Sejarah Kelam Rohingya & Islam di Myanmar

*copas = cantumkan sumber .
if u don't want someone to copy your content ,
so don't copy others and make it yours .
show your respect*
 

mungkin sebagian dari kalian udah pada denger di berita" , tentang penelantaran kaum Rohingya yg berbulan bulan terombang ambing di laut tanpa makan & minuman yg layak , bahkan air seni sendiri-pun katanya diminum :( tapi mungkin juga gak banyak yg tau , apa sih kaum Rohingya itu ? trus mereka siapa ? darimana ? kenapa bisa terombang ambing di laut ? nah , disini gue bakal kupas tuntas awal sejarah Rohingya mulai dari zaman dulu sampai nasibnya sekarang , sejarah Islam di Myanmar dan konflik"-nya . ini gue ambil dari berbagai sumber , dan yg penting gue jamin ini semua sumber dari artikel yg bener" intelek , bukan artikel abal" yg doyan provokasi . apa yg udah gue tulis disini udah di filter & berlabelkan halal , sesuai sejarah & fakta yg ada .
let's check this out.


Sejarah Islam di Myanmar

untuk sekarang" ini Islam di Myanmar (dulu sebelum kudeta militer namanya Burma) itu termasuk agama Minoritas , cuma sekitar 20% dari seluruh penduduk Myanmar .. awal masuknya Islam itu sendiri di Myanmar udah lama banget , dimulai dari abad ke 7 waktu jaman khalifah Harun Al-Rasyid .. disusul dengan perdagangan" bangsa arab yg keliling sekitaran Asia Tenggara & mereka waktu itu juga mendarat di delta sungai Ayeyarwady , Semenanjung Tanintharyi , & daerah Rakhine (ini dalam bahasa inggris , kalo bahasa aslinya "Arakan" , nama provinsi di Myanmar) . trus , orang" Islam ini tinggalnya ya di Arakan itu , yg secara geografis sih terpisah ama sebagian besar wilayah Myanmar yg penganut Buddha .. disana mereka berdagang , ada yg balik ke negara asal tapi ada juga yg akhirnya menetap di Arakan & nikah ama penduduk asli Arakan yg beragama Buddha (Perkawinan Campuran) . dari perkawinan campur inilah Islam mulai tersebar ke beberapa penjuru di Burma ..


tapi FYI di Myanmar juga warga aslinya ada kok yg emang udah Islam daridulu (sebelum pedagang" itu datang) , dan orang Islam asli Myanmar disebut Pathi . populasi Islam di Myanmar sempat naik drastis waktu jaman penjajahan Inggris dimana orang" India ngungsi ke Myanmar .. tapi lama kelamaan turun lagi seiring ama populasi orang asli Myanmar yg semakin banyak . tapi komunitas Muslim di Myanmar udah nyebar sampe ke Pegu , Tenasserim , juga Pathein .



