Indonesia Itu Kaya, Tapi ....

*copas = cantumkan sumber .
if u don't want someone to copy your content ,
so don't copy others and make it yours .
show your respect*

suatu hari , Tuhan tersenyum puas melihat sebuah planet yg baru saja diciptakan-Nya . Malaikat pun bertanya ,
"apa yg baru saja kau ciptakan , Tuhan ?"
"lihatlah , Aku baru saja menciptakan sebuah planet biru bernama Bumi .. planet yg akan menjadi planet luar biasa yg pernah Aku ciptakan . segala sesuatunya akan berjalan dengan seimbang .." , jawab Tuhan .

Tuhan pun menjelaskan pada Malaikat tentang benua Eropa . di Eropa Utara Tuhan menciptakan tanah yg penuh peluang & menyenangkan seperti Inggris , Skotlandia & Perancis . tetapi di tempat itu juga Tuhan menciptakan hawa dingin yg menyengat & menusuk tulang . di Eropa Selatan , Tuhan menciptakan manusia yg agak miskin seperti Spanyol , Italia & Portugal , tetapi disertai dengan diciptakannya banyak sinar matahari & cuaca yg hangat serta pemandangan yg indah seperti selat Gibraltar . Malaikat tiba" menunjuk sebuah gugusan pulau , Malaikat bertanya ,
"daerah apa itu , Tuhan ?"
"itu adalah INDONESIA . sebuah gugusan pulau yg indah , selalu dilimpahi sinar matahari , negara yg sangat kaya , lautnya menyimpan berjuta-juta ikan yg siap dipanen , kemudian aku ciptakan flora & fauna langka disana , banyak air & hujan , kuciptakan penduduk yg ramah tamah , gemar bergotong royong , beraneka macam suku bangsa serta bahasa daerahnya , masyarakatnya pekerja keras , bersahaja dan mencintai seni .." , jawab Tuhan .

Malaikat pun bingung dan kembali bertanya ,
"Tuhan , bukankah Kau mengatakan akan menciptakan keseimbangan , lalu mengapa di Indonesia semuanya baik , dimana letak keseimbangannya ?"
kemudian Tuhan menjawab ,
"TUNGGU SAMPAI SUATU SAAT AKU TEMPATKAN ORANG BODOH & MUNAFIK DI PEMERINTAHANNYA .."
*cerita ilustrasi

ya , itu cerita pembuka kayaknya udah cukup "menampar" deh hehe ..
INDONESIA ..
negara yg terlahir dari kerajaan terkuat di Asia dengan wilayah kekuasaan yg membentang luas mulai dari Thailand Selatan sampai Papua . yap , Kerajaan Majapahit dengan bendera nasional gula kelapa (merah putih) yg dikomandan-i seorang patih yg terkenal dengan Sumpah Palapa , Mahapatih Gajahmada & dipimpin Maharaja Prabu Hayamwuruk . Majapahit pernah ngalahin salah satu kerajaan besar & kuat di Asia , yaitu kerajaan Tiongkok yg dipimpin ama Kubilai Khan dari keturunan dinasti Yuan . pernah , Kubilai Khan ngirim ribuan kapal perang  & puluhan ribu tentara Tartar yg mau kuasain Majapahit (Indonesia) .. hasilnya ? mereka disapu bersih pasukan Majapahit yg dipimpin panglima perang Raden Wijaya .
dan masuk ke era pemerintahan presiden Soekarno , yg akhirnya bisa memerdeka-kan Indonesia dari jajahan bangsa asing di tanggal 17 Agustus 1945 .. dan gak lepas juga jasa dari para pejuang yg udah mempertahankan tanah Indonesia ini .. ya , inilah Indonesia .. tanah yg dipertahankan dengan darah & air mata bahkan udah dari zaman-nya Majapahit .. iya , darah & air mata , bukan jadi budak bangsa asing baru di merdeka-kan #ups . Indonesia sempet jadi Macan Asia .. Indonesia gak bisa tunduk ama asing .. semua negara segan ama Indonesia , terlebih di zaman presiden Soekarno . sekarang ? hehe .. ya semoga abis baca ini ampe abis bisa tau sendiri jawabannya :p

