Pengalaman Gue Dari Kista Ampe Salah Suntik

*copas = cantumkan sumber .
if u don't want someone to copy your content ,
so don't copy others and make it yours .
show your respect*

jadi gini ceritanya .. gue ceritain asal mula penyakit kista gue ini dulu yaa ..
awal mulanya 4 tahun lalu , zaman" gue masih SMA tuh . gigi gue itu berlubang , tapi gue biarin aja .. kalo sakit ya cuma gue tahan walau ampe keringat dingin , trus obat ya cuma obat dari warung + kumur" air garam .. padahal pengen sih cabut / tambal , tapi kan kalo sakit dokter gak berani ambil tindakan , tunggu sembuh dulu & gak sakit lagi (urat syaraf gak tegang) .. nah tapi kalo udah gak sakit , udah enak lagi , yaudah deh mau cabut / ditambal itu terlupakan , dalem hati bilang "ah udah enak lagi , gak usah di apa2-in deh .." , gitu .. kalo udah muncul sakitnya ? tahaaan lagi , obat dari waruuung lagi , gitu aja terus .

beberapa tahun kemudian , yaa pas udah lulusan SMA gitu , gigi gue yang berlubang itu udah gak ada rasa apa" lagi , alias mati alias nikrosis kalo istilah medisnya ... gue seneng banget :D tapi , ternyata itu awal malapetaka beruntunnya .

tahun lalu tepatnya (2013) , limfosit gue bermasalah .. gue gak terlalu ngerti perihal limfosit" ini , soalnya waktu itu nyokap bokap yang ngurusin & yang paling banyak ngomong ama dokternya .. yang jelas itu pertama kali seumur idup gue di operasi besar , kelenjar getah bening gue yang di leher bengkak & rasanya sakit banget  , jadi diangkat gitu .. gue di rawat inap 4 hari . apa penyebab limfosit gue bermasalah ? ya karena tiap gigi gue sakit , gue tahan aja ampe badan panas dingin , keringetan kayak mandi , ya sampe akhirnya ada masalah ama kadar limfosit & imbasnya ke kelenjar getah bening itu ..

selesai operasi , rawat inap , pulang deh .. gue jalanin aktifitas kayak biasa . gue kira semua udah selesai , tapi ternyata salah .. kesalahan gue waktu itu : udah nyembuhin penyakit , tapi gak mau cari tau & nyembuhin asal mula penyakitnya , ya gigi yang berlobang itu .

klimaksnya sekitar pertengahan desember 2013 , pipi gue bengkak , asli panik banget .. bengkaknya itu tiba" , pas bangun tidur pagi .. akhirnya gue minta temenin nyokap ke RS buat periksa itu apaan .. gue dirujuk ke dokter bedah , dan akhirnya diperiksa deh .. dalam rongga mulut gue sebelah kiri (tempat bengkaknya) itu disuntik ampe kebal semua , trus bengkaknya itu dibelah .. isinya ? darah segar yang mungkin ampe 2 gelas gede , ama nanah .. asli kaget gue , gue kira gue kena santet atau apa gitu -__- ternyata enggak , masih ada hubungannya ama gigi gue yang berlubang ..

Dokter ,"ada gigi berlubang mas ?"
gue ,"ada dok , tapi ini udah gak sakit lagi .."
Dokter ,"gak di tambal atau dicabut ?"
gue ,"wah gak pernah .."
Dokter ,"ini pembengkakan atau abses , biasanya disebabkan karna gigi berlubang mas .. nanti selesai luka ini kering langsung periksa ke dokter gigi lagi ya .."
gue ,"iya dok .."

deg , gue kaget .. ternyata masih ada hubungannya ama gigi berlubang yang gue "pelihara" .. bener" kayak bom waktu .

selesai isi dari abses itu dikeluarkan , pipi gue di perban deh .. dan selanjutnya gue berurusan ama asisten dokter bedah itu untuk rutin ganti bedah , mbak" cantik :D makanya gue rajin banget tiap hari ganti perban hahahaha  ... ketemu ama dokter tiap mau minta resep obat aja . ganti perban itu ampe sekitar semingguan , selanjutnya gue dibolehin ganti perban sendiri dirumah ..

pas luka bekas belahan itu udah kering , gue lanjut lagi deh konsultasi ke dokter gigi , di RS yang sama .. disini dia , banyak banget surprise yang gue dapet . awalnya gue berhadapan ama dokter yang cukup galak , dengan kumis tebal ..

