4 Pelajaran Yang Harusnya Ada ...

*copas = cantumkan sumber .
if u don't want someone to copy your content ,
so don't copy others and make it yours .
show your respect*

yang kayak kita semua tau ya , kurikulum pendidikan negara kita sekarang ini ya pelajarannya udah pasti ada bahasa indonesia , inggris , matematika , dll .... belum lagi pelajaran" yang diturunkan lagi ke jurusannya masing" .. ada IPA dengan kimia , fisika , biologi .. IPS dengan sosiologi , geografi , akutansi .. emang sih ya , banyak banget , dan porsi belajarnya pun dalam sehari gak main" .. saking banyaknya kadang dalam sehari ada aja pelajar yang ampe bolos ke kantin (gue pun dulu gitu , dan sekarang malah kangen pengen sekolah lagi haha) .. kenapa ada aja pelajar yang suka bolos ke kantin ? kalo menurut gue pribadi sih ya karna cara penyampaian materi dari guru yang ngebosenin gitu deh .. apalagi pelajarannya , ngitung ngehafal ngitung ngehafal dst .. dari gurunya juga kadang ngebete-in , jarang masuk tapi pelit nilai .. sekali masuk ngasih tugas seabrek , ngasih PR gak tanggung" .. padahal beliau gak tau sudah seberapa banyaknya PR yang diterima murid dari guru" lainnya ... yah tapi tetep lah gak bisa nyalahin guru , kan udah kewajiban siswa juga untuk terus nuntut ilmu .. nah masalahnya disini , terkadang siswa itu butuh pelajaran yang bisa bikin otak lebih fresh , gak mikir yang berat" banget .. dari dulu gue punya khayalan , andaikan di negara kita ini punya  4 pelajaran kayak gininih :

1. Pelajaran MOTIVASI ..
         dulu pas zaman gue SMA , baru booming banget ama sosok Mario Teguh dan selanjutnya lebih banyak bermunculan motivator baru , gue langsung tuh berkhayal & curhatin ke temen" nongkrong .. "gimana ya andaikan ada pelajaran motivasi ? dan gurunya langsung dari the real motivator " .. trus ada temen gue yang jawab ,"susah , gak semua orang sukses bisa jadi pembicara didepan orang banyak"  . haha bener juga sih ya .. tapi gue yakin , yang namanya orang sukses itu pasti pernah ngelewatin suka duka .. dari suka duka itulah ya mereka bisa bagikan ceritanya ke orang banyak .... gimana cara mereka untuk terus survive .... gimana ceritanya jatuh 4 kali bangun 5 kali , dll .... gak usah muluk" deh , 2x seminggu pelajaran motivasi ini udah lebih dari cukup hehe :D

2. Pelajaran KREATIFITAS ..
         nah di kurikulum ini , murid diajarkan teknik survival secara kreatif dalam berkarya & gimana caranya menelurkan semua ide" inovasi yang mereka punya .. lumayan kan , kalo masih sekolah aja udah dilatih gimana caranya ngebuat usaha mandiri dari ide" inovasi yang dipunya , siapa tau aja pas lulus udah bisa bikin usaha sendiri dari kreatifitas yang udah diasah mulai dari sekolah :D

3. Pelajaran PASSION ..
          yaps , tepatnya how to create it into a constructive outlet .. di kurikulum ini , murid diingatkan lagi untuk lebih faham apa sih passion mereka untuk kedepannya .. ya intinya para guru dari pelajaran ini mengarahkan muridnya untuk bisa menghasilkan sesuatu yang bermanfaat di kemudian hari .. mungkin ini bisa 1 paket deh ama yang nomer 1 , gurunya juga bisa sama :p

 4. Pelajaran MELESTARIKAN KEBUDAYAAN ..
         jadi yang terakhir bukan berarti gak penting .. malah kurikulum nomer 4 ini mau gue taruh di nomer 1 , tapi dah terlanjur haha .. lah malah curhat -_- ehm .. di pelajaran ini , para guru mengajarkan ke muridnya tentang melestarikan kebudayaan .. emang sih ya , ada kok pelajaran kebudayaan di kurikulum negara kita yang sekarang .. tapi maksud gue , disini murid gak dikasih materi aja soal budaya , tradisi , ngisi soal diperiksa bareng" dinilai trus selesai , enggak .. tapi juga diajarin gimana cara kreatif untuk melestarikannya , supaya jati diri bangsa Indonesia ini gak hilang dimakan waktu .. ambil contoh aja ya , disaat ada salah satu kebudayaan kita yang 'dicuri' ama "negara tetangga" .. jangan nyalahkan negara tetangga nyuri kebudayaan kita .. mereka gak nyuri , mereka cuma memanfaatkan apa yang udah mulai 'dibuang' ama penerus bangsa kita yang sekarang .. contoh aja , anak SD sekarang udah hafal ama lagu" dewasa bertema cinta , tapi gak sedikit yang gak tau sama sekali ama lirik lagu Indonesia Raya , lagu" daerah atau lagu" nasional lainnya (miris bung,keponakan gue pun begini) .. jadi ya gitu , disaat (misal) lagu" daerah kita udah gak dinyanyikan ama anak" penerus bangsa , disaat itu juga negara tetangga memanfaatkan apa yang kita 'buang' ..... dah diambil , baru deh rame di twitter & socmed lainnya berkoar koar kebakaran jenggot sambil maki" negara tetangga :D kalo dah gini , salah siapa ? jelas kita .. tapi kenapa kita selalu marah" disaat negara tetangga memanfaatkan apa yang mulai kita buang ? dari zaman bung karno , kita selalu marah" sama negara tetangga ini (you-know-who) , tapi apa hasilnya ? ZERO .. yang terjaddi malah sebaliknya : kita jalan ditempat sambil terus marah" , negara tetangga semakin kaya dan tetap senyum :D
         makanya .. next time gue berhaaaaarap banget bakal ada pelajaran melestarikan budaya :D jadi disaat kebudayaan kita udah di klaim , gak pada kebakaran jenggot ... haha sorry nih nomer 4 agak OOT , kepanjangan contoh ye :p


yah mungkin cuma sekedar cita" dari alam khayal gue aja .. syukur" kalo menteri pendidikan ngebaca apa yang udah gue tulis ini #eak . tengkyu~
copas = LOSER.

Share this:

0 komentar:

Poskan Komentar