[Movie] Anna - Mindscape

*copas = cantumkan sumber .
if u don't want someone to copy your content ,
so don't copy others and make it yours .
show your respect*
oke tanpa basa basi , ini salah satu film terkeren yang pernah gue tonton . disamping pemeran cewenya cakep *eaak* , alur ceritanya juga gak mengecewakan . ini film tahun 2013 , judul aslinya sih Mindscape , tapi pas peluncuran film-nya punya nama lain , Anna , nama yang sesuai ama subjek utama-nya .

jadi ini tuh film tentang bermain-main ama "penjelajahan" alam bawah sadar dari pikiran manusia , yang dikemas di film ini jadi fiksi ilmiah , thriller psikologis , dan ada sedikit nuansa horor-nya .. jadi kayak perkawinan silang antara Inception ama film" old school macam Hitchcock gitu lah . kayaknya debut penyutradaraan sineas spanyol Jorge Dorado ama Ombra Films punya seniornya , Jaume Collet-Serra (Orphan , Unknown , Non-Stop) ini punya semua keasikan untuk sebuah tontonan misteri berkonsep tinggi yang ambisius .. dan gak kalah pentingnya , dukungan" dari cast-nya yang ciamik banget .


ini Aktor utama-nya yang biasa main jadi pemeran antagonis , Mark Strong .. disini dia berperan jadi John Washington , mantan "memory detective" , yaitu orang yang dikaruniai / dikasih anugerah untuk bisa jelajahin pikiran orang lain yang tujuannya untuk pecahkan kasus" kriminal yang susah diungkap gitu . tapi John ini karier-nya ngalamin kemunduran setelah istri-nya tewas .. tiap jelajahin pikiran orang lain slalu ada bayang" memori tentang kematian istrinya disitu .

tapi namanya hidup , butuh duit .. John terus bangkit demi pekerjaannya walau bayang" istri masih ada (blom bisa move on bang john-nya mah) . makanya dari itu , dia minta atasannya di Mindscape (ini nama perusahaan tempat para detektif" memori kerja) , Sebastian (Brian Cox) untuk minta tugas lagi yang bakal dia pecahkan ..

untuk permulaan , atasannya ini ngasih John kasus yang nyeleneh .. yaitu tugasnya John nyari tau apa yang ngebuat anak cewe umur 16 tahun dari keluarga kaya , Anna (Taissa Farmiga) mendadak berenti makan :| "r u kidding meh?" , kata John . yap , tugas yang simpel .. tapi siapa sangka kalo disini semua petaka dimulai .. John nemuin misteri gelap dari bagian terdalam pikiran Anna .


pas udah banyak komunikasi & berinteraksi ama Anna , akhirnya John tau kalo ini bukan anak gadis 16 tahun sembarangan , bukan juga cabe"-an . Anna punya otak brilian & cemerlang .. nah akhirnya setelah banyak komunikasi ama John , John juga ngelakuin pendekatan sosial , akhirnya Anna mau makan . tapi ternyata , bujuk Anna makan itu bukan tugas utama .. sebenernya Sebastian mau nyuruh John untuk nyari tau , Anna itu bener" Sosiopat (kayak psycho) / korban trauma .. apalagi Anna lagi diambang bahaya , dia gak harmonis ama bapak tiri-nya yang kekeuh mau masukkan Anna ke RS Jiwa ..

akhirnya makin banyak penjelajahan memori yang John lakuin ke Anna , banyak kenangan" tumpang tindih & ada kemungkinan kalo Anna gak berdosa kayak yang diliat . sedangkan parameter pekerjaannya keliatannya cukup sederhana kan .. Anna terbukti jauh lebih menantang dari yang John harapkan . Anna cerdas , berwawasan , dan sesuatu yang bikin John kaget di ending hahaha ..


ini film yang bermain juga ama pikiran penonton , tapi gak rumit & bikin penonton bingung.. disini seolah olah penonton juga ada di posisi yang sama dengan john untuk analisis mental Anna . apa dia murni korban dari trauma masa lalu , atau emang bener" sosiopat cerdas sekaligus licik yang punya rencana lain .. perjalanan ke memori masa lalu Anna pokoknya yang ngasih tau ke penonton sedikit demi sedikit petunjuk tentang apa yang terjadi sebelumnya , trus ditambah lagi ama masa lalu John yang kadang kecampur ama perjalanan memori itu yang makin nambah ruwet penyelidikannya .



sutradara + penulis naskah ni film juga keren , dari awal ampe ending alur ceritanya rapi banget , gak ada yang bikin bingung .. misteri ceritanya dijaga baik , cakep banget ngehapus batasan alam mimpi & alam nyata , trus udah pasti dukungan" cast dari Mark Strong yang bawaannya kalem dan yang paling cucok siapa lagi kalo bukan penampilan meyakinkan-nya Taissa Farmiga . Taissa sukses hadirkan aura misterius di karakter Anna , bikin pikiran penonton terbuai .


untuk ending ni film menurut pandangan gue pribadi , cool !! twist-nya ituloooh , PECCAAAAHHHHH !!!!!!!!! bikin penonton nganga sambil bilang "HAH ?" , hahaha .. yah overall apapun kekurangan film ini , not bad banget untuk ukuran sutradara debutan kayak Jorge Dorado .. gue kasih nilai 7,5 / 10 deh untuk ni film . recommended (y)

*Trailer*

Share this:

1 komentar: