Aborsi Diperbolehkan ?

*copas = cantumkan sumber .
if u don't want someone to copy your content ,
so don't copy others and make it yours .
show your respect*

ini berita lumayan sempet rame & penuh pro kontra kemaren" , tentang pemerintah yg "me-legalkan aborsi" .. nah tapi gak sembarang aborsi , semua ada aturannya .. jadi soal pelegal-an aborsi ini ada di Peraturan Pemerintah (PP) nomer 61 tahun 2014 tentang kesehatan reproduksi . jadi PP itu amanah dari UU No. 36/2013 tentang kesehatan yg meng-amanahkan bahwa pemerintah wajib memfasilitasi aborsi aman sebagai bagian dari hak kesehatan reproduksi .. walaupun legal , tapi PP itu gak gampang disalahgunakan .. di regulasi itu ditegaskan bahwa aborsi cuma bisa dilakukan dalam darurat medis & hamil karna korban pemerkosaan .. jadi bisa aja kan emang hamil karna free sex , ngakunya diperkosa , itu gak bisa bohong soalnya bakal diselidikin ama ahlinya & aborsi cuma bisa dilakukan di rumah sakit .. nah soal aborsi ini , gimana hukumnya di mata Agama ? jadi kalo dalam konteks Agama terutama Islam , aborsi ini diperbolehkan dengan catatan umur janin itu masih belum 40 hari / belum ditiup roh oleh malaikat .. sesuai dengan Hadist berikut ,

"Rasulullah SAW telah menceritakan kepada kami: "bahwa seseorang
kamu dihimpunkan kejadiannya dalam perut ibunya selama 40 hari ,
kemudian dijadikan segumpal darah , kemudian dijadikan daging ,
kemudian Allah mengutuskan seorang Malaikat untuk menulis empat kalimat
dan diarahkan agar menulis; amalannya , rezekinya , perbuatan jahat & baiknya ,
kemudian ditiupkan rohnya .."

jadi , seluruh ulama & MUI sepakat kalau aborsi ini diperbolehkan asalkan umur janin itu belum 40 hari (belum ditiupkan ruh) , jadi belum ditiupkan ruh berarti belum bernyawa .. masih berupa benih gitu , blum janin .. tapi tetep , dengan catatan aborsi karna alasan medis / hamil karna diperkosa .
itu untuk pandangan Islam , nah setelah gue googling" lagi untuk non-Islam terutama Katholik , itu baru berupa pembuahan aja udah dikatakan sebagai "Manusia" .. jadi Menkes menyerahkan keputusan ke si ibu .. kalo misal dia hamil karna diperkosa tapi tetep mau jaga calon janin itu , yaudah gpp .. jadi keputusan ada ditangan si ibu . Islam juga gitu sih , terserah si ibu .. kan inti semuanya ini cuma memperbolehkan & diliat dari sudut pandang Agama ..

nah disini gue gak mau memperdalam soal peraturan pemerintah tentang perizinan Aborsi ini , tapi lebih mau ngebahas tentang apa definisi dari Aborsi itu sendiri .. nah terlepas dari pemerintah yg mengizinkan soal aborsi , ini tulisan gue kayaknya lebih tertuju ke calon" ibu yg aborsi karna hamil diluar nikah .


Aborsi ..
Aborsi itu berarti menggugurkan kandungan / di dunia kedokteran dikenal ama istilah "Abortus" , berarti pengeluaran hasil konsepsi (pertemuan sel telur & sel sperma) sebelum janin hidup diluar kandungan .. ini proses pengakhiran hidup dari janin sebelum diberi kesempatan untuk tumbuh .. di dunia kedokteran itu sendiri , aborsi itu dikenal ama 3 macam . yaitu :
     1. Aborsi Spontan / Alamiah ..
berlangsung tanpa tindakan apapun . kebanyakan dikarenakan kurang baiknya kualitas sel telur & sel sperma .. jadi mungkin kayak keguguran gitu kali ya maksudnya .
     2.  Aborsi Buatan / Sengaja ..
ini yang biasa dilakuin calon" ibu ama janin yang diluar pernikahan .. biasa dilakuin di dukun beranak / bidan ..
     3. Aborsi Terapeutik / Medis ..
penguguran kandungan buatan yg dilakuin atas indikasi medis .. contohnya , si calon ibu yg lagi hamil itu lagi punya penyakit darah tinggi / jantung yg parah yg bisa ngebahaya-in si calon ibu itu sendiri atau janin yg dia kandung .. dan Aborsi macam gini biasa dilakuin di rumah sakit & atas persetujuan pihak keluarga ..


