Rokok ..

*copas = cantumkan sumber .
if u don't want someone to copy your content ,
so don't copy others and make it yours .
show your respect*

let's be smart , perokok pasif & aktif sama bahayanya .. dan udah beberapa kali nyawa temen bahkan keluarga jatuh melayang karna jadi perokok pasif / aktif .. dan yang terakhir , hari ini (26/7/2013) temen gue mesti pergi ninggalin dunia juga karna kena flek paru yang udah dia derita beberapa bulan terakhir ini .. gak heran , mulai dari bokap ampe sodara" laki bahkan calon suaminya perokok .. yah kalo udah gini gue atau siapapun itu gak etis untuk saling menyalahkan , tapi gue harap buat kalian yang perokok aktif plis buka mata kalian lebar" .. sudah banyak nyawa jatuh karna jadi perokok pasif . kalo mau ngerokok kalo bisa asepnya ditelen , jangan sampe bikin mati orang lain ... dan jangan kambing hitamkan takdir , ini nasib .. nasib manusia sendiri yang mengubah .. andai gak ada kejadian semacam ini mungkin korban mash bisa hidup lebih lama .
 well , tulisan gue kali ini bukan mau ngebahas lebih jauh soal kepergian temen gue tadi pagi , tapi mau ngebahas rokok , yang harusnya jadi musuh karna bisa membunuh tapi banyak orang" yang suka , entah apa sebabnya .


bahaya merokok itu , udah jelas banget ditulis di bungkus rokok itu sendiri .. "merokok dapat menyebabkan kanker , serangan jantung , impotensi serta gangguan kehamilan dan janin .." . tapi , walau bahaya rokok itu sudah jelas banget ditulis di bungkusnya , tetep aja masih banyak masyarakat Indonesia yang jadi perokok aktif , bahkan di dunia .. perang terhadap rokok ini juga udah banyak banget dilakuin ama banyak orang baik individu atau kelompok besar .. gak salah tuh ada yang namanya hari tanpa tembakau / World No Tobacoo Day yang kita peringatin tiap tanggal 31 Mei .. itu anggota dari badan kesehatan dunia WHO , jadi soal bahaya merokok ini emang bukan perkara main" ...

ngomongin soal zat yang terkandung didalam rokok , ini hasil googling yang gue dapet : 
          1. Nikotin ..
ini candu yang ada didalam rokok .. karna zat ini , kita bisa ketagihan untuk ngerokok .. pengaruh untuk tubuh kita : kecanduan , rusak jaringan otak , mengeraskan dinding arteri ..
          2. Tar ..
ini yang gila banget , bahan dasar pembuatan ASPAL .. bisa nempel di paru"   , pemicu kanker juga .. efek di tubuh : bunuh sel saluran darah , meningkatkan produksi lendir di paru , pemicu kanker paru ..
          3. Karbon Monoksida ..
gas pemicu jantung , karna ini zat yang bisa mengikat oksigen .. efek di tubuh : mengikat hemoglobin , menghalangi transportasi dalam darah ..
          4. Zat Karsinogen ..
pemicu pertumbuhan sel kanker dalam tubuh ..
          5. Zat Iritan ..
ini ngebuat kotor saluran udara & kantung udara dalam paru" .. bsa sebabkan ngantuk juga .

dan masih banyak lagi zat" berbahaya yang terkandung didalam rokok .. acetone,naphtylamine,methanol,pyrene,naphtalene,nicotine,cadmium,carbon monoxide,vinyl cloride,DDT,polonium 210,dibenzacridine,arsenic,toluene,urethane,ammoniac,cyanhydric acid , 24 JUTA RACUN DALAM 1 BATANG ROKOK … lebih dari 4000 bahan di setiap rokok , nyiptain 200 "compuond chemicals" . dari jumlah tsb , seenggaknya 60 diketahui nyebabkan penyakit kanker termasuk arsenik , formaldehyde , dan Hidrogen Sianida ( bahan kimia yg digunakan Nazi saat meng holocaust-kan Yahudi ) . jadi , menghisap rokok sama kayak menghisap racun itu bukan mitos .. sebagian besar bahan kimia yang terkandung dalam rokok memang beracun .. misal , didalam rokok itu ada arsenik , yang biasa jadi bahan dasar racun tikus .. amonia , campuran cairan pembersih lantai .. karbonmonoksida , sama kayak gas buangan dari knalpot mobil .. so , kalau kita merokok sama aja kayak kita masukkan racun tikus , cairan pembersih lantai , sama asap knalpot ke dalam tubuh kita .. duh , horor banget .....


