--> Istriku Adalah Semangatku - Rovylicious
w9vb7L0M7j9qO5VekXjh9f4upwh86ATk0lG5dKZM

Istriku Adalah Semangatku

*copas = cantumkan sumber .
if u don't want someone to copy your content ,


so don't copy others and make it yours .
show your respect*


empat tahun yang lalu , kecelakaan telah merenggut orang yang ku kasihi , yaitu istri-ku .. sering aku bertanya tanya , bagaimana keadaan istriku sekarang di alam surgawi . baik" sajakah ? dia pasti sangat sedih karena sudah meninggalkan sorang suami yang tidak mampu mengurus rumah dan seorang anak yang masih begitu kecil ..

begitulah yang kurasakan , karena selama ini aku merasa bahwa aku telah gagal , tidak bisa memenuhi kebutuhan jasmani dan rohani anakku , dan gagal untuk menjadi ayah dan ibu untuk anakku ..

pada suatu hari , ada urusan penting di tempat kerja . aku harus segera berangkat ke kantor , anakku masih tertidur . dan aku harus menyediakan makan untuknya ..

karena masih ada sisa nasi , jadi aku menggoreng telur untuk dia makan . setelah memberitahu anakku yang masih mengantuk , kemudian aku bergegas berangkat ke tempat kerja .

peran ganda yang kujalani , membuat energiku benar" terkuras . suatu hari ketika aku pulang kerja aku merasa sangat lelah , setelah bekerja sepanjang hari . hanya sekilas aku memeluk dan mencium anakku , aku langsung masuk ke kamar tidur , dan melewatkan makan malam ..

namun , ketika aku merebahkan badan ke tempat tidur dengan maksud untuk tidur sejenak menghilangkan kepenatan , tiba" aku merasa ada sesuatu yang pecah dan tumpah seperti cairan hangat ! aku membuka selimut dan .... di sanalah sumber masalah-nya . sebuah mangkuk yang pecah dengan mie instan yang berantakan di seprai dan selimut !

oh Tuhan , aku begitu marah .. aku mengambil gantungan pakaian , dan langsung menghujani anakku yang sedang gembira bermain dengan mainannya , dengan pukulan" . dia hanya menangis , sedikitpun tidak meminta belas kasihan , dia hanya memberi penjelasan singkat ,

"ayah , tadi aku merasa lapar dan tidak ada lagi sisa nasi . tapi ayah belum pulang , jadi aku ingin memasak mie instan . aku ingat , ayah pernah mengatakan untuk tidak menyentuh atau menggunakan kompor gas tanpa ada orang dewasa di sekitar , maka aku menyalakan mesin air minum ini dan menggunakan air panas untuk memasak mie . satu untuk ayah dan yang satu lagi untuk aku . karena aku takut mie-nya akan menjadi dingin , jadi aku menyimpannya di bawah selimut supaya tetap hangat sampai ayah pulang . tapi aku lupa untuk mengingatkan ayah karena aku sedang bermain dengan mainanku , aku minta maaf ayah .."

seketika , air mata mulai mengalir di pipiku . tetapi , aku tidak ingin anakku melihat ayahnya menangis maka aku berlari ke kamar mandi dan menangis dengan menyalakan shower di kamar mandi untuk menutupi suara tangisku . setelah beberapa lama , aku hampiri anakku , kupeluknya dengan erat dan memberikan obat kepadanya atas luka bekas pukulan dipantatnya , lalu aku membujuknya untuk tidur . kemudian aku membersihkan kotoran tumpahan mie di tempat tidur ..

ketika semuanya sudah selesai dan lewat tengah malam , aku melewati kamar anakku dan melihat anakku masih menangis . bukan karena rasa sakit di pantatnya , tapi karena dia sedang melihat foto ibu yang dikasihinya ..

satu tahun berlalu sejak kejadian itu , aku mencoba .. dalam periode ini , untuk memusatkan perhatian dengan memberinya kasih sayang seorang ayah dan juga kasih sayang seorang ibu , serta memperhatikan semua kebutuhannya . tanpa terasa , anakku sudah berumur tujuh tahun , dan akan lulus dari TK . untungnya , insiden yang terjadi tidak meninggalkan kenangan buruk di masa kecilnya dan dia sudah tumbuh dewasa dengan bahagia ..

namun , belum lama, aku sudah memukul anakku lagi .. aku benar" menyesal . guru TK-nya memanggilku dan memberitahukan bahwa anak-ku absen dari sekolah . aku pulang kerumah lebih awal dari kantor , aku berharap dia bisa menjelaskan . tapi ia tidak ada dirumah , aku pergi mencari di sekitar rumah kami , memangil manggil namanya dan akhirnya menemukan dirinya di sebuah toko alat tulis sedang bermain komputer game dengan gembira . aku marah , membawanya pulang dan menghujaninya dengan pukulan-pukulan . dia diam saja lalu mengatakan ,"aku minta maaf , ayah .."

selang beberapa lama aku selidiki , ternyata ia absen dari acara "pertunjukan bakat" yang diadakan oleh sekolah , karena yg diundang adalah siswa dengan ibunya . dan itulah alasan ketidakhadirannya karena ia tidak punya ibu ..

beberapa hari setelah penghukuman dengan pukulan rotan , anakku pulang ke rumah memberitahuku , bahwa di sekolahnya mulai diajarkan cara membaca dan menulis . sejak saat itu , anakku lebih banyak mengurung diri di kamarnya untuk berlatih menulis . aku yakin , jika istriku masih ada dan melihatnya ia akan merasa bangga , tentu saja dia membuat-ku bangga juga ..

