Kristen Ortodoks Agama Baru ? Ngawur.

*copas = cantumkan sumber .
if u don't want someone to copy your content ,
so don't copy others and make it yours .
show your respect*

oke langsung aja ya .
beberapa hari terakhir ini di Facebook rame banget gue baca berita" soal Kristen Ortodoks yang katanya sudah "mulai" (?) masuk ke Indonesia . gue tau ini dari seminggu yang lalu kalo gak salah . buat yang belum tau beritanya kayak gini (gue copas dari salah satu FP tentang Islam) :

"INNALILLAHI WA INNA ILAIHI RAJI'UN...
ya Allah ... Musibah Besar Mengintai Ummat , Ada Agama baru yg meniru Islam.
Wajib baca...


Adalah Agama baru kristian ortodok dari syria dan lebanon .. Namanya Kristen Ortodoks Syiria (KOS) . Mereka sholat, puasa, zakat, Gerejanya berbentuk Masjid, dll . Bangunan Gerejanya persis seperti Masjid milik Ummat muslim .. Bila dengar bacaan-bacaannya pun seperti alunan ayat quran..

Sungguh khawatir teruntuk anak-anak dan generasi kita, juga nantinya, jika kita kurang bertauhid (bertaqwa) . Aliran baru ini masuk ke Indonesia dari Syiria & Libanon, Agama Kristen yg menyerupai Islam . Kenapa disebut agama baru ? Karena Nabi Isa tak pernah mengajarkan kristen dan trinitas , semua Nabi dan Rasul termasuk Nabi Isa semua membawa agama tauhid kepada satu Tuhan yaitu Allah Ta'ala,dan agamanya yakni agama islam . Dan agama baru KOS (Kristen Ortodoks Syria) saat ini sedang berleluasa di Indonesia .. Yg dibaca tu bukan Quran tapi injil dalam bahasa arab . Demi Islam & Kaum Muslimin , Sebarkan informasi ini ke umat nabi Muhammad Saw.
Perbanyak taqwa kita dengan mendekati Allah Ta'ala . Jangan takut untuk men'Share' berita ini, karena Allah akan menggantinya berlipat ganda, tapi jika berhenti di tangan anda, berarti anda seolah tidak peduli dgn islam .
Wallahualam....
Semoga informasi ini menjadi peringatan."


dan disertain ama pict ini :


dan disayangkan kebanyakan yang nyebarin berita macam diatas itu Fanspage" Islam yang agak ekstrimis gitu .. maksudnya , ngasih info seperti itu tapi dibarengin ama sindiran" pedas ke agama lain . makanya gue lebih suka ngelike FP di Facebook yang isinya cuma Quotes" atau ayat tentang Islam & Qur'an .. kalo yang berbagi info seputar Islam gini kebanyakan suka ngebahas Agama lain & Admin-nya sok pinter sampe ujung"-nya semua member-nya pada debat-in soal Agama yang gak akan ada ujungnya hahaha .

hm back to topic .
setelah ngebaca berita" kayak diatas itu , gue dari awal udah ngerasa kayak ada yang salah & aneh .. disamping tulisan si admin yang lebih prefer ke "menyudutkan" daripada berbagi informasi , gue ngerasa ada yang ganjil ama pict yang disebar .. gue dari awal ngerasa kalo itu editan .. yap , 100% HOAX itu yang pertama kali terlintas pas ngeliat bener" itu pict . gue perhatiin tu pict pecah banget , kayak udah "diolah" dan mungkin sedikit cropping beberapa kali ama tangan jahil .. dan yang kedua , itu suasana-nya bukan kayak ditempat ibadah .. gue ngerasa itu kayak didalem kelas kampus gitu . yang ketiga , disekitar mimbar & deket salib itu ada cahaya yang gak rata , tu yang paling mencolok .

awalnya gak ada yang ngeh kalo itu editan .. sampe akhirnya kemaren pagi nih (disaat gue mulai mau move-on dari berita ini) , di beranda FB gue ngeliat temen yang nge-share soal kehoax-an pict itu :


hehe .. ternyata bener , itu pict udah diolah ama tangan jahil .

oke , udah jelas ya pict itu editan .. semoga Allah ngebalas orang" jahil kayak gitu yang niat banget untuk menyudutkan suatu Agama . terlepas dari pict , gue mau bagi" informasi sedikit soal Kristen Ortodoks supaya pada gak bingung ama (yang katanya) agama baru ini *lol* .. gue suka pelajaran sejarah , salah satu sejarah yang dulu sempet gue kupas & cari tau itu ya Kristen Ortodoks ini .. inget ya , pelajarin sejarah Agama-nya , BUKAN pelajarin ilmu Agama-nya .

(ini gue sedikit browsing dari google , gak inget semuanya soalnya :p)
KOS (Kristen Ortodoks Syria) ini salah satu sekte aliran dari Kristen .. yang bikin aliran satu ini sedikit bikin heboh di kalangan Islam , ya karena ajaran aliran ini hampir mirip banget ama Islam . mulai dari cara berpakaian yang tiap beribadah pake peci , baju koko , jilbab , sampe sejadah buat sholat . sholat ? iya , aliran ini juga ada ibadah sholat-nya yang kayak Islam .. kalo Islam 5 waktu , tapi kalo ini 7 waktu :
  1. Sa’atul awwal (subuh) ,
  2. Sa’atuts tsalis (dhuha / pagi) ,
  3. Sa’atus sadis (zhuhur) ,
  4. Sa’atut tis’ah (ashar) ,
  5. Sa’atul ghurub (maghrib) ,
  6. Sa’atun naum (Isya) ,
  7. Sa’atul layl (tahajud / tengah malam) .

dan ke-7 waktu itu ya sholat wajib , gak ada sunnah-nya . dan aliran ini juga punya pokok" syari'at yang mirip banget ama Islam .. salah satunya ya ada puasa mereka yang kayak puasa Ramadhan , namanya Shaumil Kabir selama 40 hari .. perempuan di aliran ini diwajibkan untuk pake jilbab atau jubah yang ngelindungin badan sampe mata kaki .. trus diwajibkan zakat 10% dari penghasilan kotor .. dan masih banyak lagi .

walaupun begitu , tapi tetep ya mereka ini Kristen .. kitab mereka Injil yang biasa disebut "Al-kitab Al-Muqaddas" .. dan tetap menuhankan Yesus , tapi bedanya aliran ini nyebut Tuhan-nya (Yesus) dengan sebutan "Sayyidina Isa Al-Masih" (sama kayak di Islam yang nyebut Yesus itu sebagai nabi Isa) , pantang nyebut Yesus loh .

sekarang gue kasih sejarah" seputar Kristen Ortodoks lebih lanjut , tapi dibarengin ama kalimat" dari FP" Islam yang udah nyebarin pict palsu itu ya , gue quote satu persatu . biar plong & gak makin banyak yang kemakan omongan ..