itu zat" dalam rokok , ini bahaya"-nya untuk tubuh :
          1. Jantung ..
ini udah pasti .. rokok bisa nimbulkan aterosklerosis atau terjadi pengerasan di pembuluh darah ..
          2. Penyakit Paru ..
resiko kena pneumonia , emfisema dan bronkitis kronis meningkat karna ngerokok .. penyakit ini sering disebut : Penyakit Paru Obstruktif Kronik (PPOK) ..
          3. Kanker Paru & Kanker lainnya ..
kanker paru udah pasti , dan bisa juga kena kanker mulut , kanker tenggorokan , kanker ginjal , kanker kandung kemih , perut pankreas , leher rahim , bahkan kanker darah (leukimia) ..
          4. Diabetes ..
rokok bisa tingkatkan resiko kena diabetes , bahkan komplikasi" dari diabets .. kayak penyakit mata , jantung , strok , pembuluh darah , dll ..
          5. Impotensi ..
rokok juga jadi faktor utama untuk penyakit pembuluh darah perifer , yang mempersempit pembuluh darah yang ngebawa darah ke seluruh bagian tubuh .. pembuluh darah ke penis juga  bisa terpengaruh karena merupakan pembuluh darah yang kecil & bisa akibatkan disfungsi ereksi / impoten .. tambahan , ngerokok juga bisa berpotensi memperpendek ukuran penis sampe 1cm .. ini disebabkan karena kerusakan pembuluh darah , yang ngebuat aliran darah terhambat . selain itu juga disebabkan karena rusaknya elastin , yaitu protein jaringan ikat yang elastis dan memungkinkan jaringan dalam tubuh untuk kembali ke bentuk semula setelah mengalami peregangan / kontraksi ..
          6. Penyakit Mulut ..
penyakit mulut bisa berupa kanker mulut , kanker leher , penyakit gigi , merusak gusi , dll ..
          7. Gangguan Janin ..
merokok berakibat buruk ke kesehatan reproduksi dan janin dalam kandungan dan kehamilan termasuk infertilitas (kemandulan) , keguguran , kematian janin , bayi lahir berberat badan rendah , dan sindrom kematian mendadak bayi ..
          8. Merusak Kulit ..
disaat kita merokok , sel kita bakal nyerap karbon monoksida dalam kuantitas besar sampai bisa menghancurkan sistem reparasi kulit .. akibatnya , kulit kita bakal kehilangan sinar alami sampe jadi pucat , berwarna kuning keabu-abuan , trus tampak lebih tua dari yang seharusnya ..


jadi kalo udah diliat zat" berbahaya dalam rokok trus efek" negatif ke tubuh , kayaknya udah gak ada alasan deh untuk terus jadi perokok aktif .. menurut gue perokok itu 'pahlawan berani mati' untuk negara tercinta ini , rela 'bunuh diri' dengan membeli rokok , yang notabene semua keuntungannya bakal masuk ke saku negara & ke pengusaha rokok , dan mereka cuma dapat penyakit yang bersarang di tubuh . jatuh sakit karena rokok , apa pemerintah nanggung semua biaya nya ? ENGGAK , yg repot ujung" nya keluarga sendiri , sukur" kalo keluarga masih mau ngurusin .. belum lagi keluarga / orang lain yg kena asap rokok & berpotensi kena penyakit ini itu , apa gak kasian .. come on guys , sampe kapan jadi sapi perah negara .. rokok bisa bikin rileks ? aah itu cuma sugesti . rokok penghilang stress ? maybe buat yg addict kayak gitu , 1 stress hilang tapi ratusan penyakit datang . cowo gak ngerokok berarti gak macho ? ooh itu cuma persepsi orang bodoh . bukannya banci terminal juga semua ngerokok ya ? dan liat orang" sukses di dunia , jarang banget gue liat ngerokok .

