minggu kemudian dapet kabar dari Ilmuwan yg meneliti batu yg dia ambil dari kawah itu . jadi hasil dari penelitian itu , ternyata di batu itu ditemukan makhluk hidup , kayak semacam Mikroorganisme gitu deh kalo gak salah .. dan Mikroorganisme itu bisa hidup di suhu ekstrem ribuan derajat gitu ya .. jadi itu masih mau diteliti lebih lanjut gitu deh .

-diambil dari berbagai sumber-

==========

yah jadi begitulah serba serbi tentang gerbang neraka buatan (kesalahan) manusia ini . jadi gerbang neraka tuh cuma sebutan aja , bukan gerbangnya neraka tempat dosa manusia ditebus itu , bukan .. tapi kadang ada aja gue baca / nonton gitu yg terlalu mendramatisir tempat ini yg di hubung"-kan ama neraka beneran :| atau juga terlalu di hubung"-kan ama yg mistis" .. padahal kalo diintip dari sejarah awal terbentuknya mah jauh dari hal" mistis .. trus juga api yg terus menyala itu bukan karna jampi" , tapi udah ada penjelasan sains-nya , ya tentang gas metana itu . btw beberapa kali pernah peristiwa kayak ginian terjadi di Indonesia , tapi ya gak sampe berbentuk kawah ini . pernah tuh lupa dimana ada api yg keluar dari tanah halaman warga , awalnya ada ledakan dulu gitu .. tapi gak gede" banget , lubangnya juga cuma segede bola tenis , tapi ya itu keluarin api yg gak padam beberapa hari . tapi orang" sana heboh , trus di kait"-kan ama mistis" gitu .. kampung" sebelah ampe datangan juga untuk ngeliat hahaha .. untung aja tangannya gak dipasang di api itu untuk cari berkah . masyarakat kita kan gitu , ngeliat yg gak biasa diliat pasti dijadiin media untuk cari berkah , nyembuhin penyakit , dll .. batu sungai dicelupin ke air aja dibilang nyembuhin penyakit kok ya :p

jadi ya gitu deh yaa .. ini "gerbang neraka" cuma namanya aja , gak ada sangkut pautnya ama neraka beneran . ini juga ada karna kesalahan manusia , bukan tiba" muncul gitu . mau sepanas apapun kawah ini gak akan bisa ngalahin panasnya api neraka .. bahkan di Islam juga udah dikasih tau , panasnya api neraka itu di ibaratkan api neraka yg sebesar ujung jarum aja nyentuh Bumi , Bumi ini sampe ke lapisan"-nya hancur lebur . Wallahu'alam .

tengkyu dah mampir & maaf klo ada salah kata / informasi , see you~

Share this:

1 komentar:

  1. wanjer keren ni infonya wkwkwkw kalo senggang sering2 bikin kaya gini di blog ya bang,kangen gaya tulisan lu soalnya wkwkwkw thanks :3

    BalasHapus