1. "Musibah Besar Mengintai Ummat , Ada Agama baru yg meniru Islam.."

"meniru Islam" ? wah , kayaknya admin-nya harus tarik kembali kata" itu . dan pasti gak tau gimana awal mula sejarah lahirnya aliran ini .
Islam bermula di Tahun 611 Masehi , ketika wahyu pertama diturunkan ke Nabi Muhammad SAW di Gua Hira' , Arab Saudi . sedangkan aliran ini sudah ada di Tahun 451 Masehi .. Kristen Ortodoks lahir dari perselisihan .. iya , perselisihan antara Gereja Alexandria , Gereja Roma , sama Kaisar Konstantin . puncaknya itu di masa Kaisar Bizantium Marqilanus (450 - 458 Masehi) , seabad sebelum nabi Muhammad SAW lahir (571 Masehi) . disaat itu tepatnya di tahun 451 Masehi , diadakan Majma Khalkaduniyah (ini semacam rapat akbar pertemuan gitu) dalam hal Ketuhanan . buntut dari pertemuan ini ya timbulkan perpecahan dari gereja" yang udah gak bisa disatukan .. nah , rupanya sejak saat itu ya umat Kristen itu terpecah jadi 2 . di satu pihak berpusat di Roma & Bizantium , dipimpin Bapa Laon . kelompok ini mengakui Al-Masih punya 2 sifat : Tuhan & Manusia . kelompok ini ya akhirnya yang dikenal dengan Kristen & Katholik . beda lagi ama pihak lainnya , berpusat di Alexandria dan Antakia yang dipimpin Bapa Disqures . pihak ini berkeyakinan kalau Al-Masih itu bersifat tunggal , yang artinya gak setuju ama Kristen di pihak lain yang berkeyakinan kalau Al-Masih bersifat Tuhan sekaligus manusia . pihak inilah yang dinamakan Kristen Ortodoks .. 'ortodoks' itu artinya yang benar , yang asli .. penganut ini mencoba untuk hidup lurus , sesuai tuntutan awal dari kelahiran Agama ..


2. "Mereka sholat, puasa, zakat, Gerejanya berbentuk Masjid, dll . Bangunan Gerejanya persis seperti Masjid milik Ummat muslim .. Bila dengar bacaan-bacaannya pun seperti alunan ayat quran .."

kayak yang udah gue kasih tau diatas kan , aliran ini sholat 7 waktu .. tuh buat yang Islam , sholat 5 waktu aja kadang males .. mereka ini malah punya 7 waktu (yang 2-nya tengah malem ama pagi pula) . soal puasa juga dah gue kasih tau diatas , aliran ini puasa kayak di bulan Ramadhan tapi mereka 40 hari .. trus mereka juga punya puasa rabu - jum'at . "Wahai orang-orang yang beriman telah diwajibkan ke atas kamu berpuasa sebagaimana telah diwajibkan ke atas umat-umat yang sebelum kamu . semoga kamu menjadi orang-orang yang bertaqwa" -[QS. Al-Baqarah Ayat 183]- , "umat-umat yang sebelum kamu" , jadi aliran ini sudah berpuasa sebelum kewajiban puasa itu sudah ada di Islam .. soal zakat , aliran ini mewajibkan pengikutnya zakat 10% dari hartanya , dan kalau di Islam 2,5% .. soal bangunan gereja yang mirip umat Muslim , tau Hagia Sophia ?


nah , itu dia salah satu Gereja Ortodoks yang lokasinya ada di Istanbul , Turki (sampe sekarang masih ada tapi kayaknya udah dijadiin tempat wisata aja ya) . FYI , Hagia Sophia ini dulunya Gereja Ortodoks sebelum ditaklukkan Mehmed II , yang akhirnya dijadikan Masjid untuk umat Islam .. dan dari Hagia Sophia ini , arsitektur" megah dari Masjid" di zaman sekarang ini yang ngikutin arsitektur Hagia Sophia , yang dulunya Gereja Ortodoks . dan soal kitab mereka yang mirip kayak alunan Qur'an (bahasa Arab) ya gimana toh , kan aliran ini tercipta dari Syria .. Syria (Suriah) ada dimana ? sama" Jazirah Arab kan , sama kayak Islam .. makanya jangan heran kalo lantunan ayat kitab sama" bahasa Arab . kecuali kalo aliran ini lahir di barat , penganut terbesar ada di barat , tapi bahasa Arab , kan aneh ..

