Agama ? Buat Apa Sih ?

August 18, 2014
*copas = cantumkan sumber .
if u don't want someone to copy your content ,
so don't copy others and make it yours .
show your respect*

untuk sebagian orang , Agama itu cuma sekedar upacara , kewajiban , peraturan dan keharusan .. selama Agama cuma dianggap keharusan (bukan kebutuhan) , kapan perubahan perilaku yg diharapkan terjadi ? gak akan ada perubahan perilaku yg baik , kalo manusia belum nemuin manfaat Agama itu apa bagi dirinya sendiri . untuk soal beribadah juga , bagi sebagian orang beribadah itu ya cuma ngumpulin pahala ama ngurangin dosa . tapi masih blom sadar atau paham beribadah itu selain ngumpulin pahala itu apa aja ..

Agama itu bukan sesuatu yang harus dijadikan terdepan banget dari diri seorang manusia , tapi yang paling penting itu iman . rajin ibadah , blom tentu beriman .. tempat ibadah isinya rame , belum tentu isinya orang" beriman semua , bisa aja cuma untuk sekedar ngeramein . ya pokoknya sejauh kita cuma terikat ama yg namanya norma ama peraturan , tapi gak memaknai esensi dari Agama , ya bakal begitu terus ..

contohnya akhir" ini .. banyak banget konflik di Islam yg bikin Islam itu punya label anarkis & anti kebebasan .. cap fundamental , ekstrem , bahkan teroris :( cap teroris itu kayaknya akrab banget ama komunitas "orang" yg meluk agama Islam .. kelakuan anarkis bodoh "sekelompok" Muslim sering banget jadi justifikasi muka Islam sebagai Agama itu buruk , jadi label" negatif tadi selalu pantas untuk di embelkan ama Islam .. tapi pemberian label negatif ke Islam ini justru gak adil menurut gue , soalnya kasus" tersebut cuma dilakukan ama sebagian kecil "kelompok" umat Islam . justru umat Islam yg berfikiran moderat jauh lebih banyak yg gak setuju ama cara" yg dilakuin mereka yg anarkis itu . itu bukan ajaran nabi Muhammad .. bukan ajaran Al-Qur'an ..

wortel .. udah dari zaman dulu kita tau wortel bagus buat mata ? tapi gak semuanya bener . wortel bisa ngerusak mata ? bisa , kalo wortel-nya dicolokin ke mata . caranya bener gak ? ya enggak dong , wortel bagus buat mata dengan cara dimakan , bukan dicolok ke mata .. nah , trus islam & agama lainnya bisa ngerusak dunia ? tentu bisa , dengan kesesatan & kekerasan .. caranya bener gak ? ya enggak , Agama seharusnya digunakan untuk kebaikan & kebenaran ..

ya tapi begitulah , yg salah penganut-nya tapi kadang orang" nge judge agama-nya dan ngasih pandangan kalo semua penganut agama itu sifatnya sama . beda mana yang beriman mana yang beragama .. yang beragama belum tentu beriman , tapi yg beriman udah pasti beragama . yg beragama bisa aja nyakitin sesama manusia , tapi yg beriman gak akan pernah nyakitin sesama manusia .. apalagi yang suka ngehalang-halangin umat lain ibadah , ngerusak , ngebunuh atas nama Tuhan , itu orang" yg beragama tapi gak punya iman .. yang dia tau cuma "Agama saya benar , kamu salah , kamu kafir , dsb" . menurut gue pribadi , selemah apa sih Tuhan ampe dibela ama manusia yg ladangnya dosa ini ? teriak" atas nama Tuhan tapi sambil ngebunuh manusia (apalagi biasa yg beda keyakinan dan dianggap kafir , atau yg gak sependapat ama jalan pikirannya) . itu sebenernya bukan ngebela Tuhan , tapi sebenernya lagi ngebela diri sendiri .. atas nama Tuhan , bertameng-kan Agama , tapi nyerang , nyakitin , ngehakimin dan nge-judge orang lain yg jalan pikirnya berbeda ama mereka . itu bukan ajaran Agama , tapi ajaran Iblis .. Iblis mana ada yg Maha Pengasih dan Penyayang .. dalam kekerasan tanpa alasan jangan bawa nama Agama apalagi Tuhan , itu malu"-in Agama yg dianut sendiri .. yah , idiot's shouldn't be religious ..


terkadang juga kekerasan di Agama yg sering terjadi tuh , karna terlalu kepo ama Agama lain .. gue jadi keinget ama kata Cak Nun , dimana beliau pernah bilang gitu kalo Agama itu ibarat istri tetangga . mau istri tetangga" kita itu gimana yaudah gak usah diomongin , gak usah dipersoalkan bener atau salahnya , mana yg lebih unggul mana yg lemah , dsb .. jelas , masing" suami punya penilaian kalo istrinya begini begitu dibanding istri tetangga-nya , tapi cukup disimpan dalam hati aja . bagi orang non-Islam , Agama Islam dan lainnya itu salah . makanya dia jadi orang non-Islam . kalo dia beranggapan / ngeyakinin kalo Islam itu bener , ngapain dia jadi non-Islam ? gitu juga ama orang Islam . tapi ya itu , Agama itu ibarat istri tetangga .. mau gimana" , simpan aja dalam hati .. gak usah jadi pertengkaran , ajang debat , apalagi diumbar kelemahannya .. biarlah tiap orang milih istri-nya sendiri" , jaga kemerdekaan masing" orang untuk ngehormatin & mencintai istrinya masing" .

