Pesan Nabi Muhammad Untuk Nasrani & Perdamaian Dunia

*copas = cantumkan sumber .
if u don't want someone to copy your content ,
so don't copy others and make it yours .
show your respect*

===================================
Bismillah .

"Allah tidak melarangmu untuk berbuat baik dan berlaku adil
terhadap orang-orang yg tiada memerangimu karena agama
dan tidak (pula) mengusir kamu dari negerimu .
sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yg berlaku adil"
-[QS. Al-Mumtahanah : 8]-

  "Piagam Penghargaan"

================================================== 

"ini adalah pesan Muhammad bin Abdullah , sebagai perjanjian dengan
orang-orang yg beragama Kristiani , jauh ataupun dekat , kita bersama
dengan mereka . sesungguhnya saya dan
pengikut saya akan mempertahankan mereka , karena orang-orang
Kristiani juga adalah warga negara saya . dan demi Allah , saya bertahan
terhadap apapun yg mengganggu mereka .

 tiada paksaan yg diberikan atas mereka .

tidak ada hakim-hakim mereka yg akan dipecat dari pekerjaan mereka ,
dan tidak ada juga rahib mereka yg dibuang dari tempat ibadah mereka .

tidak ada siapapun yg akan memusnahkan rumah ibadah mereka , merusak,
atau membawa apapun dari rumah ibadah mereka ke rumah-rumah orang Islam .

siapapun yg mengingkari perintah ini walaupun satu orang , dia akan
merusakkan perjanjian Allah dan durhaka kepada Rasul-nya .
sesungguhnya , mereka adalah sekutu saya dan saya mempunyai piagam
yg menyelamatkan terhadap apa yg mereka benci .

tiada siapapun yg akan memaksa mereka untuk melakukan perjalanan
atau memaksa mereka untuk berperang .

orang-orang Islam berjuang untuk mereka .

jika seorang wanita Kristiani menikah dengan seorang Muslim , dan dilakukan
tanpa kemauan beliau , dia tidak akan dihalangi ketika mengunjungi
gereja untuk berdoa .

gereja-gereja mereka perlu dihormati , mereka tidak boleh dihalangi dari
memperbaiki diri mereka maupun kesucian janjinya .

tiada satu negara (Islam) pun yg akan melanggar perjanjian ini ,
hingga hari terakhir (akhir dunia)"

==================================================

surat perjanjian ini dikasih nama "Piagam Anugerah" , tahun 628 Masehi ditulis Ali bin Abu Thalib & di tanda tangan-in langsung sama Rasulullah . awal dibuatnya perjanjian ini karna di tahun yg sama , ada delegasi Kristen yaitu utusan dari Biara St. Catherine yg datang ke Madinah trus nemuin Rasul & minta pertolongan supaya umat Kristen disana dapat perlindungan dari Rasul .. Rasul menerima baik permintaan utusan itu , akhirnya terbuatlah Piagam Anugerah atau juga dikenal Piagam St. Catherine Monastery .

St. Catherine Monastery di bukit Sinai

sedikit info tentang Biara St. Catherine , ini Biara yg dilindungin UNESCO . biara yg dapat perlindungan penuh dari Rasulullah .. biara yg jadi saksi bahwa dulu nabi Muhammad SAW menyampaikan pesan perlindungan untuk umat Kristen & larangan keras merusak gereja . letaknya di bukit Sinai , kaki gunung Horeb , yg menurut catatan Perjanjian Lama di bukit inilah nabi Musa nerima 10 perintah Tuhan . gunung ini dihormatin orang" Islam sebagai Jabal Musa . tapi keseluruhan wilayah ini suci untuk 3 agama di dunia , yaitu Islam , Kristen , Yahudi .. biara ini di didirikan di abad ke 6 , dan merupakan Biara Kristen tertua di dunia .. didalam biara ini juga banyak koleksi naskah kuno ikon" Kristen yg luar biasa ..

dan kembali ke Piagam Anugerah , btw sampe sekarang Piagam Anugerah itu juga masih ada . dulu disimpen di biara St. Catherine langsung , tapi di tahun 1517 piagam itu diambil Sultan Selim I dari Turki , waktu pasukan Ottoman nyerang Mesir , trus yg di St. Catherine diganti ama salinannya .. jadi sampe sekarang , Piagam Anugerah yg asli ada di Museum Topkapi , Istanbul - Turki . tapi di St. Catherine ada juga nyimpen , itu berupa salinan .

