[Movie] PK

jadi ceritanya beberapa hari yg lalu salah satu temen ngebaca tulisan gue yg Terrorist Has No Religion nih . langsung deh gue di rekomendasiin film Bollywood yg judulnya "PK" .. awalnya gak begitu tertarik , lagi banyak film yg mau di download soalnya .. tapi gue diyakinkan berkali kali kalo itu amat sangat bagus & jalan ceritanya gue pasti suka .. yaudah karna penasaran kemaren download , tadi nonton . dan abis nonton , gue cuma bisa bilang ini film BOMBASTIS !! WAKAKAKAKAKAKAK ..


film ini bercerita tentang agama & Tuhan .. di dunia ini ada banyak agama & aliran"-nya , dan masing" ngejalanin ajaran agama-nya dengan tujuan tetap ada dijalan yg benar .. nah yg jadi pertanyaan , kalau tiap penganut agama bilang agama-nya itu yg paling bener , berarti Tuhan juga lebih dari satu ? kalau Tuhan lebih dari 1 , siapa Tuhan yg paling benar ? nah , di film ini pokoknya persoalan itu dikupas abis .. tiap perkataan-nya bikin merinding . jangan takut kesesat karna nonton film ini , yg kalian butuhkan sebelum nonton film ini cuma : open minded . PK is clever & hilarious treat for ppl with open minded faith point of view . tapi jalan ceritanya sendiri kayak terdiri dari bbp panel , ada bagian komedi , ada romance-nya juga .. jadi gak melulu serius kok isinya .


nah awal cerita dari PK (dibaca 'pikey') ini , ada makhluk asing dari planet lain berwujud manusia telanjang bulat yg namanya PK (Aamir Khan) . dia dateng ke bumi pake pesawat UFO , trus katanya ke bumi untuk ngelakuin riset tentang kelakuan manusia gitu .. nah tapi waktu mendarat di Rajahstan (India) PK ini dapet masalah , remote berbentuk kalung-nya dia itu dirampas ama orang lain .. remote itu penting banget untuk dia , kalo gak ada tu remote dia gak bisa pulang lagi ke planet asal-nya :( yaudah dia panik , ngejar si pencuri itu tapi gak dapet .. dia cuma dapet radio tape si orang itu , hiburan yg bakal nemenin dia di sepanjang perjalanan film ini ..


akhirnya PK berkelana kesana kemari untuk nyari remote-nya . di sepanjang perjalanan dia jg ngeliat manusia" berinteraksi , ngomong , cara berpakaian , dll .. nah pelajaran pertama yg dia dapet , manusia itu gak sopan kalo gak pake pakaian . yaudah dia nyari pakaian di "mobil bergoyang" haha .. selain itu dia ngambil uang juga , trus belajar caranya beli" barang / makanan di pasar . tapi dia masih blom bisa ngomong , gak ngerti ama bahasa bumi .. di planetnya dia ngomong pake kekuatan pikiran gitu katanya mah . nah , dia bisa ngomong & pake bahasa setempat di bumi itu dengan cara megang tangan manusia selama beberapa waktu .. jadi kayak transfer data gitu . tapi susah , gak semua orang mau tangannya dipegang selama itu , apalagi dia gak bisa ngomong , jadi manusia gak ngerti dia mau ngapain .. nah sampai akhirnya dia ketemu ama orang setempat yg namanya Bhairon Singh (Sanjay Dutt) , ini orang yg dia anggep kakak sendiri .. awalnya PK udah megang tangan Bhairon , eh malah dikira PK lagi nafsu tinggi wakakakakakak .. jadi yaudah PK dibawa ketempat prostitusi ama Bhairon . pas udah beduaan ama si cewe , PK langsung megang tangan si cewe selama 6 jam ampe si cewe itu ketiduran .. jadi 6 jam karna bahasa manusia itu ribet & banyak arti , makanya lama banget .. akhirnya yaudah bisa deh PK ngomong pake bahasa India ..