Indonesia , itu negara yg amat sangat kaaaaaaya banget , terutama di SDA-nya . gak tau negara terkaya di dunia / enggak , yg jelas intinya : Indonesia itu kaya . dan bahkan banyak yg gak tau kalo kita itu sekarang ini lagi nginjak tanah permata .. tapi sayang , sekarang udah kebanyakan campur tangan asing untuk kelola sumber daya alam kita , sayang banget .. bukannya gue anti asing sih , tapi gak tau kenapa makin kesini gue ngerasa kalo negara ini tuh kayak "dijual" perlahan lahan ke asing , kita kaya sapi perah , jadi kita yg tinggal di negeri ini tuh ya cuma bisa nikmatin kebijakan negara aja . tapi pihak asing itu gak bisa disalahin juga sih udah ngambil untung dari SDA kita , toh rakyat kita sendiri kok yg jual . ironis kan ? iya . coba , ini kita ulas beberapa SDA negara kita yg sebagian besar dikelola asing , yg sebagian lagi rusak karna kelakuan orang" jahil yg cuma mikirin kepentingan diri sendiri .. ini gue rangkum dari berbagai sumber , comment-nya kalo ada yg salah yaa .


1. Kualitas Emas Terbaik & Terbesar di Dunia
ini dia , tambang emas dengan kualitas terbaik & terbesar yg ada di dunia .. tambang emas ini ada di Tembagapura , Kabupaten Mimika , Provinsi Papua . di tahun 2007 , menurut majalah Mining International penghasilan tambang ini $6255 Miliar .. gile .. perusahaan ini sahamnya punya PT.Freeport Indonesia , anak perusahaan Freeport Mcmooran-Cooper & Gold Inc (Amerika) . awal perjanjian pemerintah Indonesia sekitar tahun 1967 .. Freeport mulai nambang tembaga , emas , yg hasilnya ampe sekarang ini sekitar 7,3 Juta Ton tembaga & 724,7 Juta Ton emas .. coba di rupiah-kan yok yg emas . anggep lah ya harga emas sekarang Rp. 300.000 / gram . jadi 724,7 Juta Ton atau 724.700.000.000.000 Gram dikali Rp. 300.000 = Rp. 217.410.000.000.000.000.000 . ada yg bisa ngitung ? :| dan yg gak kalah kerennya nih , nanti kalo tembaga & emas disana itu menipis , lapisan dibawahnya (sekitar 400-an meter) nanti ada suatu mineral yg harganya gak kalah dari emas , bahan utama pembuatan bahan bakar nuklir , dan kata beberapa ilmuwan kandungan mineral disana cukup untuk ngebuat pembangkit listrik tenaga nuklir yg bisa nerangin seluruh Bumi .. mineral apa sih ? URANIUM .. dan itu harganya , woow bombastis . ini baru Freeport , belum lagi Newmont yg ada di Nusa Tenggara , yg gak akan habis" walaupun digali ratusan tahun ..

TAPI .....
keuntungan yg didapat Indonesia selaku yg punya kekayaan ini , cuma dapet untung 1% , dan Amerika 99% sebagai yg punya teknologi untuk ngelakuin pertambangan disana .. Freeport banyak berjasa untuk segelintir pejabat negeri kita ini , jendral & juga politisi busuk yg cuma memperkaya diri tapi memiskin-kan bangsa ini .. kayak lintah ya ..


2. Cadangan Gas Alam Terbesar di Dunia
Indonesia punya cadangan gas alam terbesar di dunia loh (20% dari suplai seluruh dunia) , tepatnya di Blok Natuna .. Blok Natuna D Alpha punya cadangan gas sampe 202 Trilyun kaki kubik ! ajiib .. dan masih banyak lagi blok" penghasil tambang" & minyak kayak Blok Cepu di Jawa Timur , Exxon Mobil  di Aceh , Newmont Minahasa di Sulawesi , dan sumber" lainnya yg blom digali di periran Ambalat & berbagai tempat yg kesebar di pulau" & lepas pantai di seluruh Indonesia ..

