Kesurupan Massal , Karna Jin Atau Sugesti ?

*copas = cantumkan sumber .
if u don't want someone to copy your content ,
so don't copy others and make it yours .
show your respect*


jadi akhir" ini gue liat di tv ama berita online mulai rame lagi ama yg namanya kesurupan massal , udah masuk musimnya kayaknya . untuk kita orang Indo udah gak asing sih ama yg namanya kesurupan massal , apalagi waktu zaman sekolah , beuh rame banget tuh .. dan untuk gue sendiri pertama kali ngeliat fenomena kesurupan massal ini pas udah masuk SMA , temen seangkatan yg paling banyak . dan herannya , gue nih dengan bermodalkan al-fatihah yg dibisikkan ke telinga temen gue yg kesurupan itu , bacain ayat kursi di air putih trus di percikkan ke mukanya , nyuruh temen pegangin tangan ama kakinya sambil jempolnya dipijet , eh temen gue bisa sadar tuh :| yeah , i'm seriously .. padahal cara" gitu gue cuma ngeliat di film / acara" tv gitu hahaha .. jadi kalo misal ada yg kesurupan gitu , yaudah gue ikut"-an dipanggil ama guru .. soalnya gue "ngusir"-nya gak perlu pake nyembur" air ke muka si yg kesurupan kayak (maaf) bbp guru gue & ustad yg dipanggil , gue cuma percikkan air doang gitu . soalnya kalo pake acara sembur" itu pas temen gue sadar , dia bilang kok ada aroma yg semriwing , ya jelas aja lah orang mukanya abis disembur kok wkwkwk ..

kalo kita liat dari historisnya sih ya , fenomena kesurupan ini juga gak lepas dari pengaruh tayangan media .. kita liat aja beberapa taun terakhir acara" di tv banyak dikasih tayangan film" horor / acara" kayak uji nyali gitu . bahkan ampe sinetron juga dikasih bumbu" ghaib kayak yg bisa berubah jadi serigala , harimau , bahkan vampir juga . tayangan" yg kayak gitu terus menerus .. ada lagi yg 1 orang sengaja dimasukkin penunggu daerah situ trus ditanya tanyain ama ustad , trus berantem" kayak pencak silat , trus juga hantu" yg diburu trus dimasukin kedalam botol .. acara" yg kayak gue sebutin itu tentunya bisa mempengaruhi alam pikiran penontonnya terutama di kalangan remaja . kenapa remaja ? karna remaja itu golongan yg masih labil , gampang percaya tapi blom punya pegangan yg jelas di dalam hidupnya , jadi apa yg diterimanya (terutama lewat media) bakal jadi sistem keyakinan yg masuk dalam mekanisme alam pikiran bawah sadar , yg suatu saat bakal mudah terpicu ama hal" yg berbau mistis , ya kesurupan contohnya .


kesurupan kayak gini banyak yg kena itu perempuan , soalnya perempuan cenderung penakut , jadi akhirnya tersugesti & hilang kontrol . apalagi waktu suasana udah tegang , yaudah mereka semua hilang kontrol .. kayak yg gue bilang , mereka begitu gara" kebanyakan dijejelin cerita" horor , dan juga kepercayaan / keyakinan tentang hal" gaib yg berlebihan , jadi tanpa sadar mereka tersugesti & menimbulkan ketakutan tersendiri .. apalagi pas kita masih kecil , kadang sesekali ditakut takutin gitu ama orang tua soal hantu supaya kita jangan nakal .. padahal itu cara yg salah , itu bisa jadi akar tumbuhnya kepercayaan kita tentang hal" ghaib yg udah tertanam dari kita masih kecil ..

dan ngomongin soal kesurupan , kita percaya banget kalo kayak kesurupan massal itu emang ada invasi dari jin yg gak suka mungkin kamar mandi yg kotor , pohon ditebang , dll .. makanya tiap ada yg kesurupan ya dibacain ayat" suci gitu . tapi ternyata ada fakta lain dari kesurupan massal itu sendiri . yaitu dari sisi psikologis , diungkapkan kalo kesurupan massal itu cuma sugesti (perlu digaris bawahi , konteksnya udah massal , bukan individual) .. lah , jadi ayat" suci yg dulu gue bacain ke temen yg kesurupan sampe dia akhirnya sadar , itu juga cuma sugesti dong ? nah , makanya gue tertarik untuk nulis soal kesurupan massal ini , gue bahas dari sisi mistis & psikolog-nya .

