Susi Pudjiastuti , Antara Prestasi & Kontroversi

*copas = cantumkan sumber .
if u don't want someone to copy your content ,
so don't copy others and make it yours .
show your respect*

akhirnya 27 oktober kemaren 34 nama menteri Kabinet Kerja udah di umumkan ya ama presiden ke 7 kita , pak Jokowi . gue liat di socmed banyak yg pro kontra ama beberapa mentri gitu soalnya diragukan kredibilitas-nya dan sepak terjang-nya selama ini gak greget atau ada juga yg dibilang mentri titipan sgala macem , banyak lah pokoknya hahaha .. gue sih gak peduli" amat soal mentri , soalnya gue percaya aja ama pak presiden kalo beliau emang milih orang" yg bener gitu . dan gue liat juga kabinet pak jokowi mentri"-nya banyak dari kalangan profesional ya , bukan dari partai .. trus juga dari presiden" sebelumnya , kabinet beliau ini yg paling banyak masukin wanita" hebat untuk jadi mentri . ada yg perempuan pertama dari Papua yg jadi mentri (maaf ya bu lupa namanya) , ada PNS teladan tahun 2004 (lupa juga ini mah) , sampe ke pengusaha gitu . nah tapi kayaknya diantara srikandi" ini ada yg di hari pertama pengumuman nama mentri aja udah ngebuat berita heboh , yaitu ibu Susi Pudjiastuti hahaha .. beliau menjabat jadi Mentri Kelautan & Perikanan . kenapa perhatian gue (kita) tertuju ke beliau ? dari gue sendiri ada 2 sisi nih . yg pertama , sepak terjangnya . gue bener" salut & menurut gue inspiratif banget .. dulu beberapa tahun lalu pernah nonton tentang profil beliau ini di salah satu channel tv , tapi waktu itu gak tau namanya .. pas ngeliat berita tentang beliau di media akhir" ini jadi mentri , baru gue nyadar "woh ini kan yg dulu itu" .


beliau ini asalnya dari Pangandaran , trus gak tamat SMA (gak tau ya gak tamat apa cuma ampe jenjang SMP , beda" beritanya) . jadi tanpa SMA , beliau ini sukses jadi pengusaha hasil tangkapan laut , terutama lobster . di tahun 1983 itu , dengan modal 750rb hasil jual perhiasan , beliau ini bikin usaha hasil laut itu . lama kelamaan lumayan maju tuh usahanya .. tapi beliau juga sedih karna Pangandaran itu gak bisa memasarkan hasil tangkapan lautnya yg amat sangat kaya karna terbatasnya transportasi . akhirnya dulu beliau berinisiatif minjem uang di bank 20 Milyar , trus beli 1 pesawat Cesna Caravan yg digunakan untuk ngangkut lobster & ikan segar asli Pangandaran ke Jepang bahkan sekarang ampe ke Amerika .. lama kelamaan akhirnya  berkembanglah usaha beliau , ya ampe sekarang . sempet memajukan perekonomian daerah dengan membangun pabrik pengolahan ikan yg dikasih nama Susi Brand juga , trus pesawat pengangkut lobster-nya yg dikasih nama Susi Airlines sekarang udah ada 50-an juga . waktu Tsunami Aceh tahun 2004 aja , pesawat Cesna punya beliau ini pesawat pertama yg bisa mendarat di Aceh untuk kirim bantuan ke para korban loh .. dan semua biaya operasional serta bantuan itu pake uang pribadi . freezer lobster juga berubah jadi freezer untuk mayat .. waktu Pangandaran kena gempa juga , pesawat beliau ini dipake untuk angkut para korban yg butuh bantuan medis .. FYI , suami beliau orang asing , salah satu pilot di armada Susi Airlines -nya gitu hahaha ..