TAPI .....
yg kelola ini lagi" asing .. yaitu Exxon Mobil , dibantu Pertamina ..


3. Kesuburan Tanah Terbaik di Dunia
gak ada yg ngeraguin kualitas tanah negeri kita ini . amat sangat subur .. hampir semua lahan di negeri kita ini bisa ditanamin tumbuh"-an apa aja . bahkan ada istilah katanya tongkat kayu & batu bisa jadi tanaman di tanah kita . negara kita ini punya tanah yg subur antara lain ya karna banyak gunung berapi aktif , trus negara kita juga dilintasin garis khatulistiwa yg banyak dapat sinar matahari & hujan .

TAPI .....
harusnya kita bisa kayak Filipina yg jadi eksportir beras dunia , Malaysia yg kuasain kelapa sawit dunia , atau Swiss & Brazil yg jadi rajanya coklat & kopi .. Bulog aja kita import kok , beras yg kita makan sekarang ini blom tentu hasil sawah yg ada di negeri ini .


4. Lautan Terluas di Dunia
negeri kita ini punya lautan terluas di dunia .. perairannya seluas 93.000 km2 & panjang pantai sekitar 81.000 km2 / hampir 25% panjang pantai di dunia (terpanjang nomer 2 setelah Kanada) . itu semua ya karna Indonesia juga negara kepulauan terbesar di dunia atau The Largest Archipelago In The World dengan 17.504 pulau , termasuk 9.634 pulau yg belum dikasih nama & 6.000 pulau yg gak berpenghuni .. dikelilingin Samudera Pasifik & Samudera Hindia , ngebuat sumber daya laut kita amat sangat kaya banget .. ada udang , jutaan spesies ikan yg gak dipunyain negara lain, dan hasil laut lainnya .. gak heran sering ketangkep nelayan dari negeri tetangga yg ikut manen hasil laut kita hahaha ..

TAPI .....
ada aja nelayan" yg jahil , ngambil ikan dll dengan pake bom .. itu ngerusak karang .. belum lagi limbah pabrik yg ngotorin laut dan bikin tercemar .. dan yg ironis tuh biasa jumlah marinir kita tu kurang untuk jaga pulau" kecil di Indonesia .. jadi kurang penjagaan , yaudah dicaplok deh ama negara tetangga ..


5. Hutan Tropis Terbesar di Dunia
ini udah diakuin dunia banget .. bahkan hutan" di negeri kita dikasih istilah "paru-paru dunia" .. jadi kita punya hutan tropis terbesar di dunia , dengan luas 39.549.447 Hektar , dan keanekaragam Hayati & Plasmanutfah terlengkap di dunia ! waw keren .. hutan" ini letaknya ada di Kalimantan , Sumatra , dan juga Sulawesi .. Bumi bergantung banget ama hutan tropis ini untuk ngejaga keseimbangan iklim Bumi .. hutan hujan Amazon aja gak cukup kuat untuk seimbangkan iklim Bumi .

TAPI .....
sekarang hutan" ini sedikit demi sedikit dihancurkan , dibakar , pohon"-nya ditebang untuk kepentingan segelintir orang yg tujuannya memperkaya diri .. paling untuk perkebunan & lapangan Golf . ironis ya ..



6. Banyak Tempat Eksotis
negeri kita ini punya pemandangan eksotis yg gak dipunyain negara lain .. mau dari puncak gunung sampai dasar laut semua ada .. sebut aja puncak Gunung Bromo , atau taman Laut Bunaken ..

 
TAPI .....
gak sedikit yang malah suka liburannya ke luar negeri .. rasanya bangga gitu kalo bisa keluar negeri & nikmatin keindahan alam disana .. padahal keindahan alam di negeri sendiri gak kalah ama yg di luar . gak papa sih ya , yg penting tau aja kalo di negeri sendiri punya pemandangan yg gak kalah eksotis daripada luar negeri .. 