3. "Dan agama baru KOS (Kristen Ortodoks Syria) saat ini sedang berleluasa di Indonesia .."

untuk soal ini gak tau ya .. tapi setau gue Kristen aliran ini blom ada gereja-nya di Indo .. sekarang cuma ada kayak lembaga studi-nya yang namanya 'Studia Syriaca Ortodoxia' yang ada di Malang . dan setau gue (setau gue loh ya) dulu pernah baca di buku , kalo mau masuk aliran Kristen ini di baptis-nya di Singapore , di Indo gak ada .. tapi sekarang gak tau gimana .

yah pada akhirnya gue cuma berpesan untuk semua ya saling menghormati aja .. gak usah dibesar-besarkan .. mereka masih sama" agama Samawi kok . apa yang perlu ditakutin ? ini kristen terdahulu sebelum adanya Islam .. sebelum lahirnya nabi Muhammad SAW .. mereka sudah diwajibkan zakat , puasa , dan sholat jauh sebelum Islam mewajibkan itu semua . gak usah deh saling menjatuhkan / mengolok agama lain , gak akan ada guna-nya .. menghina agama lain supaya agama kita keliatan lebih baik ? hehe yang ada mah bikin malu agama kita sendiri . yang penting patuhi perintahnya jauhin larangannya , itu yang jadi jaminan keselamatan kita nanti .. soalnya kadang gue perhatiin kebanyakan malah jadiin Agama itu kayak Tuhan .. teriak" Allahuakbar dijalan tapi sambil bogem-in orang" yang gak sepemikiran ama jalan pikirannya ybs .. dan gak sedikit juga yang jadiin Agama sebagai tameng politik , perkumpulan anarkis , dll . so pathetic ..


nah soal hal" apapun yang sekiranya sensitif (mengenai agama lain) semacam berita Kristen Ortodoks ini yang bikin heboh dunia maya apalagi "didampingi" pict hoax , lain kali ditelusurin lagi kebenarannya .. kasian liatnya , mereka yang kemakan omongan gak tau sama sekali ama sejarah aliran ini .. temen" gue di FB rame banget pada ikutan nge-share berita yang ada pict hoax itu , sedih .. dan mereka kena dogma negatif bahwa aliran ini sesat banget & wajib dijauhin / diasingkan dari Islam .. pfft .. jangan ngeliat sesuatu itu secara sepintas , let's be smart . jangan mau kepancing ama hal" yang belum tentu kebenarannya .. jangan gampang kena provokasi hal" yang berbau SARA , kita harus berfikir kritis supaya gak gampang terpancing .

dan yang paling penting , jaga iman kita masing" .. gak perlu urusin agama lain kalo ilmu agama sendiri masih dangkal ya . jadiin aliran KOS ini motivasi buat kita yang Islam .. mereka sholat 7 waktu sehari , kita yang cuma 5 waktu sehari kok masih males .. mereka zakat 10% , kita kadang malah males sedekah ke fakir miskin tapi rajin beli pulsa / shoping .. mereka puasa 40 hari dan ada puasa sunnah senin - kamis .. kita yang puasa Ramadhan 30 hari aja kadang masih bolong" , boro" mau puasa senin - kamis .. mereka perempuannya menutup aurat & pake hijab , tapi gak sedikit perempuan" Muslim kita masih rajin pake hotpants ala cabe"-an kemana-mana atau pake hijab tapi baju ketat ampe belahan" keliatan gondal gandul kesana kemari kayak stick analog-nya PS . ups jangan marah , gue bilang kan jadiin motivasi . kalo marah / tersinggung , berarti apa yang gue bilang itu semua bener :p

yah gue cuma manusia biasa , sorry kalo ada kalimat yang gak berkenan / nyinggung perasaan , tulis di comment nanti gue edit . inget , tujuan gue nulis ini semua DEMI ALLAH cuma mau bagi informasi , jangan pikir macem" . bacanya pake otak & nalar , jangan pake emosi . ok menutup tulisan gue kali ini , ada beberapa potong kalimat menarik dari salah satu penganut Kristen Ortodoks di Indonesia .
baca juga ~> Agama ? Buat Apa Sih ?

"sekalipun Kristen-Protestan yang selama ini saya peluk merupakan rumpun agama samawi , namun belum saya temukan kepastian iman . Tapi , di KOS saya seakan menjadi terbuka dan menemukan ikhwal kepastian dalam menuju kehidupan dunia akhirat .
Saya juga menemukan hakikat iman yang selama ini saya cari . Bahwa Isa al-Masih yang menurut pemeluk Kristen-Protestan disebut Yesus adalah anak Tuhan & dihadirkan ke dunia , menurut KOS dipahami sebagai Nuzul Tuhan (penyampai firman Tuhan) . Tuhan itu Esa . Tidak sama atau tidak bisa disamakan dengan makhluk .
Karena kalau Tuhan sama dengan makhluk , berarti bisa fana (binasa) . saya memahami Isa al-Masih itu , tidak berbeda halnya dengan Nabi Muhammad dalam Islam . Muhammad dihadirkan ke dunia sebagai penyampai firman Tuhan . Saya tidak beragama Islam . Tapi , saya menemukan "islam" dalam KOS . Bahwa , apa yang saya yakini dan lakukan sehari-hari sebetulnya sudah inheren dengan "islam" (KOS memakai nama islam dengan huruf "i" kecil , sebab kalau "I" besar itu identik dengan "Dienul Islam" yang dibawa Nabi Muhammad saw) .
Karena hakikat "islam" dalam KOS artinya berserah diri pada Allah .."
-Henney Sumali , SH-


entah apa agama lo .. entah Tuhan yang mana yang lo iman-i .. alangkah indahnya kalau kita semua bisa saling menghargai perbedaan .. karna pada hakikatnya kita diciptakan dari 1 Tuhan yang sama . dan kalo comment yg santai aja , gak usah pake urat supaya kita bisa saling bertukar fikiran & gue bisa perbaikin kesalahan tulisan .. kalo gak bisa ngehargain perbedaan & pengen judge" mending gak usah comment .. udah banyak comment yg tak hapus yg isinya SARA , terguncang , ngatain gue ini itu .. kan lucu , sebenernya yg mancing keributan & mecah belah itu yg nulis apa yg comment . gue udah pake bahasa se-santun banget disini & welcome banget nerima semua masukan .. tapi kalo masukan yg dikasih pake emosi & judge sana sini ya sorry" maaf , gue anggep angin . hahaha ..

*copas = cantumkan sumber.