ini daftar prestasinya nih :
     - Direktur Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI)
     - CEO pabrik pengolahan ikan PT. ASI Pudjiastuti Marine Product (produk unggulan: lobster)
     - CEO maskapai sewa ber-aset ratusan miliar PT. ASI Pudjiastuti Aviation (Susi Airlines)
     - CEO PT. ASI Pudjiastuti Flying School
     - CEO PT. ASI Geosurvei

penghargaan untuk beliau :
     - Primaniyarta Award for The Best Small & Medium Enterprise Exporter dari pak SBY (2005)
     - Ganesha Widyajasa Aditama Award dari ITB (2011)
     - Tokoh Wanita Inspiratif Penggerak Pembangunan dari Gubernur Ja-bar (2008)
     - Young Enterpreneur of the Year dari Ernst and Young Indonesia (2005)

itu yg pertama yah . nah yg kedua  nih , yg bikin perhatian gue (kita) tertuju ke beliau itu , waktu kemaren pagi baca berita di media online yg di share temen di Facebook , ini nih beritanya ~> Ini Kejadian Unik Usai Pengumuman Menteri Kabinet Jokowi . jadi di berita itu ditulis , kemarin abis pengumuman nama 34 Menteri itu , beliau ini pas di wawancara wartawan itu ngelepas sepatu hak tinggi , katanya cape gitu , trus juga sambil ngerokok hahaha .. dan gue cari" berita lagi ttg bener gak-nya berita itu , eh malah nemu berita baru kalo ternyata beliau ini emang perokok berat , beer drinker (Corona Extra) , dan juga punya tato di kaki kanan gitu . jadi gue agak sempet nurunin alis , agak gimanaa gitu baca beritanya hahaha .


tapi gini ..

awalnya gue emang kaget bacanya , wajar dong manusiawi , ngeliat yg gak biasa diliat pasti kaget .. soalnya seumur umur gue ngeliat mentri yg laki bahkan , ngerokok depan media aja gak pernah , apalagi ini kan seorang wanita & mentri gituloh hahaha .. dan yg gue liat dari berita" online , ternyata beliau ini emang suka merokok gitu walaupun banyak wartawan & di acara apapun . ya pokoknya apa adanya gitulah .. nyentrik emang .

masalah beliau mau merokok atau enggak , atau tato-an sekujur tubuh , not my business .. bukan urusan gue . soal beliau ini perokok , diluar sana banyak kok jutaan orang merokok , mau cewe mau cowo . bahkan di desa" aja gak jarang kita liat nenek" ngerokok (lupa apa nama jenis rokoknya , dari bahan alami gitu) . kita terlalu masang standar bahwa cowo merokok gpp (walau gue sendiri bukan perokok) trus kalo cewe merokok langsung nyinyir "kok cewe merokok , kayak apaan aja" , gitu . padahal mau cowo mau cewe , kalo merokok ya sama" ngerugiin tubuh kan .. apalagi untuk cewe , yg bakal mengandung & melahirkan . tapi ya itu gue bilang , itu urusan masing" mereka ..

trus kontroversi lainnya itu "gak SMA kok bisa jadi mentri?" <~ ini kata nyokap gue hahaha .
agak susah sih untuk yg satu ini .. Indonesia tuh apa" liat gelar .. menurut gue biasa aja , yg paling penting mah sepak terjang beliau ini ngalah"-in orang yg berpendidikan tinggi .. penghasilan & pengalamannya di dunia perikanan gak kalah ama yg lulusan S2 malah . waktu itu di acara Hitam Putih Trans 7 pernah ngundang orang yg S2 tapi di umurnya yg 40-an sekarang masih nyari kerja . bayangin , S2 masih nyari kerja . jadi menurut gue gelar itu gak menjamin semuanya ..

jadi intinya kesimpulan yg gue tarik dari semua pemberitaan media yg katanya "kontroversial" tuh , ibu Susi ini ngasih contoh yg gak baik untuk generasi muda bangsa dengan pendidikan yg rendah , merokok , dan tato-an . anak" muda jadi males sekolah soalnya mikir "ibu susi aja gak SMA bisa jadi mentri , buat apa gue sekolah" , trus merokok & tato-an dianggep baik karna mentri aja merokok & punya tato kok . gituloh ..