Resiko Aborsi ..
*notes: ini soal resiko mungkin lebih prefer ke jenis Aborsi nomer 2 ya (aborsi buatan / sengaja) dan usia janin udah lebih dari 40 hari .
soal resiko .. resiko-nya aborsi itu tinggi .. efeknya ke kesehatan & keselamatan si calon ibu itu sendiri .. gak bener kalo ada yg bilang "ndak akan ngerasa apa-apa & langsung boleh pulang" .. itu info sesat , kasian terutama buat mereka yg lagi bingung karna gak mau hamil .. ada 2 macam resiko kesehatan untuk perempuan yg aborsi . yaitu :
     1. resiko kesehatan & keselamatan secara fisik
     2. resiko gangguan psikologis
untuk yg nomer 1 yah , resiko yg bakal ditanggung perempuan yg aborsi sesuai buku "Facts of Life"-nya Brian Clowes, Phd :
        a. kematian mendadak karna pendarahan hebat & pembiusan yg gagal ,
        b. kematian secara lambat karna infeksi disekitar kandungan ,
        c. rahim sobek
        d. kerusakan leher rahim
        e. kanker indung telur , leher rahim , hati
        f. kelainan pada placenta / ari" yg menyebabkan cacat pada anak berikutnya
        g. pendarahan hebat saat kehamilan berikutnya
        h. jadi mandul / gak bisa hamil lagi
        i. infeksi rongga panggul
        j. infeksi lapisan rahim

untuk resiko kesehatan mental , aborsi bukan aja suatu proses yg punya resiko tinggi dari segi kesehatan & keselamatan secara fisik , tapi untuk kesehatan metal / psikologis-nya cukup berdampak hebat .. gangguan psikologis & mental karna aborsi ini gejalanya dikenal dengan nama "Port-Abortion Syndrome" atau PAS . gejala" ini dicatat di "Psychological Reactions Reported After Abortion" di dalam penerbitan The Post-Abortion Review (1994) .
pada dasarnya , untuk yg nomer 2 ini perempuan yg ngelakuin aborsi bakal ngalamin kayak gini :
     1. kehilangan harga diri (82%)
     2. suka teriak" histeris (51%)
     3. suka mimpi buruk soal bayi (63%)
     4. suka pengen bunuh diri karna ngerasa bersalah (28%)
     5. mulai coba nge-drugs (41%)
     6. udah gak bisa lagi nikmatin hubungan seksual (59%)
diluar hal" diatas , perempuan yg aborsi bakal dipenuhin perasaan bersalah yg gak hilang selama bertahun tahun dalam hidupnya ..



Statistik Aborsi ..
ini statistik aborsi untuk di Indonesia .. untuk perhitungan secara akurat itu sulit banget , soalnya aborsi buatan / sengaja itu kan dilakuin diem" & gak ada laporan apa" .. kecuali terjadi komplikasi (pendarahan dll) sampe akhirnya mesti dirawat lanjut ke rumah sakit , baru biasa dapet laporan . tapi , berdasarkan perkiraan dari BKBN , ada sekitar 2 juta kasus aborsi yg terjadi tiap tahunnya di Indonesia .. berarti 2 juta nyawa yg dibunuh calon ibu setiap tahunnya :|

yah , mungkin kalo hamil karna alasan medis atau diperkosa trus mau aborsi itu sebuah pilihan ya (walaupun gue setuju gak setuju sih karna anak itu titipan Tuhan) .. tapi kalo mau aborsi karna kebobolan itu bukan sebuah pilihan & jalan terbaik , no .. think again .. 


"setiap aborsi adalah ..
satu jantung yg berhenti berdetak ,
dua mata yg tidak akan pernah melihat ,
dua tangan yg tidak akan pernah menyentuh ,
dua kaki yg tidak akan pernah berlari ,
dan satu mulut yg tidak akan pernah berbicara .
selamanya ..."

*dirangkum dari berbagai sumber

Share this:

0 komentar:

Poskan Komentar