isi dari perjanjian Piagam Anugerah itu udah ngerangkum semua aspek hak asasi kemanusiaan , termasuk juga perlindungan untuk golongan Kristen dalam kebebasan beribadah & bergerak , kebebasan untuk milih hakim sendiri , punya & nyimpen harta sendiri , pengecualian wajib militer & hak perlindungan selama perang . selain dari perjanjian yg dibikin Rasul itu , Allah SWT juga secara terang"-an turunkan ayat ini :

"sesungguhnya kamu dapati orang-orang yg paling keras
permusuhannya terhadap orang-orang yg beriman ialah
orang-orang Yahudi dan orang-orang musyrik .
dan sesungguhnya kamu dapati yg paling dekat persahabatannya
dengan orang-orang yg beriman ialah orang-orang yg berkata
'sesungguhnya kami ini orang Nasrani' .
 yg demikian itu disebabkan karena di antara mereka itu
(orang-orang Nasrani) terdapat pendeta-pendeta dan rahib-rahib ,
 (juga) karena sesungguhnya mereka tidak menyombongkan diri"
-[QS. Al-Maidah : 82]-

FYI , dalam menyebarkan perdamaian ama non-Muslim , Rasulullah bukan cuma bikin perjanjian berupa Piagam St. Catherine ini . banyak bangeeeet .. ada Perjanjian Hudaibiyah , perjanjian antara Muslim - Quraisy yg dibuat Rasulullah supaya gak terjadi pertumpahan darah , walau akhirnya perjanjian itu dilanggar kaum Quraisy .. trus ada juga Piagam Madinah yg isinya tentang hidup berdampingan antara Islam - Yahudi - Penyembah Berhala yg tinggal di Madinah .. ada lagi Perjanjian Najran , dimana kaum Nasrani dari suku Najran diperbolehkan Rasul untuk Misa di dalam Masjid Nabawi & Rasul juga berteman ama pendeta dari suku Najran itu . bahkan waktu pendeta mau kembali ketempat asalnya , Rasul bikin surat yg ditulis Mughirah bin Syu'bah yg inti isi suratnya tentang kaum Nasrani Najran & Uskup" disana yg dapat perlindungan dari Allah & Rasul sendiri , dan mendapat kebebasan untuk beribadah sesuai keyakinannya .. bukan cuma perjanjian , ada juga cerita tentang kehidupan Rasul dimana beliau nyuapin makan Yahudi buta yg tiap hari ngehina beliau & dia gak tau kalo yg lagi nyuapin dia makan itu , orang yg selalu dia hina .. ada lagi cerita waktu jenazah kaum Yahudi yg mau di makamkan & kebetulan lewat didepan Rasul , beliau langsung berdiri & ikut mendoakan .. atau juga cerita waktu Rasul beribadah trus dilempar kotoran ama orang Yahudi , dan waktu si Yahudi itu sakit Rasul jenguk kerumahnya ..


ngeliat perlakuan Rasul ke non-Muslim gitu gue kadang heran ngeliat banyak Muslim garis keras zaman sekarang hobinya ngebunuh atas nama Islam .. bom sana sini , bunuh sana sini , pokoknya berbagai macam kekerasan yg katanya jihad .. tapi jihad-nya bukannya langsung ke Palestina misalnya atau ke negara" konflik di Timur Tengah dimana Muslim" disana bener" ditindas . ini yg ada bom ditempat ibadah yg banyak anak" , perempuan & orang" gak bersalah , trus juga anarkis di tempat umum , ngehakimin yg gak sekeyakinan / beda jalan pikiran , dll .. sedangkan nabi di zamannya gak pernah jihad kayak gitu . jihad beliau & pengikutnya , itu jihad untuk non-Muslim atau siapapun yg gak mau berdamai & berpotensi untuk memecah belah Islam & satu bangsa , atau yg ngehalang-halangin umat Islam untuk beribadah ke Allah SWT . contohnya kayak di Perjanjian Najran , dimana suku" Nasrani Najran beserta uskup"-nya yg mau ngunjungin Rasulullah , diterima baik ama beliau karna mereka datang dengan damai & mau tau lebih dalam tentang Islam . bahkan waktu kaum Najran itu & uskup"-nya gak ada yg masuk Islam & mau kembali ke tempat asalnya , nabi malah ngejamin keamanan mereka & berjanji mereka bakal terus dalam perlindungan Allah & Rasul dimanapun suku itu tinggal .. berbanding terbalik ama perjanjian perdamaian Islam - Quraisy yg dibikin nabi juga dalam Perjanjian Hudaibiyah , disitu Quraisy ngelanggar perjanjian & gak mau damai , yaudah terjadilah perang . itu 2 contoh-nya mana yg harus di perangin mana yg enggak , jangan asal !