Dokter ,"kenapa ini pipi-nya pake perban ?"
gue ,"ini abis bengkak dok , katanya akibat dari gigi berlubang .. sampai sekarang gak saya apa2-kan sih giginya .."
Dokter ,"wah kamu ini .. itu gigi loh ! jangan dianggap remeh ! sudah berapa lama dibiarkan itu yang berlubang ?"
gue ,"sekitar 4 tahun-an dok .."
Dokter ,"masya Allah .. mas , 1 gigi berlubang itu bisa masuk ratusan penyakit loh , saya kasih tau aja kamu .. jantung , kerusakan syaraf di otak , bahkan itu bisa disebabkan dari gigi yang berlubang .."
Dokter ,"iya dok , saya lalai ..."
*blablabla*

pokoknya gue diceramahin abis"-an ama si dokter ( -.-)/| abis diceramahin itu ya gue disuruh baring , trus gigi gue diperiksa semua .. yang jadi perhatian ya gigi gue yang berlubang itu . nah tapi dokter ini gak langsung apa"-in gigi gue , dia nyuruh gue rontgen dulu , sekalian mau liat pipi gue yang bengkak itu , siapa tau di pinggir pipi-nya masih ada tumpukan nanah & darah yang menggumpal gitu .. dan dia takutnya gue udah kena kista , gara" gigi berlubang itu kelamaan dibiarin .. soalnya banyak pasien dia yang kayak gitu . dan ternyata apa yang diperkirakan si dokter bener , dari hasil rontgen itu gue divonis kena kista ..



asli gue kaget banget , bener" terguncyang ..

gue ,"jadi gimana dok ?"
Dokter ,"ya mau gak mau itu kista harus diangkat .. kamu harus di operasi .. tapi kayaknya pipi kamu yang bengkak ini bukan masalah dari kista ini , tapi dari gusi kamu di ujung itu udah nutupin gigi , jadi harus dipotong itu .."
gue ,"gusi dipotong ?"
Dokter ,"iya .. jadi masalah pipi bengkak kamu itu karna gusi kamu udah ngambil tempat dari gigi yang di ujung , sering kegigit , bengkak lah .. kalau kista ini , akibat dari gigi berlubang kamu itu .. sudah banyak kuman masuk .."

ini gambaran gusi yang nutupin gigi itu , gusi kayak gini pasti nutupin gigi paling ujung (geraham bungsu ya namanya?)


ya , jadi 2 masalah sekaligus itu .. dokter gak bisa ngerjain semua sekaligus , harus satu" .. kalo semua sekaligus gue bisa" gak bisa tidur harus nanggung nyeri 2x lipat .__. jadi dokter ini sarankan gue potong gusi dulu .. jadi deh , besoknya gue potong gusi .. itu pertama kali gue potong gusi , asli sensasi-nya gilaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa banget !!! ada suara mesin kayak genset gitu di belakang , trus dibawah ketiak gue harus ditempel apaa gitu supaya gak nyetrum , trus selang dimasukkan ke mulut gue yang kadang bikin mual , dan yang gue kaget bau gosong !! gue baru tau soalnya motongnya pake laser :| jadi gusi gue kayak dibakar gitu pake laser , alhasil bau gosong 1 ruangan itu .. bius-nya juga keren , bukan suntikan , tapi bentuknya kayak pistol gitu .. jadi langsung nancep tuh jarum ke rongga mulut , 10 menit-an seluruh mulut langsung kebal & kram gitu ..