Share this:

50 komentar:

  1. gue belum liat sih berita hoax yg lu bilang diatas.
    tapi setelah gue baca, gue ketawa aja sih bacanya..masih ada yah sampe sekarang orang fikirannya kayak gtu..
    begitu dapet berita kontroversi, eh langsung di sebarin tanpa ngecek dulu itu berita bener apa kagak.. yah kayak yang diatas..
    ======================================================
    ttg kristen ortodoks ini, gue udah sering sih ngobrol2 sama temen2 gue yang agama kristen. entah itu tmen yang katolik atau protestan. mereka sih bilangnya ini aliran minoritas. gue dengerin aja, soalnya gue juga belum tau begitu banyak ttg kristen ortodoks ini.tapi setelah gue cari lebih banyak ttg ortodoks ini, ya kayak ditulisan lo yang diatas.gue jadi lebih tau. tentang waktu ibadahnya dan lain2.. :)

    semoga gak ada yang tersinggung dengan segala tulisan yang ada disini..

    BalasHapus
    Balasan
    1. soal berita hoax kayak diatas makin banyak banget , dan makin banyak juga yang nelan mentah" soal info itu tanpa ngeliat dari sisi lainnya agama ini .. sedih ngeliat temen" Muslim yang ikut ngehina" agama ini , dibilangin ngikutin lah ini itu , padahal tanpa sadar mereka dosanya besar banget udah ngata"-in kayak gitu.
      yang jelas apapun itu kita harus ngeliat dari 2 sisi dan jangan ditelan mentah" deh . not everything u read is true ..

      Hapus
  2. Buat admin sory saya lurusin perkataannya "Agama dibuat oleh Manusia" Agama Islam bukan Manusia yg buat tpi ALLOH SWT. yg menurunkan Agama itu melalui Rosul/Utusab ALLOH SWT. yaitu NABI MUHAMMAD SAW.

    makaish Admin..

    BalasHapus
    Balasan
    1. ALLAH SWT ..

      terimakasih masukannya , terimakasih kembali..

      Hapus
    2. "Agama dibuat oleh Manusia" Agama Islam bukan Manusia yg buat tpi ALLOH SWT. yg menurunkan Agama itu melalui Rosul/Utusab ALLOH SWT. yaitu NABI MUHAMMAD SAW

      >> doktrin ato fakta nih gan ? coba agan pikir kalo agan lahir di kalangan dayak sampit, agan kenal agama? coba agan pikir kalo agan lahir di palestina ato yunani? agan lahir2 udah disuruh peluk agama ortodoks..
      gimana gan? ~~~ bisa dijelaskan dengan bahasa manusia ?

      TS = "indahnya kalo saling menghargai"

      Hapus
    3. Ketika saya baru memasuki/belajar agama Katolik, diajarkan oleh guru agama saya, bahwa gereja (bukan agama Kristen) awalnya ada 1 (satu) yaitu Kristen yang berpusat di Yerusalem yang sesungguhnya hanya dikhususkan untuk orang-orang Israel (Yahudi) dengan bentuk bangunan mirip bait Allah Yerusalem hanya dibedakan di atas kubahnya diberi tanda salib dan arah menghadap bangunanya. Kristen tersebut yang kemudian dikenal dengan sebutan Kristen Ortodhok (yang mengklaim sebagai Kristen yang lurus/asli=ajaran Yesus). Jadi kalau hal itu dianggap sebagai Kristen aliran baru ya maaf salah sebab Gereja perdana adalah adalah termasuk Kriten Ortodhok yang berpusat di Yerusalem, dedangkan Kristen Katolik berpusat di Roma (Vatikan) setelah Kristen berkembang ke Eropa. Mungkin bagi Indonesia memang Kristen Ortodhok dianggap baru Ya. tetapi itu bukan agama baru bagi dunia, walau perkembangannya tidak sepesat Kristen Katolik, tetapi di kota-kota besar seperti Jakarta, Surabaya, dan kota-kota besar lainnya sudah ada. Apakah itu aliran sesat? Bagi pengikut agama Kristen tidak ada aliran sesat, karena penentu kesesatan/tidak sesat suatu agama/kepercayaan/ keyakinan hanya milik Allah Yang Maha Kuasa. Biarlah semua tumbuh dan berkembang di dunia ini, toh nati di hari terakhir (kiamat) Allah sendiri yang akan memisahkan mana yang melaksanakan perintah-NYA akan diajak masuk ke dalam kerajaan-NYA (surga) dan yang munafik (mengaku setia/melaksanakan perintah-NYA) tetapi hanya karena takut sama manusia (termasuk orang tuanya) takut sama lingkungannya tidak layak dihadapan-NYA. Sebab Allah harus dikasihi melebihi segala sesuatu dan dibuktikan dengan harus mengasihi (termasuk memelihara) segala ciptaan-NYA terutama manusia apapun suku, bangsa, agama, warna kulitnya seperti mengasihi dirinya sendiri. "Hendaklah kamu saling mengasihi seperti AKU (Allah) mengasihi kamu". artinya, Allah mengasihi semua manusia tanpa pilih kasih, yang baik, dan yang jahat sama-sama dikasihi-NYA.

      Hapus
  3. Admin nya sedikit radikal menjelaskannya.
    Agama islam itu bukan buatan manusia. inget itu ya...!!!

    dan satu lagi saya juga suka pelajaran sejarah, yg jelas jika saya menjadi guru sudah pasti ngejelasinya dengan santun & bijaksana.

    terima kasih atas postingannya, semoga bermanfaat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. santai mas, santai. saya juga manusia bisa juga khilaf yaah.
      Islam diturunkan Allah SWT melalui Nabi Muhammad SAW , disebarkan oleh beliau pula yang notabene manusia, maksud saya begitulah.

      yap saya juga kalo jadi manusia yang santun dan bijaksana , comment di blog orang pasti ngasih kritik dan saran dengan yang santun pula , bukan dengan dateng" langsung men-judge radikal , perbanyak tanda seru , dsb :)

      ya terimakasih kembali.

      Hapus
  4. Asyhadu an-Laa Ilaaha Illallah wa Asyhadu an-na Muhammadarrosuululloh.