nah , akhirnya PK cerita tuh ke Bhairon kalo dia lgi nyari remote yg udah dicuri ama orang .. jadi kata Bhairon mungkin remote itu udah dijual ke New Delhi , disana tempat jual barang" dengan harga mahal gitu katanya .. yaudah deh akhirnya PK ke Delhi untuk lanjutin berburu remote-nya . nah di Delhi inilah dia mulai ngenal ama yg namanya "Tuhan" .. dia kesana kemari nyari remote-nya trus nanya" ke orang , tapi orang" itu pada jawab "hanya Tuhan yg bisa membantumu menemukannya" .. jadi yaudah PK mulai nyari tau apa sih Tuhan itu .. dia nyari Tuhan di kuil , masjid , ampe ke gereja juga .. dia juga konsultasi banyak ama petinggi" agama untuk nanya Tuhan itu dimana , kenapa Tuhan itu banyak , kenapa tiap agama nyembah Tuhan yg berbeda , dsb .. semakin banyak yg PK pelajari dari manusia semakin banyak juga pertanyaan yg terbesit di otak-nya .. salah satunya ya itu , kenapa banyak Tuhan yg manusia sembah , banyak pertanyaan yg gak dia temuin jawabannya & ngebuat dia ngerasa bahwa Tuhan yg sesungguhnya itu udah hilang dari dunia .. dan semua percakapan yg ngebahas tentang itu bener" emeyzing ..


nah di cerita lainnya , ada cewe yg namanya Jaggu (Anuskha Sharma) , dia ini reporter TV . di awal film juga udah di ceritain sih tentang Jaggu ini .. jadi dia ini tinggal di Belgia , jadi reporter TV disana .. ampe akhirnya ketemu ama cowo Pakistan yg namanya Sarfaraz Yousuf (Sushant Singh Rajput) . Sarfaraz ini Muslim , sedangkan Jaggu itu dari keluarga Hindu fanatik .. yg fanatik banget bos cowo-nya , denger anaknya berhubungan ama Muslim lgsg cepet" konsultasi ke pemuka agama Hindu terkenal , Tapasvi Maharaj (Saurabh Shukla) . denger problem itu Tapasvi bilang lepaskan Sarfaraz , karna suatu saat Sarfaraz bakal khianatin si Jaggu ini .. tapi Jaggu gak percaya , besoknya dia ngajak Sarfaraz nikah .. ternyata bener , di hari itu Sarfaraz gak dateng .. kecewa-lah Jaggu , dia pulang ke Delhi untuk move on .. tapi ternyata di ending kejawab soal Sarfaraz gak dateng ini , dan itu bener" bikin speechless haha ..


nah dari 2 panel cerita ini , akhirnya PK & Jaggu dipertemukan .. Jaggu jadi reporter TV lagi India , tapi kayak semacam kehabisan berita bermutu di berita yg dia bawakan .. sampe akhirnya dia ngeliat orang unik di dalem kereta yg bagi"-in kertas dengan tulisan "DICARI : TUHAN" , ya itu si PK tuh .. masih kekeuh nyari Tuhan untuk nanya dimana remote-nya . usut punya usut , ternyata remote si PK ini ada ama si Tapasvi , pemuka agama Hindu itu .. dia ngakunya dapet barang itu di gunung Himalaya , dan itu serpihan gendang dewa Siwa katanya .. waktu PK mau langsung ngambil di acara Tapasvi , PK malah ditahan ama security"-nya trus langsung diusir .. jadi yaudah dibantu ama Jaggu , PK nyari cara gmn dapetin kembali kalung remote itu .. nah ini yg gue suka , mereka itu pake metode "wrong number" untuk ngejatuhin Tapasvi .. apa itu metode wrong number ? nonton sendiri yaaaa :p hahahaha .. pokoknya si "manajer" Tuhan ini , Tapasvi , dibikin keok waktu debat lawan PK soal agama di acara live channel-nya Jaggu .. seluruh masyarakat India itu nonton , pada rame bikin video "wrong number" di semua agama .. waktu mereka debat ini jangan kalian lewatin setiap percakapannya , karna bener" mengguncang bombastis lah ceunah ..