habis potong gusi , gue dikasih banyak obat .. trus disuruh balik lagi check-up seminggu kemudian .. pokoknya kalo itu gusi dah enak & gak sakit lagi ya langsung dateng lagi , buat beresin kista-nya .. seminggu kemudian gusi gue yang abis dipotong itu dah enak-an , jadi langsung deh pak dokter langsung mau kerjain tu kista . akhirnya deal , besoknya operasi .. gue masuk di ruang operasi , trus bakal rawat inap sekitar 3 / 4 hari gitu .. waktu operasi itu gue gak sadar sama sekali , soalnya bius total .. pas kebangun gue langsung sadar kalo gigi gue yang ketiga dari ujung udah ilang , dicabut ama dokternya hehe -____________- itu gigi yang pas dibawahnya ada kista-nya itu .. jadi untuk ambil kista-nya ya mau gak mau gigi dicabut , trus gusinya itu dibelah , diambil deh kista-nya ..

abis rawat inap , gue seminggu kemudian harus check-up lagi .. nah disini dia lagi" gue dapet surprise . percaya gak percaya , ternyata kista gue masih ada :| gue bingung , entah itu kista muncul lagi , emang ada kista lain , atau emang dokternya pas operasi gak teliti banget ya ? jadi pas check-up pertama itu kan rontgen lagi , untuk mastiin kalo kista itu udah gak ada .. eh ternyata dokter gue itu juga kaget , kok masih ada .. gue liat juga ada , tapi lebih kecil gitu dari sebelumnya .. kata dokter kalo dibiarkan itu bisa membesar , lama kelamaan bahaya .. gue ngeliat dokternya itu mukanya kayak gak enak , dia ngerasa bersalah , seolah-olah dia gak teliti pas operasi sampe" ada kista yang masih tertinggal gitu . gue sih gak nyalahin banget , kalo mau operasi lagi ya silahkan .. yang penting sembuh , itu aja kemauan gue .

setelah gue , dokter , ama nyokap gue ngomong panjang lebar , akhirnya gue lanjut konsultasi masalah kista itu ke dokter spesialis gigi langsung , namanya dokter Daniel . ini hasil rujukan dari dokter yang operasi gue sebelumnya .. bukannya dia mau lari dari masalah ya , tapi waktu itu dia bilang gini .

Dokter ,"ibu kalau masih percaya sama saya untuk operasi anak ibu lagi ya silahkan .. tapi kalau tidak , saya bakal rujuk lagi ke dokter spesialis bu , dokter daniel .. tapi dokter ini adanya tiap senin , selasa , sama jumat .."

gitu , jadi pak dokter ini kayak ngerasa bersalah gitu operasi gue gak sampe selesai , masih ada kista yang ketinggalan .. ya akhirnya yang ambil keputusan nyokap gue , nyokap mau gue diserahkan ke spesialis langsung aja .. yaudah deh akhirnya gue lanjut ke dokter spesialis gigi , dokter daniel . berhubung besoknya hari kamis , jadi gue pertama ketemu dokter daniel itu hari jum'at , hari prakteknya dia .. dan ternyata pilihan nyokap gue tepat , asisten dokter daniel ini cantiknya luar binasa :') lebih cantik dari asisten dokter bedah yang rajin banget ganttin perban gue ..
*fokus fokus*
*iya iya*

tapi pertama ketemu dokter daniel ini gak langsung operasi gitu aja , deal"-an dulu trus atur jadwal .. harusnya sih operasi kedua ini akhir bulan tadi , tapi ternyata dokter daniel mau rayain imlek :D jadi yaudah kita janjian selasa tanggal 4 Februari .. nah jadi kemaren , gue ama nyokap ke RS buat operasi kedua . bius lokal aja sih , kayak waktu potong gusi .. kalo bius total kan bener" gak sadar , kalo yang lokal cuma bikin kram rongga mulut aja . gue malah deg"-an ama bius lokal , soalnya ngilu-nya kerasa banget , beda ama yang total .. lagian juga cuma sedikit kista yang mau dikerok , lebay banget kan kalo ampe di bius total + rawat inap lagi .