dari hasil perhitungan , sepanjang tahun 2000 – 2011 , jumlah KEMATIAN di dunia sebanyak 100 JUTA LEBIH disumbangkan oleh rokok … dan rokok itu penyebab kematian global nomer 2 di dunia .. Indonesia ? 'menumbal-kan' 427.948 nyawa / tahun yg meninggal karna rokok . belum lagi penyakit sampingan kayak jantung , impotent , gangguan janin buat perempuan , dan masih bnyak lagi .. ada juga bapak rumah tangga yg bilang gak bisa beli beras & susu buat keluarga , tapi ditangan keselip rokok .. banyak org miskin yg ngelupain kemiskinan dengan rokok , padahal mereka gak sadar klo rokok itu malah berpotensi bikin miskin 7 turunan .. makanya suka heran kalo ada mahasiswa" anarkis treak" gak jelas di jalan nolak kenaikan BBM .. BBM naik ditolak , padahal tiap hari duit suka abis buat rokok .. miris.

btw , dulu Amerika disebut negara Marlboro , karena tradisi mereka ya merokok .. sekarang di Amrik sana banyak iklan produk , kecuali rokok .. harga rokok disana aja 12 dolar / bungkus , atau sekitar Rp.108.000 (sama , kayak di brunei / malaysia harga rokok selangit , gak kayak di Indo murah banget) .. ngeliat hal" kayak gitu , perusahaan" rokok ya cari negara" berkembang untuk dijual produknya & dapat keuntungan besar .. salah satunya Indonesia , ngeliat 250 juta penduduk & yang hoby merokok gak sedikit , yaudah jadi sasaran empuk .. cara mereka iklankan rokok pun hebat , gak ada hubungannya ama rokok tapi dihubungkan ama gaya hidup .. kejantanan .. semangat .. motivasi hidup , dll .. yang iklankan pun artis" terkenal .. bahkan perusahaan rokok di Indo banyak banget yang jadi sponsor olahraga kan ? miris .. akhirnya sekarang iklan" rokok terpajang banyak bahkan lebih banyak daripada iklan" produk lainnya .. disamping itu karna harga yang murah juga , anak kecil gampang beli rokok , gak ada hambatan .. beda jauh ama Singapore , Brunei Darussalam , Malaysia , dll .. disana itu bener" neraka bagi perokok .. makanya liat aja , udaranya seger banget .. gue pernah liburan di Singapore 2 minggu , dan demi Tuhan cuma 1x ngeliat orang ngerokok , itupun di tempat yang udah disediakan .. dijalan ? silahkan ngerokok , denda ampe jutaan . harga rokok disana juga ya selangit banget , jadi kalo orang"-nya pinter kan ya mending belikan buat ngisi perut aja .. beda lagi di Brunei , tante gue yang tinggal disana banyak cerita soal rokok .. selain harga rokok selangit , disana pedagang" asongan gak boleh jualan rokok .. jadi ada tempat khusus buat beli rokok , dan mau beli juga harus tunjukkan tanda pengenal (KTP lah istilahnya) , jadi ada umur standar untuk boleh ngerokok disana .. ah pokoknya beda jauh banget deh ama Indo . disini mah surga banget bagi perokok .. dan berita terakhir yang gue denger yang memalukan banget perihal rokok di negara ini , ya sekjen ASEAN yang nyinggung soal tembakau , waktu Konfrensi Pengendalian Tembakau yang berlangsung di Singapore .. ini beritanya ~> http://health.detik.com/read/2012/03/21/065007/1872813/763/memalukan-indonesia-disindir-sekjen-asean-soal-tembakau .