7. Penduduk Terpadat ke-4 di Dunia
negeri kita punya suku bangsa yg terbanyak di dunia . ada lebih dari 740 suku bangsa / etnis , trus pake 583 bahasa & dialek dari 67 bahasa induk yg dipakai berbagai suku itu . gak heran , negara kita jadi negara yg punya penduduk terbanyak ke-4 di dunia sekarang ini ..

 
TAPI .....
dengan jumlah yg sebegini banyak , harusnya banyak orang" pinter yg bisa dihasilkan negara ini , tapi pemerintah menelantarkan mereka .. sebagai sifat manusia yg mau bertahan hidup , ya tentu aja mereka mau dihargain .. jalan lainnya ya keluar negeri , berharap ada negara yg bisa nilai mereka dengan pantas .. contohnya aja pak BJ.Habibie yg kepintarannya udah gak usah ditanya lagi itu banyak banget hak patennya di Belanda .. atau Ricky Elson , putra bangsa yg mengabdi untuk Jepang karna disana pemerintahnya membiayai penuh & mendukung semua risetnya .. alhasil disana ada kincir angin listrik yg diciptakan ricky .. kemaren sempet dia "diculik" ama mentri BUMN kita pak Dahlan Iskan trus ikut terlibat dalam pembuatan mobil listrik .. tapi , kayaknya pemerintah gak tertarik banget .. alhasil , ricky kembali ke Jepang dengan kekecewaan .. ironis kan ..

==========

bener" menggiurkan ya ? gak heran dari dulu banyak banget negara" yg "mau" sama Indonesia ini .. Portugis (1509-1595) , Spanyol (1521-1692) , Perancis (1806-1811) , Inggris (1811-1816) , Belanda (1602-1942) , dan terakhir Jepang (1942-1945) . yah tapi begitulah , sekarang faktanya gak sesuai ama yg diharapkan .. bukan cuma SDA yg dijual ke asing , orang"-nya pun juga .. ya contohnya TKI & TKW , kata halusnya tuh "pahlawan devisa" .. tapi sering disiksa .. yuhuu~

negeri kita ini amat sangat kaya .. Indonesia doesn't need the world , but the world needs Indonesia .. mau kiamat global ? gampang .. tebang aja itu semua hutan di kalimantan , dan liat apa yg bakal terjadi .. contohnya kekayaan & kemakmuran Singapore juga .. mereka kaya juga gak lepas dari orang" kita .. 500.000 orang Indonesia (terbanyak) liburan ke Singapura tiap bulan .. apartment" baru disana , orang" kita yg banyak beli walau harganya selangit .. rumah sakit Mt.Elizabeth , banyak orang Indo yg berobat disana .. Kalimantan , tanahnya aja ngandung permata (Kal-Sel , intan permata) .. petani disana ngejual Rp.3.000/kg ke pabrik China daerah , pabrik ngejual lagi Rp. 30.000/kg .. jahatnya orang negeri sendiri . jualan sama luar , terus yg dibeli orang luar tadi diolah trus dijual lagi sama orang Indonesia ..

dan kita tuh gak sadar , kalo sebenernya negara" lain itu takut nge-embargo Indonesia .. ya soalnya negara kita ini punya segalanya .. mereka takut kalo kita mandiri , makanya gak di embargo .. harusnya kita yg bisa nge-embargo diri kita sendiri , beli dari petani" sendiri , beli tekstil" garmen dari pabrik sendiri .. gak perlu impor kalo bisa produksi sendiri . andaikan kita bisa nge-embargo diri sendiri & SDA negara ini dikelola orang" kita sendiri , Indonesia will rules the world ..

semoga kedepannya Indonesia jadi lebih baik .. terimakasih untuk para pahlawan yg sudah memperjuangkan bangsa ini dengan darah dan air mata .. 17 Agustus 2014 kemarin umur bangsa ini udah 69 tahun .. udah merdeka belum ? hehe pikirkan sendiri ..
nutup tulisan , ada satu quotes dari presiden pertama kita , Bung Karno .

Share this:

0 komentar:

Poskan Komentar