    Artinya Aku besaksi Tidak ada sesembahan yang berhak disembah selain Allah dan aku bersaksi bahwa Muhammad adalah Utusan Allah.

    BalasHapus
  5. ngawur,,,
    klo ngga ngerti ttng aneka ragam agama,jngn kepintran.setiap manusia itu pnya iman trsndri kepda tuhan nya.
    agama ortodok udh ada sjak dahulu.bkn agama baru.klo km mrsa yakin dngn iman km skrng,ya cukup km yg tau.jngn trllu ngurusin iman org lain.salah org bsa km lihat,dosa km andri km ngga bsa lihat.
    #tobat

    BalasHapus
  6. nambahin dikit ya...
    untuk puas KOS itu Rabu - Jum'at bukan senin kamis..
    itu juga ada asal mulanya..yaitu rabo memperingati abu dan jum'at agung...
    tq
    shalom alekem

    BalasHapus
    Balasan
    1. terimakasih, udah saya edit ya ..

      *kan kalo comment masukan & kritiknya gini enak .. kalo kritik-nya pake emosi + judge" gimana mau diterima, kayak terguncang gitu..

      Hapus
  7. 1 Lagi kata admin agama itu di buat oleh manusia, ane setuju, memang agama itu manusia yang buat.. khususnya agama Kristen, Hindu & Budha.. tapi kalau Islam itu Ad-Din Syari'at Allah di Muka Bumi Allah ini. akan murni hingga akhir zaman.. jadi jika Admin berkata Agama itu dibuat oleh Manusia, maka bisa saya simpulkan Admin adalah Kristen, mengatakan dirinya seperti Islam, untuk pendangkalan Aqidah..

    BalasHapus
    Balasan
    1. mas mencari skripsi ..
      terimakasih masukannya ya nanti saya edit. ilmu agama saya gak tinggi" banget, saya juga manusia biasa, di akhir tulisan saya bilang maaf klo ada salah kata mohon koreksi ..
      itu sebenernya salah saya emang , salah penyampaian .. maksud saya itu tiap Agama masing" itu ada yg menyebarluaskan , Islam ya nabi Muhammad , dst .. saya akuin emang, salah.
      tapi kok bisa"-nya simpulkan saya Kristen & pendangkalan akidah cuma karna ke khilaf-an di tulisan, gak mendasar .. anti banget ya ama Kristen? kok terguncang gitu takut akidahnya kedangkal cuma karna tulisan.

      Hapus
  8. Kalau membahas masalah agama memang sensitif sob, maklumi aja...
    Yang terpenting bagi kita umat Islam pegang teguh Al Quran dan Hadist, serta pegang teguh rukun Islam dan rukun Iman...

    BalasHapus
  9. akhirnya nemu blog yang membahas tentang ini. bener min, banyak skrg di sosmed yg ngomong tentang agama Ortodoks ini.
    sy katolik, dan dari dulu jg sy sdh tahu kalau katolik timur memang seperti itu.
    di indonesia jg ada di salah satu gereja katolik yang saat mengikuti misa memakai tutup kepala.
    dan itu tidakmembuat sy kaget,
    oh iya min, bahas dong tentang penyebaran agama d indonesia, yang katanya agama kristen disebarluaskan melalui penjajah, sedang kan islam melalui dakhwah. thank's min. GBu

    BalasHapus
  10. ya sob..tambahan untuk sobat muslimin wal muslimat.
    seperti sang diomongkan rizal achmad.
    jangan sampai kalian mengikuti aliran ini sob..(karena ini sesat) agama yang benar dimuka bumi ini adalah Islam karena islam itu dijadikan Rahmat oleh ALLAH SAW .menjadi rahmat bagi seluruh alam.
    dan.pegang teguhlah Al-Qur'an dan Hadits,karena itu anjuran yang diwajibkan oleh Nabi kita sayyidina muhammad SAW,..
    karena nabi kita,adalah utusan ALLAH yang terakhir dimuka bumi ini..
    dan sungguh kalian akan menyesal jika ,kalian mendustakannya..
    Adzab yang besar akan menimpa orang2 yang berpaling dan mendustakannya..
    Sebab.aku yakin..bahwa kelak kalau A-Qur'an sudah diangkat oleh ALLAH SWT.maka dunia ini akan hancur /rusak.(QIYAMAT).dan tersisakan orang2 yang tidak beriman kpd ALLAH SWT..dan mereka inilah yang akan menemui hari pembalasan (qiyamat) ..dan sungguh orang2 seperti ini adalah seburuk-buruknya seseorang.

    CAMKAN ITU !!!
    aku disini hanya mengingatkan saja.
    dan tidak lain ,NABI MUHAMMAD SAW adalah sebagai peringatan bagimu.

    takns..
    MOHAMMED AMIN ROFIQI

    BalasHapus
    Balasan
    1. terimakasih komentarnya mas rofiq , semua saya Amin-kan & percaya karna saya juga Muslim ..
      tapi maaf sebelumnya mungkin masukan aja untuk kalimat "jangan sampai kalian mengikuti aliran ini sob..(karena ini sesat) agama yang benar dimuka bumi ini adalah Islam karena islam itu dijadikan Rahmat oleh ALLAH SAW .menjadi rahmat bagi seluruh alam."

      "karena ini sesat" , kita sebagai Muslim yg Rahmatan lil alamin mungkin ada baiknya perkataan yg begitu disimpan dalam hati .. semua penganut agama sih ya menurutnya begitu , untuk umat Kristen ya Islam itu sesat , klo gak sesat ngapain dia jadi Kristen ? sama kayak Islam juga pasti gitu .. tapi ya itu , kita gak boleh memecah persatuan sesama manusia .. andaikan ada umat Kristen Ortodoks yg baca komentar mas "karena ini sesat" , mereka pasti sakit hati & berpotensi menimbulkan permusuhan .. bikin orang sakit hati & berantem soal agama di socmed juga nambah dosa kan , berarti kita walaupun Islam ya bukan berarti tindakan kita selalu bener juga .. lebih baik kita menegur akidah sesama temen Muslim aja klo misal ada yg salah, dan pertebal iman sendiri aja, mau agama lain itu sesat / enggak , ya simpen dalam hati ..
      di Islam diajarkan juga kan hubungan ke Allah (Habluminallah) dan ke sesama manusia (Habluminannas) ..

