Salah Satu "Coretan Tuhan" Di Bumi ..

*copas = cantumkan sumber .
if u don't want someone to copy your content ,
so don't copy others and make it yours .
show your respect*

seberapa jauh sih lo sanggup berenang ? 15 meter ? 50 meter ? atau 100 meter ?
bisa 1 KM gak ? wakakakakakak .. emang sih gak ada kolam renang yang cukup panjang untuk ngetes seberapa jauh kita bisa berenang .. tapi itu semua gak berlaku di kolam renang satu ini . welcome to San Alfonso del Mar ..


(klik untuk pict lebih besar)

ini kolam renang dengan luas 20 Hektar & panjang 915 meter , yang akhirnya dinobatkan sebagai kolam renang terbesar di dunia .. namanya San Alfonso del Mar , lokasinya ada di resor Algarrobo , Chile .. untuk pertama kali dateng kesini mungkin mikirnya bukan kolam kali ya , tapi laut .. dari info" yang gue dapet , kolam ini butuh air sebanyak 250 juta liter air atau setara ama 66 juta galon untuk bisa ngisi penuh semuanya .. mungkin pada banyak yg nanya ,"sumber airnya darimana ?" , oh tenang .. airnya gak diambil dari air" galon trus ditumpah satu persatu kok , gile lu ndro .. bukan perkara yang sulit kok , sumber air sudekat .  ini kolam kan sebelahan ama samudera pasifik , jadi disana udah pake teknologi modern dengan cara me-mompa & menyaring air laut itu kedalam kolam , trus air yang dari kolam dikembalikan kelaut , jadi dituker gitu .. air laut yang dipompa ke kolam udah ngelewatin tahap penyaringan , jadinya gak asin lagi & bersih banget kayak kristal .. teknologi" canggih juga udah disiapkan ama pengelola , kayak sistem monitoring pake komputer , pengatur suhu , dll .



kalo dibandingkan ama kolam olimpiade , kolam ini jauuuuuh lebih besar , 20x lipatnya malah .. tapi gak perlu hawatir bakal kelelep di kolam ini , soalnya ada ratusan penjaga yang siap nolong & bantu kalo ada apa" .. lagian juga kalo gak bisa berenang ya jangan nekat untuk ke tengah"-nya gitu -_-


selain terbesar di dunia , kolam ini juga punya pemandangan yang cantik banget . di sela" aktivitas berenang , kita juga bisa nikmatin pantai selatan Chili yang amat sangat indah .. disini kita juga gak harus selalu berenang , untuk yang gak bisa berenang mungkin bisa naik keatas ban renang raksasa sambil nikmatin sengatan matahari , nyewa perahu kano / perahu layar mini , banyak lah fasilitas yang disediakan .


dari jauh , kolam ini punya pemandangan yang unik .. yaitu kolam raksasa warna biru muda yang berdampingan ama laut yang warnanya biru tua .. dari deket , air di kolam renang ini jernih kebiruan , sampe" dasarnya yang titik terdalam pun bisa diliat .. ohya btw titik terdalam di kolam ini 35 meter .. jadi pengunjung bukan cuma bisa berenang , tapi juga berlayar di areal kolam .. trus tepi kolam juga dilapisin ama pasir putih yang halus , persis kayak pantai aslinya .. ini ngebuat laguna buatan itu udah kayak lautan super jernih tanpa ombak :D


untuk suhu , kolam renang ini suhu-nya dijaga stabil lewat monitoring penjaga disana .. suhu-nya dijaga stabil 26 derajat celcius , gak kurang gak lebih .. 26 derajat itu dianggap suhu yang pas untuk berenang , gak terlalu hangat sampe ngebuat kulit terasa gak nyaman / terlalu dingin yang bisa bikin kaki kram ..

(salah satu penginapan di San Alfonso del Mar)

pertanyaan lainnya yang muncul mungkin ,"berapa biaya pembuatannya ?" , yak pertanyaan yang tepat .. pembuatan kolam ini ngehabisin biaya US$3,5 Juta (Rp.35 Miliar) . cuma segitu ? yakin cuma segitu ? hahaha .. 35 Miliar itu biaya yang dihabiskan cuma untuk merancang & membangun sistem filtrasi kolam aja .. sedangkan biaya resmi pembangunan sampai hasil akhir , itu makan biaya sekitar US$2 Miliar .. gak sampe situ , untuk biaya perawatan pertahun aja ngehabisin biaya US$4 Juta .. yap , cukup tuh buat beli 10 mobil Ferrari .. wakakakakakakak ..


oh iya dapet informasi tambahan , ternyata di dasarnya San Alfonso ini ada sebuah petualangan Underwater , tapi gak tau ini di sisi mana-nya San Alfonso .. jadi yang gue liat sih di dasarnya itu ada kayak bangunan" besar , dan penyelam jelajahin semua bangunan" itu .. cool ..




yah kayaknya gak berlebihan kalo gue ngasih judul "Coretan Tuhan" Di Bumi .. iya sih ini bikinan manusia , tapi yang ngasih akal dan pikiran sempurna tetep aja Tuhan .. jadi manusia itu kita analogikan kayak kuas , Tuhan yang bikin coretannya ..
kolam ini dibuka tahun 2006 , and is just waiting for your visit vroooh~

Share this:

0 komentar:

Poskan Komentar