nah disini lucunya nih . kan di diagnosa kalo kista gue itu sebelah kiri , bekas yang pipi gue bengkak .. dan ternyata oh ternyataaaaaa , rontgen terakhir itu salah ! asisten dokter sebelumnya yang nulis R (right - kanan) ama L (left - kiri) itu kebalik .. jadi kanan ditulis L , kiri ditulis R :'| dan yang luar biasa sensasionalnya , kemaren dokter daniel suntik bius rongga mulut gue sebelah kanan !!!!!!!!!!! WAKAKAKAKAKAKAKAKAKAKAKAKAKAK !!!!!!!!!!!!!

dan gak sampe situ , begonya gue itu cuma diem -___________________-" gue sih sadar , kok sebelah kanan yang disuntik ?! tapi gue diem , gue kira kan caranya dia mau ambil kista-nya itu lain daripada yang lain , makanya diem aja .. si dokter juga main asal suntik , gak tanya" .. dia cuma merujuk ke rontgen itu aja soalnya .. yang bener" jadi malaikat penyelamat itu ya si asisten dokter ini . pas udah suntik sana sini , si asisten cantik ini langsung nyeletuk kaget,

asisten ,"loh dok !! kok kanan ? ini yang giginya dah dicabut kan sebelah kiri .."
Dokter ,"loh ?? ini gigi yang sudah dicabut ini tempat kistanya ? saya hampir cabut gigi sebelah kanan .. ini sudah dikerjain bu ??"

naah jadi , salahnya gue dan nyokap .. kan sebenernya dokter sebelumnya yang operasi gue itu ngelakuin kesalahan banget , kista-nya masih ada yang ketinggalan gitu .. tapi karna kasian ama dokter sebelumnya , gue ama nyokap itu rahasia-in kesalahan si dokter itu .. jadi seolah-olah gue itu kayak pasien baru disana -_- makanya dokter daniel kaget , ternyata tu kista udah pernah dikerjain tapi ternyata masih belom selese .. setelah gue disuntik , mulut kram & kebal , baru deh nyokap ngomong jujur ke dokter daniel .. si dokter juga ngerasa bersalah banget , dia udah main suntik gue aja hehe :v dia ngerasa bersalahnya ya karna gak teliti .. untung aja asistennya yang negur , kalo gak itu gigi kanan gue dilepas gue gak bakal tau , soalnya kan mulut udah kebal & gak ngerasa apa" .. asisten dokter sebelumnya juga ngelakuin kesalahan fatal banget , bisa"-nya di rontgen kebalik mana kanan mana kiri -_- sayang aja kemaren itu prakteknya sore sedangkan praktek dokter & asisten dokter yang nanganin gue sebelumnya itu siang , jadi gak ketemu .. andaikan yang salah nulis kanan - kiri di rontgen itu kemaren sore ada juga , gak tau deh gue bakal gimana kejadiannya .. soalnya kemaren ada beberapa dokter + asistennya di ruangan itu yang mukanya keliatan gak seneng .. tapi mungkin etika dokter kali ya ? gak boleh nanya siapa yang salah nulis rontgen itu / siapa yang salah di kejadian itu .. kecuali andaikan gue ampe lumpuh seumur hidup / ko'id , baru deh bakal panjang urusan .. untungnya baru disuntik gitu aja .. tapi walau cuma disuntik luar biasa sakitnya , sempet 2x suntikan (soalnya asistennya telat dateng) , kumur" darah semua :3

setelah perdebatan panjang , akhirnya operasi kedua gue batal , ampe beberapa minggu kedepan .. gak bisa dilanjut operasinya di kemarin itu juga , kalo semua rongga mulut gue itu dibius bakal bahaya .. mungkin gue gak bisa ngomong , soalnya lidah asli kram semua .. kemaren aja separo dibius , susah banget mau ngomong (lidah kram sebelah) . tapi kata dokter daniel yang bener" spesialis ini , yang benjolan hitam di bekas tempat kista gue itu , bisa juga bukan kista , tapi cuma rongga aja gitu bekas pengambilan kista-nya .. makanya 2 minggu atau sebulan lagi gue disuruh kesana lagi buat observasi , trus rontgen lagi .. mau liat aja gitu perkembangannya .