waktu berlalu dengan begitu cepat , satu tahun telah lewat . tapi , anakku membuat masalah lagi . ketika aku sedang menyelasaikan pekerjaan di hari" terakhir kerja , tiba" kantor pos menelpon . karena pengiriman surat sedang mengalami puncaknya , tukang pos juga sedang sibuk"-nya , suasana hati mereka pun jadi kurang bagus .

mereka menelponku dengan marah" , untuk memberitahu bahwa anak-ku telah mengirim beberapa surat tanpa alamat . walaupun aku sudah berjanji untuk tidak pernah memukul anak-ku lagi , tetapi aku tidak bisa menahan diri untuk tidak memukulnya lagi , karena aku merasa bahwa anak ini sudah benar" keterlaluan . tapi sekali lagi , seperti sebelumnya , dia meminta maaf ,"maaf ayah .." , dan tidak ada tambahan satu kata pun untuk menjelaskan alasannya melakukan itu .

setelah itu saya pergi ke kantor pos untuk mengambil surat" tanpa alamat tersebut lalu pulang . sesampai di rumah , dengan marah aku mendorong anak-ku ke sudut mempertanyakan kepadanya ,"perbuatan konyol apalagi ini ?" , di tengah isak tangisnya , dia menjawab ,"surat-surat itu untuk ibu .." . tiba" mataku berkaca-kaca ..

tapi aku mencoba mengendalikan emosi dan terus bertanya kepadanya ,"tapi kenapa kamu memposkan begitu banyak surat-surat , pada waktu yg sama ?"

anakku menjawab ,"aku telah menulis surat buat ibu untuk waktu yang lama , tapi setiap kali aku mau menjangkau kotak pos itu , terlalu tinggi bagiku , sehingga aku tidak dapat memposkan surat-suratku . tapi baru-baru ini , ketika aku kembali ke kotak pos , aku bisa mencapai kotak itu dan aku mengirimkannya sekaligus" .

setelah mendengar penjelasannya itu , aku kehilangan kata" .. aku bingung , tidak tahu apa yang harus aku lakukan dan apa yang harus aku katakan .

aku bilang pada anakku ,"nak , ibu sudah berada di surga .. jadi untuk selanjutnya , jika kamu hendak menuliskan sesuatu untuk ibu , cukup dengan membakar surat tersebut maka surat akan sampai kepada ibu .." .

setelah mendengar hal ini , anakku jadi lebih tenang . dan segera setelah itu , ia bisa tidur dengan nyenyak . aku berjanji akan membakar surat" atas namanya , jadi saya membawa surat" tersebut ke luar . tapi .. aku jadi penasaran untuk tidak membuka surat tersebut sebelum mereka berubah menjadi abu . dan salah satu dari isi surat"-nya membuat hati-ku hancur .

"ibu sayang , aku sangat merindukanmu .. hari ini ada sebuah acara pertunjukan bakat di sekolah , dan mengundang semua ibu untuk hadir di pertunjukan tersebut . tapi ibu tidak ada , jadi aku tidak ingin menghadirinya juga . aku tidak memberitahu ayah tentang hal ini karena aku takut ayah akan mulai menangis dan merindukanmu lagi , bu .."

"saat itu untuk menyembunyikan kesedihan , aku duduk di depan komputer dan mulai bermain game di salah satu toko . ayah keliling-keliling mencariku , setelah menemukanku ayah marah , dan aku hanya bisa diam .. ayah memukul aku , tetapi aku tidak menceritakan alasan yang sebenarnya .."

"ibu , setiap hari aku melihat ayah merindukanmu , setiap kali dia teringat padamu , ia begitu sedih dan sering bersembunyi dan menangis di kamarnya .. aku pikir kita berdua amat sangat merindukanmu . terlalu berat untuk kita berdua .. tapi bu , aku mulai melupakan wajahmu . bisakah ibu muncul dalam mimpiku sehingga aku dapat melihat wajahmu lagi bu ? temanku bilang jika kau tertidur dengan foto orang yang kamu rindukan , maka kamu akan melihat orang tersebut dalam mimpimu . tapi bu , mengapa kau tak pernah muncul ?"

setelah membaca surat itu , tangisku tidak bisa berhenti karena aku tidak pernah bisa menggantikan kesenjangan yang tak dapat digantikan semenjak ditinggalkan oleh istriku ..
ya , istriku adalah semangatku ..

==========

yah , cukup jelas untuk para suami & laki" yg udah dikasih ama Tuhan seorang istri / pasangan yg baik , yg penuh kasih ama anak"-nya .. selalu terima kasih setiap hari ke dia .. dia udah rela habiskan sisa umurnya untuk menemanimu , mendukungmu , memanjakanmu & selalu setia menunggumu , menjaga & menyayangi dirimu serta anak"-mu . hargai keberadaannya , kasihi & cintai dia sepanjang hidup dengan segala kekurangan & kelebihannya .. karna andaikan kamu kehilangan dia , gak akan ada emas permata / intan berlian yg bisa menggantikannya . karna sesungguhnya kasih cinta yg tulus seorang istri sekaligus ibu ,  itu gak akan tergantikan & gak akan ada yg bisa menggantikan selamanya ..

Related Posts

Related Posts

1 comment

  1. nice! saia ga tau cerita ini fiksi atau memang cerita nyata yang benar-benar terjadi. tapi, saia mungkin akan menghabiskan banyak persedian tissue kalau saja membaca ini sendirian di rumah. teruslah menulis seperti ini, saia suka tulisanmu yang bisa membuat hati "hangat".

    ReplyDelete