"bila musuh-musuh Islam itu baik Yahudi atau orang Musyrikin
yg condong kepada perdamaian , mungkin karena mereka memang
benar ingin berdamai atau karena melihat kekuatan kelompok
kaum Muslim atau karena belum mengkonsolidasikan
diri untuk berperang atau karena sebab lain , maka hendaklah
dijajaki kemungkinan damai itu .
.........................
karena dasar perjuangan Islam adalah perdamaian"
 -[QS. Al-Anfaal : 61]-


yg paling baru ini tentang penembakan penulis" dari Charlie Hebdo di Paris itu ya , 12 tewas . gue mau berpendapat sedikit soal kasus ini . FYI , Charlie Hebdo ini majalah yg dibuat ama kelompok sekuler anti agama di Perancis . bener , ANTI AGAMA .. jangankan nabi Muhammad , Yesus Kristus aja gak jarang dijadiin karikatur kok (baca: Charlie Hebdo Pernah Lecehkan Nabi Muhammad & Yesus) .. tapi yg disayangkan banget banyak orang Islam yg ke-provokasi ama tu majalah , trus ditambah lagi media yg panas"-in . dan kalo dibalas ama kekerasan yg kayak kemaren yaudah bukannya dapet solusi malah dapet masalah baru . ujung"-nya , Islam lagi yg kena .. makin banyak anti-Islam yg muncul dimana mana . tapi ya emang Charlie Hebdo itu udah pasti ngelanggar hukum soalnya gak ngehormatin antar agama .. andaikan di Indo , udah masuk ke jalur hukum pastinya . tapi ya itu , jangan kepancing ampe menjurus ke anarkis .. ngebela nabi gak kayak gitu juga , yg ada malu"-in Islam ..

ada lagi yg gak kalah miris itu ya ISIS .. ISIS bener" bikin identitas Islam makin krisis . beberapa waktu lalu juga ada penyanderaan di cafe Sydney , itu kan anggota ISIS juga pelakunya .. dalam negeri ? udahlah gue cape nyebutnya , *YOU-KNOW-WHO* . pokoknya banyak lah jaringan" organisasi absurd lainnya yg bener" bikin nama Islam makin buruk , terlebih lagi kalo misal ada orang Islam ngelakuin anarkis" gitu , gak sedikit orang" non-Islam langsung nge-judge ke agama-nya (Islam) , padahal kelakuan 1 orang atau sekelompok orang itu gak mencerminkan sepenuhnya kalo agama-nya juga begitu kan .. jadi pandangan yg ada selama ini tuh intinya kalo Islam ngelakuin kekerasan = teroris .. serangan ke Islam ? (alibinya) memberantas teroris & semua cuma angguk" setuju :(


intinya sih kekerasan Islam garis keras yg ada sekarang ini tuh jauh banget dari inti ajaran Islam yg bersumber dari Al-Qur'an & nabi Muhammad SAW .. mungkin kalo udah yg anti Islam susah percaya , tapi trust me deh sebenernya perdamaian itu ajaran pokok dari Islam . perintah untuk selalu damai bukan cuma tertulis di Qur'an , tapi juga dicontohkan langsung dari kehidupan Rasulullah . beliau sosok yg dikenal dengan berkepribadian & budi pekertinya baik .. banyak perjanjian yg dibuat Rasul untuk ngehindarin konflik & berupaya ngebangun perdamaian antar sesama . bukan masalah apa agama-nya , tapi Rasul lebih ngeliat-nya ke sesama makhluk ciptaan Tuhan .