haha bener" deh , pengalaman yang gak bakal gue lupain . jadi keinget film Mr.Bean , waktu dia lagi ke dokter gigi hahaha .. mungkin dari sebagian kalian berfikiran gue nulis gini mau jatuhin profesi dokter yang ngelakuin kesalahan berulang gitu ya , tapi demi Allah demi Rasulullah gak ada maksud apa" , dan gak ada karangan sama sekali dari tulisan ini , pure pengalaman asli beberapa bulan terakhir .. walau dokter spesialis sekalipun , walau RS tempat gue dirawat ini RS yang besar & terkenal , kembali ke hakikat kalau kita semua manusia kan , biar dokter sekalipun ya pasti pernah ngelakuin kesalahan .. dan nama RS juga gak gue sebutin , jadi gak ada maksud mau menjatuhkan pihak manapun . gak tau deh apa yang gue alamin kemaren itu malpraktek atau enggak , bahkan temen gue bilang bisa dituntut (gak deh , I'm still alive) , tapi ya gue lupain aja semuanya .. cuma kadang nyengir aja kalo inget lagi :D apalagi dokter daniel ama asistennya juga berulang kali minta maaf ke gue kemaren , gue berulang kali juga bilang ,"ah santai aja dok , gpp kok .. bulan depan saya kesini lagi pasti , sama dokter daniel , bukan sama dokter lain .." ,  dokter daniel cuma senyum :)

intinya komunikasi itu penting .. dan gak kalah penting selalu jaga kesehatan gigi ya supaya gak berbuntut panjang kayak gue .. kalo gigi berlubang langsung periksa ke dokter , dan jangan lupa 6 bulan sekali untuk periksa gigi kalian ke dokter gigi yaa . dan gue minta doanya untuk kesembuhan total , semoga apa yang dibilang dokter daniel kalo ini bukan sisa kista cuma rongga aja itu beneran ya , hopefully banget (nanti gue update lagi disini) .
makasih dah baca , sekali lagi jangan ada yang merasa tersinggung & tersudutkan ya .. love youuuuuuuuuuu~

Share this:

7 komentar:

  1. berasa ngilu ga setelah potong gusi? aku mau potong gusi hiks tapi masi takuutt TT

    BalasHapus
    Balasan
    1. rasanya itu sakit, ngilu, nyeri..
      sakit pas disuntik bius, suntikannya bentuk tembakan gitu .. trus ngilu banget pas proses pemotongan gusi pake lasernya, terakhir klo bius nya dah ilang itu gusi jadi nyeri, tapi itu nnti dikasih obat anti nyeri nya kok ..
      gak usah takut, rasa begitu cuma sehari, daripada gusi kegigit terus itu menderitanya terus"-an kan .. selamat mencoba hahaha ..

      Hapus
    2. jd hasil akhirnya gmn gan?
      emg ada sisa kista atau hanya rongga bekas operasi?
      ane juga ada kista nih, udh 1 tahun ketahuan tp ga berani operasi, takut ilang byk gigi :(

      Hapus
  2. Trims artikelnya :D jadi lebih perhatian sama gigi ini

    BalasHapus
  3. Halo, saya memiliki masalah yang sama yaitu kista di gusi. Boleh diinformasikan biaya operasi kistanya?

    BalasHapus
  4. Kasus sama gan..sy pipi bengkak udh 5x ini lumayan gede..d rontgen ad kista d tambah gigi graham bungsu miring..ap sy jg hrus d potong gusi ?

    BalasHapus
  5. sama nih punya kista juga, emng kalo operasi kistanya harus banget dicabut ya giginya? jadi takut operasi kalo dicabut, soalnya yang bermasalah itu gigi/gusi depan, kalo dicabut sayang banget soalnya gigi depan :(

    BalasHapus