=================================================

ini film keren pokoknya , sayang kalo di lewatin .. bikin kalian terharu , senyum" sendiri , ngakak , campur jadi satu . tapi kayak yg gue bilang di awal , kalo nonton kalian butuh bekal "open minded" .. ini bakal jadi film yg kalian anggap menyesatkan kalo misal terlalu menitik beratkan ke inti permasalahannya .. agak jahil emang , film ini kayak mau memutar mutar pernyataan terkait Tuhan hahahaha .. tapi trust me , gue jamin gak akan menyesatkan & film ini gak ada punya tujuan untuk itu .. film ini cuma agak 'mencolek' ke orang" yg terlalu fanatik ama agama-nya & menutup mata ama kebaikan" yg ada di agama lain .

PK udah kayak kuliah singkat terkait agama & eksistensi manusia yg disampaikan Rajkumar Hirani selaku produser .. kombinasi antara agama & logika dlm tampilan absurd yg rapi , mungkin itu PK didalam kalimat yg sederhana .. suka banget ama cara Rajkumar ngebikin keseimbangan antara problem para karakter & juga isu utama-nya , cara dia bikin karakter PK & Jaggu yg punya masalah berbeda tpi karakternya sama" kuat , nyanyi & tari"-an yg gak berlebihan & gak banyak , sampe cara dia yg ngejaga kita untuk fokus ke pencarian Tuhan yg "hilang" tapi gak hilang dari pikiran kita .. satire , lucu ama humornya , banyak kejutannya , dan PK jadi lebih lengkap lgi karna banyaknya provokasi dgn cara implisit , memprovokasi perasaan & otak kita terkait fakta bahwa Tuhan itu sesungguhnya 1 tapi semacam berbeda beda karna perbuatan manusia itu sendiri ..

untuk akting para pemain semua gue suka , Aamir Khan gak perlu ditanya .. selalu bikin hentakan di film" terbaru-nya .. yg terakhir kemaren 3 Idiots , trus PK ini lagi .. si unyuk Anushka Sharma yg baru kali ini main sama Aamir Khan juga keliatan bisa ngimbangin si aktor senior , gak kaku .. kalo Sanjay Dutt yg jadi kk angkat PK itu udah deh gak usah ditanya , ini aktor legend dari jaman nenek gue biasa nonton film India haha .. cuma berita yg gue denger kemaren Sanjay Dutt waktu syuting PK ini lagi ngejalanin sidang juga soal keterlibatan dia di bom Mumbai tahun 1993 ..

overall PK film yg memuaskan .. semua porsi antara romance , drama , komedi , bener" seimbang . kalo kalian lgi nyari film yg bisa ngasih penyegaran tentang sudut pandang ke agama & Tuhan , ini film yg cocok . film yg sebenernya bertema ringan ini dibuat berat , tapi diolah satir yg nyeleneh sampe akhirnya kembali jadi ringan & diterima banyak kalangan .. film yg bagus untuk renungan ttg sebuah universalitas suatu keagamaan yg kadang dipahamin secara sepihak .. PK juga gak tampil secara deskriptif , jadi kesan menggurui itu gak ada .. PK tampil secara liar tapi terus ngebakar imajinasi & logika penontonnya ama sisi serius & santai yg berjalan berdampingan~
untuk film ini gue kasih rating 9/10 !

Trailer

"Tuhan itu ada 2 .
1 yg menciptakan alam semesta ,
1 yg diciptakan sendiri oleh manusia"
-PK-

Share this:

1 komentar:

  1. vi,, sertakan link download film nya dong kalo ada :v

    BalasHapus