yah jadi begitulah yang seharusnya .. andaikan semua penganut agama di dunia ini "gak kepo-in istri tetangga-nya" mungkin perdamaian umat beragama di dunia ini udah bukan hal yang tabu lagi .. semua ajaran agama itu mengajarkan kebaikan dan perdamaian , dan gak ada agama yg ngajarkan kekerasan . jadi kadang adanya kekerasan yg mengatasnamakan agama , itu cuma karna kurangnya pemahaman terhadap agama yg dia anut , dan penjelasan dari pemimpin kelompoknya yg salah (u know what I mean) .. jadi agama itu kadang diperalat , dan seakan-akan agama dan kekerasan itu antara ada & tiada .. makanya dari itu , sucikan pikiran dan hati kalo emang katanya punya agama .. kayak yg Yesus Kristus bilang "jika ingin orang lain berbuat baik kepadamu , berbuat baiklah kepada orang lain .. sehingga jika ingin damai , berilah kedamaian kepada orang lain .." , atau yg dikatakan nabi Muhammad SAW "barangsiapa yg menyakiti non-Muslim Dzimmy (non-Muslim yg berdamai) , maka aku akan menjadi lawannya di hari kiamat .."

jadi kan kalo dikatakan Agama itu pemecah , itu sebenernya konyol .. Paus Fransiskus pernah merangkul manusia berpenyakit & mencuci kaki tahanan Muslim .. Mahatma Gandhi membela sampai mati hak kaum Muslim di India .. Bunda Theresa juga merawat kaum Hindu miskin .. dan lebih konyol , disaat nabi besar Islam nabi Muhammad SAW berdiri & berdoa disaat orang" membawa mayat Yahudi yang mau dimakamkan , disaat beliau menyuapi makan seorang Yahudi buta yg membenci beliau , disaat beliau melindungi seluruh umat non-Muslim di Madinah dan mengharamkan orang Muslim menyakiti mereka , tapi nyata-nya sekarang di dunia banyak aliran" radikal yang katanya "Islam" tapi gak sesuai ama ajaran nabi . sukanya bom sana sini , gorok sana sini yang katanya jihad .. ya kayak yg gue bilang diatas , yang gitu" tuh yg dapet penjelasan dari pemimpin kelompoknya yg salah .



jadi apa sih agama itu ? buat apa ? apa manfaat dan esensi dari Agama itu sendiri untuk tiap manusia ? apa cuma sekedar peraturan ? budaya atau Agama itu cuma sekedar di titipkan ke orang tua dari nenek buyut kita ? yaah esensi dari Agama itu menurut gue adalah Kasih , yang bisa jadi perdamaian sesama umat ditangan orang yg bener dan jadi senjata ditangan orang yg salah . Tuhan menciptakan perbedaan bukan tanpa alasan .. harusnya manusia bisa mencontoh air & minyak , gak bisa bersatu tapi masih bisa berdampingan .. God is love .. love in you .. spread the love~


"spirituality doesn't come from religion ,
it comes from our soul .."

4 comments:

  1. Waduh, jgn sesat dulu, nanti kira2 umur 25 kamu akan tau.

    ReplyDelete
  2. Gw Muslim, eh pemeluk agama Islam aja deh. Malu mau bilang Muslim. Beberapa tmn nyebut gw wahabi karena gw nggak practice what they are doing. Gw berpikir utk meninggalkan imam Islam gw, karena akhir2 keadaannya kacau banget. Gw melihat agama ini dr reformasi makin kesini makin parah, kepanjangan kalo gw cerita. Intinya gw melihat agama ini "gagal". Terlalu keras, radikal, terhadap orang diluar Islam tetapi acuh jika ada Muslim yang tindakannya tidak sesuai ajaran Islam. Gw ngerasa gak perlu gw pny agama buat ngebadain mana bener mana salah. Empati aja. I used to say I am proud of Islam but ashamed to be a Muslim - in this country. Lucunya adalah dari TK sampai SMA gw d sekolah Katolik tidak membuat iman gw luntur sama sekali, ibadah puasa DLL lancar dsna tapi gw kehilangan iman gw karena agama gw sendiri

    ReplyDelete
  3. Gw baru kehilangan iman gw sebagai seorang pemeluk agama Islam. Knp? Liat kondisi skrg. Dr awal reformasi sampai Semarang puncaknya. Don't get me wrong, I used to say I'm proud of Islam, but ashamed to be a Muslim, di Indonesia terutama. Long story, bukan komen nti jatuhnya. Intinya gw msh percaya Tuhan, empati dan logika. Lucunya adalah ketika banyak Muslim takut kehilangan iman karena Kristenisasi DLL. Gw kehilangan iman karena agama sendiri. Peace

    ReplyDelete

Theme images by moorsky. Powered by Blogger.