      Hapus
    2. mas admin blog ini, tetep sabar ya...
      susah emang menciptakan toleransi beragama kalau salah satunya udah merasa paling benar...
      Kalau Agama dipahami dengan hati aja: bisa jadi fanatik
      Kalau Agama dipahami dengan logika aja: bisa jadi kafir
      Kalau Agama dipahami dengan hati dan logika: bisa jadi bijaksana

      jadi mereka hanya menjalani perintah dari serangkai sabda, tanpa difikir dulu konteks zaman dan lainnya

      trims

      Hapus
  11. hehe, mampir aja yu ke http://kazekate.com/kristologi/kristen-ortodox-syiria/

    mereka tidak baru, tapi di Indonesia memang baru keliatan

    BalasHapus
  12. orang kristen lebih sabar ya dari orang islam...
    beberapa orang islam(gak semua lho) itu emosinya lho, serasa paling dekat dan paling ngerti Tuhan.. padahal dia hanya setitik debu di luasnya jagadraya ini, gimana mau merasa paling bisa memahami Tuhan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  13. Untuk mu agama mu, untuk ku agama ku...
    Saling menghormati, saling menghargai...

    BalasHapus
  14. Wah...tulisan yang sangat komunikatit dan informatif....komen2nya juga...owh yah teman2...ternyata Fir'aun itu bisa jadi Tuhan (Hot Topic), tapi katanya ada beberapa hal yang tidak bisa ia penuhi....nah lebih jelasnya bisa langsung ke sumbernya,,,,saya juga cuma baca...di sini http://adf.ly/utF2b

    BalasHapus
  15. sekedar info buat teman2 muslim yang menuduh KOS itu meniru Islam, bahwa dalam Islam ada cerita tentang Muhammad yang bertemu seorang rahib di Syria ketika berdagang, rahib itu bernama Bahira (Sergius menurut sumber Kristen). Bahira ini berasal dari Syria, dari Gereja Nestorian/Assyria.
    Gereja Syria ada dua : Syria Barat (Gereja Ortodoks Syria) dan Syria Timur (Gereja Nestorian/Assyria).
    demikian pula Waraqa bin Naufal bin Assad, saudara Khadijah, yang merupakan uskup Mekka, juga kelompok orang2 Kristen dari Najran yang berdiskusi dengan Muhammad. Demikian juga dengan orang2 negeri Habasya / Etiopia yang menjadi perlindungan umat Muslim ketika dikejar2 orang Quraysh. Mereka semua termasuk dalam Gereja Ortodoks.
    Jika mereka sudah ada sebelum Islam, bagaimana bisa dituduh meniru???

    Shlama lekon.

    BalasHapus
    Balasan
    1. next admin bahas tntang ortodoks lebih mendalam ya biar para komentar2 dsni gk pada ngawur. ane jg pengen nyimak ortodoks lebih dalem. dan kenapa jadi penganut minoritas. ktimbang khatolik dan protestan.

      Hapus
    2. saya sih juga yakin bahwa kristen ortodoks ini gak meniru islam, dan islam juga gak meniru kristen ortodoks, tetapi islam turun untuk meluruskan ajaran2 sebelumnya yang sudah mulai menyimpang dan menyesatkan, karena semua agama pada hakikatnya mengajarkan tauhid, tapi pengikut2nya aja yang bebal.

      Hapus
  16. kristen ortodoks setau ane itu ajaran yang memang 80% mirip dgn ajaran islam. bahkan ada org islam menikah dgn kristen ortodoks. tanpa salah satu pindah agama. yang bilang kristen ortodoks itu ajaran sesat. lo yang dalamin agama kurang dalem. asal jebleh aje tanpa ada dasarnya. dan berita kristen ortodoks itu agama baru itu hanyalah orang2 bodoh yang baru mengerti tentang sejarah agama. jangan mau d bodohkan media. pahami sejarahnya. baru kalian bisa berkata-kata.

    BalasHapus
  17. agama kristen otordoks ternyata keren juga tuh! yang pastix semua agama itu keren selama ajaranx mengajarkan kebaikan, udahlah! brhntilah berdebat dan menghina agama lain! tak ada satupun agama didunia ini bisa dipastikan 100% kebenaranx, krna baru bisa kita buktikan kebenaranx setelah kita sudah meninggal, dan saya yakin kbxkn agama itu bkn buatan manusia, tapi melalui proses keajaiban yang dialami oleh pmbawax

    BalasHapus
  18. kita ini sudah hidup dizaman modern! jadi ngga jamanx lagi memperdebatkan agama! semua agama itu baik slma ajaran agama trsbut mmbuat pemelukx terasa tentram dan damai. mskipun beda agama, kita semua harus saling mnghrgai dan saling menyayangi. kita semua harus kedepankan HAM dan tolak sgla kekerasan atas nama agama

    BalasHapus
  19. agama orang itu ngga boleh diremehkan atau sampai dihina atau dikatakan salah dan langsung dicap buatan manusia! krna slma saya pelajari dalam berbagai buku! pembawa agama itu mengalami proses pengalaman keajaiban yang menakjubkan saat pertama kali mendapat ajaran kitab suci! ini membuktikan kitab suci mereka diturunkan oleh sang luar biasa dan maha tinggi sprti yang dialami nabi muhammad ketika menerima wahyu ketika digua hira, hax saja proses kejadianx berbeda

    BalasHapus
  20. siapapun agamax dan apapun ajaranx siapa yang benar, baru kita bisa buktikan kebenaranx setelah kita mati! maka dari pada itu sebaikx kita saling tolong-menolong dan saling menyayangi dan saling menghargai perbeda'an, dengan begini! tuhan pasti tersenyum diatas sana

    BalasHapus
  21. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  22. nambah wawasan yg luar biasa trims

    BalasHapus
  23. admin terima kasih penjelasan anda , dari kata2mu saya yakin anda orang yang bijak.berbuatlah kebaikan didunia ini itulah yang paling penting daripada hanya menganggap diri paling benar dalam beragama.

