Cinta Tembok Cina ..

*copas = cantumkan sumber .
if u don't want someone to copy your content ,
so don't copy others and make it yours .
show your respect*

ya , cinta tembok cina .. hubungan beda keyakinan itu gue analogikan kayak 2 orang yang berada di 2 sisi berbeda dari tembok cina . mereka dekat , tapi ada sesuatu yang tinggi dan gak bisa dihancurin yang ngehalangin . gue pernah jalanin hubungan beda keyakinan ini beberapa kali , dan ya itu , kandas ditengah jalan .. yang paling ekstrem sih yang terakhir , waktu gue mau nikah ama doi (tapi beda keyakinan) , nyokap gue ngerestuin . tapi ............. ,"silahkan kamu nikah sama dia , tapi jangan injak lagi rumah ini .." . pfft. dan bukan cuma gue , banyak banget gue denger curhatan dari temen" sendiri soal pacarnya yang beda keyakinan .. mereka bisa bahagia .. bisa saling mencintai .. saling menghormati satu sama lain . tapi akhirnya pada satu titik tertentu , salah satu dari mereka pasti ada yang minta akhirin hubungan itu karna gak ada restu dari orang tua . yang satu minta putus (dengan terpaksa) , yang satu gak mau .. dan akhirnya ya gitu , ujung"-nya GALAU (Gatau Antara Lanjut Atau Udahan) .

kadang kalo temen" ini curhat ke gue , ya gue cuma bisa jadi pendengar yang baik , gak berani kasih saran lebih jauh . ini soal keyakinan bung , urusannya ama Tuhan . tapi terkadang gue setuju ama salah satu yang minta putus . selagi bisa dihindari , kenapa enggak ? lebih baik sakit (diputusin/mutusin karna beda keyakinan) sewaktu masih pacaran , daripada sakit pas udah ngikat janji sehidup semati tapi pada nyatanya bakal lebih berat untuk dijalanin . tapiiiiiiiiiiiiiiii , ya ini kembali ke pribadi masing" sih ya . soalnya banyak kok pasangan" beda keyakinan yang masih bisa sehidup semati , kuncinya ya toleransi itu .

yap ! toleransi .. kalo dalam konteks logika & perasaan , menurut gue hubungan beda keyakinan ini sah" aja asalkan saling menghargai & toleransi .. toh yang ngakunya seiman juga blom tentu bisa jadi pengiman yang baik di hubungannya kan ? gak peduli kita ibadah dimana dia ibadah dimana .. dia ibadah di gereja , kita ibadah di masjid . semua boleh beda , tapi semua juga mengajarkan "cinta" dengan bahasa yang sama kan .. jadi selama ada toleransi , gue rasa hubungan beda keyakinan bakal baik" aja .. dan haramkan untuk bilang ke pasangan ,"kamu masuk keyakinan aku aja ya , jadi nanti gak ribet .." , itu gak toleransi namanya .. lebih bijak kalo mereka kasih teladan yang baik ke pasangannya . selalu ingetin soal ibadah , jangan mencong dari peraturan agama-nya dia , dsb ..
yang jadi masalah disini cuma 1 , yaitu seberapa kuat keyakinan mereka ? lebih kuat ke Tuhan atau ke pasangan ? ya , kalo udah dibandingkan dengan Tuhan ya jelas sulit .. masa iya mereka khianatin Tuhan sendiri dan lebih milih pasangan sendiri ...... andaikan seluruh umat manusia setuju Tuhan itu 1 (bukan dengan nama yang berbeda) , pasti hubungan beda keyakinan ini gak punya kekuatan untuk ngerusak suatu hubungan ya ..

tapi kalo gak mau cepet" putus sih (rasa sayang yang masih besar banget) gak ada salahnya juga pejuang hubungan beda keyakinan ini untuk coba "let it flow" .. biarin hubungan itu berjalan apa adanya .. urusan duniawi & surgawi emang beda jauh , tapi tujuan semuanya sama kan ? yaitu untuk BAHAGIA .. mana ada manusia yang di dunia / akhirat pengen hidup sengsara . jadi andai pasangan kita itu bisa bikin kita bahagia di dunia , kenapa harus bubar ? toh untuk urusan kebahagiaan di akhirat ya kita cari sendiri (dengan beriman ke Tuhan sendiri) .. intinya kan kalo emang pasangan beda keyakinan ini bener" saling sayang , mereka pasti gak bakal saling menjerumuskan ke lembah dosa . karna ya emang urusan Tuhan itu gak bisa ditawar .

tapi semua kembali ke kuasa Tuhan YME , sesuatu yang udah disatukan Tuhan gak bakal bisa dipisahkan walau dengan keinginan manusia . ya dengan yang kita sebut jodoh .. mau kita lari , selalu ke arah yang sama . mau coba untuk pergi , selalu kembali ke jalan yang sama .. ada yang awalnya sahabatan sampai akhirnya jodoh .. ada yang cinta pada pandangan pertama , akhirnya jodoh .. dan katanya , jodoh berarti banyak memiliki kesamaan .. katanya , jodoh berarti hilang semua perbedaan .. tapi kalo emang begitu konsep jodoh , jadi gimana dengan pasangan yang beda keyakinan ini ?? mereka saling cinta , tapi terhalang untuk saling memiliki karna perbedaan keyakinan ..
pernah kalian ngelirik pasangan yang beda keyakinan ? bisa ngerasain seberapa besar perjuangan mereka untuk bisa saling memiliki kayak pasangan normal lainnya ? mereka terkadang terpojokkan ama perbedaan yag sulit disatukan .. yaitu norma agama , sesuatu yang udah jadi patokan dan gak bisa ditawar lagi .. mereka berbeda tapi masih berjuang .. mereka sering ngerasain luka walau berusaha untuk gak terlihat sakit .

ketika yang lain sibuk bermesraan tanpa tau arti cinta yang sesungguhnya , mereka sibuk saling mendoakan satu sama lain , walau doa dengan bahasa yang berbeda .. dalam setiap sujud , dalam setiap lipatan tangan , dalam setiap sentuhan Al-Qur'an , dalam setiap sentuhan Alkitab , mereka saling mendoakan , meskipun mereka sadar kesempatan untuk bersama itu kemungkinannya kecil ..
segalanya mereka lewati dengan cara yang berbeda .. apa salah mereka ? kalo mereka sama" ngenal Tuhan walau panggilan-Nya yang beda ? andai Tuhan mau sebuah penyatuan , kenapa Dia ciptakan perbedaan ? apa guna-nya cinta kalo semua cuma ucapan di bibir ........
manusia memang punya rencana , tapi alam ini sudah ada sutradara-nya yang ngatur kita sebagai aktor & aktris-nya . keep praying , keep trying , and BELIEVE .


Share this:

0 komentar:

Poskan Komentar