sejarah dunia juga udah ngebuktiin hubungan komunitas Muslim & non-Muslim waktu di masa lalu itu baik banget , dan nabi Muhammad SAW contoh terbaik pelindung non-Muslim semasa zaman beliau . fakta ini juga ditunjukkan ama sejarawan ternama non-Muslim , De Lacey O'Leary , di bukunya "Islam at The Cross Road" , dia bilang :

"namun sejarah membuktikan bahwa legenda Muslim fanatik
yg menyebar di seluruh dunia & memaksakan Islam menggunakan
pedang atas bangsa-bangsa yg ditawan , merupakan satu daripada
mitos yg paling tidak masuk akal yg sering diulang ulang oleh
sejarawan .."

andaikan lebih banyak lagi non-Muslim kayak O'Leary yg berani buka pikiran & ngebaca Qur'an , pasti bakal kaget kalo kenyatannya kelompok Islam garis keras kayak sekarang itu amat sangat jauh dari ajaran Islam .. soalnya selama ini yg judge" Islam kan cuma tau Islam dari media , apalagi media barat . tapi gak mendalami Islam itu sebenernya gimana .. banyak ayat di Qur'an yg nentang keganasan , contohnya :

"dan perangilah di jalan Allah orang-orang yg memerangi kamu ,
(tetapi) janganlah kamu melampaui batas , karna sesungguhnya
Allah tidak menyukai orang-orang yg melampaui batas"
-[QS. Al-Baqarah : 190]-


jadi pada dasarnya , Islam gak mengajar untuk perang kecuali dalam keadaan mempertahankan diri atau udah tertindas & dijadikan budak .. walaupun terlibat dalam perang , Islam ngelarang umatnya untuk melampaui batas . yg gak melampaui batas ini contohnya kayak Kisah Toleransi Sultan Shalahuddin Al Ayyubi waktu naklukkin Yerussalem yg orang" Islam disana dibantai abis"-an ama Kristen , dimana beliau gak ada ngebunuh satupun tawanan & ikon" Kristen di Yerusalem gak ada yg dihancurkan , karna beliau jadiin nabi Muhammad SAW sebagai panutan yaitu menghormati sesama & keyakinan orang lain sekalipun itu musuh dalam perang . dan perang yg dimaksud Qur'an juga untuk musuh Islam yg bener" gak mau berdamai & berpotensi bikin Islam / bangsa kepecah belah , bukan untuk non-Muslim yg berdamai & hidup berdampingan .. intinya jangan terlalu fanatik & berlebihan banget deh , ketahuan banget kurang piknik jadi otak-nya penuh kotoran & hatinya penuh polusi ..

"kecuali orang-orang yg meminta perlindungan kepada sesuatu kaum ,
yg antara kamu dan kaum itu telah ada perjanjian (damai)
atau orang-orang yg datang kepada kamu sedang hati mereka
merasa keberatan untuk memerangi kamu & memerangi kaumnya .
kalau Allah menghendaki , tentu Dia memberi kekuasaan
 kepada mereka terhadap kamu , lalu pastilah mereka
memerangimu . tetapi jika mereka membiarkan kamu ,
dan tidak memerangimu serta mengemukakan perdamaian
kepadamu , maka Allah tidak memberi jalan bagimu
(untuk menawan dan membunuh) mereka"
-[QS. An-Nisaa : 90]-

dan jangan seenaknya ngatain non-Muslim KAFIR YANG HALAL DARAHNYA & langsung di klaim PASTI MASUK NERAKA .. awas , salah" nanti jadi lawan nabi di hari kiamat ..

"barangsiapa menyakiti Kafir Dzimmy , maka aku akan
menjadi lawannya di hari kiamat"
-[Hadist Riwayat Muslim]-

