Valentine's Day ..

*copas = cantumkan sumber .
if u don't want someone to copy your content ,
so don't copy others and make it yours .
show your respect*

ni dikupas dari 2 macam sejarah , sejarah Romawi & Penyembahan Berhala .
gue udah keliling di mbah google soal sejarah valentine ini , dan coba gue tulis ulang dari apa yang udah gue baca (kalo gue copas semua nanti pada bingung muter" penjelasannya) .

      "gimana sih sejarah hari valentine ?"
pertama dari Romawi ya . jadi Valentine itu sebenernya seorang Martir (klo di Islam smacam 'Syuhada') , yang karna ke dermawanannya jadi dia dikasih gelar Saint / Santo , alhasil namanya jadi St.Valentine .
St.Valentine ini juga seorang Uskup yang biasanya diam" menikahkan tentara Romawi .. soalnya tentara Romawi ini gak dibolehkan nikah atas perintah Raja Claudius II , dgn alasan supaya fokus sama perang doang (supaya selama perang gak mikir keluarga) ..
tapi stelah berlangsung lama , kerahasiaan ini terbongkar , St.Valentine diseret raja Claudius II ke penjara , dan bakal di eksekusi mati sewaktu waktu ..

didalam satu penjara , ada satu tahanan lain yang namanya Asterius .. nah asterius ini punya anak cewe yang tuna netra (buta) .. diam" St.Valentine suka sama cewe itu (karna si cewe ini sering jengukin ayahnya jadi sering ketemuan) .. karna terdengar kabar St.Valentine mau di eksekusi dlm waktu dekat , dia mau kasih mukjizat ke cewe pujaan hatinya tsb (btw St.Valentine bisa sembuhkan orang sakit) . sehari sebelum tersiar kabar St.Valentine mau di eksekusi , dia nulis sebuah surat di penjara nya , yg didalam surat tsb dikasih semacam bubuk . disaat si cewe jenguk ayahnya , disaat itu juga St.Valentine sekalian ngasih surat itu ke cewe-nya & berpesan kalo didalam surat itu ada semacam bubuk yang kalau diusap ke mata si cewe , niscaya si cewe bakal bisa ngeliat lagi .. tapi surat itu harus dibuka tunggu St.Valentine udah di eksekusi , itu pesannya .. si cewe nangis , dan mereka sambil pelukan tanda bakal pisah ..

besoknya , 14 Februari 270 M , akhirnya St.Valentine di eksekusi mati dgn cara di gantung …..
setelah si cewe tau pujaan hatinya udah meninggal , dibuka lah surat itu pelan" …. diusapkan sedikit bubuk 'ajaib' ke matanya , pas dibuka alhasil dia bisa ngeliat kayak orang normal . dan dibaca-nya surat itu sambil nangis , gue lupa keseluruhan isi suratnya apa (tiap sumber beda" isi suratnya , jadi kayak ngarang) , tapi yg jelas di akhir surat tertulis ”DARI KEKASIHMU , VALENTINE …….”

jadilah 14 Februari ini dijadikan orang" Romawi sbg hari PENGHORMATAN kepada St.Valentine , karena kedermawanannya menyatukan cinta" di kalangan para tentara disaat itu ..
tapi FAKTA-nya … smua tgl 14 Februari itu hari penyembahan buat para dewa-dewi Romawi JUGA (sebelum ada kisah St.Valentine) ..
1. Pernikahan Dewa Zeus & Hera .
2. Penyembahan untuk Juno Fructifier , Dewi Pernikahan Romawi .
3. Penyembahan kepada Faunus , Dewa Kesuburan Romawi .
4. Penyembahan kepada dewa Romawi , Lupercalia .
5. Dll …

yg jadi pertanyaan , apa iya orang” Romawi itu menjadikan 14 Februari sbg hari mengormati St.Valentine doang atau cuma alibi untuk sekalian menghormati dewa mereka ? karna ada seorang Teolog Kristen blg gini :
”ini adalah tentang waktu dimana kita menguji bentuk berhala yang berlabel Kristen . ini adalah waktu untuk kita keluar dari pembodohan bangsa Romawi & kembali ke Iman kita .. berhentilah mengajari anak2 kita dari bentuk2 berhala & ajarilah mereka apa yang alkitab benar2 katakan..”
 klo emang bener , jadi bisa dibilang bahwa Valentine’s Day ini TIDAK ADA HUBUNGANNYA sama suatu keyakinan , tapi lebih condong ke penyembahan terhadap Dewa-Dewi Romawi ……

     "apa hukum-nya orang Islam yg ngerayain Valentine (atau perayaan di luar Islam lainnya) ?"
gak mau judge terlalu jauh gue , soalnya gue juga bukan manusia suci . gue cuma merujuk ke Q.S & Hadist berikut :
1. "kamu akan mengikuti perilaku orang2 sebelum kamu sejengkal demi sejengkal , sehasta demi sehasta , sehingga kalau mereka masuk ke lubang biawak kamu pun ikut memasukinya .." -[HR.Bukhari]-
2. "dan sesungguhnya jika kamu mengikuti kemauan mereka setelah pengetahuan datang kepadamu , maka Allah tidak lagi menjadi pelindung & penolong bagimu .." -[QS.Al-Baqarah 2:120]-
3. "dan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mempunyai pengetahuan tentangnya . sesungguhnya pendengaran , penglihatan , dan hati , semuanya itu akan diminta pertanggung jawabannya .." -[QS.Al-Isra : 36]-
trakhir nih ….
Rasulullah bersabda ,"barang siapa yang meniru atau mengikuti suatu kaum , maka dia juga termasuk kaum tsb .."

jadi , terserah kalian mau memaknai hari Valentine itu sebagai hari apa .. kalo cuma untuk kasih sayang ke sesama mah , biar bukan hari valentine juga bisa .. contohnya hari ibu juga , everyday is mother day , masa euphoria sayangnya ke ibu cuma setahun sekali :p

 -[ dikutip dari berbagai sumber ]-

Share this:

0 komentar:

Poskan Komentar