==========

"kesurupan adalah reaksi kejiwaan yg dinamakan reaksi disosiasi .
reaksi yg mengakibatkan hilangnya kemampuan seseorang untuk
menyadari realitas di sekitarnya itu , yg disebabkan adanya tekanan
fisik ataupun mental . tetapi kalau kesurupan massal , itu melibatkan
sugesti . Dissociative Trance Disorder dapat terjadi secara perorangan
atau bersama sama , saling mempengaruhi , dan tidak jarang
menimbulkan kepanikan bagi lingkungannya (histeria massa) .
bila dalam satu kelompok remaja ada seorang yg mengalami
kesurupan , yg lain terutama yg punya resiko kesurupan ,
akan segera "tertular" . ini merupakan definisi secara medis ..
dunia kedokteran , khusunya psikiatri mengakui fenomena
kesurupan sebagai suatu perubahan , tunggal atau episodik , dalam
keadaan sadar , yg ditandai oleh penggantian rasa identitas
pribadi , biasanya dengan identitas baru"
-Dr.Dadang Hawari [Psikiater UI]-

didalam istilah psikologi , kesurupan merupakan kelompok gangguan disosiatif . kesurupan atau possesion syndrome / possesion hysterical itu bentuk disosiasi yg paling sering ditemuin .. studi epidemologi possesion dilaporkan kesurupan terjadi karna krisis sosial di masyarakat . tapi , kesurupan itu selalu dikaitkan ama adanya gangguan dari roh" halus / jin yg mengambil alih tubuh korban trus si korban gak sadar apa yg dia buat . paham yg kayak gini udah jadi paham tradisional yg ada , diturunkan & berkembang didalam masyarakat kita . tapi sebenernya dalam sisi psikologis , kesurupan itu bisa dijelaskan secara rasional . makanya jangan heran kalo kesurupan di indo manggil dukun , di singapore manggilnya psikolog . karna kesurupan itu sebagian besar emang karna gejala kejiwaan .. jadi kalo ada yg kesurupan massal trus orang" manggil dukun /  paranormal , itu artinya akal sehat udah mulai mati . tapi gak bisa disalahkan juga sih , karna yg kayak gue bilang , ini udah jadi "tradisi" yg diturunkan dari masyarakat" terdahulu .

gejala" kesurupan itu diantaranya kepala terasa berat , badan & kaki lemes , penglihatan kabur / berkunang-kunang , badan terasa ringan , trus ngantuk . perubahan ini biasanya masih bisa disadarin ama si calon kesurupan , tapi lama kelamaan tiba" dia gak bisa kendaliin dirinya , trus ngelakuin sesuatu diluar kemampuan & beberapa diantaranya ngerasain kayak ada kekuatan diluar yg kendaliin dirinya .. mereka yg ngalamin kesurupan , ngerasa kalo dirinya bukan dirinya lagi , tapi kayak ada kekuatan yg kendaliin dari luar . keadaan waktu kesurupan ada yg sadar 100% (irradiation) , ada yg sadar sebagian (being diside) , ada juga yg gak sadar sama sekali (incorporation) .. dalam keadaan kesurupan , korban itu ngelakuin gerakan" secara otomatis , gak ada beban mantal , dan terkesan bebas mau ngapain aja .. disaat itu juga merupakan kesempatan mereka untuk ekspresikan hal" yg udah kependam ya lewat teriakan , lari kesana kemari , marah" dll .. kalo udah puas , fisik mereka terasa lemas , tapi mental mereka dapet kepuasan yg hebat ..