    BalasHapus
  24. sebagai umat beragama yg baik , seharusnya kita jg dpt memahami dari sejarah yg ada bukan malah membuat omongan yg ga bener dan ujungnya malah menimbulkan Sara dan kesalahpahaman.. trims

    BalasHapus
  25. Allah Maha Tahu.
    Semua yang kita lakukan di dunia ini pasti akan dibalas di akhirat kelak.
    Tidak perlu mengecam tulisan ini hoax, tulisan ini salah, atau tulisan apapun salah.
    Silahkan intropeksi sendiri tulisan anda itu salah atau tidak.
    Tidak usah menyalahkan tulisan orang lain. Anda juga tidak mau disalahkan bukan?
    Anda sendiri juga tidak mengerti apa itu Kristen Ortodoks, jadi tidak perlu berkomentar dan menyalahkan lain pihak.
    Berkomentar boleh, tapi harap menggunakan adab dan tata krama yang tidak mengandung unsur SARA.
    Terima Kasih.

    BalasHapus
  26. Jadi pengen ikut komentar..hehe..
    Guys..
    Agama adalah kumpulan aturan dari sesuatu yang di tuhankan (nampak ataupun tidak tergantung masing masing kepercayaan/agama) agar penganutnya berada di jalan yang benar dan lurus.
    Entah agamamu islam, kristen, hindu, budha, atau apapun itu. Setiap agama poin utamanya adalah membimbing penganutnya untuk menjalankan kewajibannya kepada tuhannya..
    Dan jelas sekali.. di setiap agama di ajarkan untuk saling menghargai, saling menghormati..
    Boleh engkau terpelajar, tapi apakah pantas orang terpelajar berkata kotor?, menghasud, memfitnah, mengadu domba.. entah apapun itu..
    Boleh engkau ahli dalam agamamu, tapi pantaskah engkau menghujat agama lain?
    Cara mudah untuk menghentikan ini semua adalah perbaiki diri kita masing masing, pelajari agama kita masing masing, renungi, pikirkan, pakai akal pikiran kita, amalkan perintah agama kita masing masing.. dengan itu kebenaran akan terkuak sendirinya..

    BalasHapus
  27. Teeimakasih buat admin, jadi nambah wawasan sejarah.

    BalasHapus
  28. Kalau membahas jangan mengedepankan emosi. Kecap itu tak ada yg nomor dua mintanya nomor satu. Siapapun berhak masuk surga, bukan klaim agama tertentu saja. Agama tertentu itu tujuan atau alat untuk mencapai tujuan. Sebenarnya janganlah saling mengejek tak ada gunanya terus dapat apa

    BalasHapus
  29. Yang jadi masalah admin orang indonesia atau bukan,so...kalau orang indonesia jangan admin bikin bikin aturan sendiri,indonesia hanya mengakui agama islam,kristen,hindu,budha,lu jangan bikin indonesia mau di jadikan timur tengah, agama ente lu bawa bawa kesini,biarkan indonesiaku damai ,pasti lu antek zionis yang nggak mau liat indonesia damai dan indah,tak ingatin ma lu min.aparat aparat penegak hukum dan masyarakat indonesia akan jaga indonesia tetap damai,jangan kau bawa virus virus timur tengah untuk ngerusak indonesia.pergilah jauh jauh dari negeriku,jangan kau coba coba kacaukan negeriku.kalau mau cari tambang jangan di indonesia,lu paling agen zionis yang menyamar....belangmu udah ketahuan min.NKRI harga mati...jangan kau bikin rusuh di negeriku

    BalasHapus
    Balasan
    1. udah pernah belajar ttg yg namanya "Suudzon" bung? gmn hukumnya di Islam? :D dan oke klo situ mau blg saya antek zionis wahyudi mamarika dsb. tapi saya minta penjelasan dari perkataan anda, dipertanggung jawabkan yah, jawab satu".

      tunjukkan di tulisan saya yg sekiranya:
      1. Bikin aturan sendiri di Indonesia
      2. Mau jadikan Indonesia kyk timur tengah dengan membawa virus" (?)
      3. Mau mengacaukan negeri Indonesia

      jabarkan penjelasan dari 3 point diatas, konteks nya dalam tulisan saya bukan koment" di artikel ini. pertanggung jawabkan perkataannya ya, udah saya capture..

      Terimakasih dan Wassalam :)
      ohya satu lagi, jangan lupa piknik..

      Hapus
    2. dan satu lagi, gue Islam dari lahir, sekeluarga Alhamdulilah smua Islam. sekali kali belajar sejarah ttg kristen ortodoks, kristen protestan-katholik, hindu, budha, dll. gak ada larangan belajar sejarahnya, jangan mengikuti ajarannya. banyak tau banyak ilmu, biar otak gak stuck di situ" aja.

      Hapus
  30. Saya lahir sebagai wanita islam.ins sha Allah keislamAn ini saya jaga sampai mati.sejak SD sampai SMA saya tinggal dan bersekolah di pondok pesantren.selama itu pula saya mencoba memahami islam dengan meNGAJI..dari asal kata KAJI..
    Allah memberi kita akal pikiran dan sumber kajian yg beragam di semesta ini.termasuk adanya berbagai macam agama dan kepercayaan.
    Sebagai muslim saya sedih melihat teman seumat saya sekarang ini.mereka berpikir,bicara,bertindak dengan nama Allah.tapi Allah yg mana?
    Allah dalam islam yg saya kenal itu maha pengasih dan penyayang..tidak menyuruh umatnya menyakiti hati manusia lain.
    Kalian bilang hati2 dengan agama lain..
    KalAu iman islam kalian sudah baik,kenapa harus merasa terancam dengan keyakinan yg lain?malah terlihat hati kalian meragu..
    Semua keunggulan shalat,puasa,dan berhijab dibahas habis dlm al-quran,Kalau kalian tau semua itu baik..lalu kenapa kalian tidak rela ada agama lain yg juga menjalankan ajaran dengan tata cara yg hampir serupa?apa kalian ngga mau berbagi hal baik?astagfirullah kecil sekali hati kalian.
    Agama itu keyakinan,keyakinan itu datangnya dari hati..hati manusia berbeda2..dan sekeping hati itulah sebenarnya menuntun kalian.
    Hati yg baik akan selalu berada di tempat baik,entah di dunia atau kehidupan setelahnya.hati yg buruk di tempat yg buruk,apapun agamanya.jaga hati dan iman kalian..itu saja..