jadi gini ..
makanya menurut gue yg ditanamkan di pola pikir anak tuh bukan sekolah , TAPI belajar . 2 itu beda .. sekolah tuh butuh tempat , fasilitas , dsb .. tapi kalo belajar cuma butuh niat dari kita-nya .. karna guru ada dimana aja , dan media belajar bisa dari apa aja .. kalo anak" cuma dituntut untuk sekolah ya belum tentu mereka pas di sekolah belajar , bisa jadi cuma mau ketemu temen" .. tapi kalo anak dituntut untuk belajar , mereka pasti mau belajar & jadi kebiasaan ampe besar .. kalo cuma sekolah doang , yg jadi pertanyaan di sekolah dia bener" belajar gak ? gitu . tapi bukan berarti gue ngajarin kita cuma belajar doang tanpa sekolah ya , maksud gue gak gitu .. sekolah juga penting , kalo mampu dari biaya dsb itu wajib untuk sekolah .. tapi jangan lupakan tujuan utama sekolah , yaitu belajar .. nah kalo putus sekolah karna gak mampu dari segi biaya misalnya , kasih tau ke anak kita kalo itu bukan akhir dari dunia .. sekolah bisa putus , tapi nuntut ilmu bisa ampe tua .

trus yg soal bu Susi katanya gak baik untuk anak muda karna beliau itu merokok & tato-an takutnya dicontoh , ah itu berlebihan . kita yg harus bijak ama anak kita .. ya bilang ke mereka "gak boleh gitu dek ya .. merokok itu racun untuk tubuh kita .. dan tato itu gak bagus untuk kulit kita . semua ini titipan Tuhan , dijaga dengan baik seperti barang kamu yg dipinjam teman , kamu berharap supaya barang itu dijaga dengan baik kan ? begitu juga dengan tubuh kita .." , gitu misalnya . well , anak itu sifatnya emang peniru .. tapi yg ditiru tuh orang" terdekatnya , bukannya ibu mentri yg baru pertama kali diliat di tv merokok trus langsung si anak merokok juga , gak .. liat dulu , bapaknya perokok gak ? ya begitu , yg ditiru orang" terdekat dulu , terutama orang tua .. jadi kalo anak katanya "nyontoh" , koreksi diri sendiri dulu sebagai orang tua , karna anak itu ibarat cermin orang tua-nya , refleksi diri .. jadi kalo kita sebagai orang tua udah ngerasa kita bener mendidik anak , ya gak akan terguncang dong kalo di tv ada berita mentri perempuan merokok , takut anak kita niru gitu . pede aja hahaha .. jadi ya intinya kita yg bertanggung jawab sebagai orang tua , disusul ama lingkungan dirumah & disekolah .

jadi kalo misal ada yg bilang ibu mentri ini ngasih contoh yg gak baik untuk generasi muda bangsa , nah looh itu patut dipertanyakan .. sebelum berita soal beliau ini serame sekarang , toh udah banyak daridulu anak" bolos / putus sekolah yg karna males / emang gak punya biaya , anak" kecil udah merokok , anak" muda tato-an juga .. jadi kalo misal besok ada orang tua ngeliat anaknya merokok trus bilang "ini karna ibu susi ini !" tapi sambil megang rokok , itu mungkin monyet aja ketawa ngeliatnya .

oke gue gak ngedukung siapapun .. gue juga gak mendukung & gak setuju soal mentri yg merokok pas lagi di wawancara , terlebih lebih perempuan .. tapi kan kita gak boleh liat dari 1 sisi aja , liat kebaikan"-nya juga . mungkin sedikit masukan aja buat bu Susi dari gue yg masih banyak dosa & gak suci" banget ini , mungkin kapan" kalo mau merokok liat situasinya aja yaa ibu mentri ku sayang :p hahahaha .. tampil apa adanya itu boleh , tapi tetep harus ada beberapa nilai" etika yg harus dijaga setelah kita jadi seorang petinggi di sebuah instansi .. mending kayak gini sih menurut gue , soalnya yg pake jas pake peci pake dasi bisa jadi bajingan koruptor .. yg pake jilbab & pendidikan S2 aja ketangkep korup kok hahaha .. trus kayak bu Susi ini namanya gak begitu dikenal orang banyak , tapi semoga aja kinerjanya bagus karna itu tujuan utama beliau jadi mentri . daripada yang namanya udah dikenal , pendidikan luar biasa , alim , jadi kita berharap banget ama orang itu .. tapi ternyata kalo kinerja-nya gak sesuai ama yg diharapkan itu malah bikin sakitnya tuh disini .. serasa di PHP-in gitu haha ..