kalo di dunia kedokteran khususnya di bidang psikiatri , fenomena kesurupan itu dijelaskan kondisi yg ditandai oleh perubahan identitas pribadi . tapi untuk masyarakat awam , kesurupan ya disebabkan ama masuknya roh halus ke tubuh manusia . tapi , medis gak kenal makhluk halus , roh , dsb .. semua yg ada di dunia medis , bisa dijelaskan secara ilmu kedokteran . sama halnya kayak kesurupan ini , menurut beberapa pakar psikiater , penyebab kesurupan itu karna adanya tekanan sosial & mental yg masuk ke alam bawah sadar seseorang . tekanan" sosial itu kayak banjir , tsunami , gizi buruk , ketidak adil-an , upah kecil , kesenjangan sosial dll .. pernah liat ada keluarga korban pembunuhan triak" ampe jatuh di lantai sambil ngamuk di sidang karna pembunuh anaknya cuma dihukum ringan ? itu udah masuk ke kategori kesurupan secara sadar (irradiation) , dan contoh tekanan"-nya ya kayak gitu ..

di Indonesia ini punya khas yg beda ama belahan dunia lain , soalnya kita punya budaya animisme yg masih kuat , sama kayak suku indian .. animisme itu artinya percaya ama roh" halus & roh nenek moyang yg konon katanya masih bisa interaksi ama manusia dimana dalam berinteraksi itu caranya ya kita ngasih semacam sesajen atau bacaan" mantra (jangankan roh , batu dicelupin anak kecil kedalam air aja katanya airnya bisa nyembuhin penyakit kok) . dalam budaya jawa itu disebutkan kalo roh" itu punya tingkatan , jadi kalo misal ada kesurupan yg dipanggil ya pemimpin spiritual setempat (dukun) yg bakal laporkan ke danyang (roh penunggu desa) supaya kesurupannya bisa disembuhkan . soalnya menurut budaya jawa , roh itu punya tingkatan dari roh kelas melati sampe ke roh kelas elit . kalo kelas elit tuh roh yg punya hubungan ama kerajaan , misalnya nyi roro kidul , sunan lawu , penunggu merapi dll .. btw masalah kesurupan di tanah jawa udah jadi hal yg lumrah , soalnya bisa ditonton dengan mudah lewat pertunjukan kayak permainan nini thowok , reog , barongan , atau jathilan . animisme" yg beginilah yg sedikit berperan dalam memunculkan pemikiran mistis yg pada akhirnya bikin fenomena kesurupan massal itu muncul dimana mana , sebagai jalan pintas bawah sadar waktu kita dapat tekanan ..


dan mungkin kasus" kesurupan ini juga jangan dianggep remeh ya , soalnya fenomena kesurupan individual / massal itu ada karna lemahnya iman & kurangnya kesehatan mental psikologi .. permasalahan yg kayak gini tuh harus ditanggepin secara holistic bukan cuma dari ustad , dukun , psikolog dan psikiater , tapi juga pemerintah terutama tayangan" di televisi .. selama kita nganggep kesurupan itu perbuatan jin / makhluk halus tanpa ada perbaikan mental psikologi , ya selamanya kesurupan itu bakal selalu ada & suatu saat bakal meluas , terutama yg kesurupan massal .. pemahaman yg bener tentang kasus kesurupan itu bakal nentuin penanganan yg bener & tepat .. jadi bukan cuma sekedar ngeluarin jin dari tubuh , kalo emang ada gejala depresi / stress , ya sebaiknya juga perlu dilakuin penyembuhan di psikolog atau dokter .. kesian tiap kerasukan , jin & makhluk halus disalahin . padahal mungkin mereka juga berdoa "ya Allah lindungi kami dari fitnahan manusia-manusia yg stress .." :(