Jatuh Bangun Arakan

Arakan , ini daerah tempat cikal bakal etnis yg kita kenal sekarang dengan nama "Rohingya" . tapi mereka dulu masih belum ada sebutan Rohingya , masih cuma penduduk Islam biasa di Arakan . dan daerah ini dulu masih belum dibawah pimpinan Burma/Myanmar .. flashback lagi dikit , Islam di Arakan diperkenalkan ama saudagar" Arab yg berdagang disana & diikutin ama pedagang" Islam lainnya . tapi di Arakan gak semua Islam kok , ada Buddha & Hindu juga , tapi mereka ya hidup berdampingan dengan damai aja semuanya (tapi di Arakan mayoritas emang Islam) . nah karna populasi disana semakin bertambah terus , sampai akhirnya di abad ke-14 terbentuklah Kerajaan Arakan dengan Raja Naramakhbala . di tahun 1406 , Raja Naramakhbala lagi ada didalam kondisi yg sulit karna kerajaan Arakan diserang ama Kerajaan Burma . untuk ngatasin kesulitan itu , Raja Naramakhbala minta bantuan ke Sultan Nasiruddin , dari Kerajaan Bengal (Bangladesh-India) . dengan bantuan dari Bengal , akhirnya selama bertahun tahun peperangan , Arakan kembali bisa merebut kekuasaan dari Burma sampai akhirnya Raja Naramakhbala masuk Islam & ganti nama jadi Suleiman Shah . orang" dari Bengal juga jadi banyak yg menetap di Arakan .. di tahun 1420 itu era monumental untuk Arakan , karna ditahun itu akhirnya Arakan di deklarasikan sebagai sebuah negara Islam dibawah kekuasaan Suleiman Shah .. kerajaan Arakan berjaya selama 350 tahun , sampe akhirnya di tahun 1784 negara Arakan kembali di kuasain ama pasukan Buddha dari Burma . nah , setelah daerah itu dikuasain Inggris ditahun 1824 (waktu dimulai jaman" penjajahan bangsa Eropa) , populasi Islam disana mulai semakin berkurang & melemah . dan waktu Burma/Myanmar di merdeka-kan Inggris di tahun 1948 , Arakan disatukan ke Burma ama Inggris dengan kekerasan & paksaan , jadilah Arakan dibawah Burma/Myanmar sejak saat itu . pemerintah Burma juga sempet janjiin Arakan bakal jadi daerah yg dikasih otonomi khusus . tapi , setelah Burma jadi negara yg semakin kuat & besar sampai sekarang (Myanmar) , janji" itu cuma pepesan kosong .. orang" Islam yg udah nempatin Arakan dari kurang lebih 1000 tahun lalu ,  semua kena PHP ama pemerintah Myanmar . bahkan , hak asasi Muslim di Arakan dilanggar . keadaan makin buruk waktu kekuasaan diktator Junta Militer , upaya pembersihan orang" Islam di Arakan-pun dilakuin (sorry to say , ini kayak pemerintahan kita di orde lama waktu diam" ada upaya "pembersihan" etnis tionghoa) .



Asal Mula Nama Rohingya


Arakan itu nama provinsi , kalau di bahasa inggris disebut Rakhine . sedangkan Rohingya , itu nama yg dipake ama orang luar (peneliti asing) waktu abad" 18 - 19 .. mereka sendiri sih nyebut diri mereka orang Muslim yg tinggal di Arakan (Muslim Arakan) . nah tapi berhubung di Arakan ternyata ada orang" Muslim yg bukan berasal dari Arakan aja (tapi ada yg dari Bangladesh juga & bagian lain di Burma) , akhirnya di tahun 2002 , nama Rohingya di asosiasikan sebagai nama orang Islam di Arakan . waktu itu populasi di wilayah Arakan udah sampai 4jt jiwa & 70%-nya Muslim . jadi kesimpulannya pendahulu" mereka udah tinggal di Arakan hampir 1000 tahun lalu , tapi nama resmi mereka yaitu Rohingya , baru diresmikan di tahun 2002 .



Berbagai Konflik Antara Muslim Myanmar & Pemerintah

di Burma itu ada 3 komunitas Islam : Muslim Burma atau yg disebut Zerbadee , yg orang" dari Asia Selatan & beranak pinak di Burma (penduduk asli) .. yg kedua Muslim India , yg terbentuk waktu jaman penjajahan  Inggris di India & mereka ngungsi ke Burma .. yg ketiga , Muslim Rohingya yg tinggal di Arakan yg berbatasan langsung ama Bangladesh . dari ketiga komunitas Islam ini , yg paling miris itu Rohingya . mereka komunitas Islam paling miskin di Myanmar .. status kewarganegaraan mereka selalu ditolak , akses untuk sekolah & rumah sakit juga dipersulit . mereka selalu dibunuh & diusir , baik ama negara maupun etnis mayoritas , karna mereka dianggap minoritas & bukan dari bagian Myanmar . di tahun 1942 terjadi peristiwa yg memilukan untuk Muslim" di Arakan ini .. waktu itu ditahun 1937 Burma masuk ke kolonial Inggris .. dan untuk menundukkan kaum Muslim supaya Arakan bisa di kuasai & dijajah , Inggris ngasih senjata ke umat Buddha & mereka mulai ngelakuin penyerangan ke Islam Arakan di tahun 1942 . serangan brutal itu bikin 100.000 nyawa Muslim disana melayang .. umat Muslim lainnya akhirnya ngungsi ke luar negeri , masih ada juga yg tetap disana . yg menetap itu-pun kembali dibantai Junta Militer waktu peristiwa kudeta militer tahun 1962 . waktu abis perang dunia II mereka sempat minta bagian utara Arakan yaitu Buthidaung & Maungdaw yg mereka tempatin , dimasukkan kedalam wilayah Pakistan . tapi pemerintah nolak permintaan itu .. intinya , pemerintah gak mau tanah Arakan itu jatuh ke negara lain , mereka cuma mau ngabisin Muslim yg menetap disana .