karna ngeliat Indonesia ini yang kayak surga-nya perokok , jadi sebagian orang bule banyak nyebut negara ini negara 'Marlboro Baru' .. artinya kita kembali ke zaman dulu , dan orang" yang merokok itu bukan orang gaul , melainkan orang jadul .. gimana ngatasin masalah ini ? kembali ke diri kita masing" bro .. karna perubahan ada ditangan kita sendiri , bukan orang lain .. perubahan untuk jadi lebih baik & hidup lebih bermakna itu dimulai DARI diri sendiri , OLEH diri sendiri , dan UNTUK diri sendiri serta orang banyak tentunya .. ibaratnya kalo gak mau tenggelam di air , ya pindah ke tempat yang lebih dangkal .... banyak sih orang yang emang mau berenti ngerokok , tapi gak tau gimana caranya .. sehari gak ngerokok , kayak orang sakau .. tuh kan ? udah kena nikotinnya rokok .. mungkin sedikit tips untuk berenti ngerokok ya :
1. Niat ..
2. Belajar untuk benci rokok ..
3. Banyak bergaul ama orang" yang gak ngerokok ..
4. Kalo pengen banget merokok , tunda 10 menit lagi .. dah 10 menit ? tunda 10 menit lagi , gitu terus sampe akhirnya lupa ..
5. Paling penting , kasih tau temen" deket & keluarga bahkan pacar kalo kita mau berenti ngerokok , karna dukungan" moral dari mereka itu bener" ngebantu ..
6. Cari pengganti rokok , permen mint misalnya ..

jadi inti semua ini .... rokok itu efek nya bereaksi dalam waktu panjang , dia kayak bom waktu yang siap meledak kapan aja .. jadi sebelum terlambat aja ya gue saranin , sedikit demi sedikit kurangin ngerokok sampe akhirnya gak ngerokok lagi .. masih punya keluarga kan ? punya calon pasangan hidup ? pikirkan lagi , jangan sayangin mereka kalo sayangin diri sendiri aja gak bisa .. yah intinya gue nulis gini bukan untuk jadi sok bijak / sok ceramah , gue gak mau temen" gue / generasi muda sampe mati muda cuma karna rokok .. bukan mau menyudutkan perokok juga , gue cuma berharap kalian itu buka mata lebar" , kalo rokok itu lebih banyak negatif daripada untungnya .. kalo misal yang nyium asepnya aja gak kenapa" sih ya nyantai aja , lah ini yg perokok pasif dampak penyakitnya bisa kena langsung disaat itu juga .. pernah ada temen dengan santainya ngomong ,"ya kalo gak mau sakit jangan deketin orang yang ngerokok .." , miris denger omongan semacam gitu .. kok keliatannya orang perokok itu apatis , egois , dan gak mau hidup sehat sama sekali , masa kita yang mau hidup sehat yang harus sadar diri , kebalik banget .. kadang argumen baik juga dibalas dengan emosional , makin keliatan mana yang labil ... masa depan masih panjang , masih banyak yang harus dicapai .. jangan sampe tua nanti jadi penyakitan karna mudanya suka ngerokok , kasian keluarga yang bakal mati"-an ngerawat nantinya ... yah semoga kedepannya Indonesia jadi neraka bagi para perokok , kayak negara" maju lainnya . hopefully banget. matikan rokok-mu sbelum kamu dimatikan rokok!


petisi #StopIklanRokok : http://www.change.org/id/petisi/pak-tifsembiring-stop-iklan-rokok-stopiklanrokok

(tulisan ini gue dedikasikan untuk sahabat gue Almh.dita , yang tadi pagi meninggal setelah berjuang ama flek paru yang dia derita beberapa bulan terakhir .. happy somewhere u belong ta , we'll gonna miss u ......)

Share this:

0 komentar:

Poskan Komentar