UN!

*copas = cantumkan sumber .
if u don't want someone to copy your content ,
so don't copy others and make it yours .
show your respect*

Ironis ya pendidikan di Indonesia ..
masih dibebankan UN , buku'' yg mahal , biaya seragam , pembayaran uang gedung (negeri sekalipun) , uang pangkal , dll ..
bukannya ngebandingin / ngasih patokan ya , tapi coba aja liat Finlandia .. disana , ujian kelulusan terserah siswa / i mau pilih pelajaran apa yg mau di uji kan .. jadi intinya , jangan paksa murid tsb untuk pinter / ahli di pelajaran metik,IPS,sosiologi,fisika,dan semuanya .. yang penting dia ahli & fokus di pelajaran yg dia suka aja , yg akhirnya itu yg bakal di uji kan , dan akhirnya pas mreka lulus trus cari kerja , ya kerjaannya itu sesuai apa yang dia mampu .. toh pelajaran'' yang lain udah cukup di pelajarin slama bertahun tahun . tahun 2001 sih sistem kayak gitu sdikit kontroversial .. tapi akhirnya , Finlandia skarang jadi negara nomer 1 yang pendidikannya paling sukses di dunia mnurut badan pendidikan PBB .. Indonesia ? tahun ke tahun UN makin ketat , nilai standar makin tinggi , gagal SATU mata pelajaran langsung gak lulus , tapi kesuksesan pendidikannya malah turun 4 peringkat jadi peringkat 67 (dari 127) di tahun lalu ..

trus disini kalo mau UN kayaknya tegang banget & banyak tuntutan ini itu .. LJK gak boleh kotor,pengawas super ketat,dipasang kamera CCTV,bulatan harus item,harus pensil 2B,harus pake papan scanner,harus ada penggaris komputer,kalo ada ksalahan dikit GAK LULUS .. itu mau UN apa mau perang ? buat nyaman aja lah , jgn ganggu psikologis mreka juga :| scara gak langsung , murid'' itu serasa punya tanggung jawab yang besar bgt .. apalagi guru'' nya slalu nakutin ,''3 tahun kalian belajar,ditentukan dalam 3 hari'' , kadang makin nyesek kalo digituin , pengen mewek -____-'
makanya dari tahun ke tahun banyak banget berita siswa / i bunuh diri gara'' gak lulus ..
percuma juga lah IQ tinggi kalo EQ & SQ nya masih gak bisa balance .. contoh ? (banyak) mahasiswa'' yang dulu nya udah UN , IQ bisa dibilang tinggi , tapi moral gak ada .. ya itu tiap demo lempar'' batu,ngerusak fasilitas negara,dll .. itu contoh kalo IQ tinggi gak menjamin moral juga tinggi kalo gak di barengin sama pendidikan EQ & SQ ..
ya kasih aja lah mreka pendidikan yang layak & berjalan apa ada nya , tapi jangan sodorkan bentuk pikiran yang berlebihan .. soalnya murid'' itu punya alam pikiran tersendiri , toh yang paling penting kan PENDIDIKAN KARAKTER ..

yah terlepas dari itu smua , gue doakan yang besok UN sukses ya .. gak usah belajar terlalu keras juga .. buat apa turun 6 hari dalam seminggu selama 3 tahun kalo malem sebelum UN mesti belajar keras ? malem sebelum UN tuh otak istirahat supaya besoknya fresh :p klo mau belajar ya yang ringan aja , trus subuh tu efektif banget kalo mau belajar ..
tetep nyantai tapi yakin , "man jadda wa jadda" , bukan siapa yang tajam tapi siapa yang bersungguh sungguh .. kalo tips , ada bbp tips dari gue nih :
1. jangan lupa berdoa sama Tuhan , bukan berdoa di status FB / twitter .
2. gak usah belajar keras juga , kbanyakan belajar otak kalian besok malah cape pas UN (lagian juga kan udah belajar slama 3 tahun) .
3. pelajarin juga yang jarang di ajarin sama guru , 50% biasa itu yg keluar , sisa nya ya diluar kepala aja ..
4.
sambil nunggu jawaban dateng ya sempetin aja foto'' , gambar'' muka pengawas di cakaran
 5. jangan bikin contekan di jidat , kayaknya itu bahaya ..
6. taroh hape di daleman . trus dikasih getar , biar ada sensasi menggelinjang ketika jawaban berantai datang ..
7. bawa sabun , untuk memperlancar segala hal ..
8. bikin kue , campur obat pencahar biar pengawasnya merindukan WC setiap saat , dll ..


itu kalian didalem kelas kok , bukan di ruang sidang .. why so serious ?

''nilai tinggi tidak menjamin kesuksesan , yang paling penting adalah potensi & kesungguhan''
-Bill Gates-

Share this:

1 komentar:

  1. bener bgt vi,.gw kalo jd anak SD,SMP,atau SMA skrg pasti dah gila dan ga mau dtg kesekolahan(ngeras dah tub bgt gw.he2).mudah2an petinggi2 kita baca dan ngeh kalo yg lg mereka lakukan untuk anak2 bangsa keblinger bgt.izin share ya pi

    BalasHapus