Myanmar itu juga selalu identik ama Aung San Suu Kyi . aktivis HAM Internasional selalu membicarakan keadilan untuk Suu Kyi , tapi gak pernah tau gimana perjuangan & kondisi Muslim di Myanmar selama ini . tahun 1886 , Inggris jajah Burma . sebelumnya , umat Islam - Hindu - Buddha hidup berdampingan dengan damai disana . sampai di tahun 1938 Inggris mulai turunkan tangan besi-nya dimana 30.000 Muslim Burma dibantai secara massal & 113 Masjid dibakar .. abis kemerdekaan Myanmar di tahun 1948 , bukannya hidup mereka berubah lebih baik malah lebih dibantai ama militer & pemerintahan Myanmar sendiri , 90.000 Muslim kembali kehilangan nyawa-nya . lanjut di tahun 1961 , pemerintah Burma mengumumkan bahwa Buddha agama resmi Myanmar & orang" Islam harus belajar nilai & budaya Buddha juga . dan kemudian Jenderal Ne Win (pemimpin diktator Junta Militer [Dewan Pimpinan - nama pemerintahan Myanmar] lewat kudeta di tahun 1958) deklarasikan Burma sebagai negara sosialis .. waktu itu Jenderal Ne Win juga menyatakan kalau Muslim Arakan (Rohingya) itu pendatang ilegal , sementara itu deskriminasi ke Muslim Myanmar gak ada habisnya tanpa diketahui dunia Internasional .. tahun 1990 , Aung Suu Kyi menang pemilu untuk pertama kalinya . tapi waktu jaman Junta Militer SLORC (State Law and Order Restoration Council / Dewan Restorasi Penguasa & Hukum Negara) mereka gak ngakuin kemenangan Suu Kyi itu , malah tangkap & penjarakan Suu Kyi .. bukan cuma ke Suu Kyi , SLORC juga kejam ke Muslim Myanmar , mereka gak segan" nembak orang Islam yg lagi sholat di masjid , dan Muslimah" disana sering jadi sasaran pemerkosaan tentara Myanmar . tanggapan Internasional ? seperti biasa , bersikap ganda .. Amerika contohnya , mereka mengecam tindakan pemerintah Myanmar karna penangkapan Suu Kyi tapi di sisi lain mengabaikan (gak ngebahas) nasib Muslim disana yg jelas" udah jadi korban kebiadaban rezim" diktator .