btw jujur kemaren pas pilpres gue gak nyoblos pak jokowi , tapi walau begitu sekarang gue udah mendukung kerja beliau sampe ke kabinet"-nya . mau gimanapun juga beliau ya udah jadi presiden kita kan , kalo mau pelihara dendam ampe kapan .. rival beliau aja dah salam hormat beberapa kali . yg buruk" itu cukup simpan dalam hati aja deh , "cukup tau" kalo kata orang mah :p dan jujur juga (maaf yaa) , gue sempet kaget juga sih waktu pak jokowi milih bu Susi ini jadi mentri perikanan .. karna menurut gue sendiri sukses jadi pengusaha ikan bukan berarti bisa mimpin kelautan & perikanan di Indonesia ini .. ngerti tentang penjualan ikan juga bukan berarti bu Susi tau tentang teknologi kelautan , marine products economics , coastal processes atau underwater technology , yg semuanya itu harus dikuasai sebelumnya loh ama calon mentri yg bakal kepilih .. dan bu Susi ini kan dari pandangan gue pakarnya dalam penangkapan & penjualan ikan ya , nah sedangkan kelautan Indonesia itu bukan cuma soal ikan , tapi ada juga terumbu karang misalnya .. juga contoh lain kalo misal ada masalah ekspoitasi ikan , kalo beberapa wilayah di Indo ngalamin overfishing karna eksploitasi berlebihan , mentri kelautan juga harus bisa paham masalah" kayak gitu .. kalo gak , ikan bakal terus di eksploitasi . kita keliatan hebat produksi ikan tinggi , tapi gak sadar kalo ikan kita sewaktu waktu bisa habis hehe .. sorry no offense loh ya , gak usah pake urat .

yah terlepas dari itu semua semoga bukan bu Susi aja ya yg kinerja-nya bakal baik , tapi kesemua mentri lainnya .. mau mentri-nya gimana yg paling penting tujuannya 1 , supaya Indonesia menjadi lebih baik . mau mentri-nya gimana luarnya tapi kalo hebat & cerdas kelola negara , why not ? dan pesan terakhir aja buat yg suka bully" beliau ini (gue bukannya ngebela loh yaa) , malu ama pendidikan . pendidikan tinggi tapi mulut kayak gak berpendidikan itu sama aja mencerminkan siapa diri anda .. kritik boleeh , tapi dikasih penyeimbang .. karna kritik tanpa solusi itu stupid kuadrat , keliatannya suci banget .. beliau ini sukses dari keringat sendiri , tanpa nilep uang negara atau kaya karna suami .. kalo kalian yg hobinya kritik tanpa ngasih penyeimbang , liat yg orang kalian kritik itu siapa .. beliau ini lulusan SMP aja se-sukses ini berkat kerja keras sendiri .. lah yg orang" sarjana (bahkan yg suka ngebully mungkin) masih tetep jadi anak buah di kerjaan , bukan bos .. gak bisa nyiptain lapangan kerja , gak bisa beli pesawat .. boro" beli pesawat , motor aja masih nyicil mungkin . jadi saran aja sebelum kritik orang berfikir panjang aja "gue siapa sih ? orang yg gue bully siapa sih?" , gitu .

jadi yaudah deh kesimpulan dari tulisan ini , mau mentri-nya luarnya gimana yg penting kinerja-nya aja nanti kita liat . dan sekali lagi gue gak bela siapapun , makanya tulisan ini gue campur aduk semua mulai dari min ampe plus . ok sorry kalo ada salah kata ya , salam damai untuk semuanya , see you~

"Anjing akan terus menggonggong
kepada orang  yang tidak dikenalnya"


Share this:

0 komentar:

Poskan Komentar