kafir memang sebutan untuk non-Muslim , sama kayak Kristen yg nyebut non-Kristen itu "domba yg tersesat" (koreksi kalo salah ya) . tapi soal menghalalkan darah kafir , itu jangan seenak udel .. yg jadi panutan itu nabi Muhammad SAW , kalo yg jadi panutan pemimpin organisasi-nya mah yaudah kesesat bareng" deh kayak domba :( nabi ngelindungin Kafir Dzimmy , kafir dzimmy itu sendiri artinya Kafir yg berdamai , gak nyari masalah , mau hidup berdampingan ama Islam , trus juga taat ama peraturan negara yg mayoritas Islam .. dan dengan catatan mereka bebas untuk ibadah di gereja , gereja-nya jangan dirusak , pokoknya sama kayak pesan nabi di Piagam Anugerah . kan itu berbanding terbalik banget ama ormas" garis keras sekarang atau orang" Islam radikal yg sukanya ngebunuh atas nama Allah (katanya sih Jihad .. ka-ta-nya ..) , lempar" batu , atau main tembak" didepan umum & dengan bangganya ngibarin bendera organisasi-nya yg ada tulisan" lafaz Allah .. padahal gue sendiri yg Muslim juga jijik liatnya , najis banget .. andaikan Rasul & sahabat"-nya nyebarin agama Islam kayak gitu mungkin sebelum Islam berkembang , Rasul udah ditendang dari arab .. apalagi yg ngelarang" ibadah / perayaan agama lain , itu udah aneh bin gak masuk akal .. gak ada hak untuk ngelarang apalagi ngerusak , karna manusia yg tempatnya dosa ini cukup untuk jadi pengingat .. Allah SWT tuh mau manusia ini akalnya dipake ..

"maka berilah peringatan , karena sesungguhnya
kamu hanyalah orang yg memberi peringatan"
-[QS. Al-Ghassiyah : 88]-

"sesungguhnya kamu hanya memberi peringatan ,
dan untuk tiap-tiap bangsa ada orang yg memberi petunjuk-Nya"
 -[QS. Ar-Ra'du : 7]-

"dan jika Tuhan-mu menghendaki , tentulah beriman semua orang yg ada
di muka bumi seluruhnya . maka apakah kamu (hendak) memaksa
manusia supaya mereka menjadi orang-orang beriman semuanya ?
tidak ada seorang-pun akan beriman kecuali dengan izin Allah ,
dan Allah menimpakan kemurkaan kepada orang-orang
yg tidak mempergunakan akalnya"
-[QS. Yunus : 99-100]-


jadi jelaaaass , pertikaian yg gak ada habisnya antar pemeluk agama (dalam hal ini Islam , Kristen , Yahudi) dari ratusan tahun lalu ampe sekarang , udah jelas cuma ulah sekelompok penganut setan (satanic) yg alirannya itu pembenci , penebar fitnah , adu domba , provokator & ngerasa paling bener .. padahal tujuannya itu ya emang ngerusak nama agama yg di anut . ditambah lagi media" yg suka bikin panas , ibaratnya udah jatuh diinjek injek pula ..


jadi intinya yg ada sekarang yg bertentangan ama ajaran Islam itu udah di desain matang banget ama mereka yg bukan bener" Islam , akhirnya ngebuat kita lupa ama apa yg udah dipesankan nabi Muhammad SAW jauh sebelum kita lahir , yaitu ngelindungin kaum minoritas . terbukti juga didalam Al-Qur'an ditekankan kalau Islam itu agama Rahmatan lil'alamin yg berarti Islam agama yg membawa rahmat & kesejahteraan untuk semesta alam termasuk tumbuhan , hewan , bahkan jin . apalagi manusia ..

"dan tiadalah Kami mengutus kamu , melainkan untuk
(menjadi) rahmat bagi semesta alam"
-[QS. Al-Anbiyaa : 107]-

yah inti dari tulisan gue ini , gue cuma mau bilang buat kalian , gak ada alasan untuk jadi anti-Islam atau ngasih stigma yg buruk banget ke Islam cuma karna kelakuan beberapa Muslim yg "ngakunya" Islam , jangan dipercaya itu cuma Iblis berwujud orang Islam .. juga buat yg Islam gak ada alasan untuk ngerendahin keyakinan lain , urus moral & akhlak sendiri aja . Allah SWT aja ngajarin kita untuk Habluminallah (interaksi sama Allah) & Habluminannas (interaksi sesama manusia) & kedua itu harus seimbang ..