di tahun 1962 , rezim yg bercorak Komunis waktu itu (masih Jendral Ne Win yg ngelakuin kudeta lagi) kembali ngebantai umat Muslim . dan umat Buddha juga waktu itu ngusir 300.000 kaum Muslim ke Bangladesh .. di tahun 1978 , lebih dari setengah juta kaum Muslim diusir dari Burma .. di tahun 1982 , diadakan operasi penghapusan kebangsaan kaum Muslim , karna orang" Muslim dinilai sebagai warga negara bukan asli Burma .. kejatuhan rezim Jendral Ne Win ini baru di tahun 1988 , waktu itu ada demo besar"-an , bahkan demo terbesar sepanjang sejarah Myanmar .. mulai dari tokoh agama , pekerja berbagai profesi , mengecam kekuasaan rezim Jendral Ne Win .. mereka nuntut , seharusnya pemerintahan dijalankan ama pemerintahan sipil , bukan militer .. dan juga menuntut untuk stop deskriminasi ke orang" etnis non-Myanmar .. demonstrasi besar ini ditanggapin secara kekerasan ama militer , akhirnya 3000 demonstran tewas & kejadian ini dikenal dengan nama Generasi 88 . perjuangan rakyat Myanmar ini berhasil , Jendral Ne Win mengundurkan diri (itupun alibi-nya kesehatan yg menurun) . Jendral Ne Win turun , kepemimpinan militer digantikan ama Junta Militer SLORC , yg gak kalah bengisnya ama Jendral Ne Win . artinya ? lagi" umat Muslim yg gak bisa tenang .. sampai kapanpun pemerintahan Myanmar memang mau men-sterilkan Myanmar dari orang Islam , ibaratnya Myanmar bener" mau dijadikan Arab Saudi-nya Buddha . masih di tahun 1988 , 150.000 Muslim diusir dari Myanmar .. di tahun 1991 , lebih dari setengah juta umat Muslim juga diusir keluar dari Myanmar . yg terakhir itu Na Sa Ka Operation , diantaranya ada metode kekerasan , pemerkosaan , halangan untuk nikah , pengusiran , dll .. jadi itu bisa dibilang state violence , dimana negara ngelakuin Genosida & Etnic Cleansing (pembersihan etnis) , tapi akhirnya sampai sekarang konflik ini melebar jadi kejahatan sipil antara Rohingya ama orang" Buddha :( yg awalnya Pemerintah vs Rohingya , sekarang orang" malah ngeliatnya jadi kayak Buddha vs Islam .. tapi gue pribadi sendiri yakin pada dasarnya orang Buddha itu emang peaceful , mereka gak suka kekerasan . mungkin mereka kena provokasi media , pemerintah , dan beberapa tokoh agama yg radikal .



Kontroversi Biksu Ashin Wirathu


dulu ada Inggris , Jendral Ne Win , SLORC , untuk sekarang muncul biksu dalang dibalik pembantaian Muslim Rohingya beberapa tahun terakhir ini . pakaiannya rapi , mukanya tenang , tapi ternyata bertolak belakang ama apa yg dia lakuin . Ashin Wirathu disebut sebut sebagai penggerak kaum Buddha Myanmar untuk ngebunuh & ngusir orang" Muslim Rohingya & nebar teror ke orang" Muslim di Myanmar . gak salah kalo mukanya langsung ngehias majalah TIME dengan judul "THE FACE OF BUDDHIST TERROR" , dan media" barat kayak New York Times & Washington Post bahkan ngasih label ke biksu ini sebagai Osama Bin Laden-nya orang Buddha .. karna tindakan biksu ini akhirnya beberapa waktu terakhir ini ribuan orang Muslim Rohingya kabur karna takut dibantai , pergi pake kapal & berbulan bulan terombang ambing di laut gak ada arah tujuan . beberapa negara tetangga kita juga udah ikutan "ngusir" karna gak mau nerima mereka .. dan sekarang , ribuan Muslim Rohingya lagi ngungsi dulu di Aceh .


kembali ke biksu Ashin ,
sepak terjang pertama dia ini dulu di tahun 2001 , dia gabung di kelompok anti Islam "969" . karna aksinya , di tahun 2003 dia dihukum 25 tahun penjara . tapi , di tahun 2010 dia dibebaskan bareng tahanan politik lainnya .. dan sampai sekarang , dia rajin banget ceramah tentang anti Islam yg direkam trus di upload ke Youtube & Facebook .. nah waktu awal pertikaian antara Rohingya ama Buddha di tahun 2012 , namanya makin banyak dikenal sebagai tokoh agama pembenci Islam nomor 1 disana . dia selalu ceramah penuh amarah tentang Islam didepan ribuan masyarakat Myanmar .. dia selalu memojokkan komunitas Muslim , terutama Rohingya . dia juga orang yg paling depan tiap ada demonstrasi yg desak orang" Rohingya di relokasi ke negara lain . sebenernya banyak sih biksu" yg gak sependapat ama Ashin , tapi kebanyakan dari mereka milih diam daripada jadi sasaran amukan kelompok Ashin . Ashin pengaruhnya lumayan kuat di kalangan biksu , dia pemimpin 2.500 biksu di biara Mandalay . salah satu biksu yg namanya U Ottara aja yg sempat komentar ke BBC ,"saya merasa sangat sedih . saya bisa bilang , kata-kata yg mereka ucapkan bukanlah kata-kata seorang Biksu .." . beberapa biksu juga khawatir kalo tindakan Ashin ini jadi sorotan Internasional & ngasih cerminan buruk tentang ajaran Buddha . kritikan juga datang dari Jenderal Liga Perempuan Burma , Tin Tin Nyo ,"dia memberi reputasi buruk untuk negara kita . dia menodai jubah Biksu yg dia gunakan" . btw , semua ceramah Ashin selalu dia awalin dengan "apapun yg kamu lakukan , lakukanlah dengan nasionalis" . trus pas dia di cap sebagai Bin Laden-nya umat Buddha , dia malah seneng ,"saya bangga disebut sebagai umat Buddha garis keras" .
serah lo dah pak .