dan ini mohon" maaf ya , dulu waktu beberapa guru & ustad yg nanganin temen" gue yg kesurupan , mereka itu cara ngeluarin jin-nya agak" gimanaa gitu .. baca qur'an nya di kencengin , matanya di pelototin , trus bahunya kayak dipukul pukul juga , sampe" temen gue itu pas sadar dia bilang badannya sakit semua :| ini aneh banget gue liatnya , bener .. bukannya menggurui & sok bener , ada baiknya kalo bacakan ayat" suci al-qur'an itu dibaca yg khusyuk & nada pelan supaya yg kesurupan juga bisa tenang , kalo dibaca dengan kesan membentak , yg kesurupan juga bakal makin histeris & teriakan dari yg baca qur'an itu juga bikin suasana makin tegang . dan juga harus bijak , dalam hal kesurupan ini kita pake qur'an sebagai petunjuk hidup , bukan sebagai untuk pengusiran jin .. trus juga dari guru , kalo misal ada kesurupan massal terlalu bersikap takhayul & khurafat menurut gue sendiri .. gimana gak , tiap ada kesurupan massal pada datengin ahli pengusir jin atau bahkan dukun , karna itu bukannya hilangin jin tapi malah bikin sekolah jadi kayak tersugesti untuk kembali ke jaman animisme yaitu percaya makhluk halus & sebangsanya yg pada akhirnya ngelemahin tauhid & akibatnya ya muncul deh kesurupan" gitu . sekolah gak perlu panik kalo ada kesurupan massal sampe bertindak menyerempet kesyirik-an , tapi yg bener harus ikhtiar yg berbasis tawakal .

kemampuan yg perlu ditingkatkan ke korban" kesurupan itu ya mengajar & melatih untuk mengelola stress & konflik dengan cara baik & benar .. artinya ya kalo di kemudian hari lagi stress & ngehadepin konflik , cara penyelesaiannya gak lagi dengan kesurupan , tapi lebih konstruktif .. yah sebagai umat yg beriman ya , kita emang gak bisa juga sih ingkarin adanya setan / jin di dunia ini .. mereka itu ada , bahkan beberapa kasus kesurupan (individual) emang terjadi karna ada yg masukin badan si korban . tapi yg jadi pertanyaan , yg masuk itu "setan materi" (jin , makhluk halus , dsb) atau "setan energi" (berpikir negatif , keyakinan lemah , terlalu lelah , dsb) . bisa jadi salah satunya , bisa jadi dua"-nya .. makanya kita selalu disarankan ama orang" tua , kalo lagi sendirian jangan ngelamun / pikiran kosong , nanti kemasukan hahaha ..

ok mungkin ampe sini aja .
jadi inti dari semua ini , kesurupan itu bisa jadi karna jin , bisa karna sugesti . untuk kesurupan individual itu kemungkinan besar ya emang karna dimasukin tuh badannya , di negara" barat juga kalo kesurupan individual ini ada , pengusirannya itu dinamakan exorcist , yg dilakuin ama pemuka" agama .. nah sedangkan kesurupan massal itu terjadi karna ada 1 orang kesurupan (mungkin beneran dirasukin) , tapi yg lain jadi tersugesti alias terpengaruh & ikut"-an .. dan yg tersugesti itu biasanya yg lagi punya masalah / konflik di hidupnya , stress dsb .. jadi mungkin emang pengen teriak , ngelepas semuanya , tapi ketahan , dan dengan cara kesurupan itulah dia bisa bebas ber ekspresi .. dan enaknya kesurupan massal , bisa pulang cepet !!! hahaha ..

tengkyu~

Share this:

2 komentar:

  1. Awesome vrohh,, keren postingannya,, gueee bangeeettt!!

    BalasHapus
  2. Jangan2x....Yg teriak.....ingin libur semuanya....hehehe

    BalasHapus