"dan janganlah kamu memaki sembahan-sembahan
yg mereka sembah selain Allah , karena mereka nanti
akan memaki Allah dengan melampaui batas
tanpa pengetahuan . demikianlah Kami jadikan
setiap umat menganggap baik pekerjaan mereka ,
kemudian kepada Tuhan mereka-lah kembali mereka
lalu Dia memberitakan kepada mereka apa yg dahulu
mereka kerjakan" 
-[QS. Al-An'am 108]-

jadi gak ada alasan buat kita semua bertikai cuma karna perbedaan agama , ibaratnya kita itu hidup di satu perahu yg sama , mendayung sama" untuk menuju ke 1 tempat yg dituju . kemana ? ya ke alam selanjutnya .. jadi waktu masih dalam 1 perahu yg sama kita bareng" mendayung , saling berpegang tangan waktu ngehadapin ombak , saling berbagi makanan .. mungkin juga ada dokter kandungan orang Kristen yg ngebantu proses lahiran istri-nya si Ustadz gitu , misalnya ..

gak usah heran , Rasulullah aja dizamannya ngebina toleransi yg baik banget untuk non-Muslim yg berdamai .. contohnya aja waktu menjelang wafat , Rasul gadaikan baju perangnya ama orang Yahudi , dan sampe beliau meninggal baju itu masih ada di pegadaian . saking baiknya Rasul , diceritakan para sahabat , si orang Yahudi itu (bahkan mungkin yg lain juga) nangis waktu dengar berita kematian nabi .. toleransi & hubungan baik untuk non-Muslim yg berdamai lainnya juga bisa diliat dari cerita Yahudi Bani Qinuqa' yg mau ikut serta jadi pasukan perang nabi waktu di perang Khaibar & nabi terima baik kemauan para Yahudi itu ..

jadi terakhir nih ,
semua agama gak ada yg harus dipandang salah , kita sudah punya keyakinan sendiri jangan ngerendahin keyakinan orang lain , biar itu urusan sama Tuhan masing" .. karna diliat dari sejarah penyebaran & tujuan disebarkan itu bisa diambil kesimpulan bahwa Islam itu indah .. Kristen itu kasih .. Budha itu damai .. Hindu itu cinta ..

jangan sombong & ngerasa paling bener , manusia mah apa atuh .. ada 500 Miliar galaksi di alam semesta , kita di salah satunya doang , galaksi Bima Sakti .. dan didalam tiap 1 galaksi itu lagi ada ratusan juta planet & bintang , salah satunya ya Bumi ini yg banyak manusia sombong-nya .. dan Bumi ini sendiri kecilnya bukan main dibanding ama planet" lainnya .. jadi liat disaat manusia" di Bumi saling bertikai karna perbedaan agama , sibuk kafir meng-kafirkan , trus tengok ke atas langit , langit gak akan berubah , gitu" aja ampe kapanpun . intinya apa ? jadi intinya semua pertikaian itu terjadi ya karna sikap apatis dari manusia itu sendiri , bukan dari pengaruh luar .. musuh kita yg sebenernya itu diri kita sendiri , bukan mereka saudara" kita sesama manusia yg lahir dengan menyembah Tuhan yg berbeda atau warna kulit yg beda  . kita bersedia ngebunuh sesama manusia cuma karna beda keyakinan , ras , bangsa .. mungkin kita bisa musnah karna tangan kita sendiri , ya dengan berbagai macam pertikaian itu .. dan mungkin disaat manusia musnah karna pertikaian , sekali lagi langit tetep gak akan berubah .

"barangsiapa yg membunuh seorang manusia ,
bukan karna orang itu (membunuh) orang lain ,
atau bukan karna membuat kerusakan di muka bumi ,
maka seakan akan dia telah membunuh manusia seluruhnya .
dan barangsiapa memelihara kehidupan seorang manusia ,
maka seolah-olah dia telah memelihara kehidupan
manusia semuanya .."
-[QS. Al-Maidah : 32]-

hargai semua perbedaan itu , karna selain memperkaya hidup kita , juga ngebuka mata orang lain untuk menghargai kita .. jangan juga jadi ajang debat mana yg salah mana yg bener , kalo masih mau dipaksa untuk diperdebatkan mending debatkan aja kenapa pelangi bisa indah padahal warnanya beda" ..

salam damai ..
rovy , Muslim~
( baca juga ~> Agama ? Buat Apa Sih ? )

Share this:

0 komentar:

Poskan Komentar