Apa Tujuan Pengusiran Rohingya ?

biksu ini pernah bilang ,"kamu bisa saja penuh cinta dan kebaikan , tapi kamu tidak akan bisa tidur tenang di sebelah anjing gila (Rohingya)" . ternyata , biksu Ashin ini takut kalo Islam itu bakal jadi mayoritas di Myanmar . makanya "akar" dari pemukiman Islam terbesar di Myanmar yaitu Arakan (Rohingya) mau di steril-kan dari orang" Islam (ini juga sebabnya orang" Rohingya dilarang nikah , untuk mutus garis keturunan) . semua orang Islam disana mesti pergi kalo gak mau di bunuh . mereka sampe bikin istilah "Myanmar for Burmese , not for Moslem" . agak konyol emang , padahal kan di Myanmar itu banyak etnis , bukan cuma Burma (orang" asli) .. Rohingya itu sendiri aja udah beda jauh etnis-nya , dari segi bahasa apalagi agama .. nah kalo bakal jadi mayoritas itu alibi-nya Ashin , sedangkan alibi pemerintah Myanmar sendiri sih nganggepnya orang" Rohingya itu Stateless alias gak punya kewarganegaraan . tapi pernyataan terakhir Presiden Myanmar emang menyayat hati sih , dia minta orang" Rohingya untuk pindah ke negara lain , bahkan nawarin ke PBB kalo ada negara yg mau nampung Rohingya . kan kampret , orang" Rohingya itu ada sebelum Myanmar ada .. pas Myanmar masih belom jadi negara apa" juga udah banyak juga janji yg dikasih untuk Arakan , bukannya ditepatin malah penduduknya yg udah netap ber-abad abad sebelum Myanmar ada disuruh pindah .


Akar Konflik Rohingya 2012

kemarin di tahun 2012 , yg jadi buntut panjang pengusiran Rohingya sampai sekarang . dari beberapa informasi yg gue dapat , waktu Juni 2012 itu ada peristiwa pemerkosaan sekaligus pembunuhan dari perempuan Buddha yg profesi-nya penjahit , Ma Thida Htwe (27) . dia diperkosa trus dibunuh di hutan jalan menuju Kyaukhtayan , waktu jalan pulang menuju rumah . nah usut punya usut , katanya sih pelakunya 3 orang pemuda dari Muslim Rohingya .. untuk ngeredam aksi kecaman yg besar dari kelompok agama , makanya aparat kepolisian ngirim 3 pemuda itu ke penjara yg jauh . tapi , orang" lokal yg terkumpul dalam kelompok Buddha Rakhine , ngebagi bagiin selebaran ke orang" ngasih tau kalau ada perempuan Buddha Rakhine yg diperkosa & dibunuh ama Muslim Rohingya , di selebaran itu lengkap ama foto Ma Thida Htwe . dan akhirnya , pecahlah konfliknya .. udah kacau , Arakan makin membara .


sorenya , ada kabar kalau bus yg isinya orang" Muslim yg melintas dari Thandwe ke Yangoon trus berenti sebentar di terminal bus Ayeyeiknyein , itu diserang kelompok umat Buddha . waktu bus itu ada di persimpangan Thandwe - Taunggup , sekitar 300 orang sudah nunggu mereka . bus dihadang , seluruh penumpang ditarik keluar & mereka akhirnya bentrok . bus dibakar , sekitar 10 orang Muslim tewas & lainnya kabur . dari sini , sudah mulai tuh konflik berkepanjangan yg waktu itu mulai rame di pemberitaan . udah dibawah tekanan militer & pemerintah , eh kena lagi masalah horizontal ama kelompok agama . ini udah jatuh ketimpa beton rumah namanya ..


Rohingya Diusir & Ditolak

pemerintah , militer , kelompok agama . semua kompak untuk mau "membersihkan" etnis Rohingya yg bilangnya biksu Ashin mereka ini akar dari semua kekerasan , teroris , dsb . dari pemerintah sendiri , mereka mau narik "kartu putih" yg dipegang ama orang" Rohingya (kartu putih ni , kalo kita itu KTP) . kartu putih ini mulai gak berlakunya 31 Maret 2015 kemaren . itu sebabnya sebelum abis masa berlaku , mereka udah diusir .. sedangkan dari kelompok Buddha radikal , mereka dituduh sebagai dalang kekerasan & kalo dibiarkan Islam bisa jadi mayoritas di Myanmar , mereka takut ama hal itu .

jadi akhirnya orang" Rohingya ini lebih milih pergi dari Arakan lewat laut , pake perahu yg gak layak , dengan makanan terbatas (sedangkan 1 perahu bisa hampir 50 - 100 orang) .. mereka gak tau mesti kemana . pas nyoba ke Bangladesh , pas nyampe di pantai-nya mereka udah dijaga ketat ama aparat yg pake senjata lengkap senapan serbu semi-otomatis yg biasa dipake untuk perang . di pantai itu mereka disuruh baris , dikasih 1 nasi bungkus ama 1 botol air minum . abis itu , tentara" itu kembali giring mereka ke dermaga , dengan amat sangat terpaksa tentara" itu cuma ikutin perintah komandannya untuk kembali kirimkan orang" Rohingya itu kembali ke laut .


Bangladesh sendiri gak bisa nerima orang" Rohingya dengan alasan gak mampu . PM Bangladesh , Sheikh Hasina , udah bilang kalau negaranya gak mau ikut campur soal Rohingya , karna itu tanggung jawab pemerintah Myanmar .. bener sih emang , ini sebenernya tanggung jawab Myanmar yg harusnya "memanusiakan" mereka , tapi di satu sisi mereka juga takut dibantai kalo terus"-an menetap disana .. karna ini bukan cuma tekanan dari pemerintah , tapi juga dibawah tekanan kelompok agama ..

di Myanmar diusir , di Bangladesh yg itungannya masih ada hubungan darah , ditolak .. kemaren sempet juga ini gue liat di TV kapal Rohingya nyampe ke Malaysia & Thailand , tapi pemerintah sana responnya sama kayak Bangladesh . gak bisa maksa juga sih , tiap negara juga punya masalah masing" ama negara-nya sendiri , jadi mungkin mereka gak mau tambah runyam permasalahan dengan menerima orang" asing ini ..


nah beberapa waktu lalu , ribuan orang" Rohingya nyampe di Aceh .. pas di Aceh untungnya mereka di manusia-kan . dikasih tempat tinggal , dikasih makan & minum . bahkan gue liat di berita online , pengungsi Rohingya nangis terharu waktu dikasih nasi ama lauk . trus juga anak" kecil-nya dikasih pelajaran bahasa asing , yaitu Inggris & Indonesia . diajarin juga budaya" tentang Aceh .. trus bukan cuma pelajaran bahasa , mereka juga dikasih life skill termasuk masak . selama 5 hari perempuan" Rohingya masak bareng warga disana ..


bukan cuma Indonesia yg nerima baik kok , Arab Saudi juga kabarnya udah ngebawa 170 ribu orang Rohingya ke Arab Saudi sana . trus mereka ditempatkan paling banyak di Mekkah untuk kerja dsb (170 Ribu Warga Rohingya Dapat Izin Tinggal di Saudi) . trus baru" ini juga ada bantuan dari Turki , pemerintah sana mau jemput (gak tau semuanya atau sebagian) pengungsi Rohingya yg lagi ada di Aceh (Turki Bergabung Bantu Penyelamatan Pengungsi Rohingya) ..