    Yang marah2 nda terima agama itu buatan manusia,
    "Agama itu turun dari Allah"
    Kalo gitu agama ngga perlu dibela!
    Allah ngga perlu pembelaan..
    Lalu kenapa kalian marah2?

    Untuk admin..you've doing such a good thing.,yg tau arti berbagi,dan mau belajar.semoga kita menjadi muslim yg
    Berilmu dan dicintai Allah yah..

    BalasHapus
  31. Hey saudara2 muslim ku sekalian..pasti dari kecil udah disuruh Ngaji kan?apa itu ngaji?ngaji berasal dari kata Kaji..
    Begitu banyak sumber kajian yg Yg Allah siapkan di semesta ini,apalagi sekarang udah jaman serba virtual,blog ini jg bs jadi sumber kajian ilmu buat kalian,bukan tempat adu argumen demi mencari kesalahan atau pembenaran..
    Kalau kalian muslim yg baik,harusnya kalian paham,benar itu mutlak milik Allah.

    shalat,puasa,zakat,berhijab bagi wanita,adalah ajaran2 islam yg dasar dan filosofi nya adl baik.kalau ada agama atau kepercayaan lain yg menjalankan tata cara ibadah yg hampir sama,lalu kenapa kita tidak rela?tidak rela kah anda berbagi kebaikan?sayang sekali,berarti hati anda terlalu kecil.

    Kalian menyerukan untuk berhati2 terhadap agama atau ajaran lain?kalau kalian meyakini islam dengan sepenuh hati,harusnya kalian jangan kuatir,,karna kuatir itu hanya untuk orang2 yg meragu..

    Kalian tidak terima kalau agama dibilang buatan manusia?kalian kok lucu..
    Kalo kalian yakin agama islam datang dari Allah,bukan buatan manusia,lalu kenapa kalian harus marah?
    Islam tidak perlu dibela..
    Allah tidak butuh pembelaan..

    BalasHapus
  32. Assalamu alaikum.. Ingat surat al kafirun yang berbunyi : lakum diinukum , wa liyadiin.. Bagimu agamamu bagiku agamaku .. Yang sesat biarlah sesat.. Yg kafir biarlah kafir saudaraku biarkanlah mereka.. Sungguh Allah akan memenuhi jahanam dengan jin dan manusia.. Untuk saudaraku seiman se akidah.. Ingatlah ini.. Allah berfirman: Sesungguhnya orang-orang kafir, sama saja bagi mereka, kamu beri peringatan atau tidak kamu beri peringatan, mereka tidak juga akan beriman. Allah telah mengunci-mati hati dan pendengaran mereka dan penglihatan mereka ditutup dan bagi mereka siksa yang amat berat. (Q.s. al-Baqarah, [2]: 6-7)
    Bersyukurlah kalian yg telah diberikan nikmat islam yang lurus.. Dan hidayah yg tiada hentinya mengalir. Ayo perbaikin rukun islam yg 5 dan rukun iman yg 6 .. Ikhwan dan akhwat semoga kalian tetap teguh dan terjahkan dari subhat dan kesesatan yg batil.. Bagi org 2 kafir di room ini di biarkan sajalah.. Ayo tingkatkan takwa.. Perbaiki Tauhid rububiyah dan Tauhid uluhiyah kalian.. SEMANGAT SAUDARAKU!!!! Ngomong2 silahkan amalkan hafalan surah Al Kahf dari minimal ayat 1 smpai 10. Salah satu keutamaanya adalah terhindar dari fitnah Daddzal dan kesesatan.. Sehingga jika kita dihadapkan kesesatan insya Allah kita akan melihatnya kesesatan tersebut dengan sangat terang dan jelas sehingga kita diselamatkan oleh Allah.. Ada beberapa hadist yg mensahihkan amalan tersebut sesuai petunjuk hadist.. Silahkan dipelajari dahulu dan di check.. Jadi kesimpulanya yg kafir biarlah kafir.. Nereka itu masih sangat luas.. Dan ingat Allah sangat tidak suka perbuatan mubazir.. Artinya mubazir kalo neraka diciptakan sangat luas tp sepi.. Biarkan mereka asyik dengan kekufuran mereka yg mendustai agama islam dan kerasulan Muhammad.. Afwan akhi dan ukhti jika ada yg salah itu murni dari sy dan bisikan syetan.. Yg benar dari Allah saja yg haq.. Allahu aqlam bishowab.. Zakakumullah khoir.. :) assalamu alaikum warahmatullahi wabarakatuh..

    BalasHapus
  33. Assalamualikum..
    Min tolong di jelasin tentang tulisan ini yg luh tulis ( entah apa agama lo .. entah Tuhan yang mana yang lo iman-i),,
    Soalnya dengan begitu luh percaya adanya tuhan selain ALLAH SWT..

    BalasHapus
    Balasan
    1. yee pandangannya ngebaca kalimat itu harus lebih luas lagi.. kalimat itu gak brrti gue PERCAYA Tuhan lain selain Allah, tapi lebih ke memposisikan diri sbg penulis. yg baca blog gue bukan org Islam aja, pasti banyak non-Islam jg. bayangin klo gue nulis "entah apapun agama lo, Tuhan apa yg lo sembah, ayo mulai sembah Allah SWT!", pastinya bakal perang di komentar & ngatain yg nulis antek" abu sayyaf bro 😂

      Hapus