Berita & Foto" HOAX

ini sebabnya dari awal gue bilang kalo info" ini semua gue dapet dari media" online yg gak abal" & doyan provokasi . soalnya gue liat banyak banget berita & foto" HOAX yg ikutan beredar soal Rohingya ini :| yg pertama gue liat foto orang" Buddha (biksu" gitu) yg angkatin mayat" anak kecil , perempuan , dll .. gue inget banget dulu itu ada di salah satu forum beritanya , itutuh foto" waktu para biksu" itu bantu korban gempa bumi , di China deh kalo gak salah . tapi foto" itu di bbp artikel abal" lgsg caplok dgn caption "Astagfirulloh.. ini dia orang2 Buddha yg habis membantai Muslim Rohingya" *pokerface* (ini beritanya nih , gue baru dapet ~> Biksu . foto pertama itu , di artikel" HOAX bilangnya Biksu" yg ngebakar pemukiman Rohingya *lol)

yg kedua , ada di lapangan luas gitu mayat" yg semua gosong .. di artikel" lebay itu bilangnya juga Muslim Rohingya yg dibantai dengan cara dibakar , padahal gue inget banget itu mah dulu ada beritanya kalo itu ledakan truk pembawa tangki bahan bakar minyak yg meledak , lupa tepatnya dimana kalo gak di Kongo (200 tewas) atau gak di Nigeria (95 tewas) , yg jelas itu di Afrika .

yg ketiga , foto anak" kecil yg meninggal gitu , trus ada juga yg perempuan ama laki" tergeletak di pinggir jalan penuh darah . btw , itu kayaknya foto" korban perang di Palestina / timur tengah deh , soalnya muka" mayat itu bukan muka" orang Rohingya , lebih ke arab" & kulitnya lebih putih .. kadang untuk lebih meng-wow-kan artikel" ini seenak udel campur adukkan & bikin provokasi emang .

kemaren ada berita yg bilangnya ibu negara Turki nangis ngeliat pengungsi Rohingya di Aceh , ternyata gue cek ricek di google itu bukan di Aceh , tapi 2 tahun lalu di Arakan (Rakhine) .. PM Turki bareng presiden Erdogan + istri & anaknya yg ngunjungin , dan ibu negara Turki emang nangis sih . tapi yg jelas , itu bukan di Aceh . beritanya ~> Kondisi Muslim Rohingya Yang Sangat Memilukan

ada juga kemaren artikel yg kayaknya provokasi banget . udah ngasih foto" korban perang Palestina dibilangnya itu korban dari Muslim Rohingya , trus juga dia ngajak umat Islam untuk perangin Buddha Myanmar :| padahal gak semua Buddha di Myanmar sejahat itu . tulisan" yg kayak gini jangan ditelan mentah" ya , be smart .. ini bukan konflik agama , jangan dibikin tambah keruh ..

sebenernya masih banyak lagi berita" & foto" HOAX yg beredar di internet terkait pembantaian Rohingya .. tapi gak bisa gue sebutin semua disini , banyaaak .. trus foto" juga gak gue upload ke sini , agak disturbing picture soalnya . ini bukannya apa" , kalo terlalu berlebihan itu gak baik juga . makanya buat kalian yg abis baca artikel" kayak gitu , jangan asal like & share trus captionnya marah" dengan semangat membara mengutuk orang" yg terkait :D di liat" dulu itu berita & foto bener gak , nanti udah marah" tapi ternyata HOAX , kan malu sendiri diliat se-timeline ..


Akhir Kata ..

yah akhir kata , gue (dan kita semua pastinya) berharap semoga apa yg menimpa etnis Rohingya ini bisa cepet dapat solusinya & mereka bisa punya kehidupan yg layak kedepannya .. udah 70 tahun lebih hidup mereka tertindas di Myanmar sana baik ama pemerintah maupun kelompok agama radikal . mungkin kalo Indonesia berbaik hati , itu pulau" kosong yg berbatasan ama negara tetangga mending diisi ama orang" Rohingya , daripada kosong trus tiba" diakuin ama negara tetangga kalo itu pulau mereka .. toh Indonesia negara kepulauan juga . dulu pernah di tahun '70-an tuh pengungsi" Vietnam ditempatkan di pulau Galang ama pulau Rempang .. tapi kayak mata uang logam , ada 2 sisi .. ini sama aja ngenakin Myanmar .. tapi ya mau gimana lagi , mau Rohingya dibalikin kesana juga bakal terjadi pertumpahan darah lagi , masa tega negara" lain ngebiarin itu . biar aja negara kita dibilangin cari muka / katanya dibegoin negara lain , toh kalo niatnya emang ikhlas ngebantu mah ngapain mikir"-in kayak gitu . lebih baik dibilangin cari muka tapi emang bener" ada tindakan nyata , daripada bermartabat tapi gak punya hati .


dan buat kalian gak perlu bilang "ngapain bantuin kayak gitu , negara sendiri aja udah susah" , dsb , malu bro .. makin keliatan tipikal orang Indo itu : udah gak bantu , nyinyir-nya kuat . mending kalo gak mau bantu ya diem aja , biar orang" di Aceh sana yg ikhlas untuk ngebantu , cukup kalian doakan aja .. gak ada orang itu jadi makin susah karna ngebantu sesama , malah pintu rezeki-nya makin kebuka lebar .. sama kayak di ajaran Islam , gak ada ceritanya orang jadi miskin gara" kebanyakan sedekah .. dan yg terakhir mungkin gak perlu bawa" masalah Rohingya ini ke soal agama , jangan memandang ini Islam vs Buddha .. ISIS , orang" Islam bilang ISIS itu bukan Islam , sama kayak ini .. orang" Buddha yg ikut ngebantai Muslim Rohingya ini gak mewakilkan orang Buddha semua gitu kok . kayak yg gue bilang diatas , orang" Buddha itu peaceful .. babeh gue dulu orang Buddha (Mualaf) , trus keluarga"-nya juga ampe sekarang masih Buddha , jadi gue lumayan tau gimana aslinya orang Buddha itu . di Yahudi ada Zionis , di Islam ada ISIS , di Kristen ada Ku Klux Klan , di Hindu ada Rashtriya Swayamsevak Sangh (RSS) , di Buddha ada Biksu Ashin Wirathu (tapi bedanya kalo Islam pelakunya , disebut Teroris & amat sangat heboh di berita HEHEHE) . jadi kalo kalian abis ngeliat biksu radikal ini trus bilang "gini toh ya Buddha itu" , itu salah .. seluruh orang Buddha di dunia mana ada yg mau disamain kayak Biksu Ashin , biksu" di Myanmar aja gak semua setuju sama tindakan biksu radikal ini . orang" Myanmar sana udah banyak yg kemakan hasutan biksu Ashin .. dia jadi kayak tangan kanan pemerintah untuk ngelakuin pembersihan etnis , lewat cara apapun ...........

baca juga ~> Agama ? Buat Apa Sih ?



"seorang Muslim itu saudara bagi Muslim yg lain .
ia tidak boleh menganiaya & tidak boleh
menyerahkannya (kepada musuh) .
barang siapa membantu keperluan saudaranya ,
Allah akan (membalas) membantu keperluannya .
barang siapa membebaskannya dari kesusahan ,
Allah akan membebaskan satu kesatuan dirinya
dari beberapa kesusahan di hari kiamat .
barang siapa menutupi (aib) seorang Muslim ,
Allah akan menutupi (aib) nya pada hari kiamat"
-Rasulullah SAW-

Share this:

3 komentar:

  1. makasih brow atas informasinya... aku bacanya habis deh... walaupun panjang...

    BalasHapus
  2. Thanks atas semua penjelasan , aku jadi makin seneng & bangga tinggal di Indonesia , Baik" , Masih punya Nurani,dan Congratulation buat Pemerintah Indonesia yang gak takut sama ancaman pemerintah myanmar.

    BalasHapus
  3. pembelajaran buat kaum Muslim,bahwa image cap teroris itu sdh tertancap kuat disemua orang didunia pada orang muslim.... apapun etnisnya

    BalasHapus